sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Percakapan Bahasa Inggris: Menuju Restoran untuk Sarapan Pagi

Percakapan Saat Berada di Pintu Luar Restoran Hotel Ini Akan Memberi Kita Pengetahuan Lebih untuk Belajar Bahasa Inggris, Wahai Learners!

Para learners, dalam artikel sebelumnya, kita ingat bahwa trio wisatawan yang menjadi tokoh utama kita sudah mendapat tidur yang cukup, sehingga aktivitas dan contoh dialog pada artikel pelajaran bahasa Inggris kali ini bertempat di daerah restoran hotel dan ber-setting waktu pagi hari, yakni saat mereka hendak sarapan.

Karena “hendak”, maka anggaplah letak ketiga wisatawan berdiri ini di antrean depan pintu gerbang restoran. Seperti biasa, sebelum kita melangkah lebih jauh dari pembahasan poin-poin pelajaran bahasa Inggrisnya, kita akan terlebih dahulu melihat contoh dialognya sebagai berikut:

Disco: Sigh… Where is my coupon? *Looks around his pocket* Gah, it seems that I misplaced mine…

(Disco: Duh… Mana ya kuponku? *Melihat-lihat sekitar kantong pakaiannya* Gah, sepertinya aku lupa menaruh punyaku…)

Rika: *Looks around her bag to find her own voucher* Ah, finally, I found it! Oh, wait… Disco, is this yours? Look at the stamps.

(Rika: *Melihat sekitar tasnya untuk menemukan kuponnya sendiri* Ah, akhirnya, aku menemukannya! Oh, tunggu… Disco, ini punyamu? Coba lihat stempelnya.)

Disco: *Immediately looks at the attached stamps* Right, it’s mine… Thank you, Rika! *shows it to the gatekeeper along with Rika and Pia’s individual vouchers that have been found*

(Disco: *Langsung melihat pada stempel yang tertera* Betul, ini punyaku… Terima kasih, Rika! *menunjukkan ke penjaga pintu bersamaan dengan kupon Rika dan Pia masing-masing yang sudah mereka temukan sendiri.)

The Gatekeeper: These are all valid vouchers. Enjoy your breakfasts!

(Si Penjaga Pintu: Semua kupon ini dapat digunakan. Mari nikmati sarapan Anda!)

Disco, Rika, and Pia: Yaaay! Delightful breakfasts for all of us!

(Disco, Rika, dan Pia: Yeeey! Sarapan yang enak bagi kita semua!)

Meskipun dialog baru terjadi di pintu gerbang, kita sudah melihat antusiasme ketiga tokoh wisatawan untuk mencoba sarapan hotel Mariott yang luar biasa tersebut. Kita pun tidak boleh kalah dengan mereka dalam hal antusiasme belajar bahasa Inggris.

Lagipula, ada 3 poin pelajaran bahasa Inggris yang dapat kita pelajari sesuai dengan dialog di atas yang dapat kita pelajari sebagai berikut:

1. “Coupon” Sebagai Persamaan Kata “Voucher

Seri artikel lalu telah banyak membahas kata bahasa Inggris “voucher” yang artinya “kupon”. Saat kita melihat terjemahan dialog pada artikel ini, mungkin kita yang baru belajar bahasa Inggris akan terkejut dengan arti bahasa Indonesia yang sama untuk kata bahasa Inggris yang sama sekali berbeda.

Sebenarnya, artinya boleh sama-sama “kupon”. Namun, “coupon” dapat dikatakan sebagai bentuk informal dari “voucher”. Meskipun tidak ada batasan untuk menggunakannya, kata “coupon” lebih baik digunakan dalam konteks percakapan, terutama percakapan antar orang-orang yang seusia.

2. Belajar Berekspresi Soal Kelalaian dan Menemukan Barang dalam Bahasa Inggris

Namanya juga manusia, maka pasti tidak lepas dari kelemahan. Dalam beberapa situasi, terkadang kelalaian itu bisa saja terjadi, termasuk pada saat berlibur. Momen lalai dan saat-saat untuk menunjukkan barang ini bisa menyulitkan bila tidak mempelajari bahasa Inggris, yang merupakan bahasa yang banyak dipakai negara-negara dunia, maka hal ini menjadi sangat penting untuk kita pelajari.

