sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Percakapan Bahasa Inggris: Percakapan dalam Kegiatan BBQ di Villa

Learners Sekalian, Ingin Belajar Bahasa Inggris dengan Lebih Asyik? Tengok Percakapan Saat Trio Wisatawan Ber-BBQ-ria di Villa Ini

Merupakan hal yang wajar bila villa yang harganya di atas hostel atau homestay namun berfasilitas lebih lengkap memiliki kekayaan aktivitas yang dapat dilakukan di dalamnya. Setelah membeli bahan-bahan baku untuk menikmati BBQ, para trio wisatawan pun bersiap untuk menikmati panggangan hasil mereka sendiri.

Tidak tanggung-tanggung, dialog yang bersituasi di area BBQ villa ini bukan hanya menyajikan bebakaran saja, namun juga berbagai macam hiburan yang membuat pelajaran bahasa Inggrisnya makin menarik. Seperti apa dialognya? Simak saja uraian berikut ini:

Rika: *Switches on her smartphone and starts on playing the most recent music at the Spotify application*

(Rika: *Menyalakan telepon pintarnya dan mulai memainkan lagu kekinian di aplikasi Spotify*)

Pia: Woohooo!!! Delicious smells and fantastic music as well! Let’s dance!!!

(Pia: Woohooo!!! Bau yang enak dan musiknya juga enak didengar! Mari menari!!!)

Disco: Hmmmmm… What a mouthwatering sausage with affordable prices. Friends, want some?

(Disco: Hmmmm… Benar-benar sosis yang lezat dengan harga yang terjangkau. Teman- teman, ada yang mau ‘kah?)

Pia: Of course! Rika, let us bring to the nearest karaoke room!

(Pia: Tentu saja! Rika, mari kita bawa ke ruang karaoke yang paling dekat!)

Rika: Umm… I guess we can eat at that cozy bean bag? It’ll be calmer and of course, make the sausages taste more delicious.

(Rika: Umm… Aku pikir kita bisa makan di tempat kursi bean bag yang nyaman itu? (Menurutku) Akan lebih tenang, dan tentu saja, membuat sosis terasa jadi lebih enak.)

Pia: Alright! Hey, Disco!!! I want more, please!!! 3 for me and 3 for Rika!

(Pia: Oke! Hei, Disco!!! Aku minta lagi, dong!!! 3 buatku dan 3 buat Rika!)

Disco: Okay, here you go… Hey, wait! I’m going to that bean bag as well.

(Disco: Oke, ini dia… Hei, tunggu! Aku juga akan pergi ke tempat kursi bean bag itu juga.)

Kelihatan seru, ya, acara BBQ-nya? Sudah ada musik, ada kursi bean bag yang nyaman lagi. Ups, jangan membuat kita salah fokus tapinya. Ini dia tiga hal bahasa Inggris yang dapat kita pelajari lewat dialog di atas:

1. Belajar Serba-Serbi Kosakata Menghidupkan Benda dalam Bahasa Inggris

Kita akan belajar banyak mengenai benda-benda yang perlu “dihidupkan” atau “dimatikan” sepanjang perjalanan wisata. Banyak dari instruksi benda ini yang menggunakan bahasa Inggris, karena itu, sayang bila kita tidak terlalu banyak mengetahuinya.

Beberapa pelajar bahasa Inggris level pemula saat ini sudah banyak mengetahui tentang “turn on” sebagai kata yang berarti “menyalakan”. Namun, bagaimana dengan penggunaan alternatifnya? Nah, dalam artikel ini, kita dapat belajar serba-serbi kosakata “menyalakan / menghidupkan” dari dialog Rika pada bagian pertama.

Ada “switches on” dan “starts on” yang dapat kita lihat pada dialog Rika yang pertama sebagai pengganti kata “turn on” yang sudah sering kita jumpai. Karena kedua aksi menghidupkan atau menyalakan ini merujuk pada aksinya seseorang (dalam hal ini Rika), maka penambahan “-es” dan “s” dibutuhkan. Perlu diingat juga kalau penggunaan “s” dan “-es” di belakang ini harus konsisten antar kata kerja yang merujuk pada orang yang sama supaya tidak janggal.

2. Serba-Serbi Pengalaman Sensorik dalam Bahasa Inggris

Maksud dari “pengalaman sensorik” pada poin ini adalah pengalaman apapun yang melibatkan panca indera diikuti oleh deskripsi perasaan yang ditimbulkan pada pengalaman tersebut.

