sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Percakapan Bahasa Inggris: Menikmati Fasilitas Villa

Percakapan Tiga Tokoh Utama Wisatawan Saat Menikmati Fasilitas Villa Ini Akan Mengajarkan Kita Lebih Banyak Lagi Poin-Poin Penting dalam Bahasa Inggris

Seperti yang sudah disinggung dalam artikel sebelumnya, ketiga tokoh utama wisatawan pada rangkaian artikel tutorial bahasa Inggris ini akhirnya kembali ke villa dan menikmati fasilitas alam villa setelah puas menyusuri Kebun Raya Cibodas dan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Karena itu, percakapan yang poin-poin bahasa Inggrisnya akan kita pelajari pada hari ini juga mengambil tempat di villa, tepatnya di bagian luar Villa Safton yang penuh dengan fasilitas. Ini dia cuplikan percakapannya:

Pia: Woohooo! Swinging in this area with breathtaking sceneries are so much fun!!! I’m going to try the slides as well!!!

(Pia: Woohooo! Bermain ayunan di halaman dengan pemandangan indah ini begitu menyenangkan!!! Aku akan mencoba perosotannya juga!!!)

Rika: *whispers while sitting in the gazebo* The pool is so calm and serene, and so does the forest around it.

(Rika: *Dengan suara berbisik sambil duduk di gazebo* Kolam renangnya begitu tenang, dan demikian juga dengan hutan yang mengitarinya.)

Disco: Oh, wow! A BBQ set under the mountain sceneries. What a fascinating experience of cooking while breathing the fresh air around it!

(Disco: Oh, wow! Ada set peralatan barbekiu di bawah pemandangan gunung. Benar- benar pengalaman yang menyenangkan untuk memasak sambil menghirup udara segar di sekitarnya!)

Pia: Awww, food?!?! I know the best culinary place in our villa to go.

(Pia: Awww, makanan?!?! Aku tahu tempat terbaik untuk wisata kuliner dalam villa kita yang layak untuk dikunjungi.)

Rika and Disco: Wow… Where?

(Rika dan Disco: Wow… Di mana?)

Pia: Come and follow me!!! Let’s go, let’s go, let’s gooooo!!!!

(Pia: Mari dan ikutilah aku!!! Ayo pergi, pergi, pergiiiiii!!!!)

Wah, makin heboh saja Pia melihat dan menikmati interaksi dengan pemandangan di sekitar villa yang amat kaya ragamnya. Rika dan Disco pun akhirnya mengikuti Pia untuk melihat pusat kuliner yang juga masih terekspos dengan pemandangan villa yang hijau dan udaranya yang segar.

Jangan hanya terpukau dengan pemandangan di sekitar Villa Safton yang menyenangkan dan menyegarkan. Fokuskan perhatian kita terlebih dahulu pada ketiga poin penting pelajaran bahasa Inggris berikut ini:

1. Pengenalan Berbagai Macam Istilah Pemandangan dalam Bahasa Inggris

Dalam artikel sebelumnya, kita sudah belajar cara membedakan bentuk tunggal dan bentuk jamak dalam menyebut bagian pemandangan, seperti “mountains” atau “pegunungan / deretan gunung” yang seharusnya dapat dibedakan dengan “a atau the mountain” yang menunjukkan “satu gunung” saja.

“The mountain” sebagaimana disebutkan pada dialog Disco menunjukkan gunung yang lebih spesifik letaknya, meskipun namanya tidak diketahui. Sama halnya dengan “the pool” atau “kolam renang” dan “the forest” atau “hutan” pada dialog Rika yang menunjukkan kolam renang dan hutan yang spesifik secara letaknya (biasanya tidak jauh dari si pembicara).

Satu lagi komponen penting dari pemandangan adalah “fresh air”, yakni udara segar. Ini dia yang sering disalahmengerti oleh kebanyakan pelajar bahasa Inggris level pemula, mengingat biasanya para pelajar level pemula ini cenderung mengartikan hanya sebagai “air” yang berarti udara secara umum dan tidak selalu bersih atau segar. Untuk memuji kesegaran udara atau apapun pemandangan yang berhubungan dengannya, kita dapat menggunakan “breathtaking” sebagai pengganti kata “beautiful” atau “nice” yang sudah banyak kita pelajari sebelumnya.

