sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Percakapan Bahasa Inggris: Selama Menghadiri Pesta Ulang Tahun Charlotte

Ilustrasi Percakapan Ini Akan Memperlihatkan Kita Bagaimana Trio Wisatawan Menyikapi Pesta Ulang Tahun Charlotte Sekaligus Poin Bahasa Inggris yang Dapat Kita Pelajari Bersama

Setelah Kacung, Charlotte, dan trio wisatawan sudah siap dengan masing-masing barang bawaan mereka dan tiba di tempat tujuan, mereka akhirnya melakukan satu acara spesial, yakni menghadiri pesta ulang tahun Charlotte. Pesta ulang tahun ini bertempat di Build-a-Bear di daerah Carindale.

Cara trio wisatawan menyikapi pesta ulang tahun ini tergambar dalam contoh percakapan di bawah ini. Seperti biasa, kita akan melihat terlebih dahulu contoh percakapannya sebelum masuk pada pembahasan poin-poin bahasa Inggrisnya sebagai berikut:

Rika: *whispers while the birthday’s MC and mascots are delivering the party’s introductory speech* Hey, I can’t believe three of us are the only adults in this room… Aside from Kacung, of course.

(Rika: *berbisik di saat yang sama dengan MC ulang tahun dan para maskot yang mengucapkan salam pembuka pesta ulang tahun* Hei, aku heran hanya kita bertiga yang orang dewasa di ruangan ini… Selain Kacung, tentu saja.)

Pia: *whispers back to Rika* I can’t savor the birthday moment if my Kacung rejected me, even if there are many cutesy bears and fabulous footwear items here… Maybe he has got his wife, and don’t love me back!

(Pia: *berbisik kembali ke Rika* Aku tidak dapat menikmati momen pesta ulang tahun ini kalau Kacung-ku menolak aku, meskipun ada banyak beruang lucu dan berbagai alas kaki yang bagus di sini… Mungkin dia sudah punya istri, dan tidak mau mencintaiku kembali!)

Disco: Patience, Pia… *pats Pia’s back while watching the kids decorate their bears and bring them home using the provided Cub Condo*

(Disco: Sabar, Pia… *menepuk bagian belakang Pia sambil menonton anak-anak kecil yang mendekorasi beruang mereka dan membawanya pulang menggunakan Cub Condo yang sudah disediakan*)

Pia: Yeah, you’re right… *looks down submissively and sadly, only to be in twisted moods afterwards* HEY, LOOK THERE!!! A bear with a birth certificate. I wish I can have those!

(Pia: Ya, kamu benar… *menunduk ke bawah dengan sedihnya, kemudian secara mendadak perasaannya berubah setelahnya* HEI, LIHAT DI SANA!!! Boneka beruang dengan akta kelahiran. Aku harap dapat memiliki itu!)

Melalui contoh percakapan di atas, kita bukan hanya memiliki gambaran mengenai cara-cara trio wisatawan menyikapi pesta ulang tahun, namun juga suasana pesta di Build-a-Bear yang tergambar di dialog aksi masing-masing tokoh trio wisatawan. Tidak lupa, kita pun punya 3 poin pelajaran bahasa Inggris yang dapat kita ambil sesuai contoh percakapan di atas sebagai berikut:

1. Mengenal Berbagai Atribut Pesta Dalam Bahasa Inggris

Karena suasana ulang tahun menjadi latar belakang contoh percakapan di atas, maka banyak istilah atribut pesta yang dapat kita pelajari bahasa Inggrisnya. Dua di antara frasa istilah tersebut adalah “the birthday’s MC and mascots” dan “cutesy bears and fabulous footwear items”.

The birthday’s MC” atau “Master of Ceremony” adalah aktor utama acara pesta, termasuk pesta ulang tahun, dengan “mascots” sebagai sidekick atau partnernya. Biasanya, kehadiran “mascots” dalam paket pesta ulang tahun dikenai tambahan biaya per “mascot” yang didatangkan.

Selain itu, “cutesy” dan “fabulous” merupakan adjective penjelas dari atribut pesta “bears” dan “footwear items”, di mana keduanya termasuk dalam paket pesta ulang tahun di seluruh cabang Build-a-Bear. “Bears” atau “(boneka) beruang” biasanya dipilihkan yang paling murah, dan “footwear items” ada untuk para tamu undangan memilihnya dengan tambahan biaya.

