sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Permintaan Maaf dalam Bahasa Inggris secara Formal

Dalam bahasa apapun ada tiga kata penting yang perlu diketahui. Kata sapaan, berterima kasih dan meminta maaf. Dimanapun Anda dibelahan dunia, setidaknya ketahui tiga kata tersebut untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan sekeliling.

Permintaan maaf dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris formal memiliki kesamaan. Keduanya dikaitkan dengan adab dan etika. Tahu kapan untuk mengucapkan maaf diangap etika kesopanan yang akan membuat orang lain jadi lebih respect dengan siapapun yang meminta maaf terlebih dahulu.

Minta Maaf Secara Formal

Terlepas salah atau tidak meminta maaf sudah menjadi tolak ukur bersikap yang patut diketahui. Berbuat salah dengan saudara dan teman tentu lebih mudah dan cukup dengan mengatakan sorry, my bad (maaf, saya yang salah).

Berbeda dengan melakukan kesalahan pada institusi, sekolah atau perusahaan. Permintaan maaf harus diutarakan dengan lebih sopan. Tahukah Anda ada cara tertentu untuk melakukan permintaan maaf dalam Bahasa Inggris Formal? Berikut adalah pembahasannya.

Frase Untuk Menyatakan Minta Maaf

Ucapan maaf didahului dengan kata yang sama. Namun untuk lebih formal ada tambahan baik dia awal kalimat atau di akhir kalimat. Hal tersebut menunjukkan penggunaan kata yang lebih sopan dan santun dari sekedari ucapan maaf.

  • Kata Maaf Umum

Secara formal atau informal, kata maaf hanya terdiri dari beberapa kata. Berikut adalah contoh sejumlah frase yang umum digunakan untuk meminta maaf pada seseorang.

    • I am sorry (Saya minta maaf)
    • I want to apologize (Saya ingin minta maaf)
    • Can you forgive me? (Bisakah Anda memaafkan saya?)
    • I have made a terrible mistake (Saya telah melakukan kesalahan yang sangat besar)
    • Sorry for my wrong doing. (Maaf untuk kesalahan saya)

Frase tersebut bisa digunakan secara informal. Permintaan maaf dalam Bahasa Inggris Formal memerlukan tambahan frase di depan maupun dibelakan kalimat untuk menunjukkan permintaan maaf yang lebih mendalam dan santun.

  • Tambahan di awal Kata Maaf
    • Modals adalah kata bantu untuk membantu menjelaskan kata kerja. Untuk kata maaf, fungsi modals memberikan tambahan formalitas dan kesopanan pada kata-kata maaf. Berikut contohnya
    • I would like to say that I am really sorry (Saya ingin mengatakan kalau saya sangat ingin meminta maaf)
    • I would like to express my apology (Saya ingin mengungkapkan rasa menyesal saya)
    • Could you spare some time ? I am terribly sorry for what happen (Bisakah Anda meluangkan waktu sebentar? Saya sangat menyesal untuk kejadian yang terjadi)
    • I want to take this moment to admit my mistake (Saya ingin mengakui kesalahan saya)
    • I am truly sorry. I should have not let that mistake happen to you (Saya sangat menyesal. Seharusnya saya tidak membiarkan hal tersebut terjadi padamu)
    • May I say something. I am really sorry for my wrong doing. (Bolehkan saya mengatakan sesuatu? Saya sangat menyesal untuk kesalahan saya)
    • Please atau tolong adalah ekspresi formal untuk tambahan formal saat meminta maaf. Kata please juga bisa diganti dengan kata pardon yang memiliki arti yang sama dan lebih formal. Berikut contohnya.
    • Please except my deepest apology (Tolong terima permintaan maaf saya yang paling dalam)
    • Please, I sincerely apologize for what happen (Tolong saya sangat menyesal untuk apa yang sedang terjadi)
    • Please forgive me for all my mistakes. I promise to make things better (Tolong maafkan semua kesalahan saya. Saya janji untuk memperbaikinya)
    • Pardon me, It will not happen again (tolong maafkan saya, hal itu tidak akan terjadi lagi)
    • I beg you pardon, I really mean what I said (tolong maafkan saya, saya benar-benar mengatakannya dengan tulus)
    • Hope artinya harapan. Kata ini cocok untuk disisipkan untuk ungkapan meminta maaf yang bersifat formal. Berikut contohnya
    • I hope you can find a way to forgive me (Saya harap Anda dapat memaafkan saya)
    • I would like to express may sencere apology. I hope the experience can be a lesson for everyone. (saya ingin menyatakan penyelesaian saya. Saya berharap pengalaman ini bisa jadi pelajaran untuk kita semua)
    • I really hope you can forgive me (Saya sangat berharap Anda dapat memaafkan saya)
  • Tambahan di akhir Kata Maaf

