sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

“Sampai Jumpa” Dengan Sopan (How To Say Bye Politely In English)

Tak dapat di pungkiri lagi, di mana ada pertemuan pasti ada perpisahan. Perpisahan bisa terjadi dalam berbagai bentuk dan situasi. Ada perpisahan yang menyedihkan dan ada perpisahan yang menyenangkan.

Ada juga perpisahan yang terjadi dalam situasi formal atau non-formal, dengan teman dekat atau dengan teman kerja. Tentu saja cara mengucapkan perpisahan berbeda-beda tergantung situasi dan kepada siapa kita mengucapkan perpisahan tersebut.

Jika tidak, tentu kita akan memberikan kesan tidak sopan kepada lawan bicara kita. Hal tersebut juga berlaku baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

Dalam bahasa Inggris, ada tahapan tertentu untuk menyampaikan salam perpisahan terutama dalam situasi formal yang dimulai dari kata yang mengakhiri percakapan hingga salam perpisahan. Berikut tahapan dan contoh kalimat yang bisa diterapkan saat menyampaikan salam perpisahan dalam bahasa Inggris.

1. Signal words

Dalam mengakhiri percakapan tentu saja kita tidak bisa langsung berkata “sampai jumpa” atau “goodbye” tanpa tanda-tanda, kata atau kalimat yang menunjukkan bahwa anda ingin mengakhiri pembicaraan.

Signal words atau dalam bahasa Indonesia yang artinya kata-kata sinyal merupakan kata yang bisa menjadi tanda untuk mengakhiri pembicaraan. Berikut beberapa contoh signal words yang bisa diterapkan dalam berbagai situasi.

    • Okay / Okay then (Baik / Baiklah kalau begitu)
    • Right … (Baik …)
    • So … (Jadi …)
    • All right, then … (Baiklah kalau begitu …)

2. Pre-bye

Kalimat pre-bye artinya adalah kalimat yang diucapkan sebelum “bye” atau sebelum salam perpisahan. Setelah mengucapkan signal words dan perhatian lawan bicara anda sudah tertuju pada anda, anda bisa melanjutkan dengan mengucapkan kalimat pre-bye. Berikut beberapa contoh kalimat pre-bye.

    • It was nice to see you again + but … [ops.] (Senang bertemu denganmu lagi + tetapi … [ops.])
    • It was great to talk with you + but … [ops.] (Senang berbicara dengan anda + tetapi … [ops.])
    • That’s all for today. (Sekian untuk hari ini.) Untuk mengakhiri rapat.

Berikut contoh-contoh kalimat yang bisa diterapkan pada bagian titik-titik (…) di atas.

    • I have to go now. (Saya harus pergi sekarang.)

Okay. It was nice to see you again, but I have to go now. (Baiklah. Senang bertemu denganmu lagi, tetapi saya harus pergi sekarang.)

    • I must be going. (Saya harus pergi.)

So, it was great to talk with you, but I must be going. (Jadi, senang berbicara dengan anda, tetapi saya harus pergi.)

Selain itu, anda juga bisa menambahkan kalimat seperti di bawah ini untuk memberikan kesan sopan dan ramah. Penggunaan kalimat ini bersifat opsional dan harus disesuaikan dengan situasi anda.

    • I look forward to seeing you soon. (Saya berharap untuk bertemu anda lagi secepatnya.)

Okay. It was nice to see you again. I look forward to seeing you soon. (Baiklah. Senang bertemu denganmu lagi. Saya berharap untuk bertemu lagi dengan anda secepatnya.)

    • I look forward to talking with you again soon. (Saya berharap untuk berbicara lagi dengan anda secepatnya.)

It was great to talk with you, but I must be going. I look forward to talking with you again soon. (Senang berbicara dengan anda, tetapi saya harus pergi. Saya berharap untuk berbicara lagi dengan anda secepatnya.)

    • I look forward to our next meeting. (Saya menantikan pertemuan kita selanjutnya.)

All right then. It was great to see you all. I look forward to our next meeting, (Baiklah kalau begitu. Senang bertemu dengan anda sekalian. Saya menantikan pertemuan kita selanjutnya.)

3. Final bye

FInal bye atau dalam bahasa Indonesia yaitu selamat tinggal terakhir merupakan kalimat yang terakhir disebutkan pada salam perpisahan. Ada berbagai macam kata atau kalimat untuk final bye. Pemilihan kata/kalimat tersebut harus disesuaikan dengan situasi anda. Berikut contoh kata/kalimat final bye yang bisa anda terapkan.

