sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Pidato Bahasa Inggris: Hari Pramuka

Speech on The Scout Day

Sejarah Pramuka sendiri di Indonesia pertama kali berasal dari Boy Scout yang diinisiasi oleh Sir Lord Robert Baden-Powell of Gilwell. Dari buku yang beliau tulis yakni Scouting for Boys yang tersebar ke seluruh Negara-negara di dunia maka berkembanglah organisasi kepanduan hingga ke Indonesia. Organisasi kepanduan sendiri di bawa oleh pemerintah Belanda ke Indonesia (Hindia Belanda) yang merupakan daerah jajahannya pada masa itu.

Seiring berjalannya waktu dengan semangat kepanduan yang selaras dengan bergerakan bangsa maka banyak tokoh-tokoh gerakan nasional yang berniat untuk mendirikan organisasi serupa di Indonesia. Sehingga munculah berbagai organisasi kepanduan di seluruh penjuru Indonesia. Lalu setelah masa kemerdekaan Indonesia yang tepatnya ada tanggal 14 Agustus 1961 Presiden Ir. Soekarno meresmikan Gerakan Pramuka (Praja Muda Karana).

Pada kesempatan kali ini kita akan coba untuk memberikan contoh pidato dalam bahasa Inggris untuk menyambut Scout Days sebagai gambaran.

English

The Scout Days

Good morning,

Whom I respect,

  • / Mrs. Scoutmasters
  • Invited Guests
  • And also my dear and beloved colleagues

Scout Salute!

The first of all I would like to send my gratituted for the blessing and grace from the Almighty God that we can assemble in this occasion. In this brightful day we are able to attend and gather to celebrate an historical day that is Scouting Day which falls on the date of 14 August.

I would like to express my gratitude for the opportunity given to me so that I could stand here to deliver the speech of Scouting Day.

Pramuka or Scout has a deeper meaning. The word Pramuka is an abbreviation of Praja Muda Karana which means of young generation who made creation. The founding fathers of Pramuka have a big mission to develop young men and women in Indonesia to move along with the current development. Young men and women is the nation and country’s movers and successors. How in the past scouts had struggled along with our country heroes to achieve independence. Thus are the vision carried out by the scout member and must embedded in our hearts.

Scouts have given all the trainings which basically not only train our physic but also our mind and heart. A strong and successful young generation is a young generation who can give benefits, able to be a mover, and bring advance to surrounding. The mission of scouts is not measured by succed or not but related to what benefits that we have given toward others.

On the daily life a scout member should be able to manage himself. To be a leader and motivate local communities to move forward. Therefore Pramuka’s member should understand their significance role in the society. Let us be the agent of change and always bring spirit given from our predecessors. Through this historical day we straighten up that Pramuka bearers the movement and inspire younger generation!

Scout Salute!

 Thank you,

Indonesia

Selamat Pagi,

Yang kami hormati,

  • Bapak/Ibu Pembina Pramuka
  • Tamu Undangan
  • Serta rekan-rekan yang saya sayangi

Salam Pramuka!

Sebelumnya saya ingin mengucap syukur atas berkah dan juga rahmat dari Tuhan kita dapat berkumpul pada kesempatan kali ini. Di hari yang cerah ini kita berkesempatan hadir dan berkumpul untuk memperingati hari yang bersejarah yakni Hari Pramuka yang jatuh pada tanggal 14 Agustus.

Saya juga ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya sehingga dapat berdiri disini untuk menyampaikan pidato terkait Hari Pramuka.

Pramuka, memiliki makna yang sangat dalam. Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana yang berarti generasi muda yang berkarya. Pendiri dan penggagas pramuka memiliki misi yang sangat besar yakni untuk mengembangkan para pemuda dan pemudi di Indonesia agar bergerak seiring dengan perkembangan jaman. Pemuda dan pemudi adalah penggerak serta penerus bangsa dan Negara. Bagaimana pada masa dahulu Pramuka telah berjuang bersama dengan pahlawan kita untuk meraih kemerdekaan. Demikianlah visi yang selalu diemban oleh anggota Pramuka dan harus selalu tertanam di hati kita.

Pramuka telah memberikan berbagai macam pelatihan yang pada dasarnya tidak hanya melatih fisik kita, tapi juga melatih pikiran dan hati kita. Seorang generasi muda yang kuat dan berhasil adalah generasi muda yang mampu memberikan manfaat, mampu menjadi penggerak, serta membawa kemajuan bagi sekitarnya. Misi pramuka bukan hanya diukur dari sukses atau tidaknya sesuatu tapi manfaat apa yang telah kita berikan kepada orang lain.

Dalam kehidupan sehari-hari seorang anggota Pramuka harus mampu mengendalikan dirinya. Menjadi pemimpin dan memberikan semangat agar masyarakat di sekitarnya dapat bergerak maju. Untuk itu anggota Pramuka harus memahami peran penting yang diembannya di Masyarakat. Mari kita menjadi agen perubahan dan selalu membawa semangat yang diserahkan oleh pendahulu kita. Melalui hari yang bersejarah ini kita tegakkan kembali bahwa Pramuka adalan pembawa pergerakan dan menginspirasi generasi yang lebih muda!

Salam Pramuka!

Terima kasih,

Nah contoh di atas semoga dapat memberikan inspirasi bagi pembaca untuk menyusun sebuah pidato dalam bahasa inggris dengan tema Hari Pramuka. Pramuka adalah salah satu organisasi yang banyak memberikan manfaat bagi masyarakat sehingga sudah selayaknya kita memberikan menghargai dan mengembangkan visi dan misi dari Pramuka di Indonesia. Sekedar tips sampaikanlah penghargaan dan sedikit latar belakang jika anda akan menulis suatu pidato dengan tema apapun. Demikian artikel kali ini, sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya!

 

Penggunaan Direct dan Indirect Speech Bahasa Inggris
Pidato Bahasa Inggris: Pesan Hari Natal (Message on Christmas)
Pidato Bahasa Inggris: Hari Valentine (Valentine’s Day)
Speech: Apa itu Indirect Speech (Kalimat Tidak Langsung)?
Pengertian dan Contoh Reported Speech
Pidato Bahasa Inggris: Hari Pramuka
Parts of Speech (The Eight Parts of Speech)
Pidato Bahasa Inggris: Pentingnya KB (The Importance of Family Planning and Birth Control)
Pidato Bahasa Inggris: Perpisahan SMA Kelas XII (High School Graduation)
Pidato Bahasa Inggris: Hari Anak Sedunia (International Children’s Day)


 
Pidato Hari Guru: Murid kepada Guru
Pidato Singkat dalam Rangka Tahun Baru
Pidato Bahasa Inggris: Kenakalan Remaja (Juvenile Delinquency)
Pidato Bahasa Inggris: Pemanasan Global (Global Warming)
Pidato Bahasa Inggris: Ulang Tahun Sekolah (School Anniversary)
Pidato Bahasa Inggris: Pentingnya Pendidikan Berkelanjutan (Continuing Educatio)
Pidato Bahasa Inggris: Hari Kesehatan Internasional (International Health Day)
Pidato Bahasa Inggris: Dampak Buruk Teknologi Kekinian (Negative Effects of Technology)
Pidato Bahasa Inggris: Calon Ketua OSIS SMA (President of Student Council Election)
Pidato Bahasa Inggris: Pentingnya Pendidikan (The Importance of Education)