sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Percakapan Bahasa Inggris: Mengunjungi Pantai Legian di Siang Hari

Belajar Bahasa Inggris Lewat Percakapan Saat Mengunjungi Pantai Legian di Siang Hari, Mengapa Tidak? Ini Dia Ulasannya

Sebagaimana telah disinggung pada artikel sebelumnya, dialog pada artikel ini memiliki setting tempat wisata yang berbeda dengan penginapan mengingat setiap urusan akomodasi awal ketiga tokoh wisatawan utama sudah terselesaikan.

Pantai Legian merupakan daerah tempat wisata Kuta pertama yang mereka kunjungi. Sebelum kita mulai dengan poin-poin pelajaran bahasa Inggrisnya, kita akan menyimak dialog ketiga tokoh wisatawan yang ada saat mereka mengunjungi salah satu pantai paling terkenal di Kuta berikut ini:

Pia: It’s a beautiful and sunny day, isn’t it? Even if it isn’t yet evening, the Legian beach still manages to maintain its attractiveness!

(Pia: Hari yang indah dan cerah, ya? Meskipun belum sore, namun pantai Legian masih terlihat begitu indah!)

Rika: Indeed it is. I can’t believe time goes so fast after our struggles in finding out where to stay. *while sunbathing and photographing*

(Rika: Tentu saja. Aku tidak percaya waktu berlalu begitu cepat setelah pergulatan kita dalam menemukan tempat untuk tinggal. *sambil berjemur dan mengeluarkan alat fotografi*)

Disco: Chillax, Rika. Thanks to me, Disco, who has everything on board! *while building sand castles with other foreigners’ children*

(Disco: Santai saja, Rika. Terima kasih dulu dong, ke aku, Disco, yang sudah menyediakan semua tepat waktunya! *sambil membangun istana pasir dengan Pia dan anak-anak wisatawan asing lainnya*)

(One of the) Foreigner’s Daughter: Hey, you should’ve built it this way! *while “fixing” on Disco’s castle* Now, this is the right one!

((Salah satu) Anak Orang Asing: Hei, harusnya kamu membangun istana seperti ini! *sambil “memperbaiki” istana pasirnya Disco* Sekarang, ini dia yang benar!)

Disco: (Wow, guess what… Today’s child is smarter than me!)

Disco: (Wah, coba lihat… Anak-anak jaman sekarang lebih pintar dariku!)

Melalui dialog di atas, kita dapat mengetahui aneka ragam keseruan kegiatan yang dapat dilakukan saat berada di Pantai Legian, bahkan pada saat siang hari. Ketiga poin pelajaran bahasa Inggris di bawah ini akan menolong kita untuk belajar mengenai aneka kegiatan yang ada dan masih ada juga poin-poin pelajaran lainnya sebagai berikut:

1. Belajar Mengenai Aneka Ragam Kegiatan di Pantai Legian dan Situasinya dalam Bahasa Inggris

Lewat situasi secara umum, saat kita berada di pantai, yang kita lakukan adalah berjemur, fotografi, dan/atau beraktivitas apapun yang melibatkan pasir pantai yang bersih dan berwarna jernih. Semua kegiatan tersebut tergambar jelas dalam contoh potongan dialog pada artikel ini.

Kosa kata untuk penyebutan kegiatan utama di pantai adalah “sunbathing”, di mana kata yang berarti berjemur ini lebih banyak dilakukan oleh perempuan saat situasi hari-harinya, “beautiful and sunny” seperti yang digambarkan Pia dalam dialog awal. “Sunbathing” juga dapat digabungkan dengan “photographing” seperti yang dilakukan Rika, selama alat fotografinya masih berukuran kecil.

Selain itu, kita pun belajar mengenai adanya “sand castles” sebagai istana pasir yang kita bangun saat berada di pantai. Seperti Disco, ada kalanya istana pasir kita hancur dan perlu dibenahi. Dalam hal ini, kita dapat menggunakan ekspresi, “fixing on + (my / his / her) + castle” seperti yang terdapat pada dialog aksi salah seorang anak orang asing yang ada pada artikel ini.

