sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Percakapan Menanyakan Alamat dalam Bahasa Inggris

Apakah anda pernah bepergian ke suatu tempat misalnya berwisata ke luar negeri lalu tersesat? Atau anda ingin mengunjungi suatu tempat dan sudah memanfaatkan navigasi tetap saja tidak menemukan tempat tersebut? Cara termudah untuk mengetahui lokasi atau alamat suatu tempat adalah dengan bertanya kepada orang lain. Khususnya kepada warga sekitar atau warga lokal, yang sudah pasti memiliki pengetahuan lebih tentang daerah tersebut dibandingkan kita.

Tak jarang dengan hanya menanyakan alamat anda akan mendapatkan rekomendasi tempat wisata lain atau tempat makan atau tempat nongkrong yang popular bagi warga lokal. Menarik bukan? Satu pertanyaan dan anda akan mendapatkan banyak keuntungan terlebih mendapatkan teman.

Lalu sebenarnya bagaimanakah percakapan untuk menanyakan alamat dalam bahasa Inggris yang mudah digunakan sehari-hari?

Percakapan Bahasa Inggris untuk Menanyakan Alamat

Bagi anda yang saat ini sedang memulai belajar bahasa Inggris, bisa perhatikan contoh ilustrasi berikut untuk menanyakan suatu alamat:

Visitor: Excuse me, I’m a little lost. Can you help me please? (Permisi, aku sedikit tersesat. Dapatkah kau menolongku?)

Local: Oh, sure. Where do you want to go? (Oh, tentu saja. Kemana kau ingin pergi?)

Visitior: I’m going to the St. Albert high school. How can I get there? (Aku ingin pergi ke sekolah St. Albert. Bagaimana cara kesana?)

Local: Well the quickest way is to follow this road. When you found the second traffic light turn left. In 200 m you can turn right and you will find the high school at the right of the street. (Baiklah, cara tercepat untuk kesana adalah dengan mengikuti jalan ini. Ketika kau menemukan lampu merah kedua belok ke kiri. Dalam 200 m belok ke kanan dank au akan menemukan sekolah tersebut di sisi jalan sebelah kanan.)

Visitor: Wow, thanks a lot. Is there any landmark there? (Wow, terima kasih banyak. Apakah ada petunjuk khusus?)

Local: Ah, I almost forgot, you will find a big bookstore across the high school. It’s a big one, you won’t miss it. (Ah, aku hampir lupa, kau akan menemukan toko buku besar di seberang sekolah. Toko itu sangat besar, kau tidak akan melewatkannya.)

Visitor: Thanks, it’s helps me a lot. (Terima kasih. Itu sangat membantu sekali.)

Local:  You’re welcome (Terima kasih kembali.)

Ketika menanyakan suatu alamat ada baiknya kita menjelaskan secara detail tempat yang akan kita tuju. Dan jika anda belum paham betul tentang arah yang dimaksud oleh orang yang kita tanya, jangan malu untuk menanyakan sedetail mungkin. Seperti contoh di atas yang menanyakan petunjuk khusus sebagai panduan untuk menemukan lokasi yang dimaksud. Dengan adanya petunjuk khusus tersebut maka akan memudahkan kita jika di pertengahan jalan kita kembali salah arah.

Contoh II

Will: Hello, I am sorry to trouble you. Could you tell me where the Liam street is? (Halo, maaf mengganggu. Bisakah kau beritahukan arah ke jalan Liam?)

Iam: Yes, no problem. It’s that way. Keep walking straight ahead and after 100 m go left. If you find a McD store go right and you will be at the Liam street. (Ya, tidak masalah. Kea rah sana. Jalan lurus dan setelah 100 m belok ke kiri. Jika kau menemukan gerai McD belok ke kanan dank au akan berada di jalan Liam.)

Will: Thank you so much, I’m new here and came from abroad, really I almost don’t know to get anywhere yet. (Terima kasih banyak, aku baru disini dan datang dari luar, sungguh aku hampir tidak tau arah kemanapun.)

