sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Percakapan Bahasa Inggris: Mengunjungi Beachwalk Shopping Center

Percakapan Tiga Wisatawan Saat Mengunjungi Beachwalk Shopping Center Ini Akan Membawa Kita untuk Mengenal Lebih Banyak Poin Penting Bahasa Inggris

Pusat perbelanjaan merupakan salah satu tempat yang tidak boleh dilewatkan pada saat berwisata. Karena suasana belanjanya berbeda, maka kita akan belajar lebih banyak poin penting bahasa Inggris pada dialog antar tiga wisatawan yang ber-setting di Beachwalk Shopping Center Kuta ini.

Seperti artikel sebelumnya, sebelum kita belajar lebih lanjut mengenai poin-poin bahasa Inggris yang dapat kita ambil, kita akan melihat contoh aplikasi dialognya sebagai berikut:

Pia: Awww, look at those rainforest’s replicas! So astonishing! There are various outdoorsy dining places as well.

(Pia: Awww, coba lihat replika hutan hujan itu! Benar-benar mengagumkan! Ada banyak tempat makan di luar ruangan lagi.)

Rika: Oh, man, I immediately feel starving when I see those cute little cupcakes… Pia, do you want some?

(Rika: Oh, ya ampun, aku tiba-tiba merasa lapar begitu aku lihat cupcake yang kecil dan lucu-lucu itu… Pia, apa kamu mau beberapa?)

Pia: Of course, Rika! After this, we’ll go on shopping batik clothes!!!

(Pia: Tentu saja, Rika! Setelah ini, kita bakal pergi berbelanja baju batik!!!)

Disco: *Whispering to himself while letting the girls shop and chat to each other* Okay, where to top-up my phone’s balance? There is nowhere? Fine then, I’ll just continue on sightseeing… *starts on singing and playing guitar afterwards*

(Disco: *Berbisik pada diri sendiri sambil membiarkan para cewek berbelanja dan ngobrol satu dengan yang lainnya* Oke, di mana aku bisa mengisi ulang pulsa teleponku? Gak ada? Oke kalo begitu, aku jalan-jalan saja sambil melihat-lihat… *Mulai bernyanyi dan bermain gitar setelahnya*)

Mr. Security: Hey, Sir, back off! We haven’t given you permission to show your attractions in this shopping center.

(Pak Keamanan: Hei, Pak, minggir! Kita belum kasih ijin untuk mempertontonkan atraksi kamu di pusat perbelanjaan ini.)

Disco: (This is unfair! I’m not trying to attract the crowds, after all, but, uh…) Okay, sorry, Sir. *leaves and follows the girls after that*

(Disco: (Ini gak adil! Aku tidak mencoba untuk menarik keramaian, kok, tapi, yaudahlah…) Oke, maaf, Pak. *meninggalkan tempat dan mengikuti teman-teman ceweknya setelahnya*

Bila dibandingkan dengan dialog pada artikel-artikel sebelumnya, dialog ini memang cukup panjang. Namun, bobot poin-poin bahasa Inggris yang dapat kita pelajari akan sebanding dengan “bobot” dialog pengantar artikel ini. Secara umum, ini dia tiga poin bahasa Inggris yang dapat kita pelajari bersama lewat dialog di atas:

1. Belajar Lebih Jauh Tentang Berbagai Ekspresi yang Memengaruhi Panca Indera

Beberapa di antara ekspresi-ekspresi ini mungkin telah kita pelajari dalam artikel-artikel sebelumnya. Namun, karena ekspresi panca indera ini banyak macamnya dalam bahasa Inggris, tidak ada salahnya kita sedikit menyegarkan ingatan akan kegunaan ekspresi-ekspresi ini dengan masing-masing objeknya yang berbeda-beda.

Misalnya yang terdapat di dialog Pia bagian awal. Dari situ, kita akan mengenal arti “rainforest replicas” sebagai replika hutan hujan yang sesungguhnya (“rainforest” adalah bahasa Inggris untuk “hutan hujan”). Karena replika hutan hujan ini hanya bisa dilihat, maka ekspresi bahasa Inggrisnya adalah, “so astonishing,” atau “benar-benar mengagumkan / enak dilihat,” yang dapat dijadikan pengganti untuk kata-kata “beautiful” dan semacamnya.

Untuk makanan seperti cupcake pada dialog Rika ada 2 indera yang dapat kita pelajari ekspresinya, yakni penglihatan dan perasaan. Penglihatan dilukiskan dengan kata-kata, “Cute little,” yang secara harafiah artinya “(kelihatan) kecil mungil dan imut-imut”. Sementara itu, perasaan digambarkan dengan ekspresi “ … feel starving,” atau “ … merasa lapar,” di mana penambahan kata “immediately” ditambahkan untuk penekanan ekspresi merasa lapar.

