sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Percakapan Bahasa Inggris: Pengalaman Terbang Kelas Ekonomi Trio Wisatawan

Contoh Percakapan Saat Trio Wisatawan Mencoba Pengalaman Terbang Kelas Ekonomi Ini Akan Menolong Kita untuk Belajar Poin-Poin Penting Bahasa Inggris, Wahai Learners!

Sama dengan setting bandara pada contoh percakapan sebelumnya, contoh percakapan yang mengambil setting dalam pesawat ini akan mengajak kita untuk mengeksplorasi sisi-sisi pelajaran bahasa Inggris yang belum tersentuh pada artikel tutorial bahasa Inggris sebelumnya.

Adapun setting waktunya sendiri sesuai dengan uraian paragraf terakhir pada artikel sebelumnya, yakni beberapa menit setelah lepas landas. Ini dia contoh percakapan yang hendak kita pelajari bersama pada artikel ini:

Disco: Ow, ow!!! What’s up with this suddenly turbulent plane?!?!

(Disco: Ow, ow!!! Ada apa dengan pesawat yang tiba-tiba berguling-guling begini?!?!)

The Stewardess: *through the airplane’s sound system* Good evening ladies and gentlemen, we’re currently flying at an altitude of 35,000 feet above the sea with turbulent outside temperature…

(Pramugari: *melalui sistem suara pesawat terbang* Selamat sore para penumpang sekalian, saat ini kita sedang berada di ketinggian 35 ribu kaki di atas lautan dengan cuaca luar yang tidak stabil…)

Rika: (Oh, no… What happens with Kacung at the First Class seat?) *looks worried while reading the photography magazine attached on the front seat’s net pocket*

(Rika: (Oh, tidak… Apa yang terjadi pada Kacung di tempat duduk Kelas Satu?) *terlihat khawatir sambil membaca majalah fotografi yang terdapat pada kantong berjaring di kursi di depannya*)

Pia: (Rika… Why is she worried?) *continually taps on the in-flight monitor and tries to find ways to communicate with Kacung while protecting herself until the weather is back to normal once more*

(Pia: (Rika… Mengapa dia khawatir?) *terus-menerus menekan layar komputer dalam pesawat dan mencoba menemukan cara untuk berkomunikasi dengan Kacung sambil melindungi dirinya sendiri sampai cuaca menjadi normal kembali*)

The Stewardesses: *suddenly appears with plenty of meals on the tray while walks through the airplane’s corridor*

(Para Pramugari: *tiba-tiba muncul dengan berbagai jenis hidangan di gerobak sambil berjalan menyusuri koridor pesawat terbang*)

Bagi kita para learners yang penasaran mengapa para pramugari tiba-tiba muncul dan menawarkan makanan, sebenarnya mereka ini baru muncul ketika cuaca sudah normal dan laju pesawat sudah mulai normal kembali. Di sisi yang lain, ini dia 3 poin bahasa Inggris yang dapat kita pelajari bersama lewat contoh percakapan di atas:

1. Serba-Serbi Penjelasan Bahasa Inggris Mengenai Keadaan di Dalam dan di Luar Pesawat

Kita akan mulai dari “turbulent” sebagaimana tercatat dalam dialog Disco dan pramugari lewat sistem suara pesawat terbang terlebih dahulu. Meskipun kata-katanya sama, namun “turbulent” pada “outside temperature” atau “cuaca luar” menunjukkan cuaca yang sebentar-sebentar panas dan dingin, sehingga menyebabkan “turbulent” pada “plane / airplane” atau “pesawat terbang”.

Outside temperature” yang tidak bersahabat ini dipengaruhi oleh berbagai macam hal. Salah satu pemicunya adalah ketinggian. Dalam bahasa Inggris untuk penerbangan, ketinggian adalah “altitude”, dan biasanya dinyatakan dalam satuan “feet” atau “kaki”.

Biasanya, kita akan tahu soal “altitude” ini dari para pramugari yang berbicara lewat “airplane’s sound system” atau “sistem suara pesawat terbang” yang terdapat dalam bagian dalam pesawat. Bila ada detil tertentu, semacam “above the sea” atau “(berada) di atas permukaan lautan”, maka kita juga akan mengetahuinya lewat sistem suara yang sama dalam pesawat yang kita tumpangi.