Iam: Yeah, I feel you. It must be hard for the one who just moved here. That’s how I feel when the first time moved here a year ago. It’s kinda big city you know, for me especially who came from a village. (Ya, aku tau perasaanmu. Pasti berat untuk seseorang yang baru pindah kemari. Itu yang kurasakan dulu ketika pertama kali pindah kesini setahun yang lalu. Kota ini cukup besar kau tahu, untukku khususnya yang berasal dari desa.)

Will: Yes, that’s how I feel. So to make it right, the Liam street is near McD store right? (Ya, itu yang kurasakan. Jadi untuk memperjelas, jalan Liam ada di dekat gerai McD bukan?)

Iam: Yup, correct. (Yup, betul.)

Will: Thanks for helping me. See you. (Terima kasih telah menolongku. Sampai jumpa.)

Iam: Okay. See you. (Oke. Sampai jumpa.)

Seringkali karena adanya kebutuhan yang mendesak kita ingin mengetahui lokasi pasar, kantor polisi, atau mungkin klinik dan rumah sakit di suatu lokasi yang belum kita pahami. Untuk menanyakan hal tersebut kita dapat perhatikan contoh di bawah ini:

Ali: Hello, may I ask you for awhile please? (Halo, bolehkah aku bertanya sebentar?)

Tia: Yes, what can I do for you? (Ya, ada yang bisa kubantu?)

Ali: My son is sick right now, but I have no idea where the hospital is. Can you help me please? (Putraku sedang sakit sekarang, tapi akut tidak tahu dimana rumah sakit. Bisakah kau membantuku?)

Tia: Are you visitor? (Apa kau turis?)

Ali: Yes, I am. (Iya betul.)

Tia: Just follow this route for 15 minutes and you will find the nearest hospital there. It’s next to the train station. (Ikuti saja  rute ini selama 15 mennit dan kau akan menemukan rumah sakit terdekat disana. Rumah sakitnya terletak di dekat stasiun kereta.)

Ali: Thanks a lot miss. (Terima kasih banyak nona.)

Demikian contoh percakapan menanyakan alamat dalam bahasa Inggris yang dapat anda gunakan sehari-hari. Jika anda tidak paham betul lokasi anda ketika bepergian tidak ada salahnya bertanya agar tidak tersesat. Cukup gunakan bahasa sederhana selebihnya mereka biasanya akan memahami kondisi anda. Terima kasih.

 

Bagaimana Cara Bertanya dalam Bahasa Inggris?
Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan di Tempat Parkir
Percakapan Seorang Polisi dan Saksi yang Melihat Kejadian
Contoh Percakapan Membeli Tiket Pesawat di Agen Travel
Percakapan saat Check-Out Hotel dalam Bahasa Inggris
Menanyakan Hasil Interview Kerja dalam Bahasa Inggris
Student Conversation: Percakapan Perkenalan dengan Siswa Baru dalam Bahasa Inggris
Percakapan “Girl Crush” di Kampus (Membicarakan Teman yang Ditaksir)
Percakapan Polisi Lalu Lintas saat Sedang Bertugas dalam Bahasa Inggris
Percakapan Menanyakan Kabar dalam Bahasa Inggris


 
Percakapan Menanyakan Hari (Asking for Days) dalam Bahasa Inggris
Percakapan Menanyakan Fasilitas Hotel (Asking for Hotel Facility) dalam Bahasa Inggris
Percakapan Menanyakan Cuaca dalam Bahasa Inggris
Percakapan Menanyakan Alamat dalam Bahasa Inggris
Contoh Ucapan Tahun Baru Imlek dalam Bahasa Inggris
Contoh Ucapan Tahun Baru dalam Bahasa Inggris
Menanyakan tentang Gaji dalam Bahasa Inggris
Menanyakan Asal dalam Bahasa Inggris
Menanyakan Cita-cita dalam Bahasa Inggris
Menanyakan Berat Badan dalam Bahasa Inggris