sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Percakapan Bahasa Inggris: Percakapan Saat di Mobil Menuju Rumah

Bersiaplah, Para Learners: Percakapan Saat Trio Wisatawan Hendak Kembali ke Rumah Mereka Ini Akan Mengajari Kita Lebih Dalam Lagi Poin-Poin Penting Dalam Bahasa Inggris

Mengapa saya sebut “trio” lagi? Ini karena rumah Rika, Pia, dan Disco berbeda dengan rumah Kacung. Mereka bukan saudara, namun situasi dalam dialog ini “mengharuskan” mereka untuk tinggal dalam satu rumah.

Setelah puas “berwisata” dengan menjajaki fasilitas mobil supercanggih dan serba-otomatis milik Kacung, akhirnya mereka pun menuju rumah untuk mempersiapkan barang-barang keperluan wisata yang mereka belanjakan dari Lamko Market.

Percakapan pada artikel ini akan mengambil dua setting, yakni dalam mobil dan di depan rumah. Berikut ini adalah percakapannya:

Car’s Bot: …We will arrive in 3 minutes… 2 minutes… 1 minute… The house is on your left side. All new passengers please prepare your ID card and scan it to the assigned place. Don’t forget about your belongings on the back side. Thank you for travelling with me.

(Robot Mobil: …Kita akan sampai dalam hitungan waktu 3 menit… 2 menit… 1 menit… Rumahnya berada di sebelah kiri Anda. Semua penumpang baru mohon persiapkan kartu identitas Anda dan silahkan scan di tempat yang sudah disediakan. Jangan lupa juga mengenai barang belanjaan di belakang. Terima kasih sudah berkendara bersama saya.)

Rika, Pia, and Disco: We’re going home!

(Rika, Pia, dan Disco: Kita pulang rumah! Terima kasih banyak, ya, Kacung!)

Kacung: Take care, guys!

(Kacung: Hati-hati di jalan, ya!)

Pia: Thanks so much, Kacung, for driving and paying for us…

(Pia: Terima kasih banyak, Kacung, sudah menyetirkan dan membayari kita…)

Kacung: No problem.

(Kacung: Tidak masalah.)

Wah, cerewet juga, ya, robotnya? Tidak masalah, karena yang terpenting adalah poin-poin pelajaran yang dapat diambil dari artikel ini. Paling tidak, ada 3 poin pelajaran bahasa Inggris yang dapat kita amalkan sebagai berikut:

1. Belajar Mengenai “Preposition” Dalam Bahasa Inggris

Kurikulum bahasa Inggris mengenal “preposition” untuk menyatakan letak sesuatu. Secara umum, ada tiga macam “preposition” dalam bahasa Inggris, yakni “in” atau “di dalam”, “on” atau “di atas”, dan “at” untuk merujuk pada tempat yang tidak sedang “diapa-apain”.

Sekarang, saya meminta para learners untuk memperhatikan kalimat si robot yang mengatakan, “The house is on your left side,” “On” sendiri merujuk pada kondisi rumah yang berada di atas tanah (kalau pakai “in”, jadinya rumahnya ada di bawah tanah?).

Sementara itu, “side” juga merupakan alternatif “preposition” dalam bahasa Inggris, yang umumnya digunakan untuk menyatakan “sebelah (mana? Kiri / kanan / depan / belakang)” atau “left / right / front / back side”, tergantung situasi dan konteksnya.

2. Kata “Travelling” Dalam Bahasa Inggris Itu Maknanya Luas

Memang kata “travelling” memiliki kaitan langsung dengan tema wisata yang menjadi tema dominan artikel ini. Apalagi bila kita melihat performa mobil supercanggih Kacung dengan fasilitasnya yang serba mewah, membuat orang-orang yang ada di dalamnya seperti berwisata di dalam mobil.

Kendati demikian, bila “travelling” ini digunakan untuk kendaraan, artinya lebih dekat pada “kendaraan”. Karena itu, saya mengartikan, “Thank you for travelling with me,” pada si robot pintar dengan, “Terima kasih sudah berkendara bersama saya,” dibandingkan, “Terima kasih sudah berwisata bersama saya,” Selain lebih spesifik, artian kata ini akan memudahkan kita ketika menghadapi suasana wisata yang sesungguhnya.

3. Beberapa Pelajaran Mengenai Ucapan Terima Kasih

Kita telah belajar mengenai basa-basi, pujian, dan beberapa ucapan terima kasih pada tingkatan yang lebih mudah dalam artikel-artikel sebelumnya. Semua hal tersebut adalah sisi manis yang membuat pelajaran bahasa Inggris serupa dengan pelajaran etika.

“Thanks so much,” yang digunakan Pia adalah bentuk alternatif dari, “Thank you very much,” Ungkapan ini biasanya diungkapkan oleh orang yang sedang malu-malu dan pipinya memerah. Selain itu, ketika berterima kasih, alangkah baiknya bila kita menyambung dengan “for (alasan mengapa berterima kasih)”, sehingga tidak membuat orang lain salah tangkap.

Setelah dialog dalam artikel ini, situasinya adalah sudah berada di depan pintu rumah. Artikel berikutnya yang bersituasi di depan pintu rumah juga memiliki poin pelajaran bahasa Inggris yang tidak kalah greget-nya. Penasaran? Mari ikuti rangkaian seri artikel tutorial bahasa Inggris berikutnya!

 

Percakapan Bahasa Inggris: Disco Mencoba Ruang Penyimpanan Mobil
Percakapan Bahasa Inggris: Persoalan yang Dihadapi Saat Memilih Kendaraan ke Bandara
Percakapan Bahasa Inggris: Diskusi di Seputar Moda Transportasi
Percakapan Bahasa Inggris: Rika Mencoba Saluran Televisi dalam Mobil
Percakapan Bahasa Inggris: Keseruan dan Dilema Kendaraan Roda Empat
Percakapan Bahasa Inggris: Percakapan Saat di Mobil Menuju Rumah
Percakapan Bahasa Inggris: Pia Minum Teh dalam Mobil Supercanggih
Percakapan Bahasa Inggris: Membawa Barang Bawaan dan Dalam Perjalanan Kembali ke Rumah


 
Kalimat Percakapan Inggris untuk “Making Friends” dan “Asking Someone Out on a Date”
Percakapan Inggris Membeli Tiket di Objek Wisata
Percakapan Inggris Menyewa Kendaraan di Tempat Wisata
Percakapan Inggris tentang Hope & Dream (Harapan & Mimpi)
Percakapan Menolak Bantuan atau Pemberian dalam Bahasa Inggris (Refusing an Offer)
Cara Meminta Izin ke Toilet dalam Bahasa Inggris
Daftar Kalimat & Pengumuman Pramugari di Pesawat dalam Bahasa Inggris
Ungkapan & Percakapan Bahasa Inggris untuk Menyatakan Rasa Tidak Percaya (Expressing Disbelief)
3 Percakapan Inggris saat di Imigrasi Bandara
4 Contoh Percakapan Inggris Melapor ke Kantor Polisi