2. Serba-Serbi Pramugari Dalam Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris, penyebutan pramugari termasuk salah satu yang paling bervariasi. Meskipun “flight attendant” juga dapat merujuk pada pramugari, “stewardess(es)” seperti yang terdapat pada contoh dialog ini merupakan term khusus untuk menyebut pramugari atau kru pesawat terbang berjenis kelamin perempuan.

Lingkup pekerjaan “stewardess / stewardesses” tidak hanya berhenti di sekitar informasi cuaca saja. Faktanya, para “stewardess” atau “stewardesses” ini juga memiliki gerobak makanan (bahasa Inggris: “tray”) yang mereka keluarkan saat pesawat sudah hendak sampai ke tujuan kurang dari 30 menit dan sudah berlaju stabil.

Saat mereka mengeluarkan “tray” berisi “plenty of meals” ini, mereka akan melakukannya sambil berjalan menyusuri “airplane’s corridor” atau “koridor pesawat terbang”, yakni bagian lurus tempat orang berjalan yang terdapat antar kelompok kursi dalam “seat” atau “tempat duduk pesawat” tertentu.

3. Lebih Banyak Lagi Pengenalan Kosa Kata dan Frasa Bahasa Inggris Mengenai Fasilitas Dalam Pesawat

Karena pesawat yang ditumpangi trio wisatawan dan Kacung merupakan pesawat tipe flagship atau pesawat dengan berbagai macam pengalaman hiburan, maka fasilitas yang ada dan dapat kita pelajari bersama pun melimpah.

Salah satu yang paling dasar adalah “net pocket” yang ada di bagian belakang tiap kursi. “Net pocket” atau “kantong berjaring” ini biasanya diisi dengan majalah dengan berbagai topik, termasuk topik fotografi yang dibaca oleh Rika pada contoh dialog ini.

Yang menarik, bila kita melihat “net pocket” di depan kita, itu tandanya kursi di depan (“front seat”) adalah milik orang lain. Sementara bila orang lain yang melihat “net pocket” di depan itu tandanya kursi milik kita yang ada “net pocket”-nya.

Selain “net pocket”, masih ada “in-flight monitor” atau monitor komputer yang langsung nyambung dengan bagian belakang kursi. Dalam beberapa maskapai penerbangan, “in-flight monitor” ini dilengkapi dengan teknologi sentuh, seperti yang terdapat pada contoh percakapan.

Bukan hanya memfasilitasi penumpang dengan hiburan saja, melainkan juga menolong komunikasi antar-penumpang seperti halnya Pia yang “continually taps on the in-flight monitor” demi dapat berkomunikasi dengan Kacung.

Kita sudah sampai pada bagian klimaks dari pengalaman terbang, yakni makanan. Dalam contoh artikel selanjutnya, kita akan melihat bagaimana trio wisatawan tokoh utama kita berinteraksi dengan makanan dalam pesawat. Dijamin, poin-poin bahasa Inggrisnya pun akan makin mencerdaskan kita!

 

Percakapan Bahasa Inggris: Berakrab-Akraban dengan Makanan Dalam Pesawat
Percakapan Bahasa Inggris: Kacung dan Fasilitas First Classnya
Percakapan Bahasa Inggris: Pengalaman Terbang Kelas Ekonomi Trio Wisatawan
Percakapan Bahasa Inggris: Keseruan Percakapan di Dalam Pesawat


 


Sederet Mobile

http://mobile.sederet.com


9 Contoh Dialog Inggris: Menanyakan Jam/Waktu (About Time)
4 Contoh Dialog Inggris: Memperkenalkan Diri Informal & Formal (Introduction)
5 Contoh Percakapan Inggris: Greeting & Leave Taking / Parting / Farewell
Percakapan Mengundang Pesta Ulang Tahun (Inviting Conversation)
Pelajaran Contoh Percakapan Membeli Obat di Apotek
Contoh Percakapan Bahasa Inggris Ketika Naik Grab
Percakapan Inggris: Memberi Dan Menerima Pujian (Giving & Receiving Compliment)
Percakapan Inggris: Memberi Opini tentang Film yang Baru Ditonton (Giving Opinion)
Percakapan Inggris saat Check-in Hotel
Contoh Percakapan Dokter Dan Pasien (Doctor & Patient Conversation)