sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Pidato Bahasa Inggris: Pentingnya Pendidikan (The Importance of Education)

Bangsa yang maju adalah bangsa mengutamakan pendidikan. Pendidikan adalah hak semua warga negara. Oleh karena itu semua orang harus berpendidikan agar bangsa kita maju. Nah kalau kamu sedang mencari contoh pidato tentang pendidikan, berikut adalah teks pidato pentingnya pendidikan dalam Bahasa Inggris dan Indonesia. Pidato di bawah bisa digunakan oleh pelajar sekolah SD, SMP, SMA, atau bahkan mahasiswa.

English

The honorable, my teacher, and my beloved friends, good morning. First of all, thank you for having me here in this fine and joyfull morning. I hope we are all in the good health. Today I would convey in the importance of education in my short speech. On many occasions we hear the term education, but what is education? How importance is education to our country and ourselves as students?

Well, to answer the first question, education refers to a process by which a person develops their skills, attitudes and values. Many times we associate this term with the school, however we must also take into account that education is not exclusive to this institution, but also it is up to the family and even to the friendships with whom we live together day by day, that is why we can say that “men can get to improve each other.” There is a phrase that I like very much and I find it very true. If the people of a country care about the education, it shows that they love their nation. It is said that in order for a country to prosper it needs education, but why?

The honorable audiences, we study not to go to the graduation ceremony and hang our picture on the wall of our house, much less to show off to our friends. we study to practice and to acquire knowledge, and those two then will prepare us to the real life situation. Education brings us too many benefits, such as confidence in ourselves, freedom to decide, conscience as a whole, help us to improve ourselves, to feel fulfilled, to feel that we are something in life and that we have an end for which to live. But this is not the only satisfaction that education gives us, but with it we achieve a better quality of life; When we want to buy a dress, shoes, food, or anything else, we need a work, which currently is not so easy to find and less if we don’t have an adequate education.

It is said that the future of our country is in the hands of the children and as the children in this country, we must try hard to achieve that. That is why today I invite all the audiences here to reflect on the importance of education. We have to take advantage of this chance to be able to go to school to study. We must appreciate the effort that our parents make to send us to school, and think that there are many children who would like to study but for some reason they can not do it.

Finally, ask ourselves: without effort and education, how do we want to improve ourselves? How do we want to live better? In short, how do we want a better country?. Therefore, education is an important part of our life as well as an essential part to develop a better future for the country. So this is the end of my speech today. I hope some of the points that I have conveyed today make us more appreciate of our chance to be able to have the education at school and make us study more dilligently for both our country’s and our own future. I thank you for the attention. Good day.

Indonesian

Yang terhormat, guru saya, dan teman-teman yang saya sayangi, selamat pagi. Pertama-tama, terimakasih telah bersama saya di sini pagi yang menyenangkan ini. Saya harap kita semua dalam keadaan sehat. Hari ini saya akan menyampaikan pentingnya pendidikan dalam pidato singkat saya. Pada banyak kesempatan kita mendengar istilah pendidikan, tapi apa itu pendidikan? Seberapa penting pendidikan bagi negara kita dan diri kita sendiri sebagai siswa?

Nah, untuk menjawab pertanyaan pertama, pendidikan mengacu pada proses dimana seseorang mengembangkan keterampilan, sikap dan nilai mereka. Seringkali kita menghubungkan istilah ini dengan sekolah, namun kita juga harus tahu bahwa pendidikan tidak hanya berhubungan dengan institusi ini, tetapi juga didapati di keluarga dan bahkan dalam persahabatan atau dengan orang yang kita temui dari hari ke hari. Itulah mengapa pepatah mengatakan bahwa “manusia bisa saling mengajari.” Itu ungkapan yang sangat saya sukai dan saya merasa itu sangat benar. Jika orang-orang peduli terhadap pendidikan mereka, hal itu menunjukkan bahwa mereka mencintai bangsanya. Dikatakan bahwa agar suatu negara dapat makmur dibutuhkan pendidikan, tapi kenapa?