Permintaan maaf dalam Bahasa Inggris Formal disertai dengan penjelasan atau alasan pada akhir ungkapan maaf. Oleh karena itulah ungkapan maaf yang formal umumnya terdiri dari dua atau tiga kalimat. Berikut ini adalah beberapa contohnya.

    • I would like to apology to everyone. It was really terrible what I have done and I am very ashamed about it. (Saya ingin minta maaf kepada semuanya, apa yang telah saya lakukan sangatkah buruk dan saya sangat malu untuk tindakan tersebut)
    • I would like to express my sincere apology for anything that i have said both intentionally or not. (Saya ingin mengungkapkan rasa penyesalan saya sedalam-dalamnya untuk semua perkataan yang disengaja maupun tidak disengaja)
    • I have done many mistakes and I would like to say that I have learn my lesson and will try to be better. (Saya telah melakukan banyak kesalahan dan saya ingin berkata kalau saya telah memahami kesalahan saya dan berisaha untuk menjadi orang yang lebih baik)
    • Please forgive me. There seems to be a problem with the engine. We will be with you shortly. (Tolong maafkan saya. Sepertinya ada masalah dengan mesin. Kami akan segera menghubungi anda segera)

Demikianlah beberapa ungkapan dan sisipan baik di awal maupun diakhir pernyataan. Sebagai permintaan maaf formal ada beberapa situasi yang memerlukan gaya ungkapan seperti itu. Diantara termasuk kesalahan saat acara formal seperti penobatan atau pernikahan, minta maaf telah merugikan perusahaan atau kata pembuka untuk mengundurkan diri.

Selain itu bisa juga permintaan maaf dalam Bahasa Inggris formal karena berkecimpung dalam bidang layanan masyarakat. Contohnya adalah seperti kalimat berikut ini.

Contoh Surat Permintaan Maaf dalam Bahasa Inggris Formal

April 20th, 2020

Anita Monet
Yellowstone Street, Burbank
California, 40214

Dear Ms Anita,

It comes to my understanding that your unfortunate incident has caused discomfort. On behalf of our Department Store, I would like to express my deepest apology. For what happened to you and your family in one of our branches. It will take some time to process the return products. I would like to state once again that We acknowledge our mistakes and we regret what has happened.

Our Department Store thrives for customer satisfaction. We hope that our apology and further action can bring some comfort to your situation. Please accept our apology and contact me personally for any further concerns that you may have.

We attach a gift card as a present for your trouble. We look forward to maintaining our cooperation with you and your family. You are more than welcome to shop with our Department Store anytime.

Sincerely yours,

Mr Setiawan
Head Manager
Thompson Department Store

Contoh Percakapan Permintaan Maaf dalam Bahasa Inggris Formal

Berikut adalah contoh penggunaan ungkapan permintaan maaf seperti sorry, apology, excuse me, please dan pardon dalam bentuk percakapan. Semua berupa percakapan permintaan maaf secara formal. Perhatikan ungkapan maaf dan respondnya.

A: Excuse me, I think there has been a mistake.

B: I beg your pardon? Is there something wrong? What can I do for you?

A: I order steak and orange juice. What comes to my table is chicken and vegetables

B: I am sorry for the inconvenience. 