Ekspresi kelalaian dapat kita lihat pada kalimat, “It seems that I misplaced mine,” di mana “misplaced” sendiri berarti “kelupaan atau ketlesut”, dan biasanya digunakan untuk barang-barang yang berukuran kecil dan dapat masuk dengan mudah dalam tas. Selain itu, “mine” yang merupakan possessive form dari “I” atau “saya / aku” digunakan setelah “misplaced” sebagai penunjuk, yang kira-kira artinya sama dengan, “barang milik saya,”

Saat menemukan barang yang dimaksud, kita dapat mengekspresikan dengan kalimat semacam, “Ah, finally, I found it!” seperti yang dikatakan Rika. Kalau dalam bahasa speaking sendiri, “Ah, finally ...” atau yang berarti, “Ah, akhirnya …” saja sudah jelas, namun akan lebih jelas bila ada kata “I found it,” atau “aku telah menemukannya,” sehingga lawan bicara tidak perlu repot-repot lagi mencarikan barang yang kita maksud.

3. Belajar Lebih Banyak Lagi Mengenai Serba-Serbi Sistem Pengamanan dalam Bahasa Inggris

Di belahan dunia manapun, Mariott terkenal sebagai merek hotel bintang lima. Standar hotel internasional bintang 5 mengharuskan tiap hotel bintang 5 untuk memiliki sistem keamanan yang memadai dalam setiap ruangannya, termasuk restoran yang digunakan “tamu khusus” untuk sarapan.

The gatekeeper” merupakan sebutan untuk orang yang menjaga pintu gerbang masuk tiap ruangan hotel ini. Karena biasanya jumlah “gatekeeper” hanya 1 untuk tiap restoran, saya tidak menambahkan plural atau huruf “s” di belakangnya.

Tugas para “gatekeeper” ini bukan hanya memeriksa pengunjung, namun juga validitas hal-hal yang penghuni pegang termasuk kupon. Dalam hal ini, kita dapat mempelajari kalimat, “These are all valid vouchers. Enjoy your breakfast!” di mana “all” menunjukkan jumlah kupon yang “valid” atau “benar”, dan “enjoy your breakfast!” adalah untuk mempersilahkan penghuni masuk area restoran, di mana semua kalimat ini tidak akan keluar bila permohonan kita tidak disetujui.

Sesuai dengan alur cerita pada contoh dialog ini, dialog selanjutnya akan berputar di sekitar kegiatan sarapan ketiga tokoh wisatawan yang ada. Karena kegiatan sarapannya berada di Mariott yang termasuk jaringan hotel bintang 5 yang sudah “go-international”, maka kita dapat berharap menemukan banyak hal menarik yang dapat diangkat dalam pelajaran bahasa Inggris untuk artikel selanjutnya.

 

Percakapan Bahasa Inggris: Menuju Restoran untuk Sarapan Pagi
Percakapan Bahasa Inggris: Percakapan di Pusat Kuliner Villa Safton
Percakapan Bahasa Inggris: Percakapan yang Dilakukan Sambil Sarapan Pagi
Percakapan Bahasa Inggris: Ngopi di Saigon Coffee Roastery


 


Sederet Mobile

http://mobile.sederet.com


9 Contoh Dialog Inggris: Menanyakan Jam/Waktu (About Time)
4 Contoh Dialog Inggris: Memperkenalkan Diri Informal & Formal (Introduction)
5 Contoh Percakapan Inggris: Greeting & Leave Taking / Parting / Farewell
Percakapan Mengundang Pesta Ulang Tahun (Inviting Conversation)
Pelajaran Contoh Percakapan Membeli Obat di Apotek
Contoh Percakapan Bahasa Inggris Ketika Naik Grab
Percakapan Inggris: Memberi Dan Menerima Pujian (Giving & Receiving Compliment)
Percakapan Inggris: Memberi Opini tentang Film yang Baru Ditonton (Giving Opinion)
Percakapan Inggris saat Check-in Hotel
Contoh Percakapan Dokter Dan Pasien (Doctor & Patient Conversation)