sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Quantifiers: A Lot of, Lots of, Plenty of, Little, Few, A Little, A Few

Apa itu Quantifier?

Dalam bahasa Inggris, quantifier merupakan salah satu unsur yang sering dipakai dalam menyusun sebuah kalimat; khususnya yang berhubungan dengan jumlah. Sesuai dengan namanya, quantifier adalah salah satu jenis determiner yang digunakan untuk menyatakan quantity (kuantitas) suatu benda.

Ada banyak jenis quantifier yang dipakai dalam bahasa Inggris; namun kali ini kita akan mempelajari sebagian saja, yakni A Lot of, Lots of, Plenty of, Little, Few, A Littledan A Few dengan pembahasan yang akan dikelompokkan ke dalam dua bagian.

1. A Lot of, Lots of, Plenty of

A lot of, Lots of dan Plenty of adalah quantifier yang menyatakan jumlah besar. Ketiganya memiliki makna yang sama, yakni ‘banyak’. Hanya saja, ‘plenty of’ tidak menunjukkan jumlah yang lebih besar dibandingkan dengan ‘a lot of’ atau ‘lots of’.Plenty of’ terkadang lebih mengarah ke jumlah yang ‘cukup’.

Ketiga quantifier tersebut dapat digunakan untuk menggambarkan jumlah benda baik yang countable (dapat dihitung) maupun uncountable (tidak dapat dihitung). Posisi quantifier terletak di depan noun; contohnya sebagai berikut:

  • A lot of money
  • Lots of sugar
  • Plenty of cars

Sekilas, terlihat mudah sekali kan? Namun, perlu diperhatikan kembali penggunaan quantifier-quantifier tersebut terkait noun atau kata benda yang dipasangkan. Sebab ketiga quantifier tersebut menyatakan jumlah banyak, maka bentuk countable noun yang mengikuti harus plural/jamak, yang mana untuk regular noun biasa ditandai dengan imbuhan –s/es/ies di akhir kata dan perubahaan kata untuk irregular noun; contohnya:

  • tooth = teeth
  • mouse = mice
  • child = children
  • man = men
  • etc

‘A lot of’ dan ‘lots of’ adalah quantifier yang sebanding. Namun, jangan sampai tertukar dalam penulisannya. Penggunaan ‘lot of’ saja atau ‘a lots of’ adalah keliru.

Selain itu, penggunaan ‘lots of’ dan ‘plenty of’ dianggap sangat informal. Untuk keperluan akademis/profesional, lebih baik gunakan quantifier ‘many’ atau ‘much’.

Sehubungan dengan penggunaan ‘a lot of’ dalam kalimat, terkadang muncul pertanyaan berikut: “Mana yang benar, ‘there is a lot of’ atau ‘there are a lot of’?”

Menurut aturan tata bahasa, jawabannya bergantung pada jenis noun yang dipasangkan—apakah countable atau uncountable. Meski ‘a lot of’ menunjukkan jumlah yang banyak, namun jika kata benda yang mengikuti bersifat uncountable, maka akan dianggap singular (tunggal). Dapat disimpulkan, pemilihan to be amat bergantung pada jenis kata benda yang dipakai.

Agar lebih jelas, perhatikan contoh kalimat berikut:

  • There is a lot of money here (Ada banyak uang di sini)
  • There is a lot of sugar in this coffee (Ada banyak gula dalam kopi ini)
  • There are a lot of people waiting (Ada banyak orang yang sedang menunggu)
  • There are a lot of presents for you (Ada banyak hadiah untukmu)

Aturan yang sama juga berlaku untuk ‘lots of’ dan ‘plenty of’.

2. Little, Few, A Little, A Few

Selanjutnya, kita akan membahas tentang quantifier lain dengan makna berlawanan dari yang sebelumnya. Little, Few, A Little, dan A Few menunjukkan jumlah yang sedikit/tidak banyak. Keempatnya saling berhubungan, namun ada beberapa perbedaan dalam penggunaannya dan juga makna yang disiratkan.

a. Little & A Little

Little dan A Little adalah quantifier yang menunjukkan jumlah kecil, dan digunakan untuk menyatakan jumlan dari benda-benda yang tidak dapat dihitung atau uncountable nouns.

