sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Percakapan Bahasa Inggris: Tiba di Agen Perjalanan untuk Mengurus Keberangkatan

Percakapan Saat Kacung dan Trio Wisatawan Tiba di Kantor Agen Perjalanan Terdekat Ini Akan Membuat Kita Lebih Banyak Belajar Bahasa Inggris, Wahai Learners!

Sesuai dengan konten paragraf penutup pada artikel sebelumnya, contoh percakapan pada artikel ini akan melanjutkan bagian sebelumnya mengenai pengurusan visa dan akomodasi yang dibutuhkan untuk merayakan ulang tahun si “Charlotte” di Brisbane, Australia.

Dalam artikel sebelumnya, kita telah belajar dari contoh percakapan saat Kacung mengumpulkan dokumen-dokumen penting untuk mengurus visa. Masih berkesinambungan dengan contoh percakapan sebelumnya, contoh berikut ini akan memperlihatkan Kacung dan trio wisatawan yang memroses visa dan akomodasi mereka di kantor agen perjalanan terdekat:

Disco: Sigh… Where is that “housekeeper” guy? Leaving us here at the Guest Room alone, yet still got no news about our visa or accommodations…

(Disco: Ckckck… Mana tuh, si “pembantu” (Kacung, red.)? Ninggalin kita di sini di Ruang Tamu sendirian, gak ngasih tau apa-apa soal visa atau akomodasi kita…)

Rika: Look! There are two people coming to get us.

(Rika: Lihat! Ada 2 orang yang mendatangi kita.)

Kacung: *smirks confidently* Hey, guys! Our accommodations have been ready as well as the airplane ticket.

(Kacung: *nyengir dengan percaya dirinya* Hei, teman-teman! Akomodasi kita sudah siap sebagaimana juga tiket penerbangannya.)

Ms. Representative: We are just one step away, given that he has collected all of your necessary documents. The Australian Embassy might require some interview sessions to be done. Be prepared whenever they call all of you. Thank you for choosing us!

(Mbak Representatif: Kita sudah selangkah lagi (menuju proses selanjutnya), karena dia (Kacung) sudah mengumpulkan semua dokumen kalian yang perlu. Kedutaan Besar Australia mungkin memerlukan beberapa sesi wawancara ke depannya. Siap-siap saja kalau mereka memanggil kalian. Terima kasih sudah memilih kami!)

Pia: Your welcome, Miss! Thank you so much, Kacung, for being so helpful for us!

(Pia: Sama-sama, Mbak! Terima kasih banyak juga, Kacung, sudah membantu kami semua!)

Bagi yang heran mengapa rewind dialognya begitu cepat, sebenarnya ini mengambil situasi di mana Kacung masuk terlebih dahulu dan mengurus segala sesuatunya dibandingkan ketiga wisatawan yang menjadi tokoh utama kita. Terlepas dari itu semua, ini dia 3 poin bahasa Inggris yang dapat kita pelajari lewat potongan dialog di atas:

1. Belajar Berbagai Kosa Kata Baru Dalam Bahasa Inggris

Ada 2 kosa kata baru yang dapat kita pelajari lewat contoh dialog di atas. Kedua kosa kata tersebut adalah “housekeeper” pada dialog Disco di awal dan “smirks” pada dialog aksi Kacung di bagian tengah.

Housekeeper” merupakan bentuk netral dari “housemaid”, di mana “housekeeper” dapat merujuk pada pembantu rumah tangga laki-laki atau perempuan. Bahasa lain dari pembantu rumah tangga laki-laki adalah “Kacung”, yakni nama salah satu tokoh dalam contoh-contoh percakapan yang telah kita lalui sepanjang seri artikel ini.

Smirks” sendiri merupakan salah satu tingkatan ekspresi kebahagiaan (kalau bukan mengejek, lagi-lagi tergantung dari konteks di mana orang itu “smirks”). “Smirks” atau “nyengir” biasanya dilakukan karena ada reaksi atau respons yang disebabkan oleh orang lain. Karena biasanya “smirks” dilakukan secara percaya diri, maka “confidently” atau “dengan percaya diri” ditambahkan pada dialog aksi Kacung di tengah.

2. Belajar 2 Macam Idiom dalam Bahasa Inggris

Idiom atau ungkapan bahasa Inggris yang diungkapkan secara berbeda dari makna aslinya merupakan hal yang dapat kita temui lewat contoh percakapan di atas. Paling tidak ada 2 macam idiom bahasa Inggris yang dapat kita pelajari bersama.

