sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Percakapan Bahasa Inggris: Pergi Berlima ke Dreamworld

Apa Saja Poin-Poin Pelajaran Bahasa Inggris dari Percakapan di Daerah Dreamworld? Simak Contoh Percakapan dan Deskripsi Per Poinnya pada Artikel Ini!

Sesuai dengan penjabaran pada artikel sebelumnya, contoh percakapan dalam artikel ini memperlihatkan salah satu tempat wisata Gold Coast yang paling ramai. Apa lagi kalau bukan Dreamworld?

Dreamworld yang berada di daerah Coomera, Gold Coast, QLD ini merupakan tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan dari seluruh negara, termasuk Indonesia. Berikut ini adalah contoh percakapan antar trio wisatawan, Kacung, dan anaknya dalam kawasan wisata Dreamworld yang hendak kita pelajari bahasa Inggrisnya:

Disco: Hey, guys! I heard the tiger walk experience is one of the most sought-after attractions here. Want to give it a try?

(Disco: Hei, teman-teman! Aku dengar pengalaman berjalan bersama macan adalah salah satu atraksi yang paling laris di sini. Mau coba?)

Rika: Hmmm… I recalled that was around $695, and those below 15 can’t enter. What about the other attractions?

(Rika: Hmmm… Aku ingat itu sekitar $695, dan mereka yang di bawah umur 15 tahun tidak bisa masuk. Bagaimana dengan atraksi-atraksi lainnya?)

Pia: Oh, how I drool over those dingos at the Dreamworld Corroboree! Can we go there?

(Pia: Oh, bagaimana aku mengagumi kawanan anjing dingo di Dreamworld Corroboree! Bisakah kita pergi ke sana?)

Rika: Sure, after that, we shall move on to try the V8 Supercars Redline ride, shall we?

(Rika: Baiklah, setelah itu, kita akan pindah untuk mencoba tumpangan V8 Supercards Redline, ya?)

Kacung: Alright. While you guys try the supercar, Charlotte and I will be waiting at the ABC Kids World.

(Kacung: Oke. Ketika kalian mencoba mengendarai mobil super-nya, Charlotte dan aku akan menunggu di Dunia Anak ABC.)

Keberagaman kawasan wisata Dreamworld dapat terlihat melalui contoh percakapan di atas. Bagaimana dengan tiga poin pelajaran bahasa Inggrisnya? Simak uraiannya lewat deskripsi poin di bawah ini:

1. Mengenal Berbagai Penyebutan Fasilitas Dreamworld Dalam Bahasa Inggrisnya

Ada masing-masing 1 tempat wahana dan 2 jenis pengalaman wisata yang ditawarkan Dreamworld yang dapat kita saksikan lewat contoh percakapan di atas. Tempat wahana tersebut adalah “ABC Kids World” pada dialog Kacung di bagian akhir, sementara “tiger walk experience” dan “try the supercar” merupakan jenis pengalaman wisatanya.

Seperti namanya, “ABC Kids World” merupakan tempat wahana yang menyajikan permainan untuk anak-anak. Bila merujuk ke situs resmi Dreamworld, inilah tempat di mana anak-anak dapat berinteraksi dengan berbagai karakter dan “mascots” dalam “ABC Kids World” atau “Dunia Anak ABC”.

Pengalaman wisata lain yang tidak kalah mengasyikkan dan menegangkan adalah “tiger walk experience”, di mana wisatawan mengajak jalan-jalan satu macan per wisatawan. Sebutan bahasa Inggris untuk kegiatan mengajak jalan-jalan pada “tiger walk experience” ini disebut “walk (with) the tiger”. Polanya sama dengan “try the supercar”, di mana objeknya (yakni “the tiger” dan “the supercar”) ditaruh setelah “walk” atau “jalan” dan ”try” atau “coba / mencoba”, yang merupakan kata kerja atau verb.

