sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Percakapan Bahasa Inggris: Menjelajah SkyPoint Observation Deck

Ini Dia Pelajaran Bahasa Inggris dari Percakapan Trio Wisatawan, Kacung, dan Anaknya di SkyPoint Observation Deck!

Seperti yang disinggung dalam paragraf artikel sebelumnya, trio wisatawan juga ikut dengan Kacung dan anaknya, yakni Charlotte, dalam pendakian di SkyPoint Observation Deck dalam contoh percakapan ini.

Untuk tujuan ilustrasi, bayangkan mereka semua telah membayar dan memesan paket perjalanan SkyPoint Climb di SkyPoint Observation Deck. Berikut ini adalah contoh percakapan mereka yang hendak kita pelajari poin-poin bahasa Inggrisnya:

Rika: Whoa… Such a pristine landscape. I can feel as if I’m on top of the sky! *then busy looking for her camera* Aw, snap! I forgot my camera…

(Rika: Wah… Benar-benar pemandangan yang indah. Rasanya, aku seperti di atas langit! *lalu sibuk mencari-cari kameranya* Ah, ya ampun! Aku lupa meletakkan kameraku…)

Pia: *Stepping up while following the others* (The more I go upstairs, the more I feel tired, frightened, and hungry~ I can’t stand it no more!) *then sweating*

(Pia: *Naik tangga sambil mengikuti yang lainnya* (Semakin aku naik, semakin aku merasa lelah, takut, dan kelaparan~ Aku tidak bisa tahan lagi!) *lalu berkeringat dingin*)

Kacung: *Looks to Pia’s frightened and sweating face* Pia… We will get on the top in a matter of minutes, and then it’s over. Don’t worry.

(Kacung: *Melihat ke arah wajah Pia yang berkeringat dan ketakutan* Pia… Kita akan naik ke puncak beberapa menit lagi, lalu semuanya akan selesai. Jangan khawatir.)

Disco: Hey, Pia, remember… We’ve got these safety buckles with us!

(Disco: Hei, Pia, ingat… Kita punya perlengkapan keamanan ini dengan kita!)

Pia: *Smiles and whispers weakly while continues to move* Thank you, Disco, Kacung…

(Pia: *Tersenyum dan berbisik lemah sambil terus berjalan* Terima kasih, Disco, Kacung…)

Ketinggian seperti yang ditawarkan SkyPoint Climb di SkyPoint Observation Deck ini sering memancing poin-poin yang tidak terduga, termasuk poin pelajaran bahasa Inggris. Tiga poin bahasa Inggris di bawah ini dapat kita ambil dari contoh percakapan di atas:

1. Penjelasan Perasaan dan Akibatnya Dalam Bahasa Inggris

Melalui contoh percakapan di atas, kita tahu perasaan seseorang mengenai sesuatu beserta akibatnya dapat dijelaskan lewat perumpamaan dan adjectives. Beberapa adjectives untuk mengungkapkan perasaan ini juga memiliki variasi dan manifestasinya, di mana semuanya terlihat pada contoh percakapan di atas ini.

Imbuhan “as if” seperti pada potongan kalimat “ … as if I’m on top of the sky!” pada dialog Rika menunjukkan perumpamaan untuk menjelaskan apa yang dirasakan, yakni “on top of the sky,” Alternatifnya, penggunaan adjectives seperti “tired, frightened, and hungry” pada bagian dialog Pia juga dapat digunakan untuk menjelaskan rasa takut yang dirasakan.

Akibat dari perasaan “tired, frightened, and hungry” adalah “sweating face” atau “wajah yang berkeringat”. Selain “sweating face”, masih ada reaksi-reaksi lain yang timbul akibat perasaan-perasaan seperti demikian, dan kita akan mempelajarinya pada kesempatan artikel berikutnya.

2. Penjelasan Soal Naik Tangga Dalam Bahasa Inggris

Contoh percakapan di bagian pendahuluan artikel ini memperlihatkan 3 frasa bahasa Inggris soal naik tangga yang dapat kita pelajari bersama. Frasa-frasa tersebut adalah “stepping up” dalam dialog aksi Pia, “go upstairs” dalam monolog Pia di dalam hatinya, dan “on the top” pada dialog Kacung setelahnya.