Hadirin yang terhormat, kita belajar di sekolah tidak hanya untuk pergi ke upacara wisuda dan menggantungkan gambar wisuda kita di dinding rumah kita, apalagi untuk menyombingkan diri kepada teman-teman kita. Kita belajar untuk berlatih dan memperoleh pengetahuan, dan kedua hal itu kemudian dapat mempersiapkan kita dalam menghadapi situasi di kehidupan nyata. Pendidikan memberikan kita banyak manfaat, seperti meningkatkan kepercayaan pada diri, memberi kebebasan untuk memilih dan memutuskan, memiliki hati nurani yang utuh, membantu kita memperbaiki diri, merasa punya arti, merasa bahwa kita berbuat sesuatu dalam kehidupan dan bahwa kita memiliki tujuan untuk hidup. Tapi dari semua itu pun, masih banyak manfaat yang diberikan pendidikan kepada kita, manfaat lainnya adalah kita dapat mencapai kualitas kehidupan yang lebih baik; Bila kita ingin membeli baju, sepatu, makanan, atau apapun, kita membutuhkan sebuah pekerjaan, dimana pekerjaan sekarang ini sulit dicari jika kita tidak memiliki pendidikan yang memadai.

Teman-teman saya, masa depan negara kita ada di tangan anak-anak bangsa, dan sebagai anak-anak bangsa di negeri ini, kita harus berusaha keras untuk mencapai masa depan itu. Itulah sebabnya hari ini saya mengajak semua hadirin disini untuk merenungkan pentingnya pendidikan. Kita harus memanfaatkan kesempatan bisa pergi ke sekolah untuk belajar. Kita juga harus menghargai usaha yang dilakukan orang tua kita untuk menyekolahkan kita, karena ada banyak anak yang ingin sekolah tapi karena suatu hal mereka tidak dapat melakukannya.

Terakhir, tanyakan pada diri sendiri: tanpa usaha dan pendidikan, bagaimana kita ingin memperbaiki diri? Bagaimana kita ingin hidup lebih baik? bagaimana kita menginginkan negara yang lebih baik?. Oleh karena itu, pendidikan merupakan bagian penting dari kehidupan kita sekaligus merupakan bagian penting untuk mengembangkan masa depan yang lebih baik bagi negara. Maka inilah akhir dari pidato saya hari ini. Saya harap beberapa poin yang telah saya sampaikan hari ini membuat kita lebih menghargai kesempatan kita untuk dapat memiliki pendidikan di sekolah dan membuat kita belajar lebih giat untuk masa depan negara kita dan masa depan kita sendiri. Terima kasih atas perhatiannya. Selamat pagi.

Pidato Terkait

 

Pidato Bahasa Inggris: Gemar Menabung (The Importance of Saving Money)
Pidato Bahasa Inggris: Cita-Cita Anak Sekolah (Student Future Goals)
Pidato Bahasa Inggris: Bahaya Minuman Keras (The Danger of Alcohol Abuse)
Pidato Bahasa Inggris: Bahaya Merokok untuk Kesehatan (The Danger of Smoking)
Pidato Bahasa Inggris: Pentingnya Hidup Sehat (The Importance of Living Healthy)
Pidato Bahasa Inggris: Perpisahan SMP Kelas IX (Junior High School Graduation)
Pidato Bahasa Inggris: Bahaya Ketergantungan Narkoba (The Danger of Drug Abuse)
Pidato Bahasa Inggris: Pentingnya Pendidikan (The Importance of Education)
Pidato Bahasa Inggris: Perpisahan Anak SD Kelas VI (Primary School Graduation)
Pidato Bahasa Inggris: Pentingnya Makanan Sehat (The Importance of Eating Healthy)


 
Pidato Bahasa Inggris: Kenakalan Remaja (Juvenile Delinquency)
Pidato Bahasa Inggris: Pemanasan Global (Global Warming)
Pidato Bahasa Inggris: Ulang Tahun Sekolah (School Anniversary)
Pidato Bahasa Inggris: Pentingnya Pendidikan Berkelanjutan (Continuing Educatio)
Pidato Bahasa Inggris: Hari Kesehatan Internasional (International Health Day)
Pidato Bahasa Inggris: Dampak Buruk Teknologi Kekinian (Negative Effects of Technology)
Pidato Bahasa Inggris: Hari Anak Sedunia (International Children’s Day)
Pidato Bahasa Inggris: Pentingnya KB (The Importance of Family Planning and Birth Control)
Pidato Bahasa Inggris: Perpisahan SMA Kelas XII (High School Graduation)
Pidato Bahasa Inggris: Calon Ketua OSIS SMA (President of Student Council Election)