Melalui dialog yang telah kita simak pada bagian sebelumnya dari artikel ini, kita mengetahui ada kosa kata “smells” dan “taste” sebagai 2 fungsi panca indera yang digunakan untuk menciptakan pengalaman sensorik. Sementara itu, ada deskripsi “more delicious”, “calmer” dan “mouthwatering” sebagai kata-kata yang menjelaskan pengalaman selama berada di area BBQ dan saat mencicipi fasilitas villa lainnya yang dekat.

“More delicious” dan “calmer” sendiri merupakan bentuk perbandingan (comparative), di mana kata “more” digunakan karena penggalan suku kata “delicious” jumlahnya lebih dari 1. Sementara itu, “calm” yang suku katanya hanya berjumlah 1 memakai imbuhan “-er” di bagian akhirnya. Tambahannya, “mouthwatering” adalah cara lain untuk memparafrasekan “delicious”.

3. Belajar Mengenai “Jalan Pintas”

Jangan terburu berpikiran negatif saat saya mengatakan “jalan pintas”. Faktanya, dalam bahasa Inggris, “jalan pintas” seperti “the nearest” dan “affordable” pada percakapan yang sudah kita simak di artikel ini adalah salah satu poin berharga yang perlu kita pelajari.

Sebagaimana “more + kata sifat” dan “kata sifat + akhiran –er” yang merupakan bentuk komparatif, “the nearest” adalah bentuk superlative yang menandakan “yang paling (kata kerjanya apa) di antara (mana)”. Bentuk superlative selalu diawali dengan article “the” yang menandakan sesuatu yang spesifik (biasanya secara letaknya).

Selain itu, “affordable” digunakan untuk mengganti kata “cheap”. Kebanyakan dari kita para learners pemula telah mengetahui kalau “cheap” atau “murah” adalah lawan kata dari “mahal”. Karena itu, kita dapat menggunakan ekspresi kata “affordable” ini sebagai “jalan pintas” untuk mendapatkan atau sekadar merujuk pada harga yang lebih murah.

Setelah puas mengadakan pesta BBQ, masing-masing tiga tokoh wisatawan utama kita ini menuju barang bawaannya dan mulai pulang. Karena itu, artikel selanjutnya akan mengambil tempat di rumah Rika, yang mereka bertiga gunakan untuk tinggal.

Di saat yang sama, bukan berarti perjalanan wisata mereka berakhir, karena mereka akan merencanakan liburan ke kota lain lagi. Apa itu, dan bagaimana pelajaran bahasa Inggrisnya? Simak kelanjutannya pada artikel selanjutnya!

 

Percakapan Bahasa Inggris: Berdiskusi Mengenai Pilihan Penginapan
Percakapan Bahasa Inggris: Menikmati Fasilitas Villa
Percakapan Bahasa Inggris: Tawar Menawar Harga Villa
Percakapan Bahasa Inggris: Suara Misterius yang Menolong Menemukan Penginapan
Percakapan Bahasa Inggris: Menanyakan Ketersediaan Kamar Villa
Percakapan Bahasa Inggris: Kendala yang Dialami Saat Memesan dari Situs Travel
Percakapan Bahasa Inggris: Percakapan Saat Berkemas-Kemas
Percakapan Bahasa Inggris: Tiba di Kuta dan Mencari Penginapan
Percakapan Bahasa Inggris: Situasi Sulit Saat Menelepon Pihak Akomodasi
Percakapan Bahasa Inggris: Reaksi Tiga Wisatawan Saat Mendapat Kupon


 


Sederet Mobile

http://mobile.sederet.com


Percakapan Mengundang Pesta Ulang Tahun (Inviting Conversation)
Percakapan Inggris: Memberi Opini tentang Film yang Baru Ditonton (Giving Opinion)
Percakapan Inggris saat Check-in Hotel
Contoh Percakapan Dokter Dan Pasien (Doctor & Patient Conversation)
Percakapan Inggris: Mempelajari Penggunaan Bahasa Inggris di Supermarket
Percakapan Bisnis: Memberikan Informasi Sesuai Persyaratan dalam Interview Menggunakan Bahasa Inggris
Percakapan di Restoran: Cara Menanyakan Bill dalam Bahasa Inggris
Percakapan Inggris: Membicarakan Kabar Terkini
Percakapan Inggris: Mengucapkan Salam Sederhana dalam Situasi Informal
English Conversation: Contoh Percakapan dengan Simple Perfect Tense