sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Percakapan Bahasa Inggris: Percakapan Saat Berkemas-Kemas

Agar Tetap Update dalam Belajar Bahasa Inggris, Simak Percakapan Trio Wisatawan Saat Mengemasi Barang-Barang Mereka di Hostel Ini

Sama seperti kejadian buruk nan greget yang bahasa Inggrisnya dapat kita pelajari bersama, mengemasi barang juga termasuk dalam kejadian yang dapat kita pelajari bahasa Inggrisnya. Kendati kegiatan satu ini cukup terlihat “remeh”, kenyataannya ada banyak aspek dalam pengemasan barang yang dapat kita pelajari bersama.

Contohnya seperti yang terdapat pada contoh dialog ketiga wisatawan saat mengepak barang mereka berikut ini, di mana setting mereka sudah di ruang tamu hostel untuk berkumpul dan saling berdiskusi sambil mengepak barang-barang bawaan mereka di hostel:

Rika: The sandals should be here. Also, the mini iPad and my flash disk should be inside my bag… *unzip and re-zip her bag* Okay, all set!

(Rika: Sandalnya seharusnya di sini. Selain itu, iPad berukuran kecil dan flash disk-ku seharusnya berada di dalam tasku… *Membuka dan menutup risletting tasnya* Oke, semuanya sudah mantap!)

Pia: Rika, don’t you forget this? *shows Rika her photography tools* Oh, goodness, I did forget my perfume and beautiful cocktail dress! Hang on, wait a sec…

(Pia: Rika, apakah kamu sudah lupa ini? *menunjukkan Rika alat-alat fotografinya* Oh, ya ampun, aku lupa parfumku dan gaun koktailku yang cantik! Tunggu dulu sebentar…)

Rika: It’s been two hours since we packed our baggage here… And we haven’t packed our entire essentials as well!

(Rika: Sudah dua jam sejak kita menyimpan barang-barang kita di sini… Dan kita bahkan belum selesai mengepak seluruh barang keperluan kita hingga sekarang!)

Disco: It’s okay, actually… I do no longer need this, so, I decided to throw this out. *purposefully left his leather coat at the hostel’s living room*

(Disco: Gak masalah, sebenernya… Aku sudah tidak membutuhkan ini, jadi, lebih baik yang ini dibuang saja. *secara sengaja meninggalkan jaket kulitnya di ruang tamu hostel*)

Rika and Pia: Whoa, you must be crazy!

(Rika dan Pia: Wah, kamu pasti sudah gila!)

Dialog yang cukup “ramai” di atas dapat memberikan kita gambaran mengenai apa saja yang hendak kita pelajari bahasa Inggrisnya pada artikel ini. Seperti biasa, saya akan menerangkan tiga poin bahasa Inggris yang dapat kita pelajari dari artikel di atas sebagai berikut:

1. Belajar Kata-Kata Baru dalam Bahasa Inggris Terkait Penyimpanan

Sebagaimana dengan berbelanja, penyimpanan juga menjadi salah satu tempat yang penting untuk dipersiapkan saat berlibur. Dalam artikel sebelumnya, kita sudah belajar mengenai istilah “pack” yang dapat berlaku juga untuk tas berukuran kecil sebagaimana juga koper.

Zip” merupakan kata aksi atau verb yang akan kita pelajari pada artikel tutorial bahasa Inggris kali ini. Bila kita melihat dialog Rika di awal, kita akan menemukan ungkapan, “unzip and re-zip” yang berarti membuka “zip” atau resleting (dinyatakan dengan “unzip”) dan menutup kembali resleting yang ada pada tasnya (dinyatakan dengan “re-zip”). Lari-larinya, ungkapan ini mirip dengan “undo and redo” di banyak software komputer, tapi “do”-nya diganti dengan “zip”.

2. Serba-Serbi Fungsi “Do” dalam Bahasa Inggris

Do” sendiri artinya adalah “melakukan”. Namun, bagaimana dengan penggunaan fungsinya? Seringkali, kata “do” digunakan untuk mempertegas atau memperjelas maksud kalimat seseorang, dan kita bisa melihatnya pada beberapa contoh dialog di atas.

