sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Percakapan Bahasa Inggris: Mengunjungi Berbagai Tempat di Bandara Tan Son Nhat

Suasana dan Percakapan Saat Berada di Berbagai Sudut Bandara Tan Son Nhat di Ho Chi Minh City Ini Akan Mengajarkan Kita Lebih Banyak Bahasa Inggris, Learners!

Setelah melewati berbagai persiapan seperti pada contoh percakapan dan ringkasan paragraf terakhir artikel sebelumnya, akhirnya trio wisatawan sampai juga ke bandara di Ho Chi Minh City, yakni bandara Tan Son Nhat.

Seperti bandara-bandara internasional di negara lain, bandara Tan Son Nhat juga memiliki keseruannya sendiri. Simak contoh percakapan yang akan kita pelajari bahasa Inggrisnya berikut ini untuk melihat seperti apa suasana, keseruan, dan perbincangan antar tokohnya:

Pia: Hey, let’s walk over there! I think it’ll be nice to have some Vietnamese coffee drips before heading to our adventures, won’t it?

(Pia: Hei, mari jalan ke sana! Aku pikir akan lebih baik untuk menyeruput beberapa porsi kopi Vietnam sebelum pergi bertualang, ‘kan?)

Disco: *looks to his personal virtual assistant’s recommendations* No… Not here in the airport. Same qualities as those in the bistro or café, but with way higher price overall.

(Disco: *melihat pada rekomendasi asisten virtual pribadinya* Tidak… Tidak di sini di bandara. Kualitasnya sama dengan yang ada di bistro atau kafe, namun dengan harga yang jauh lebih tinggi secara keseluruhan.)

Rika: Look! *points to the transportation’s queue line not far from the airport* We can queue there since the lines are not really crowded now.

(Rika: Lihat! *menunjuk pada garis antrean kendaraan tidak jauh dari bandara* Kita bisa mengantre di sana mengingat antreannya tidak terlalu padat sekarang.)

Pia: Hmm… I think it’ll be nicer if we can rent a car. Taxis are way too boring! Does anybody know whether online cars are up for rent in this airport’s area?

(Pia: Hmm… Aku pikir akan lebih baik bila kita bisa menyewa mobil. Taksi terlalu membosankan! Apakah ada yang tahu mobil online apa saja yang bisa disewa di wilayah bandara ini?)

Rika: Not that I know of. Yet, I heard Hertz, Budget, and Europcar are three of the most sought-after car brands here.

(Rika: Aku juga tidak terlalu tahu. Namun, kudengar Hertz, Budget, dan Europcar adalah tiga merk mobil yang paling laris di sini.)

Demikianlah contoh percakapan yang akan kita “bedah” 3 poin bahasa Inggrisnya yang penting pada artikel ini. Ketiga poin bahasa Inggris dari contoh percakapan di atas dijabarkan sebagai berikut:

1. Tiga Ungkapan Bahasa Inggris yang Dapat Kita Pelajari

Melalui percakapan di atas, setidaknya ada 3 ungkapan yang dapat kita telusuri maknanya, yakni, “Have some Vietnamese coffee drips” dan “heading to our adventures” pada dialog Pia dan “not that I know of” pada bagian dialog Rika di akhir contoh percakapan.

Ungkapan “have some … “ biasanya digunakan untuk makanan atau minuman, dengan kata satuan di belakangnya (seperti “drips” pada contoh percakapan artikel ini). Kemudian, meskipun “heading to” identik dengan tempat wisata tujuan yang spesifik, kenyataannya ungkapan ini juga dapat digunakan untuk menunjukkan jenis wisata tertentu (seperti “our adventures” atau “petualangan kami” pada contoh percakapan artikel ini).

Not that I know of” merupakan ungkapan alternatif yang dapat digunakan untuk “I don’t know” atau “I have no idea”. Bedanya, “not that I know of” dengan artinya “aku tidak terlalu tahu / aku kurang tahu” lebih “ringan” dibandingkan “I don’t know” atau “I have no idea”, selain itu penggunaannya juga terkesan lebih menghormati lawan bicara.

