sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Preposition (Preposisi dalam Bahasa Inggris)

Materi preposition yang akan kita pelajari bahasa Inggrisnya dalam artikel ini merupakan salah satu materi yang penting dalam bahasa Inggris, mengingat kemunculannya yang sering. Kemunculan preposition sering terdapat pada contoh kalimat maupun percakapan.

Ada kalanya preposition juga keluar sebagai contoh soal dengan pembahasannya dalam tes TOEFL maupun tes-tes bahasa Inggris sejenis. Namun, sebelum menyimak itu semua, kita akan melihat poin mengenai pengertian dari preposition yang berikut ini.

Pengertian Mengenai Preposition

Beberapa preposition hanya mengandungi satu kata, beberapa yang lainnya dapat mengandungi dua kata. Berapapun kata dalam preposition, kategori fungsi preposition tetap sama, yakni menyatakan arah, waktu, alasan atau pengecualian, dan lokasi.

To”, “by”, “toward”, dan lain-lain merupakan preposition yang berfungsi menyatakan arah. Preposition yang berfungsi menyatakan waktu misalnya “For/since”, “at”, “in”, dan sebagainya. Ada pula “because of”, “due to”, “instead of”, dan lain-lain sebagai preposition yang menyatakan alasan atau pengecualian. Selain itu, masih ada juga “under”, “on top”, dan lain-lain sebagai preposition yang berfungsi menyatakan lokasi.

Contoh Penerapan Preposition Dalam Kalimat

Sebagaimana disinggung dalam paragraf pengantar artikel ini, merupakan sesuatu yang sering untuk preposition yang hadir pada kalimat. Empat contoh kalimat yang terdapat pada poin ini merupakan contoh kalimat yang dapat kita jadikan acuan untuk belajar tentang preposition.

Tidak hanya contoh kalimatnya saja yang akan kita pelajari, namun juga arti bahasa Indonesianya, tanda bold pada preposition yang ada, dan tanda garisbawah pada hal-hal yang membantu menjelaskan preposition. Di akhir masing-masing contoh kalimat di bawah ini, kita juga akan belajar lebih jauh mengenai preposition:

1. Go to the right side to find a café (Pergi ke sisi kanan untuk menemukan kafe).

Penjelasan: Dalam contoh kalimat ini, preposition yang ada hanya terdiri atas satu kata, yakni “to” (ke), untuk menjelaskan tentang arah pergi ke “the right side” (sisi kanan).

2. Those dolls have been here since 2012 (Boneka-boneka itu sudah ada di sini sejak 2012).

Penjelasan: Contoh kalimat ini juga memperlihatkan penerapan preposition yang hanya mengandungi satu kata, yakni “since” (sejak), untuk menggambarkan fungsi penjelas waktu dari keadaan “those dolls have been here” (boneka-boneka itu sudah ada di sini).

3. The plan is cancelled due to company’s changing policy (Rencananya dibatalkan mengingat adanya perubahan peraturan perusahaan).

Penjelasan: Untuk menjelaskan alasan “the plan is cancelled” (rencananya dibatalkan), contoh kalimat ini menggunakan preposition yang terdiri atas dua kata, yakni “due to” (mengingat).

4. You can find my trophy on top of my shelves (Kamu dapat menemukan pialaku di atas rakku).

Penjelasan: Preposition yang digunakan dalam contoh kalimat ini juga berjumlah dua kata, yakni “on top” (di atas). Preposition ini digunakan untuk menyatakan lokasi dari “my trophy” (pialaku).

Contoh Penerapan Preposition Dalam Percakapan

Selain dalam contoh kalimat, kita pun dapat menemukan preposition dalam percakapan, termasuk dalam contoh percakapan yang terdapat pada poin ini. Untuk memahami contoh percakapan dalam poin ini, kita menggunakan panduan yang sama dengan poin sebelumnya mengenai contoh kalimat.

Panduan tersebut meliputi arti bahasa Indonesia, bold pada preposition, dan garisbawah pada hal-hal yang membantu menjelaskan tentang preposition. Di akhir contoh percakapan berikut ini, kita pun berkesempatan mempelajari lebih jauh tentang preposition:

Millie: Alas, I forget where I located my headband!

(Millie: Ya ampun, aku lupa di mana aku menaruh bandoku!)

Bell: Aw, Millie… How can it be? I remembered it was under this chair, wasn’t it?

(Bell: Ah, Millie… Kok bisa? Aku ingat paling tidak adanya di bawah kursi ini ‘kan, ya?)

Millie: It should be there. Yet, when I ran toward the building in around one hour ago, and got back here, it suddenly vanished!

(Millie: Harusnya di sana. Tetapi, ketika aku berlari ke dalam bangunan dalam sekitar sejam lalu, dan kembali ke sini, tiba-tiba saja hilang!)

Bell: I’m sorry to hear that. Next time, put your belongings in more spacious places instead of here. *points to the chair*

(Bell: Turut sedih mendengarnya. Lain kali, taruhlah barang-barangmu di tempat yang lebih luas daripada menaruh di sini. *menunjuk pada kursinya*)

Millie: Yes, I understand. Thank you very much for your advice, Bell!

(Millie: Ya, aku mengerti. Terima kasih banyak untuk saranmu, Bell!)

Lewat contoh percakapan ini, kita mulai belajar tentang preposition pada baris kedua dialog. Preposition tersebut adalah “under” (di bawah), yakni preposition satu kata yang berfungsi menyatakan lokasi dari “it” (itu), atau bando Millie.