2. Belajar dari Tawaran untuk Mencoba dan Batasan Peraturan dalam Bahasa Inggris

Dua hal ini kita pelajari lewat dialog Disco dan Rika di bagian awal contoh percakapan. Tawaran untuk mencoba terlihat pada kalimat “Want to give it a try?”, sementara batasan peraturan suatu pengalaman wisata terdapat pada potongan kalimat “ … that was around $695, and those below 15 can’t enter,”

Dari struktur kalimatnya, “want to give it a try?” umumnya hanya dapat ditemui pada bahasa speaking. Sementara itu, meskipun tidak secara eksplisit disebutkan pembicaraannya soal nominal, kita perlu tahu kalau “that was around … “ itu umumnya berbicara mengenai nominal uang, terutama bila ada simbol dolarnya. Akhirnya, penggalan kalimat “ … , and those below 15 can’t enter,” menunjukkan batas usia minimal yang dapat masuk (“can enter”), yakni 15 tahun.

3. Belajar 2 Macam Parafrase Kata Dalam Bahasa Inggris

Ada 2 kata yang dapat dijadikan replacement atau parafrase yang terdapat pada contoh percakapan dalam artikel ini. Kata tersebut adalah “sought-after” yang terdapat pada bagian dialog Disco di awal percakapan dan “drool” pada bagian dialog Pia di bagian tengah percakapan.

Sought-after” merupakan kata ganti untuk “popular / best seller”, dengan makna yang kurang lebih sama. Bedanya, “sought-after” biasanya digunakan untuk “sesuatu yang benar-benar memiliki nilai jual”. Sementara itu, “drool” dapat menjadi pengganti untuk “love / like / adore” atau semacamnya, mengingat esensi maknanya yang sama, yakni ungkapan kekaguman atas sesuatu yang secara fisik menarik.

Setelah puas menjajaki Dreamworld, para trio wisatawan, Kacung, dan Charlotte berkemas-kemas di penginapan mereka untuk bersiap pulang kembali. Namun sebelum pulang, mereka berbelanja beberapa oleh-oleh. Seperti apa oleh-oleh yang mereka belanjakan, dan pelajaran bahasa Inggris apa saja yang dapat kita pelajari? Ada baiknya bila kita menyimak kelanjutannya pada artikel tutorial bahasa Inggris selanjutnya!

 

Percakapan Bahasa Inggris: Berada di Kawasan Mewah Singapura
Percakapan Bahasa Inggris: Saat Bersiap Pulang
Percakapan Bahasa Inggris: Percakapan Seputar Wawancara Visa
Percakapan Bahasa Inggris: Menjelajah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
Percakapan Bahasa Inggris: Mengunjungi Beachwalk Shopping Center
Percakapan Bahasa Inggris: Mencari Orang Hilang di Bandara
Percakapan Bahasa Inggris: Berbagi Kesan Selama Berada di Zona Spa Bali Zoo
Percakapan Bahasa Inggris: Pengalaman Mengunjungi Kawasan Q1
Percakapan Bahasa Inggris: Berada di Ubud Adventure Center
Percakapan Bahasa Inggris: Tiba di Pod Chocolate Factory


 
Kalimat Percakapan Inggris untuk “Making Friends” dan “Asking Someone Out on a Date”
Percakapan Inggris Membeli Tiket di Objek Wisata
Percakapan Inggris Menyewa Kendaraan di Tempat Wisata
Percakapan Inggris tentang Hope & Dream (Harapan & Mimpi)
Percakapan Menolak Bantuan atau Pemberian dalam Bahasa Inggris (Refusing an Offer)
Cara Meminta Izin ke Toilet dalam Bahasa Inggris
Daftar Kalimat & Pengumuman Pramugari di Pesawat dalam Bahasa Inggris
Ungkapan & Percakapan Bahasa Inggris untuk Menyatakan Rasa Tidak Percaya (Expressing Disbelief)
3 Percakapan Inggris saat di Imigrasi Bandara
4 Contoh Percakapan Inggris Melapor ke Kantor Polisi