Stepping up” merupakan phrasal verb -ing, yakni verb -ing atau kata kerja dengan imbuhan “-ing” yang umumnya mengandungi 2 kata sekaligus. Alternatif dengan arti bahasa Indonesia yang sama dengan “stepping up” adalah “go upstairs”, di mana “go upstairs” ini memiliki lawan kata, yakni “go downstairs” atau “turun tangga”.

Di mana ada tangga, di situ pasti juga ada puncak. Dalam bahasa Inggris, puncak dari sesuatu bisa berarti “peak”, namun juga bisa berarti “the top”. Bila kita sedang tidak berada di puncak namun ingin merujuk pada “the top” atau puncak sesuatu, kita dapat menggunakan ungkapan “on the top” seperti pada bagian dialog Kacung setelah Pia.

3. Belajar Frasa-Frasa Anti-Mainstream Dalam Bahasa Inggris

Banyak frasa yang tidak biasa atau anti-mainstream dalam bahasa Inggris yang dapat kita eksplorasi. Dua di antara frasa anti-mainstream tersebut ada dalam contoh percakapan ini, yakni “in a matter of minutes” dan “safety buckles”.

In a matter of minutes” merupakan cara lain untuk mengatakan “a few minutes from now”, yang intinya mengatakan “beberapa menit kemudian”. Tergantung dari konteks percakapannya, “minutes” atau “menit” dapat juga berubah menjadi “hours” atau “jam”, “days” atau “hari”, dan sebagainya.

Sementara itu, kita mungkin heran bagaimana “safety buckles” dapat berarti “perlengkapan keamanan”, sementara “perlengkapan” sendiri berarti “equipment” dalam bahasa Inggrisnya. Hal ini dikarenakan perlengkapan keamanan atau “safety buckles” pada SkyPoint Climb di SkyPoint Observation Deck ada banyak macamnya, mulai dari sabuk pengaman hingga rompi yang menyerupai tabung oksigen.

Setelah bersenang-senang di daerah SkyPoint Observation Deck, trio wisatawan, Kacung, dan Charlotte mengunjungi salah satu tempat terkenal di daerah Gold Coast. Tempat wisata manakah itu? Kita akan mengetahuinya bersama dengan poin-poin pelajaran bahasa Inggrisnya pada artikel tutorial bahasa Inggris setelah ini.

 

Percakapan Bahasa Inggris: Berbagi Kesan Selama Berada di Zona Spa Bali Zoo
Percakapan Bahasa Inggris: Percakapan Saat di Ramayana
Percakapan Bahasa Inggris: Saat Bersiap Pulang
Percakapan Bahasa Inggris: Berada di Ubud Adventure Center
Percakapan Bahasa Inggris: Saat Berada di Pameran Wisata Mal
Percakapan Bahasa Inggris: Bagian Dalam Pesawat
Percakapan Bahasa Inggris: Tiba di Pod Chocolate Factory
Percakapan Bahasa Inggris: Percakapan Pengurusan Visa Turis Australia
Percakapan Bahasa Inggris: Mengunjungi Pantai Legian di Siang Hari
Percakapan Bahasa Inggris: Tiba di Agen Perjalanan untuk Mengurus Keberangkatan


 
Contoh Percakapan Membeli Tiket Pesawat di Indomaret/Alfamart & Terjemahannya
Contoh Percakapan Membeli Tiket di Bioskop & Terjemahannya
Contoh Percakapan Membeli Obat di Apotek & Terjemahannya
Kalimat Percakapan Memberi dan Menerima Pujian (Giving & Receiving Compliment)
Kalimat Percakapan untuk Meminta, Memberi, Menolak Sesuatu (Asking, Giving, Refusing)
Percakapan Driver Taksi / Grab / Gocar dengan Penumpang Bule
Percakapan Negosiasi Gaji dalam Bahasa Inggris
Percakapan Bahasa Inggris antara Polisi dan Terduga Kriminal
Percakapan Nasabah yang Akan Berhutang di Bank dalam Bahasa Inggris
Conversation: Percakapan Supir Taksi dan Penumpang dalam Bahasa Inggris