Selanjutnya, ada “toward” (ke dalam) sebagai preposition satu kata yang menyatakan arah “the building” (bangunan(nya)) pada baris ketiga. Dalam baris percakapan yang sama, kita pun menemukan preposition yang berfungsi untuk menjelaskan waktu, yakni “in around” (dalam sekitar, 2 kata). Waktu yang dijelaskan adalah “one hour ago” (sejam lalu).

Bagian baris dialog ketiga ini juga merupakan bagian yang menarik, karena menunjukkan kita dapat menggunakan lebih dari satu macam preposition dalam satu kalimat, termasuk pada kalimat percakapan. Hal yang tetap perlu kita perhatikan adalah susunan grammar yang harus tetap benar.

Dalam baris dialog yang keempat dari contoh percakapan di atas, kita juga menemui adanya “instead of” (daripada) sebagai preposition dua kata yang berfungsi untuk menyatakan pengecualian dari “more spacious places” (tempat yang lebih luas), yakni “here” (di sini).

Kini, setelah kita mengenal penjelasan mengenai preposition dan contoh-contoh penerapannya dalam kalimat maupun percakapan, kita akan bergerak lebih jauh untuk memahami kemunculan materi preposition dalam contoh soal dan pembahasan tes TOEFL maupun tes-tes bahasa Inggris yang sejenis.

Contoh Soal dan Pembahasan Preposition Dalam Tes TOEFL Maupun Tes-Tes Bahasa Inggris Sejenis

Sebagai contoh soal dari tes TOEFL maupun tes-tes bahasa Inggris yang sejenis, preposition sering muncul sebagai contoh soal yang meminta kita memilih kalimat yang menggunakan preposition dengan benar. Alternatifnya, materi preposition juga dapat muncul sebagai contoh soal yang meminta kita menilai benar-salahnya suatu kalimat dalam contoh soal.

Dua contoh soal beserta arti bahasa Indonesianya yang terdapat pada poin ini dapat kita jadikan acuan untuk mempelajari materi preposition dalam tes TOEFL maupun tes-tes bahasa Inggris sejenis. Selain itu, kita pun dapat mempelajari jawaban benar dalam bold serta pembahasan tiap jawaban benar dari kedua contoh soal di bawah ini:

1. Choose the right sentence:

a. They run in that road.
b. The crayon is located ontop of the shelf.
c. Go onto the left side of the road until you find a book store.
d. I didn’t join because of my hectic schedules.

(1. Pilihlah kalimat yang benar:

a. Mereka berlari di dalam jalanan itu.
b. Krayonnya berada diatas rak.
c. Pergi ke atas dari sebelah kiri jalan hingga kamu menemukan toko buku.
d. Aku tidak bergabung karena jadwalku penuh.)

Catatan:Road” atau jalanan tidak pernah bergabung dengan “in” seperti pada pilihan a maupun “onto” pada pilihan d, karena itu, kedua pilihan ini menjadi pilihan yang salah dan tidak dapat dipilih. Pilihan b juga salah, karena “on top” sebaiknya dipisah antar “on” dengan “top”-nya, bukan digabung. Karena itu, pilihan yang benar untuk contoh soal pertama ini adalah d.

2. Mark this statement as true (T) or false (F):

Why did you take that Math subject instead of the Physics one? Answer: T

(2. Tandai pernyataan ini sebagai benar (B) atau salah (S):

Mengapa kamu mengambil mata pelajaran Matematika daripada yang Fisika? Jawaban: B)

Catatan: Karena “Math” (Matematika) dan “Physics” (Fisika) merupakan dua “subject” (mata pelajaran) yang berbeda, maka kita menggunakan “instead of” sebagai preposition-nya. Mengingat kalimat contoh soal kedua ini sudah menggunakan “instead of” dengan benar, maka jawabannya menjadi “T” atau “True”.

Itu dia hal-hal yang dapat kita pelajari dari preposition. Dalam artikel tutorial bahasa Inggris selanjutnya, kita akan melihat pelajaran yang berbeda, yakni syntax.

Hmmm… Seperti apa, ya, pelajaran syntax itu? Tidak ada salahnya kita melihat dan membaca pembahasannya pada artikel tutorial bahasa Inggris yang berikutnya!

Preposition

 

Aturan Penggunaan Huruf Kapital dalam Bahasa Inggris
Verb -ing: Perbedaan Gerund vs Present Participle
Grammar: Apa Itu Determiner?
Sentences: Apa itu Imperative Sentence (Kalimat Perintah)?
Grammar Tenses: Apa itu Past Future Perfect Continuous Tense?
Vocabulary: Kosakata Penyakit Bahasa Inggris
Grammar-Adjective: Attributive Adjectives – Part 2
Grammar-Noun: Apa itu Collective Noun?
String of Adjective: Susunan String of Adjectives sebagai Penjelas Kata Benda
Perbedaan Penggunaan Little dan A Little dalam Bahasa Inggris


 
Perbedaan Gerund After Prepositions vs Gerund as Subject vs Gerund as Object
Apa itu Compound Sentence dalam Bahasa Inggris?
Perbedaan Noun dan Pronoun
Apa itu Conditional Sentences?
Perbedaan Action Verb, Transitive vs Intransitive Verbs
List Kata Kerja yang Diikuti Gerund dan Infinitive
39 Regular Verbs & Contoh Kalimatnya
33 Irregular Verbs & Contoh Kalimatnya
Apa itu Cause Effect?
Apa itu Conjunction? Coordinating, Correlative, Subordinating Conjunction?