sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Percakapan Bahasa Inggris: Pesan Minuman

Percakapan Bahasa Inggris Saat Menyebutkan Minuman di Kedai Minuman Ini Akan Membuat Semangat Belajar Bahasa Inggris Kita Membara Kembali

Hayo, siapa yang gak baper melihat Kacung yang hendak mentraktir ketiga wisatawan tokoh utama dalam dialog ini? Dialog yang merupakan kesinambungan dengan dialog pada artikel sebelumnya ini tidak kalah cetar-nya, karena banyak hal bahasa Inggris yang akan kita pelajari di dalamnya. Berikut inilah dialognya:

Kacung: Hey, pretty girls, what do you want to drink?

(Kacung: Halo, cewek-cewek cantik, apa minuman yang mau kalian pesan?)

Disco: Whoa… Wait, wait, you said you want to treat me, too, Kacung?!

(Disco: Wah… Tunggu, tunggu, kamu bilang mau traktir aku juga, ‘kan, Kacung?!)

Kacung: No hard feelings, bro. Girls come first.

(Kacung: Tidak usah dimasukkan hati, bro. Cewek duluan, ya.)

Pia: Wow, thanks for the compliment… I’d like a bottle of water, please.

(Pia: Wah, terima kasih atas pujiannya… Aku mau segelas air putih, ya.)

Rika: I want that strawberry-chocolate smoothie mix, thank you very much!

(Rika: Aku ingin minuman smoothie rasa stroberi coklat itu, terima kasih banyak!)

Kacung: Nobody wants a ginger beer? That’s the ever-popular drink here.

(Kacung: Tidak ada yang mau bir jahe? Itu minuman terpopuler sepanjang masa di sini, lho.)

Rika and Pia: Of course, we’re in!

(Rika dan Pia: Tentu saja, kita mau!)

Cukup panjang, bukan, dialognya? Namun setidaknya, ada beberapa hal yang dapat kita pelajari dari dialog tersebut di atas. Ketiga poin pelajaran bahasa Inggris dijabarkan pada poin-poin sebagai berikut:

1. Jadilah Lapar dengan Ekspresi Minuman dalam Bahasa Inggris

Meskipun agak panjang, dialog di atas memberikan berbagai macam ekspresi mengenai minuman yang mungkin baru untuk kita para learners pemula. Saya mengatakan “ekspresi” karena yang kita pelajari bukan hanya kosa katanya, namun juga penggunaan kata yang disesuaikan dengan konteks pariwisata.

Ginger beer atau bir jahe sendiri adalah minuman non-alkoholik yang biasa dijual pada kedai minuman bernuansa outdoor. Sebutan lain dari minuman ini adalah bir pletok. Selain itu, perlu dibedakan antara juice dengan smoothie, di mana smoothie cenderung bertekstur lebih kental dibandingkan juice.

Tambahannya, ekspresi “bottle of water” digunakan karena biasanya air putih memang disajikan dalam bentuk botolan. Artinya, kita dapat menggunakan ekspresi “bottle of­­-“ ini untuk segala jenis minuman yang membutuhkan pembotolan dalam penyajiannya.

2. Apa Arti Sesungguhnya dari “Girls Come First”?

Memang kedengarannya ngeri-ngeri sedap gimana gitu, ya, waktu membaca dialog Kacung yang sedang menggoda Pia dan Rika. Namun, sebenarnya ungkapan “girls come first” ini amat berarti bila kita mengunjungi kedai minuman, restoran, bar, atau sejenisnya saat hendak berwisata.

Bentuk halus dari kalimat ini adalah “Ladies first,” atau “Ladies’ Day”. Di tempat-tempat yang ramah perempuan ini, tiap perempuan yang memesan makanan atau minuman akan mendapatkan promo spesial, semacam berbagai macam diskon. Jadi, jangan biarkan hal tersebut mengalihkan perhatian kita.

3. Cara Lain untuk Mengatakan “Populer” dan “Ingin Mencoba”

Ini merupakan ungkapan bahasa Inggris penting lainnya dari sekian banyak yang akan kita pelajari. Dalam sebuah tempat wisata, khususnya wisata yang berpotensi menghabiskan uang, kata-kata yang menunjukkan popularitas dan ketertarikan wisatawan untuk mencoba akan sering kita gunakan.

Dua contohnya adalah “ever-popular” yang dikatakan Kacung dan “Of course, we’re in!” yang dikatakan oleh kedua gadis wisatawan. “Ever-popular” sendiri merujuk pada sesuatu yang selalu menarik untuk dicoba, tidak peduli bertambahnya tahun atau tren baru. Sementara itu, “Of course, we’re in!” biasanya digunakan untuk menyetujui hadir ke acara tertentu, namun bisa juga digunakan untuk menyatakan setuju mencoba sesuatu yang baru, dalam hal ini bir jahe atau bir pletok.

Sebenarnya, percakapan dalam kedai minuman ini merupakan seri percakapan yang panjang pada seri artikel tutorial bahasa Inggris ini. Karena itu, artikel mendatang juga mengambil tempat di kedai minuman, namun isi percakapan dan pelajarannya sudah berubah lagi. Para learners, nantikan terus pelajaran bahasa Inggris untuk berwisata terkini dari saya!

 

Percakapan Bahasa Inggris: Pesan Minuman
Percakapan Bahasa Inggris: Memesan Makanan Kecil
Percakapan Bahasa Inggris: Pesan Minuman (bagian 2)


 


Sederet Mobile

http://mobile.sederet.com


9 Contoh Dialog Inggris: Menanyakan Jam/Waktu (About Time)
4 Contoh Dialog Inggris: Memperkenalkan Diri Informal & Formal (Introduction)
5 Contoh Percakapan Inggris: Greeting & Leave Taking / Parting / Farewell
Percakapan Mengundang Pesta Ulang Tahun (Inviting Conversation)
Pelajaran Contoh Percakapan Membeli Obat di Apotek
Contoh Percakapan Bahasa Inggris Ketika Naik Grab
Percakapan Inggris: Memberi Dan Menerima Pujian (Giving & Receiving Compliment)
Percakapan Inggris: Memberi Opini tentang Film yang Baru Ditonton (Giving Opinion)
Percakapan Inggris saat Check-in Hotel
Contoh Percakapan Dokter Dan Pasien (Doctor & Patient Conversation)