2. Belajar Lebih Banyak Lagi Mengenai Idiom dan Bahasa Gaul dalam Bahasa Inggris

Ada banyak variasi idiom dan bahasa gaul dalam bahasa Inggris. Kita sudah membahas beberapa di antaranya pada rangkaian artikel lalu, dan kita akan melanjutkan pembahasan tersebut pada artikel ini.

Paling tidak, ada 3 idiom bahasa Inggris yang dapat kita pelajari pada contoh percakapan di atas. Idiom pertama adalah, “I can’t believe time goes so fast,” di mana “goes” dapat digantikan dengan “flies”. Ini adalah penggambaran umum mengenai bagaimana waktu yang dilalui atas kegiatan tertentu begitu cepat berlalu, dalam hal ini, atas “struggles” atau “pergulatan panjang” dalam penentuan penginapan.

Idiom berikutnya yang akan kita pelajari adalah, “Everything on board,” yang secara umum arti bahasa Indonesianya adalah, “Segala sesuatu sudah dipersiapkan,” sama seperti hidangan “on-board” yang langsung “tersaji di meja”. Selain itu, ada juga ungkapan “Chillax” yang menjadi bahasa gahol dari “relax” dengan artian bahasa Indonesia yang sama, yakni “santai”.

3. Bedakan Antara “If” Saja dengan “Even If”

Bila learners mengingat-ingat seri artikel tutorial bahasa Inggris sebelumnya, learners akan melihat bagaimana “if” digunakan untuk membayangkan mengenai sesuatu yang belum pernah terjadi. Meskipun memiliki komponen yang sama, “even if” yang terdapat pada bagian percakapan Pia di artikel ini memiliki esensi penggunaan yang sama sekali berbeda.

“Even if” merujuk pada sesuatu yang sudah terjadi. Biasanya, ekspresi “even if” ini digunakan untuk mengontraskan klausul kalimat di awal atau di akhirnya. Misalnya, hari yang “beautiful and sunny … even if it isn’t yet evening,” yang berarti tetap cerah dan indah meskipun bukan pada sore hari, yakni saat di mana wisatawan biasanya mengunjungi Pantai Legian.

Untuk artikel selanjutnya, anggap saja ketiga wisatawan sudah pulang dari Pantai Legian untuk bersiap menjelajah tempat lain di daerah Bali yang sama, yakni Kuta. Poin bahasa Inggrisnya pun akan berbeda dengan artikel yang ini. Karena itu, mari kita pantau terus artikel tutorial bahasa Inggris selanjutnya.

 

Percakapan Bahasa Inggris: Percakapan di Sekitar Takashimaya
Percakapan Bahasa Inggris: Percakapan Saat Tiba di Tempat Perhentian Sementara
Percakapan Bahasa Inggris: Cerita Perencanaan Negara Tujuan Liburan Berikutnya
Percakapan Bahasa Inggris: Mengunjungi Pantai Legian di Siang Hari
Percakapan Bahasa Inggris: Berada di Ubud Adventure Center
Percakapan Bahasa Inggris: Tiba di Agen Perjalanan untuk Mengurus Keberangkatan
Percakapan Bahasa Inggris: Menjelajah SkyPoint Observation Deck
Percakapan Bahasa Inggris: Pergi Berlima ke Dreamworld
Percakapan Bahasa Inggris: Saat Berada di Pameran Wisata Mal
Percakapan Bahasa Inggris: Berada di Kawasan Mewah Singapura


 
Kalimat Percakapan Inggris untuk “Making Friends” dan “Asking Someone Out on a Date”
Percakapan Inggris Membeli Tiket di Objek Wisata
Percakapan Inggris Menyewa Kendaraan di Tempat Wisata
Percakapan Inggris tentang Hope & Dream (Harapan & Mimpi)
Percakapan Menolak Bantuan atau Pemberian dalam Bahasa Inggris (Refusing an Offer)
Cara Meminta Izin ke Toilet dalam Bahasa Inggris
Daftar Kalimat & Pengumuman Pramugari di Pesawat dalam Bahasa Inggris
Ungkapan & Percakapan untuk Menyatakan Rasa Tidak Percaya (Expressing Disbelief)
3 Percakapan Inggris saat di Imigrasi Bandara
4 Contoh Percakapan Inggris Melapor ke Kantor Polisi