sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Percakapan Bahasa Inggris: Percakapan Seputar Wawancara Visa

3 Poin Bahasa Inggris yang Akan Kita Pelajari Lewat Contoh Percakapan Seputar Wawancara Visa Antar Tokoh Ini Akan Mencerahkan Pikiran Kita Kembali, Learners!

Dugaan si Mbak Representatif akan adanya undangan wawancara visa untuk Kacung dan tiga wisatawan tokoh utama kita terbukti benar pada contoh percakapan yang terdapat dalam artikel ini. Artikel ini lanjutan dari artikel sebelumnya, tentang persiapan untuk liburan.

Mengingat jadwal wawancara yang tidak langsung hari itu juga, mereka berempat berdiskusi untuk menemukan jawaban yang benar sebelum mereka menjalani wawancara yang sesungguhnya.

Contoh percakapan ini akan memperlihatkan kepada kita hal-hal yang mereka berempat persiapkan untuk wawancara visa. Ketiga poin bahasa Inggris dari contoh percakapan ini juga akan dipaparkan pada paragraf-paragraf selanjutnya:

Kacung: Okay, so, let me tell you this important information: We are not merely going for a birthday party, and I’ve helped in stating it in our forms.

(Kacung: Oke, sebelum kita berdiskusi tentang pertanyaannya, biarkan aku memberitahu informasi penting ini: Kita tidak hanya pergi untuk merayakan pesta ulang tahun, dan aku sudah membantu untuk menuliskannya dalam formulir kita.)

Rika: What should we answer the immigration’s interviewer, then, if we’re going for not only one purpose?

(Rika: Kalau begitu bagaimana kita harus menjawab bagian imigrasi yang mewawancarai kita, kalau kita berlibur tidak untuk satu tujuan?)

Kacung: Try to answer exactly like in the forms and documents we’ve submitted. “Attending a birthday party and going for a vacation” can help in this case.

(Kacung: Coba jawab persis dengan yang tercatat dalam formulir dan dokumen yang sudah kita kumpulkan. Untuk kasus ini, coba jawab, “Menghadiri pesta ulang tahun dan pergi berlibur,”)

Disco: Alright… I’ve also compiled some other questions for us to learn *gives Rika, Pia, and Kacung the lists of possible questions* What if they ask who is Charlotte?

(Disco: Oke… Aku juga sudah mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan lainnya untuk kita pelajari *memberikan Rika, Pia, dan Kacung daftar pertanyaan-pertanyaan yang mungkin* Bagaimana jika mereka menanyakan siapa itu Charlotte?)

Kacung: Nah, I doubt that will happen.

(Kacung: Nah, aku tidak yakin kalau itu akan terjadi.)

Nah, bagi para learners, jangan mau kalah dengan Kacung dan trio wisatawan tokoh utama kita yang “sudah siap segalanya”, termasuk dalam hal wawancara visa. Ini dia 3 poin bahasa Inggris yang dapat kita ambil lewat contoh percakapan pada artikel ini:

1. Beberapa Pelajaran Soal Preposition Dalam Bahasa Inggris

Ada banyak preposition dalam bahasa Inggris, namun kita akan mempelajari 2 di antaranya lewat contoh percakapan artikel ini. Kedua preposition itu adalah “for” yang terdapat dalam frasa ”going for” pada dialog Kacung dan Rika dan “at” pada “stating it at …” dalam dialog Kacung, yang semuanya terletak di bagian awal.

For” pada “going for” ini merupakan sesuatu yang menarik untuk dipelajari, mengingat biasanya “going” sering melekat pada “on”. Bedanya, prepositionfor” merujuk pada tujuan yang jelas, entah itu secara waktu atau tempat. Sementara itu, “in” digunakan pada “stating it in our forms” mengingat data yang diisi “berada di dalam formulir” (di dalam berarti “in” dalam bahasa Inggris).

2. Permainan “Sebab-Akibat” Dalam Bahasa Inggris

Kita mengenal fungsi “if” sebagai perantara “sebab-akibat” dalam bahasa Inggris. Dalam kebanyakan pelajaran bahasa Inggris, kalimat “if” selalu bergabung dengan “then” di bagian akhirnya. Dalam artikel ini, kita akan mempelajari “sebab-akibat” ini lewat sudut pandang yang berbeda.