2. Belajar Lebih Banyak Kata dan Frasa Replacement Dalam Bahasa Inggris

Kata dan frasa replacement atau yang dapat diparafrasekan juga ada dalam contoh percakapan pada artikel ini. Kata-kata tersebut adalah “savor” dan “rejected” pada dialog Pia di bagian awal dan “patience” pada bagian dialog Disco di tengah. Sementara itu, frasanya adalah “Only to be in twisted moods afterwards”.

Savor” sendiri merupakan kata ganti dari “delight”, yang artinya sama, yakni “menikmati”. Sementara itu, “patience” merupakan kependekan dari “be patient” pada artikel sebelumnya, di mana arti bahasa Indonesianya juga sama. Bila dipanjangkan, bentuk “rejected” dalam asmara menjadi “don’t love me back”, yang mana juga dikatakan oleh karakter yang sama yakni Pia.

Only to be in twisted moods afterwards” mengimplikasikan karakter yang memiliki perasaan labil atau moody. Kata “twisted” pada frasa “only to be in twisted moods afterwards” membuat suasana hati yang mudah berubah menjadi terkesan makin labil.

3. Belajar Lebih Banyak Mengenai Kalimat Berstruktur Kompleks Dalam Bahasa Inggris

Ada 2 kalimat “membingungkan” bahasa Inggris yang dapat kita ambil lewat contoh percakapan di atas. Kalimat tersebut adalah “I can’t believe the three of us are the only adults …” pada dialog Rika, dan “ … while watching the kids decorate their bears and bring them home …” pada dialog aksi Disco di bagian tengah menuju akhir.

I can’t believe” sendiri selain berarti ketidakpercayaan juga keheranan akan fenomena tertentu yang terjadi, yakni “the three of us are the only adults”. Mungkin ketika membaca kalimat “the three of us are the only adults” ini, learners akan bingung mengapa “three” yang berarti “tiga” dapat dikatakan “only” atau “hanya”. Sebenarnya, ini lebih merujuk pada kelompok umur yang sama (yakni “adults”) pada sekelompok orang yang sama pula (yakni “us” atau “we”).

Di samping itu, kita juga perlu berhati-hati untuk mengerti kalimat “... while watching the kids decorate their bears and bring them home …” Di sini, “watching the kids”, “decorate … “, dan “bring them home”, bukan 3 kegiatan yang berbeda dalam satu “while”, namun hanya satu, yakni “watching the kids”. Dalam satu “watching the kids” tersebut, ada “decorate the bears” dan “bring them home” sebagai 2 sub-aktivitasnya.

Kini, lewat setting pesta ulang tahun pada contoh percakapan di artikel ini, kita telah makin banyak mempelajari kalimat-kalimat penting dan berbagai macam parafrase lainnya. Selanjutnya, contoh percakapan akan mengambil situasi saat trio wisatawan, Kacung, dan Charlotte mengelilingi sisi kota Brisbane yang lain lagi.

Situasi mengelilingi sisi lain kota Brisbane ini diambil setelah mereka berlima beristirahat dalam penginapan yang mereka pesan. Apa sisi pertama yang mereka jelajahi, dan bagaimana kelanjutan pelajaran bahasa Inggrisnya? Simak saja seri artikel tutorial bahasa Inggris selanjutnya!

 

Percakapan Bahasa Inggris: Selama Menghadiri Pesta Ulang Tahun Charlotte
Percakapan Bahasa Inggris: Kejutan Undangan Ulang Tahun


 


Sederet Mobile

http://mobile.sederet.com


9 Contoh Dialog Inggris: Menanyakan Jam/Waktu (About Time)
4 Contoh Dialog Inggris: Memperkenalkan Diri Informal & Formal (Introduction)
5 Contoh Percakapan Inggris: Greeting & Leave Taking / Parting / Farewell
Percakapan Mengundang Pesta Ulang Tahun (Inviting Conversation)
Pelajaran Contoh Percakapan Membeli Obat di Apotek
Contoh Percakapan Bahasa Inggris Ketika Naik Grab
Percakapan Inggris: Memberi Dan Menerima Pujian (Giving & Receiving Compliment)
Percakapan Inggris: Memberi Opini tentang Film yang Baru Ditonton (Giving Opinion)
Percakapan Inggris saat Check-in Hotel
Contoh Percakapan Dokter Dan Pasien (Doctor & Patient Conversation)