sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Recount Text: A Trip To The Zoo

Tentu kamu masih ingat dong dengan apa yang dimaksud dengan recount text? Ya, recount text adalah teks yang berisi cerita dari pengalaman yang dituturkan dengan runtut sejak awal hingga akhir. Biasanya recount text identik dengan pengalaman saat berlibur.

Nah dalam artikel kali ini kita akan melihat contoh recount text dengan tema pergi ke kebun binatang. Tentu semua orang pernah ke kebun binatang kan? Dari contoh penuturan dalam recount text di bawah ini, bagian yang menunjukkan tahapan juga akan dicetak dengan tebal untuk memudahkan proses identifikasi.

Langsung saja kita simak yuk!

Contoh 1

Yesterday, my family went to the zoo to see the elephant. When we got to the zoo, we went to the shop to buy some food to give to the animals. After getting the food we went to the nocturnal house where we saw some birds and reptiles which only come out at night.

Before lunch we went to see the elephant. It was great fun. During lunch we fed some birds in the park. In the afternoon we saw some animals being fed. When we returned home we were very tired but happy because we had so much fun. 

Terjemahan:

Kemarin, keluarga saya pergi ke kebun binatang untuk melihat gajah. Saat kami sampai di kebun binatang, kami membeli beberapa makanan untuk diberikan pada binatang-binatang. Setelah mendapat makanannya, kami masuk ke rumah nokturnal tempat burung dan reptil yang hanya keluar di malam hari.

Sebelum makan siang, kami melihat gajah. Sangat menyenangkan. Saat makan siang, kami memberi makan beberapa burung di taman. Sore harinya, kami melihat binatang-binatang diberi makan. Sepulangnya ke rumah, kami merasa sangat lelah namun senang karena pengalaman berkesan yang didapat.

Contoh 2

Last week, my family and I went to the National Zoo and Aquarium to visit the new Snow Cubs and the other animals. In the morning, when we got to the Zoo and Aquarium there was a great big line, so we had to wait awhile to get in.

After we entered the zoo, we went straight to the enclosure for the Snow Cubs. My brother and I were so excited to see them. They were so cute and playful.

At lunchtime Dad decided to cook a bbq. He cooked sausages so we could have sausage sandwiches. Mum forgot the tomato sauce so we had to eat them plain.

In the afternoon, we visited the aquarium. My brother was excited to see the sharks and the tropical fish.

At the end of the day when we left we were going to go and get ice cream but we decided we were too tired so we drove straight home.

Terjemahan:

Pekan lalu, aku dan keluargaku pergi ke National Zoo and Aquarium untuk melihat Snow Cubs dan binatang lainnya. Pagi harinya saat kami sampai di Zoo and Aquarium, antreannya sangat panjang, sehingga kami menunggu untuk bisa masuk.

Setelah kami masuk ke dalam kebun binatang, kami langsung melihat Snow Cubs. Kakak dan saya sangat semangat melihatnya. Mereka sangat lucu dan lincah bermain.

Saat makan siang, ayah memutuskan untuk makan barbeque. Dia memasak sosis sehingga kita bisa makan sandwich sosis. Namun ibu lupa membawa saus tomat sehingga kami memakannya hambar.

Sore harinya, kami mengunjungi akuarium. Kakak saya sangat antusiasi untuk melihat hiu dan ikan-ikan tropis.

Di penghujung hari, kami berencana untuk mampir ke kedai es krim namun sangat lelah sehingga kami langsung pulang ke rumah.

Format Recount Text

Sebenarnya dalam membuat recount text, ada format yang digunakan bukan hanya sekadar bercerita saja secara urut. Formulanya bisa dibagi dalam tiga kategori utama yaitu:

1. Setting

Bagian awal dari recount text adalah setting. Dalam paragraf yang diletakkan di bagian awal ini, memuat semua informasi penting mulai dari who, what, when, where, juga why. Itu artinya, siapa, apa, kapan, di mana, dan mengapa tercantum dalam paragraf awal. Tujuannya adalah memberikan gambaran apa yang dilakukan oleh penulis kepada pembaca.

2. Events in time order

Sesuai namanya, bagian selanjutnya yang bisa dituangkan dalam beberapa paragraf sekaligus adalah rangkaian peristiwa yang dituturkan dengan urut. Sesungguhnya tidak sulit membuat recount text karena cukup mengingat apa saja yang dilakukan sejak awal hingga akhir.

Itu sebabnya recount text adalah jenis teks yang familiar bagi semua orang dari usia masih kecil sekalipun. Selain itu, bagian kedua dari keterangan ini terkait erat dengan keterangan waktu sehingga akan dimulai atau diakhiri dengan adverb atau kata-kata yang menjelaskan waktu.

3. Kalimat kesimpulan (conclusion)

Bagian terakhir dari recount text adalah menyampaikan concluding statement atau kesimpulan dari seluruh cerita yang dituturkan. Biasanya bagian ini terletak di satu paragraf paling akhir. Selain itu, kalimat ini juga berisi kesan atas pengalaman yang dirasakan sepanjang hari.

Setelah melihat dua contoh cerita berkunjung ke kebun binatang dan juga penjelasan tentang formula atau struktur dari recount text, maka jelas bahwa inti dari jenis teks yang satu ini adalah memaparkan apa yang dirasakan.

Sebenarnya recount text tidak hanya terbatas pada pengalaman berlibur saja. Ada banyak sekali hal yang bisa dirangkum dalam bentuk recount text. Sebut saja saat seseorang menceritakan kesehariannya sejak bangun di pagi hari hingga tidur di malam hari. Atau tahapan yang dia lakukan dalam rutinitasnya ke kantor atau ke kampus.

Macam-macam recount text adalah:

  • Personal: menceritakan pengalaman pribadi di masa lalu
  • Factual: menceritakan fakta-fakta yang terjadi di masa lalu
  • Imaginative: cerita berdasarkan khayalan atau imajinasi

Manfaat dari recount text adalah melatih untuk menulis secara runtut dan terstruktur. Dengan menggunakan keterangan waktu, kata hubung, dan keterangan subjek yang jelas, maka cerita akan tersampaikan dengan mudah ke pembaca. Selamat mencoba!

 

Recount Text: A Trip To The Zoo
Writing Tip: Tanda Tanya, Tanda Seru, Tanda Pisah, dan Tanda Kurung (Punctuation)
Pengertian dan Contoh Reported Speech
Pengandaian dalam Bahasa Inggris (Conditional)
Cara Mudah Menulis Cerita Pendek Berbahasa Inggris
Writing Rule: Tanda Titik, Koma, Titik Koma (Punctuation)
Cara Menulis Perhitungan Matematis dalam Bahasa Inggris
Generic Structure & Contoh Recount Text
Tip Menulis Esai dalam Bahasa Inggris
Contoh Reference Letter dalam Bahasa Inggris


 
Contoh Biodata dalam Bahasa Inggris
Menulis Ungkapan Terima Kasih dalam Bahasa Inggris
Contoh Bercerita Tentang Liburan (Lisan & Tulisan) dalam Bahasa Inggris
Contoh Bercerita tentang Keluarga (Lisan & Tulisan) dalam Bahasa Inggris
Tip Menulis Surat Formal & Informal dalam Bahasa Inggris
Cara Menulis Laporan (Report Text)
Contoh Teks Pembawa Acara Berita dalam Bahasa Inggris
Bagaimana Menulis Paragraf yang Baik?
Cara Tepat Menulis Email Bisnis Berbahasa Inggris
Texting Slang: Singkatan-singkatan Bahasa Inggris dalam Perpesanan