Lihat saja pada kalimat “I did forget … “ yang ada di bagian dialog Pia. Ini menegaskan kalau Pia lupa untuk mengemas 2 barang “kesayangannya”, dan kejadian lupa itu terjadi sebelum ia mengatakan, “I did forget … “ Karena sudah ada “did” di bagian depan, maka yang mengikutinya adalah verb 1, yakni “forget” dan bukannya verb 2 (“forgot”) atau bahkan verb 3 (“forgotten”).
Fungsi “do” lainnya terdapat pada kalimat Disco, “I do no longer need this,” Dalam hal ini, kata “do” berfungsi untuk mempertegas kalimat, “I no longer need this,” atau “Saya tidak lagi memerlukannya”. Karena ada tambahan “do”, maka konotasi kalimatnya menjadi kira-kira seperti, “Saya / aku benar-benar tidak lagi memerlukannya,”

3. Makna Sesungguhnya dari, “ … Must Be Crazy,”

Memang, sebagaimana diterangkan pada terjemahan dialog, “you must be crazy,” artinya, “Kamu pasti sudah gila,” Namun, sebenarnya ada makna lain yang lebih dalam dibandingkan sekadar menyatakan “kegilaan” seseorang.

Lebih dari sekadar “gila”, objek (“I / you / we / they”) yang ditunjuk adalah seseorang yang telah melakukan sesuatu yang unik dan tidak terpikirkan oleh orang-orang banyak. Lihat saja potongan dialog sebelumnya di mana Disco secara sengaja meninggalkan jaket kulitnya di ruang tamu hostel.

Mungkin saja, kedua rekan Disco yang lain tidak habis pikir mengapa jaket kulit yang identik dengan harga mahal tersebut ia tinggalkan begitu saja. Bisa saja baik Rika maupun Pia berpikir Disco itu dermawan, suka memberi, kreatif, unik, dan lain-lain yang tidak selalu “gila”. Karena itu, ungkapan, “You must be crazy!” tidak lebih dari sekadar menyatakan keterkejutan mereka sendiri atas yang dilakukan Disco.

Dalam dialog pada contoh artikel selanjutnya, anggap saja Rika, Pia, maupun Disco sudah sampai ke hotel yang voucher-nya diberikan oleh Kacung dan sudah mereka verifikasi. Mereka pun sudah memiliki tidur yang cukup semalaman di hotel tersebut, sehingga setting-nya menjadi bertempat di sekitar pintu restoran pada pagi hari dengan aktivitas yang mungkin tidak kita pikirkan sebelumnya.

Kita pun akan menghadapi pelajaran bahasa Inggris lain yang tidak kalah greget-nya untuk dipelajari. Tidak sabar melihat apa saja pelajaran bahasa Inggris yang dapat kita ambil? Simak saja artikel selanjutnya, wahai learners!

 

Percakapan Bahasa Inggris: Reaksi Tiga Wisatawan Saat Mendapat Kupon
Percakapan Bahasa Inggris: Menggunakan Live Chat Saat Memilih Penginapan
Percakapan Bahasa Inggris: Kendala yang Dialami Saat Memesan dari Situs Travel
Percakapan Bahasa Inggris: Menanyakan Ketersediaan Kamar Villa
Percakapan Bahasa Inggris: Percakapan Saat Sampai di Rumah
Percakapan Bahasa Inggris: Tawar Menawar Harga Villa
Percakapan Bahasa Inggris: Percakapan dalam Kegiatan BBQ di Villa
Percakapan Bahasa Inggris: Situasi Sulit Saat Menelepon Pihak Akomodasi
Percakapan Bahasa Inggris: Tiba di Kuta dan Mencari Penginapan
Percakapan Bahasa Inggris: Menikmati Fasilitas Villa


 


Sederet Mobile

http://mobile.sederet.com


Percakapan Mengundang Pesta Ulang Tahun (Inviting Conversation)
Percakapan Inggris: Memberi Opini tentang Film yang Baru Ditonton (Giving Opinion)
Percakapan Inggris saat Check-in Hotel
Contoh Percakapan Dokter Dan Pasien (Doctor & Patient Conversation)
Percakapan Inggris: Mempelajari Penggunaan Bahasa Inggris di Supermarket
Percakapan Bisnis: Memberikan Informasi Sesuai Persyaratan dalam Interview Menggunakan Bahasa Inggris
Percakapan di Restoran: Cara Menanyakan Bill dalam Bahasa Inggris
Percakapan Inggris: Membicarakan Kabar Terkini
Percakapan Inggris: Mengucapkan Salam Sederhana dalam Situasi Informal
English Conversation: Contoh Percakapan dengan Simple Perfect Tense