sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Percakapan Bahasa Inggris: Percakapan Saat Berada di Universal Studio

Ilustrasi Percakapan Saat Trio Wisatawan Tiba di Universal Studio Ini Akan Menolong Kita untuk Mendalami Bahasa Inggris Lebih Lagi

Ini adalah lanjutan artikel sebelumnya tentang pariwisata di Singapura. Salah satu ikon pariwisata Singapura yang banyak dikunjungi wisatawan Indonesia adalah Universal Studio. Dalam ilustrasi percakapan pada artikel ini, ketiga tokoh wisatawan kita yang sudah melewati seharian penuh mereka di Singapura sudah tiba di kawasan Universal Studio. Berikut ini adalah gambaran percakapan yang akan kita pelajari bahasa Inggrisnya bersama-sama:

Pia: *upon her and her friends’ arrival to the Universal Studio* Whoaaa, such a crowded queues! Rika, do you have any ideas on how should we enter the gate faster?

(Pia: *setelah ketibaannya dan teman-temannya di Universal Studio* Waaah, benar-benar antrean yang ramai! Rika, apa kamu ada ide mengenai bagaimana kita dapat masuk lebih cepat?)

Rika: I think we can sneak to the emptied space… *looks around if there are any empty spaces for queuing* There! Disco, Pia, we must go there fast!

(Rika: Aku pikir kita bisa menyelinap ke tempat yang kosong… *melihat-lihat sekitar kalau-kalau ada ruang kosong untuk mengantre* Di sana! Disco, Pia, kita harus cepetan ke sana!)

Pia: *after she and the remaining two tourists have entered the Universal Studio* Guys, guys! Look at that huge-sized, blue-colored globe over there! Let’s get wefies!

(Pia: *setelah ia dan 2 wisatawan sisanya sudah masuk Universal Studio* Teman-teman! Lihat bola dunia berukuran besar dan berwarna biru di sana! Ayo ber-wefie!)

Rika: Alright! After taking wefie, shall we go to the Transformers’ attractions’ booths? *while showing Pia the roadmap*

(Rika: Oke! Setelah ber-wefie, dapatkah kita pergi ke tempat-tempat atraksi Transformers? *sambil menunjukkan Pia peta jalannya*)

Pia: *while looking at the given Universal Studio’s roadmap from Rika* Why are there so many battle coasters?!?! Noooo!!! I’m afraid… Sob, sob…

(Pia: *sambil melihat pada peta jalan Universal Studio yang diberikan oleh Rika* Kenapa ada banyak sekali roller coaster tipe bertarung di sini? Tidaaak!!! Aku takut… Huhuhu…)

Disco: I’ll be sitting at front. You guys just lean on me.

(Disco: Aku akan duduk di depan. Kalian semua pegangan saja padaku.)

Demikianlah contoh percakapan yang aspek bahasa Inggrisnya akan kita pelajari bersama. Seperti biasa, ketiga poin bahasa Inggris yang berhubungan dengan ilustrasi percakapan trio wisatawan di atas dijabarkan dalam poin-poin sebagai berikut:

1. Berbagai Macam Pelajaran dan Penyegaran Ingatan Akan Antrean dalam Bahasa Inggris

Poin pelajaran antrean pada poin pertama ini dijamin berbeda dengan dua artikel sebelumnya yang hanya membahas antrean pada sekadar pengertian bahasa Inggrisnya saja. Lebih dari itu, contoh percakapan di atas ini akan memberikan kita gambaran antrean yang lebih “ramai”.

Crowded queues” atau “antrean yang ramai” seringkali berbentuk kombinasi garis (atau “line”), ular, maupun bentuk-bentuk antrean lainnya yang tidak beraturan. Untuk menanyakan antrean kepada sesama teman yang mengantre, kita dapat menggunakan ekspresi Pia yang menanyakan, “Do you have any ideas on how should we enter the gate faster?” pada Rika.