2. Pengenalan Macam-Macam Ekspresi untuk Lokasi dalam Bahasa Inggris

Ekspresi lokasi pertama yang akan kita pelajari adalah, “Outdoorsy dining places,” pada dialog Pia. Secara umum, “dining places,” sendiri lebih luas dari sekadar restoran, depot, warung, dan semacamnya, karena sudah mencakup semuanya. Sementara itu, ekspresi “outdoorsy” adalah kata sifat untuk “outdoor” atau nuansa luar ruangan, biasanya dengan keadaan alam yang indah.

Ekspresi lokasi kedua kita pelajari dari dialog Disco, yang menggumam, “Where to top-up my phone’s balance?” Sekadar informasi, kata “where to ... ?” juga dapat kita pakai ketika kita nyasar ke suatu tempat lalu kita bertanya pada orang-orang lokal, jadi tidak hanya saat menggumam sendiri saja pemakaiannya.

Apapun konteks penggunaannya (bertanya langsung atau menggumam), “where to … ?” harus disertai dengan kegiatan atau aktivitas yang ingin kita lakukan, seperti, “top-up my phone’s balance,” atau “mengisi pulsa telepon saya,”

3. Belajar Mengenal dan Mengungkapkan Ketidaksetujuan dalam Bahasa Inggris

Seperti berbagai ragam ekspresi yang memiliki aneka ragam kalimat dan kosa kata, ketidaksetujuan pun memiliki ragam ekspresinya yang berbeda-beda. Kalau di artikel-artikel lalu kita sudah membahas mengenai ketidaksetujuan secara “halus” (semacam mengalihkan topik dan tetap mengapresiasi dalam ketidaksetujuan), kali ini kita akan belajar untuk mengerti ungkapan ketidaksetujuan yang lebih “keras”.

Contoh yang paling terlihat adalah Pak Keamanan yang mengatakan, “We haven’t given you permission … “ Kalimat semacam ini biasanya diungkapkan pada tempat-tempat yang ramai wisatawan, mengingat tempat-tempat ini biasanya membutuhkan ijin atau reservasi (“permission”) di awal.

Ada kalanya pihak keamanan tersebut yang salah mengerti maksud kita sebenarnya. Dalam hal ini, mungkin kita “tergerak” untuk menggunakan kalimat Disco yang mengatakan dalam hatinya, “This is unfair!” Secara umum, maksud ekspresi ini bukan secara harafiah merujuk pada peraturan yang tidak adil, namun lebih mengarah kepada orang-orang yang secara tidak adil dan sembarangan menuduh atas sesuatu yang tidak kita buat.

Anggap saja persoalan pulsa Disco sudah terselesaikan pada artikel selanjutnya, sehingga artikel selanjutnya akan menempatkan wisatawan pada tempat yang berbeda. Sedikit bocoran, daerah tempat ini juga berbeda. Apa, di mana tempat dan daerahnya, dan bagaimana dengan poin-poin bahasa Inggrisnya? Nah, kita dapat melihat semuanya itu dalam artikel tutorial bahasa Inggris berikutnya.

 

Percakapan Bahasa Inggris: Saat Berada di Pameran Wisata Mal
Percakapan Bahasa Inggris: Kembali Lagi ke Rumah dan Menjelajah Rencana Liburan
Percakapan Bahasa Inggris: Mencari Orang Hilang di Bandara
Percakapan Bahasa Inggris: Berbagi Kesan Selama Berada di Zona Spa Bali Zoo
Percakapan Bahasa Inggris: Percakapan Saat Tiba di Tempat Perhentian Sementara
Percakapan Bahasa Inggris: Menjelajah SkyPoint Observation Deck
Percakapan Bahasa Inggris: Menikmati Little Venice
Percakapan Bahasa Inggris: Menempuh Perjalanan Jauh ke Bali Zoo
Percakapan Bahasa Inggris: Mengelompokkan Barang Bawaan di Rumah
Percakapan Bahasa Inggris: Berada di Kawasan Mewah Singapura


 
Contoh Percakapan Membeli Tiket Pesawat di Indomaret/Alfamart & Terjemahannya
Contoh Percakapan Membeli Tiket di Bioskop & Terjemahannya
Contoh Percakapan Membeli Obat di Apotek & Terjemahannya
Kalimat Percakapan Memberi dan Menerima Pujian (Giving & Receiving Compliment)
Kalimat Percakapan untuk Meminta, Memberi, Menolak Sesuatu (Asking, Giving, Refusing)
Percakapan Driver Taksi / Grab / Gocar dengan Penumpang Bule
Percakapan Negosiasi Gaji dalam Bahasa Inggris
Percakapan Bahasa Inggris antara Polisi dan Terduga Kriminal
Percakapan Nasabah yang Akan Berhutang di Bank dalam Bahasa Inggris
Conversation: Percakapan Supir Taksi dan Penumpang dalam Bahasa Inggris