Idiom pertama yang akan kita pelajari adalah, “coming to get us,” Kita para learners yang terbiasa menonton film Barat mungkin akan memahami idiom ini sebagai ancaman. Sebenarnya, idiom ini digunakan untuk menyatakan sesuatu atau seseorang yang “sedang menuju” kita, terlepas dari apakah hal tersebut membantu atau mengancam kelangsungan hidup kita.

Just one step away” atau “tinggal selangkah lagi” pada dialog Mbak Representatif (Agen Perjalanan) merupakan idiom kedua yang dapat kita pelajari pada contoh percakapan di artikel ini. “Step” pada “just one step away” mengesankan kalau idiom ini hanya digunakan untuk jalan kaki (karena “step” berarti “langkah”), padahal sebenarnya ini dikatakan kapanpun kita “kurang satu tahap yang kurang signifikan bagi kita”.

3. Belajar Serba-Serbi Mengenai “Might” Dalam Bahasa Inggris

Sejatinya, ada 4 tingkatan kemungkinan dengan persentase yang berbeda-beda dalam bahasa Inggris. “Might” merupakan salah satu tingkatan kemungkinan dalam bahasa Inggris yang terdapat pada contoh percakapan dalam artikel ini, di mana persentase kemungkinan terjadi di dunia nyata mencapai 25%. Dalam seri-seri artikel tutorial bahasa Inggris mendatang, kita akan banyak mempelajari tentang kata-kata yang sama atau mirip fungsinya dengan “might”.

Penggunaan kata “might” terlihat pada “The Australian Embassy might require some interview sessions to be done,” pada dialog Mbak Representatif dari agen perjalanan yang Kacung dan trio wisatawan datangi. Dari kalimat ini, kita dapat mengetahui “might” merupakan kata penghubung dari subjek (“The Australian Embassy” atau “Kedutaan Besar Australia”) dan kata kerja (“require” atau “memerlukan”), diikuti dengan objek dan kalimat penjelasnya, yakni “some interview sessions to be done,”

Seperti yang tertera pada contoh percakapan di atas, wawancara visa merupakan tahapan selanjutnya yang akan dibahas sedikit pada contoh percakapan berikutnya. Selain wawancara visa, contoh percakapan yang akan kita pelajari poin-poin bahasa Inggrisnya di artikel selanjutnya juga akan memuat hal-hal menarik lain yang tidak akan kita ketahui, kecuali bila kita membacanya.

Karena itu, wahai learners, siapkan diri Anda sekalian untuk belajar hal-hal baru mengenai bahasa Inggris pada seri artikel tutorial bahasa Inggris selanjutnya!

 

Percakapan Bahasa Inggris: Saat Berada di Pameran Wisata Mal
Percakapan Bahasa Inggris: Menempuh Perjalanan Jauh ke Bali Zoo
Percakapan Bahasa Inggris: Percakapan di Sekitar Takashimaya
Percakapan Bahasa Inggris: Menentukan Tempat Wisata Alam
Percakapan Bahasa Inggris: Mencari Orang Hilang di Bandara
Percakapan Bahasa Inggris: Berada di Ubud Adventure Center
Percakapan Bahasa Inggris: Saat Bersiap Pulang
Percakapan Bahasa Inggris: Menjelajah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
Percakapan Bahasa Inggris: Berbagi Kesan Selama Berada di Zona Spa Bali Zoo
Percakapan Bahasa Inggris: Mengelompokkan Barang Bawaan di Rumah


 


Sederet Mobile

http://mobile.sederet.com


9 Contoh Dialog Inggris: Menanyakan Jam/Waktu (About Time)
4 Contoh Dialog Inggris: Memperkenalkan Diri Informal & Formal (Introduction)
5 Contoh Percakapan Inggris: Greeting & Leave Taking / Parting / Farewell
Percakapan Mengundang Pesta Ulang Tahun (Inviting Conversation)
Pelajaran Contoh Percakapan Membeli Obat di Apotek
Contoh Percakapan Bahasa Inggris Ketika Naik Grab
Percakapan Inggris: Memberi Dan Menerima Pujian (Giving & Receiving Compliment)
Percakapan Inggris: Memberi Opini tentang Film yang Baru Ditonton (Giving Opinion)
Percakapan Inggris saat Check-in Hotel
Contoh Percakapan Dokter Dan Pasien (Doctor & Patient Conversation)