Namun, tetap saja “crowded queues” memiliki batas. Dalam bahasa Inggris, batas “crowded queues” ini dinamakan “empty spaces”. Untuk konteks percakapan yang langsung menunjuk pada “empty space” secara spesifik, kita dapat mengganti “empty” dengan “emptied” seperti pada dialog Rika di bagian, “ … we can sneak to the emptied space,

2. Belajar Tata Cara Mendeskripsikan Benda dalam Bahasa Inggris

Bagi kebanyakan pelajar bahasa Inggris pemula, mendeskripsikan benda cukup dengan menyebutkan adjective atau kata sifatnya, semacam “beautiful”, “good”, “big”, dan seterusnya. Siapa sangka, ternyata pendeskripsian benda atau objek dalam bahasa Inggris memiliki makna yang lebih mendalam dibandingkan dengan sekadar adjective-nya saja.

Lewat contoh percakapan di atas, kita dapat mengenal tata cara pendeskripsian benda, dalam hal ini “globe” atau “bola dunia”, yang disebutkan dalam penggalan dialog Pia. Bila kita melihat porsi dialognya yang lebih lengkap, kita akan mengetahui ukurannya (atau “size(d)”) disebutkan terlebih dahulu, yakni “huge-sized”. Sesudah itu, barulah warnanya disebutkan, yakni “blue-colored” (“colored” sendiri adalah bahasa Inggris dari “berwarna”).

3. Belajar Kalimat Persuasif dalam Bahasa Inggris

Kalimat persuasif adalah jenis kalimat apapun yang tujuan akhirnya adalah untuk meyakinkan orang. Kendati kita telah banyak mempelajarinya dalam artikel-artikel tutorial bahasa Inggris sebelum ini, variasi kalimat persuasif yang banyak dan kebutuhannya yang tinggi untuk tujuan komunikasi sehari-hari membuat kita perlu terus mempelajarinya.

Kalimat persuasif dalam contoh percakapan ini dapat dilihat pada bagian pertanyaan “Shall we go to the Transformers’ attractions’ booths?” pada dialog Rika. Secara umum, “shall we” adalah bentuk awalan kalimat tanya yang lebih persuasif dibandingkan dengan “can we”, meskipun artinya adalah sama, yakni “bisakah?” Dengan adanya awalan “shall we”, secara tidak langsung orang-orang di sekitar akan digiring untuk setuju dengan yang mengatakannya.

Setelah puas mencoba wahana-wahana permainan yang ada di Universal Studio, ketiga wisatawan pun bersiap untuk pergi ke tempat wisata Singapura selanjutnya yang tidak kalah menarik dibandingkan Universal Studio. Apakah tempat wisata tersebut, dan apa saja poin-poin bahasa Inggris yang dapat dipelajari darinya? Simak saja ulasannya pada artikel tutorial bahasa Inggris selanjutnya!

 

Percakapan Bahasa Inggris: Mengunjungi Beachwalk Shopping Center
Percakapan Bahasa Inggris: Menjelajah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
Percakapan Bahasa Inggris: Mengelompokkan Barang Bawaan di Rumah
Percakapan Bahasa Inggris: Percakapan di Kebun Raya Cibodas
Percakapan Bahasa Inggris: Percakapan di Sekitar Takashimaya
Percakapan Bahasa Inggris: Mencari Orang Hilang di Bandara
Percakapan Bahasa Inggris: Cerita Perencanaan Negara Tujuan Liburan Berikutnya
Percakapan Bahasa Inggris: Percakapan Pengurusan Visa Turis Australia
Percakapan Bahasa Inggris: Percakapan di Sekitar Gardens By The Bay
Percakapan Bahasa Inggris: Pengalaman Mengunjungi Kawasan Q1


 


Sederet Mobile

http://mobile.sederet.com


9 Contoh Dialog Inggris: Menanyakan Jam/Waktu (About Time)
4 Contoh Dialog Inggris: Memperkenalkan Diri Informal & Formal (Introduction)
5 Contoh Percakapan Inggris: Greeting & Leave Taking / Parting / Farewell
Percakapan Mengundang Pesta Ulang Tahun (Inviting Conversation)
Pelajaran Contoh Percakapan Membeli Obat di Apotek
Contoh Percakapan Bahasa Inggris Ketika Naik Grab
Percakapan Inggris: Memberi Dan Menerima Pujian (Giving & Receiving Compliment)
Percakapan Inggris: Memberi Opini tentang Film yang Baru Ditonton (Giving Opinion)
Percakapan Inggris saat Check-in Hotel
Contoh Percakapan Dokter Dan Pasien (Doctor & Patient Conversation)