sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Percakapan Bahasa Inggris: Persoalan yang Dihadapi Saat Memilih Kendaraan ke Bandara

Bagaimana Para Tokoh Mengantisipasi Persoalan Transportasi? Simak Ulasannya Pada Contoh Percakapan di Artikel Ini Berikut Dengan Poin-Poin Bahasa Inggrisnya!

Setelah trio wisatawan dan Kacung serta Charlotte selesai memilih oleh-oleh mereka, mereka pun bersiap untuk ke bandara kembali dengan mendorong koper mereka masing-masing. Sebelum mereka sampai di bandara, mereka membutuhkan transportasi.

Contoh percakapan dari mereka berikut ini akan menggambarkan serba-serbi transportasi sekaligus mencerminkan 3 poin bahasa Inggris yang akan kita pelajari bersama selanjutnya:

Rika: Time flies so fast, isn’t it? Does anybody have ideas about our transportation to the airport?

(Rika: Tidak terasa waktu berlalu begitu cepat, ya? Apakah ada yang memiliki ide transportasi apa yang akan kita gunakan ke bandara?)

Disco: Well, can we actually use the air train? After all, all of us still have the gocard in our hand, haven’t us?

(Disco: Yah, apakah sebenarnya kita bisa menggunakan kereta api khusus ke bandara? Lagipula, kita semua masih memegang gocard di tangan, ‘kan?)

Rika: The booking time and procedure drives me crazy! Do you guys have other ideas of transportation modes to the airport?

(Rika: Waktu dan prosedur pemesanannya membuatku gila! Apakah kalian memiliki ide lain untuk moda transportasi ke bandara?)

Kacung: Wait, I’ll input the promotional code for the Uber car application… *after a few seconds of inputting and placing the orders* Alright, done. Just wait for the driver to come.

(Kacung: Tunggu, aku akan memasukkan kode promosi untuk aplikasi mobil Uber… *setelah beberapa detik memasukkan dan menempatkan pesanan* Oke, sudah selesai. Tinggal tunggu pengemudinya datang.)

Pia: Yaaay! One more freebie!

(Pia: Yeeey! Satu lagi gratisan!)

Demikianlah contoh percakapan mengenai kendaraan ke bandara yang kita jadikan acuan untuk belajar bahasa Inggris pada artikel ini. Dari contoh percakapan tersebut, ada 3 poin penting bahasa Inggris yang dijabarkan sebagai berikut:

1. Pelajaran Mengenai 2 Macam Moda Transportasi Dalam Bahasa Inggris

Ada 2 macam moda transportasi yang dapat kita amati lewat contoh percakapan pada bagian pendahuluan artikel ini. Dua transportasi tersebut adalah “air train” dan mobil (atau “car”) dari aplikasi (“application”) Uber.

Air train” merupakan salah satu moda transportasi yang paling diminati saat hendak menuju atau berangkat dari Brisbane International Airport. Untuk menggunakan “air train”, seseorang harus memiliki kartu akses yang dinamakan “gocard”. Karena kartu ini cukup untuk digenggam tangan, maka frasa “in our hand” digunakan setelah “gocard”, seperti pada dialog Disco di awal.

Uber application car” atau mobil eksklusif dari aplikasi Uber menawarkan berbagai macam promosi untuk penumpang pertama, seperti “freebie” atau “gratisan” bila memasukkan kode promosi (bahasa Inggris: “input the promotional code”). Seperti taksi atau motor, pengendara Uber dinamakan “driver” dalam bahasa Inggrisnya.

2. Belajar Mengenai Question Tag yang Agak Nyeleneh

Bila melihat pada contoh percakapan yang terdapat pada artikel ini, paling tidak ada 2 question tag yang tidak lazim kita temui pada seri artikel tutorial bahasa Inggris sebelumnya. Kedua question tag tersebut adalah “Time flies so fast, isn’t it?” pada bagian dialog Rika di awal dan “ … all of us still have the gocard in our hand, haven’t us?” pada potongan dialog Disco setelahnya.

Pada dasarnya, question tag “isn’t it?” dapat digunakan untuk sesuatu yang jumlahnya abstrak (termasuk “time” atau “waktu”) sebagaimana juga digunakan untuk sesuatu yang jumlahnya hanya satu. Sementara itu, “haven’t us?” digunakan kapanpun kalimat sebelum question tag mengandungi bentuk possessive atau kepemilikan terhadap sesuatu, seperti “all of us” pada “gocard in our hand”.

3. Serba-Serbi Mengenai “Satu atau Semua Orang” Dalam Bahasa Inggris

Secara harafiah, arti bahasa Inggris untuk “semua orang” adalah “everybody”. Namun, ini tidak berlaku apabila kita hanya membutuhkan minimal satu orang menjawab untuk sebuah pertanyaan atau pernyataan.

Dalam kasus seperti demikian, “anybody” atau “(ada) siapapun” seperti pada pertanyaan Rika, “Does anybody have ideas … ?” dapat digunakan. Bentuk alternatif dari “anybody” adalah “you guys”, yang lagi-lagi diucapkan oleh Rika di bagian tengah dialog. Selain itu, menggunakan “we” atau “kita” dan “all of us” seperti pada dialog Disco menciptakan inklusivitas atau rasa saling memiliki antar kelompok, yang efektif untuk berkomunikasi dalam latar belakang lebih dari 2 orang.

Dalam contoh percakapan pada artikel tutorial bahasa Inggris selanjutnya, anggaplah seluruh tokoh kita sudah diantar Uber menuju bandara, dan mereka pun sudah tiba di bandara transit dengan kisah yang sama sekali berbeda dengan percakapan di bandara transit pada seri artikel tutorial bahasa Inggris sebelumnya.

Karena kisah-kisahnya di bandara transit berbeda, maka pelajaran bahasa Inggrisnya juga akan berbeda. Seperti apa lengkapnya? Baca saja artikel tutorial bahasa Inggris selanjutnya!

 

Percakapan Bahasa Inggris: Persoalan yang Dihadapi Saat Memilih Kendaraan ke Bandara
Percakapan Bahasa Inggris: Pia Minum Teh dalam Mobil Supercanggih
Percakapan Bahasa Inggris: Rika Mencoba Saluran Televisi dalam Mobil
Percakapan Bahasa Inggris: Membawa Barang Bawaan dan Dalam Perjalanan Kembali ke Rumah
Percakapan Bahasa Inggris: Percakapan Saat di Mobil Menuju Rumah
Percakapan Bahasa Inggris: Keseruan dan Dilema Kendaraan Roda Empat
Percakapan Bahasa Inggris: Diskusi di Seputar Moda Transportasi
Percakapan Bahasa Inggris: Disco Mencoba Ruang Penyimpanan Mobil


 


Sederet Mobile

http://mobile.sederet.com


9 Contoh Dialog Inggris: Menanyakan Jam/Waktu (About Time)
4 Contoh Dialog Inggris: Memperkenalkan Diri Informal & Formal (Introduction)
5 Contoh Percakapan Inggris: Greeting & Leave Taking / Parting / Farewell
Percakapan Mengundang Pesta Ulang Tahun (Inviting Conversation)
Pelajaran Contoh Percakapan Membeli Obat di Apotek
Contoh Percakapan Bahasa Inggris Ketika Naik Grab
Percakapan Inggris: Memberi Dan Menerima Pujian (Giving & Receiving Compliment)
Percakapan Inggris: Memberi Opini tentang Film yang Baru Ditonton (Giving Opinion)
Percakapan Inggris saat Check-in Hotel
Contoh Percakapan Dokter Dan Pasien (Doctor & Patient Conversation)