2. “Price vs. Qualities” Dalam Bahasa Inggris

Dalam kebanyakan setting kehidupan, dua hal ini, yakni “price” atau “harga” dan “qualities” atau “kualitas” merupakan dua hal yang saling bersilangan. Saat menyebutkan keduanya sekaligus dalam bahasa Inggris, kita boleh bebas membalik-balik urutannya.

Bagian Disco di awal contoh percakapan menunjukkan pembalikan urutan “qualities” terlebih dahulu, baru “price”. Hasilnya adalah kalimat “Same qualities as those in the bistro or café, but with way higher price overall,” yang memberikan penekanan pada “way higher price overall” atau keseluruhan harga yang (secara umum) terlalu tinggi dibandingkan kualitasnya.

Dari kalimat “Same qualities as those in the bistro or café ... ” ini, kita pun belajar analogi atau pengandaian. Dengan kata lain, kapanpun kita menemukan bentuk “same … as ... “, maka yang titik-titik itulah 2 hal (atau lebih) yang disamaratakan, termasuk kualitas kopi Vietnam bandara dengan yang ada di bistro atau kafe di Ho Chi Minh City.

3. Belajar Lebih Banyak Mengenai Istilah Kegiatan Sewa Mobil Dalam Bahasa Inggris

Sewa mobil (bahasa Inggris: “car rent”) merupakan sesuatu yang lazim ditemui pada kebanyakan bandara di seluruh dunia. Lewat contoh percakapan pada artikel ini, paling tidak ada 2 frasa penyebutan kegiatan seputar sewa mobil yang dapat kita pelajari bersama.

Kedua frasa tersebut adalah “rent a car” dan “up for rent”, yang semuanya dapat kita lihat dalam porsi dialog Pia menjelang bagian akhir contoh. “Rent a car” adalah bentuk langsung, yakni kita yang hendak melakukan kegiatan sewa mobilnya. Di samping itu, “up for rent” lebih menitikberatkan pada mobilnya alih-alih pada orang yang hendak melakukan kegiatan sewa mobilnya.

Keseruan yang dialami trio wisatawan tidak berhenti begitu saja setelah keputusan Pia untuk “rent a car” dan rekomendasi Rika akan 3 merk mobil yang paling memiliki nilai jual di Ho Chi Minh City. Seperti apa keseruannya, dan poin-poin bahasa Inggris apa yang dapat kita pelajari darinya? Nantikan kelanjutannya pada seri artikel tutorial bahasa Inggris berikutnya!

 

Percakapan Bahasa Inggris: Berputar-Putar di Stan Bandara
Percakapan Bahasa Inggris: Percakapan Saat Tiba di Bandara Lokal
Percakapan Bahasa Inggris: Kejadian yang Berbeda Saat Berada di Bandara Transit
Percakapan Bahasa Inggris: Mengunjungi Berbagai Tempat di Bandara Tan Son Nhat
Percakapan Bahasa Inggris: Kejadian Seru Saat Berada di Brisbane International Airport
Percakapan Bahasa Inggris: Tiba di Bandara Changi
Percakapan Bahasa Inggris: Saat Berada di Ruang Dalam Bandara dan Bersiap Terbang


 


Sederet Mobile

http://mobile.sederet.com


9 Contoh Dialog Inggris: Menanyakan Jam/Waktu (About Time)
4 Contoh Dialog Inggris: Memperkenalkan Diri Informal & Formal (Introduction)
5 Contoh Percakapan Inggris: Greeting & Leave Taking / Parting / Farewell
Percakapan Mengundang Pesta Ulang Tahun (Inviting Conversation)
Pelajaran Contoh Percakapan Membeli Obat di Apotek
Contoh Percakapan Bahasa Inggris Ketika Naik Grab
Percakapan Inggris: Memberi Dan Menerima Pujian (Giving & Receiving Compliment)
Percakapan Inggris: Memberi Opini tentang Film yang Baru Ditonton (Giving Opinion)
Percakapan Inggris saat Check-in Hotel
Contoh Percakapan Dokter Dan Pasien (Doctor & Patient Conversation)