2. Belajar untuk Mengenal Berbagai Macam Istilah Fasilitas Villa dalam Bahasa Inggris

Beberapa villa memiliki fasilitas permainan, seperti ayunan (atau “swing”) dan perosotan (atau “slides”). Sebagaimana kata benda lainnya, ayunan juga memiliki kata kerja, seperti “swinging” yang secara harafiah berarti “berayun-ayun dengan ayunan” yang diungkapkan oleh Pia dalam kehebohannya pada dialognya yang pertama.

Setelah dialog Pia yang menunjukkan fasilitas ayunan dan perosotan, kita akan melihat dialog Disco yang menyebutkan “BBQ set”. Ini merupakan istilah yang unik, mengingat “BBQ” dapat dipanjangkan menjadi bentuk aslinya yakni “barbeque”. Sementara itu, “set” sendiri bila dikaitkan dengan fasilitas merujuk pada sesuatu yang “paketan”. Tidak hanya perlengkapan barbekiu atau BBQ saja, melainkan juga peralatan dapur di dalam, perlengkapan tidur, perhiasan di meja rias, dan sebagainya.

3. Belajar Mengerti Aturan Penggunaan “While”

Penggunaan aturan “while” dapat kita lihat pada dialog yang menunjukkan aksi Rika dan Disco. Bila kita mengarahkan pandangan ke pola kalimatnya, kita akan langsung mengetahui tiap kalimat yang mengandungi “while” pasti diikuti dengan “kata kerja atau verb –ing”.

Sebenarnya, kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, “while” ini kurang lebih sama artinya dengan “selagi” atau “sambil”. Jadi, kalau digunakan dalam kalimat, “(Aksi / tindakan pertama) + while + verb –ing yang menunjukkan aksi berikutnya” Seiring dengan pelajaran-pelajaran bahasa Inggris mendatang, kita akan mempelajari penggunaan “while” yang berbeda pada konteks yang berbeda pula, namun untuk sekarang, kita membatasi pada penggunaan “while + verb –ing” saja.

Kalau kita melihat lagi pada ilustrasi dialog pada artikel ini, kita akan tahu arah dialog selanjutnya bertempat di mana—Ya, pusat kuliner villa yang dekat dengan alam! Tidak sekadar menikmati dialog mencicipi makanan, kita pun akan belajar lebih banyak lagi poin bahasa Inggris yang penting. Penasaran? Lihat kelanjutannya pada artikel berikutnya, para learners!

 

Percakapan Bahasa Inggris: Tawar Menawar Harga Villa
Percakapan Bahasa Inggris: Kendala yang Dialami Saat Memesan dari Situs Travel
Percakapan Bahasa Inggris: Percakapan dalam Kegiatan BBQ di Villa
Percakapan Bahasa Inggris: Suara Misterius yang Menolong Menemukan Penginapan
Percakapan Bahasa Inggris: Percakapan Saat Berkemas-Kemas
Percakapan Bahasa Inggris: Percakapan Saat Sampai di Rumah
Percakapan Bahasa Inggris: Reaksi Tiga Wisatawan Saat Mendapat Kupon
Percakapan Bahasa Inggris: Menggunakan Live Chat Saat Memilih Penginapan
Percakapan Bahasa Inggris: Menanyakan Ketersediaan Kamar Villa
Percakapan Bahasa Inggris: Berdiskusi Mengenai Pilihan Penginapan


 


Sederet Mobile

http://mobile.sederet.com


9 Contoh Dialog Inggris: Menanyakan Jam/Waktu (About Time)
4 Contoh Dialog Inggris: Memperkenalkan Diri Informal & Formal (Introduction)
5 Contoh Percakapan Inggris: Greeting & Leave Taking / Parting / Farewell
Percakapan Mengundang Pesta Ulang Tahun (Inviting Conversation)
Pelajaran Contoh Percakapan Membeli Obat di Apotek
Contoh Percakapan Bahasa Inggris Ketika Naik Grab
Percakapan Inggris: Memberi Dan Menerima Pujian (Giving & Receiving Compliment)
Percakapan Inggris: Memberi Opini tentang Film yang Baru Ditonton (Giving Opinion)
Percakapan Inggris saat Check-in Hotel
Contoh Percakapan Dokter Dan Pasien (Doctor & Patient Conversation)