Kalimat tanya “What should we answer the immigration’s interviewer, then, if we’re …” pada bagian dialog Rika merupakan salah satu penggunaan alternatif “if-then” atau sebab-akibat yang dapat kita tangkap dalam contoh percakapan artikel ini. Khusus “then” yang berada sebelum “if” ini biasanya digunakan pada pertanyaan situasional untuk mengantisipasi kejadian yang “bisa jadi” terjadi.

Ungkapan “in this case” seperti pada bagian dialog Kacung menuju akhir juga dapat dikategorikan sebagai permainan “sebab-akibat”. Kalau “then” sebelum “if” merupakan pertanyaannya, maka “in this case” biasanya digunakan untuk jawaban. Seperti pada bagian dialog Kacung, jawaban inti (”“Attending a birthday party and going for a vacation” can help”) ditempatkan sebelum “in this case” atau “dalam kasus ini”.

3. Serba-Serbi Tentang Kelengkapan dan Kejelasan Dalam Bahasa Inggris

Kelengkapan berarti “complete” dan kejelasan berarti “clear / clearance”, namun, itu belum cukup untuk menjelaskan keseluruhan makna “lengkap dan jelas”-nya. Melalui bagian dialog Kacung dan Disco di bagian menuju akhir, saya akan mengajak kita semua untuk memahami lebih dalam tentang apa itu lengkap dan jelas dalam bahasa Inggris.

Penggunaan kata “exactly like” atau “persis dengan / seperti” pada kalimat “Try to answer exactly like in the forms and documents we’ve submitted” berarti kejelasan, mengingat kita menulis jawaban di formulir (“forms”) dan dokumen (“documents”) juga dengan sejelas-jelasnya. Lagipula, “exactly” biasanya digunakan untuk sesuatu yang membutuhkan kepastian, karena itu kata ini cocok untuk mendeskripsikan kejelasan.

Selain itu, “compiled” dapat digunakan sebagai kata ganti “complete” untuk menjelaskan kelengkapan. Bedanya, “compiled” lebih cocok untuk kelengkapan tertulis macam forms and documents, sementara “complete” cenderung tidak memiliki lingkup spesifik mengenai apa yang lengkap.

Untuk seri artikel tutorial bahasa Inggris selanjutnya, anggap saja keempat tokoh kita ini sudah selesai dengan wawancara visa dan permohonan visa mereka disetujui, sehingga mereka tinggal berangkat. Maka, contoh percakapan berikutnya akan langsung mengambil situasi saat mereka berada di bandara.

Meski demikian, dialog dan poin-poin pelajaran bahasa Inggrisnya akan berbeda dibandingkan dengan seri percakapan di sekitar bandara pada artikel-artikel sebelumnya. Seperti apa persisnya? Mari kita lihat pada artikel tutorial bahasa Inggris selanjutnya!

 

Percakapan Bahasa Inggris: Brosur dan Penganggaran untuk Liburan ke Vietnam
Percakapan Bahasa Inggris: Percakapan Saat Berada di Universal Studio
Percakapan Bahasa Inggris: Pergi Berlima ke Dreamworld
Percakapan Bahasa Inggris: Mengunjungi Beachwalk Shopping Center
Percakapan Bahasa Inggris: Mengelompokkan Barang Bawaan di Rumah
Percakapan Bahasa Inggris: Percakapan di Sekitar Takashimaya
Percakapan Bahasa Inggris: Kembali Lagi ke Rumah dan Menjelajah Rencana Liburan
Percakapan Bahasa Inggris: Menikmati Little Venice
Percakapan Bahasa Inggris: Menjelajah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
Percakapan Bahasa Inggris: Percakapan Seputar Wawancara Visa


 


Sederet Mobile

http://mobile.sederet.com


9 Contoh Dialog Inggris: Menanyakan Jam/Waktu (About Time)
4 Contoh Dialog Inggris: Memperkenalkan Diri Informal & Formal (Introduction)
5 Contoh Percakapan Inggris: Greeting & Leave Taking / Parting / Farewell
Percakapan Mengundang Pesta Ulang Tahun (Inviting Conversation)
Pelajaran Contoh Percakapan Membeli Obat di Apotek
Contoh Percakapan Bahasa Inggris Ketika Naik Grab
Percakapan Inggris: Memberi Dan Menerima Pujian (Giving & Receiving Compliment)
Percakapan Inggris: Memberi Opini tentang Film yang Baru Ditonton (Giving Opinion)
Percakapan Inggris saat Check-in Hotel
Contoh Percakapan Dokter Dan Pasien (Doctor & Patient Conversation)