Contohnya:

  • I have little money (Saya [hanya] punya sedikit uang)
  • I have a little money (Saba [masih] punya sedikit uang)

Lalu, apa yang membedakan ‘little’ dan ‘a little’ jika cara penggunaannya tampak sama saja? Tidak lain dan tidak bukan tentu dari makna yang dihasilkan. Penggunaan ‘little’ memberikan konotasi negatif; yang artinya, jumlah sedikit yang disampaikan menyiratkan nilai yang kurang dari yang dibutuhkan/diharapkan. Sebaliknya, penggunaan ‘a little’ menunjukkan jumlah kecil namun dalam konotasi positif. Jika disederhanakan, ‘little’ dapat diartikan ‘tidak cukup banyak’ atau bahkan ‘hapir tidak ada’, sedangkan ‘a little’ mengarah ke jumlah yang sedikit, namun tidak menjadi masalah.

Agar lebih mudah memahami, simak contoh dialog berikut.

A: Why don’t you buy a new phone if you really need one? (Kenapa kamu tidak beli ponsel baru kalau benar-benar butuh?)

B: I can’t. I only have little money. (Saya tidak bisa. Saya cuma punya uang sedikit)

A: I’m sorry it may take me a week to pay back (Maaf ya, kemungkinan butuh seminggu saya bisa membayar hutang)

B: It’s alright, I still have a little money to survive. (Tidak apa, saya masih punya sedikit uang untuk bertahan hidup kok)

b. Few & A Few

Penjelasan untuk Few dan A Few tidak jauh berbeda dengan Little dan A Little. Hanya saja, ‘few’ dan ‘a few’ digunakan untuk menyebutkan jumlah kecil dari benda-benda yang dapat dihitung (countable nouns). ‘Few’ memberikan konotasi negatif, dan ‘a few’ memberi konotasi positif. Keduanya diikuti oleh kata benda bersifat plural/jamak.

Contoh dialog berikut mungkin dapat mempermudah pemahaman kalian.

A: Are you ready for the exam? (Apa kamu sudah siap untuk mengikuti ujian?)

B: I’m not sure. I only got to learn few pages last night. (Aku tidak yakin. Aku hanya bisa mempelajari sedikit sekali halaman tadi malam)

A: What do you think about the book? (Bagaimana pendapatmu tentang bukunya?)

B: I’ve just read a few pages but I already like it. (Aku baru membaca beberapa halaman saja tapi aku sudah menyukainya)

Tidak begitu sulit kan, materi tentang Quantifiers? Yang perlu digarisbawahi adalah, quantifiers erat kaitannya dengan countable dan uncountable nouns. Jadi, pemahaman tentang keduanya harus seimbang.

Semoga pelajaran ini membantu!

 

Grammar-Conjunction: Apa itu Correlative Conjunction?
Grammar-Noun: Apa itu Noun?
Grammar-Verb: Perbedaan Regular Verbs vs Irregular Verbs
Grammar-Conjunction: Apa itu Coordinating Conjunction?
Grammar: Apa itu Noun Clause?
Belajar Grammar Tes TOEFL: Struktur Kalimat Paralel
Grammar-Verb: Apa itu Regular Verb (Kata Kerja Beraturan)?
Grammar-Pronoun: Apa itu Indefinite Pronoun?
Grammar-Conjunction: Apa itu Adverbial Conjunctions (Conjunctive Adverbs)?
Grammar-Adverb: Apa itu Downtoners Adverb?


 
Quantifiers: A Lot of, Lots of, Plenty of, Little, Few, A Little, A Few
Apa itu Question Tags?
Membuat Kalimat Tanya dengan Menggunakan Why, Who, Whom, dan How
Membuat Kalimat Tanya dengan Menggunakan What, Which, When, dan Where
Apa Itu Collective Noun?
Verb Tenses: Berbeda Waktu, Berbeda Pula Kata Kerjanya
Mengenal Lebih Jauh “Simple Past Tense”
Adverb of Frequency: Always, Usually, Often, Sometimes, Never
Apa itu Phrasal Verbs?
Kenali Perbedaan Prepositions & Conjunctions