sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Percakapan Bahasa Inggris: Pesan Minuman (bagian 2)

Perkaya Kosa Kata dan Ekspresi Berbahasa Inggris Saat Berwisata Lewat Percakapan Memesan Minuman di Kedai Minuman Ini

Pelajaran dari percakapan sebelumnya saja sudah membuat lapar otak membayangkan aneka macam minuman dan ekspresinya dalam bahasa Inggris.

Masih berpusat pada kedai minuman yang sama, dialog kali ini juga akan menyuguhkan pelajaran bahasa Inggris yang unik dibandingkan dialog sebelumnya yang berkesinambungan. Ini dia cuplikan dialog lanjutan di kedai minuman yang dapat kita pelajari pada artikel ini:

Kacung: Okay, so, one bottle of water, two glasses of ginger beers, and one glass of strawberry-chocolate smoothie mix, right?

(Kacung: Oke, jadi, satu botol air, dua bir jahe, dan satu smoothie rasa stroberi dan coklat, ya?)

Rika and Pia: Alright!

(Rika dan Pia: Oke!)

Kacung: Hey, Miss! One bottle of water, three glasses of ginger beers, one glass of milk tea, and one glass of strawberry-chocolate smoothie mix, please!

(Kacung: Mbak, satu botol air putih, tiga gelas bir jahe, satu gelas teh susu, dan satu gelas minuman smoothie rasa coklat-stroberi, ya.)

Disco: Kacung, you forget about me. Miss, I’d like an additional cup of Arabican coffee, please!

(Disco: Kacung, kamu lupa soal aku. Mbak, aku nambah satu cangkir kopi Arabika, ya!)

Miss Waitress: Okay, I’ll note all of your orders.

(Mbak Pelayan: Oke, saya catat pesanan Anda semua, ya.)

Wah, semakin seru, ya, dialog yang terjadi? Demikian juga dengan hal-hal terkait bahasa Inggris yang dapat kita pelajari. Seperti biasa, ada 3 poin yang dapat kita pelajari, antara lain sebagai berikut:

1. Penyebutan Satuan Aneka Macam Minuman

Pada artikel sebelumnya, kita sudah tahu kalau penyebutan untuk air putih pada umumnya menggunakan satuan “bottle”. Artikel kali ini agak berbeda, karena mengajak kita semua untuk melihat variasi istilah dan ekspresi yang dapat kita gunakan untuk menyebut berbagai minuman dan penyajiannya.

Tidak harus “bottle”, namun bisa saja menggunakan “glass” atau “cup” untuk menyatakan satuan minuman yang disajikan dalam bentuk gelas. Dalam konteks contoh percakapan di atas, “glass” dipakai untuk menyatakan minuman yang disajikan dalam gelas plastik atau berukuran tinggi, misalnya bir pletok, teh susu, dan smoothie rasa stroberi-coklat. Sementara itu, “cup” digunakan untuk menyatakan cangkir yang pendek, seperti kopi Arabika yang dipesan oleh Disco.

2. Jangan Kaget, Karena Bahasa Inggris Memang Sifatnya Frontal, Apalagi Kalau yang Mengatakan Orang Laki

Learners, adakah yang menyimak cara Kacung dan Disco memanggil si Mbak pelayan? Memang, hal tersebut terlihat sedikit kasar dengan adanya tanda seru di belakang kalimat. Namun bila kita bepergian ke negara-negara yang memang menggunakan bahasa Inggris, hal tersebut adalah wajar karena itulah natur sesungguhnya bahasa Inggris.

Adalah sesuatu yang tidak biasa bila laki-laki tidak bersuara lantang, karena itu, penggunaan frase seperti “Hey, Miss / Mister / Sir!”, “Miss / Mister / Sir, I’d like a / an …. “ mungkin diperlukan untuk laki-laki yang hendak memesan sesuatu di tempat wisata. Bila ingin tidak mengganggu sekitar, boleh saja menambahkan “Please!” di belakang kalimat, hanya saja, mungkin tidak ingin terlalu gemulai supaya tidak sama dengan cara perempuan memesan sesuatu.

3. Jangan Lupakan Penggunaan “Article” dan Perbedaan Bentuk Tunggal serta Jamak

Mungkin ini telah sering kita jumpai dalam kebanyakan kurikulum bahasa Inggris, namun tidak ada salahnya mempelajari lagi mengingat di level-level lanjutan pun, pelajar-pelajar bahasa Inggris asal Indonesia sering melupakannya. Padahal, penggunaan “article” maupun pembedaan bentuk tunggal dengan jamak amat penting agar tidak menimbulkan salah paham saat memesan sesuatu di tempat berwisata.

Article” seperti “A”, “An”, atau “The”, hanya boleh digunakan sebelum bentuk tunggal. Bentuk tunggal sendiri adalah kata benda atau nama apapun yang belakangnya tidak diakhiri dengan huruf “s” atau akhiran “-es”. Contohnya dapat dilihat pada permintaan Disco akan “An additional cup of Arabican coffee,” yang menunjukkan Disco menambah satu cangkir kopi Arabika. Jadi, jumlah cangkir itu tidak lebih dari satu.

Kalau sudah diakhiri dengan “s” atau “-es”, itu adalah bentuk jamak untuk menyatakan jumlah yang lebih dari dua. Kalau merujuk pada contoh dialog artikel ini, contohnya terdapat pada “two / three glasses of ginger beers”, yang menunjukkan jumlah bir jahe dalam gelas adalah dua atau tiga atau lebih dari satu gelas.

Bagaimana, makin seru, bukan, seri artikel tutorial bahasa Inggrisnya? Artikel selanjutnya juga tidak kalah seru dengan pelajaran yang berbeda, oleh karena itu, nantikan seri artikel berikutnya untuk pelajaran bahasa Inggris yang lebih menarik lagi.

 

Percakapan Bahasa Inggris: Pesan Minuman (bagian 2)
Percakapan Bahasa Inggris: Pesan Minuman
Percakapan Bahasa Inggris: Memesan Makanan Kecil


 


Sederet Mobile

http://mobile.sederet.com


Percakapan Mengundang Pesta Ulang Tahun (Inviting Conversation)
Percakapan Inggris: Memberi Opini tentang Film yang Baru Ditonton (Giving Opinion)
Percakapan Inggris saat Check-in Hotel
Contoh Percakapan Dokter Dan Pasien (Doctor & Patient Conversation)
Percakapan Inggris: Mempelajari Penggunaan Bahasa Inggris di Supermarket
Percakapan Bisnis: Memberikan Informasi Sesuai Persyaratan dalam Interview Menggunakan Bahasa Inggris
Percakapan di Restoran: Cara Menanyakan Bill dalam Bahasa Inggris
Percakapan Inggris: Membicarakan Kabar Terkini
Percakapan Inggris: Mengucapkan Salam Sederhana dalam Situasi Informal
English Conversation: Contoh Percakapan dengan Simple Perfect Tense