A: That is ok. I hope you can fix the problem

B: Yes, of course, I am truly sorry. We will deliver the right order right away

A: Please no more mistakes. We are really hungry

5 Minutes later

A: Thank you for waiting. Here is your order. And this is our complimentary pizza or your discomfort

B: Thank you so much.

A:”You are welcome. Again we are sorry please enjoy the rest of the evening”

Terjemahan:

A: Maaf sepertinya ada kesalah pahaman.

B: Maaf ada masalah apa? Apakah ada sesuatu yang salah? Apa yang bisa saya bantu?

A: Saya pesan stik dan jus jeruk. Pesanan yang datang adalah ayam dan sayuran

B: Saya minta maaf untuk kesalah pahamannya.

A: Tidak apa-apa. Saya harap Anda dapat memperbaiki masalahnya secepat mungkin

B: Tentu saja. Saya benar-benar minta maaf. Kami akan segera mengantarkan pesanan Anda yang benar

A: Tolong tidak ada kesalahan lagi. Kami sudah sangat kelaparan

5 Menit kemudian

A: Terima kasih untuk kesabarannya. Ini dia pesanannya. Sebagai permintaan maaf kami untuk ketidak nyamanan Anda, ini adalah pizza gratis untuk Anda nikmati

B: Terima kasih

A:”Terima kasih kembali. Sekali lagi kami minta maaf dan selamat menikmati sisa malam Anda”

Percakapan di atas menunjukan permintaan formal dalam Bahasa Inggris. Perhatikan ungkapan permintaan maafnya dan bagaimana melakukan respondnya yang sesuai.

Ungkapan Meminta Maaf

  • I am sorry for the inconvinient (Saya minta maaf untuk ketidak nyamanannya)
  • I am terribly sorry for what happen (Saya sangat menyesal untuk apa yang sedang terjadi)
  • Sorry for the mistake that we have made (maaf untuk kesalahan yang kami lakukan)
  • I would like to apologize for your troble (Saya ingin minta maaf untuk kesulitan yang Anda alami)
  • Please, accept my deepest apoolgy. (tolong, terima ucapan permintaan maaf saya)

Respond dari Permintaan Maaf

  • Thank you for the quick respond. I hope there is a solution soon (terima kasih untuk respond cepatnya. Semoga ada solusi untuk masalahnya segera)
  • I can understand. Please fix the problem (Saya bisa memahaminya. Tolong perbaiki masalahnya)
  • Thank is ok, I am fine (Tidak apa-apa. Saya baik-baik saja)
  • I am sorry that I have to make a report for what happen (maaf kalau saya harus membuat laporan untuk apa yang sudah terjadi)
  • I am sorry too. I hope this does not happen again (Saya juga minta maaf. Semoga hal ini tidak terjadi lagi.
  • I accept your apology. I am hoping for the best (Saya terima ucapan maaf Anda. Saya hanya mengharapkan yang terbaik)

Demikianlah beberapa ekspresi permintaan maaf dalam Bahasa Inggris Formal. Selain ada respondnya, percakapan formal tentang meminta maaf dengan sopan dan santun. Kami juga memberikan contoh surat permintaan maaf formal sebagai bentuk penyelesaian tertulis. Semoga contoh di atas memberikan gambaran bagaimana seseorang melakukan permohonan maaf dalam Bahasa Inggris.

 

Membuat, Memenuhi, Menolak Permintaan dalam Bahasa Inggris
Writing Tip: Cara Menulis E-Mail Bisnis Formal dalam Bahasa Inggris
Percakapan Formal di Telepon dalam Bahasa Inggris
Cara Menulis Surat Formal (Formal Letter) dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Percakapan Perkenalan Formal dan Perkenalan Tidak Formal dalam Bahasa Inggris
Menggunakan Salutation dan Complimentary Close dalam Tulisan Formal, Bisnis dan Kasual
Bahasa Formal English dan Informal English
Pengertian Formal Greeting dan Contoh dalam Percakapan Bahasa Inggris
Ungkapan tentang Permintaan (Making, Fulfilling dan Rejecting a Request)
Cara Menulis Surat Formal & Informal