Formal

    1. Goodbye

Goodbye atau dalam bahasa Indonesia yang artinya selamat tinggal, merupakan salah satu bentuk salam perpisahan yang paling dasar dan paling formal. Penggunaan kata “goodbye” lebih sesuai saat anda tidak akan bertemu lagi dengan lawan bicara anda atau anda tidak akan bertemu dengannya dalam jangka waktu yang sangat lama. Penggunaan “goodbye” juga lebih sesuai pada hubungan yang sangat formal atau kepada orang yang tidak terlalu kita kenal. Berikut contoh kalimat dengan penggunaan “goodbye”.

Thank you, sir. I hope the best for you and your future. Goodbye, sir. (Terima kasih, pak. Saya harap yang terbaik untuk anda dan masa depan anda. Selamat tinggal, pak.)

    1. Have a nice day / Have a good day

Have a nice day / Have a good day merupakan salam perpisahan yang paling sering digunakan karena memberikan kesan yang ramah dan sopan. Dalam bahasa Indonesia, “have a nice/good day” berarti “semoga harimu menyenangkan”. Kalimat tersebut biasanya digunakan kepada orang yang tidak terlalu kita kenal seperti kolega, karyawan atau kenalan. Kata “day” bisa diganti dengan keterangan lain untuk disesuaikan dengan situasi anda. Berikut beberapa alternatif pengganti kata “day” dan contoh kalimatnya.

      • It was nice to see you. Have a good evening/night. (Senang bertemu denganmu. Semoga sore/malammu menyenangkan.)
      • That’s all for today. Have a good weekend all. (Sekian untuk hari ini. Semoga akhir pekan kalian menyenangkan.)
      • I look forward to talk with you again. Have a good holiday/vacation. (Saya berharap untuk berbicara lagi dengan anda. Semoga liburan anda menyenangkan.)
    1. Take care

Take care atau dalam bahasa Indonesia berarti hati-hati, merupakan salam perpisahan yang bisa dipakai pada situasi formal dan non-formal. Maksud dari penggunaan kata tersebut adalah meminta lawan bicara anda untuk menjaga kesehatan. Kata tersebut memberikan kesan hangat, ramah dan lebih informal dibandingkan dengan “have a good day”.

Kata tersebut lebih sesuai ditujukan kepada orang yang memiliki hubungan yang baik dengan anda dan tidak akan anda temui dalam waktu dekat, minimal seminggu kemudian atau lebih. Jangan gunakan kata “take care” kepada orang yang anda temui setiap hari. Berikut contoh kalimat dengan penggunaan kata “take care”.

Right. It was nice to see you again. I’ll look forward to seeing you again next month. Take care! (Baiklah. Senang bertemu denganmu lagi. Saya berharap untuk bertemu lagi dengan anda bulan depan. Hati-hati!)

    1. Farewell

Farewell atau dalam bahasa Indonesia berarti selamat tinggal, merupakan salam perpisahan yang formal. Penggunaan kata tersebut jarang digunakan dalam kehidupan sehari-hari karena memberikan kesan bahwa anda akan berpisah selama-lamanya, contohnya kepada teman yang pindah ke tempat yang jauh atau putusnya suatu hubungan sehingga tidak memungkinkan untuk bertemu kembali. Berikut contoh kalimat dengan penggunaan kata “farewell”.

I am sorry, I hope the best for you. Farewell.(Saya minta maaf, saya berharap yang terbaik untukmu. Selamat tinggal.)

Casual

    1. Bye

Kata “bye” merupakan singkatan dari kata “goodbye”. Kata ini merupakan kata yang paling umum digunakan baik dalam situasi non-formal maupun semi-formal.

Kata ini bisa digunakan kepada siapa saja, terutama pada orang-orang yang memiliki hubungan baik yang informal dengan anda. bisa menjadi kata tambahan pada kalimat perpisahan lainnya, contohnya sebagai berikut.

      • Okay, see you later. Bye! (Baik, sampai jumpa lagi. Selamat tinggal!)
      • Right. It was nice to see you again. Have a nice day, bye! (Benar. Senang bertemu denganmu lagi. Semoga harimu menyenangkan, selamat tinggal!)
    1. See you

See you atau dalam bahasa Indonesia berarti sampai jumpa juga merupakan salah satu salam perpisahan yang paling sering digunakan terutama kepada teman atau keluarga.

Kata ini juga bisa digunakan saat anda ingin menemui kembali orang yang baru anda kenal dengan baik. Semakin pendek kalimatnya maka semakin informal kesan yang dihasilkan.

Pada akhir kata “see you” bisa ditambahkan keterangan waktu untuk menunjukkan kapan anda ingin bertemu kembali dengan lawan bicara anda. Contoh keterangan waktu yang bisa ditambahkan adalah sebagai berikut.

      • soon (secepatnya)
      • later (nanti)
      • tomorrow (besok)
      • next time/week/month/year (lain kali/minggu depan/bulan depan/tahun depan)

Berikut contoh kalimat dengan penggunaan kata “see you”.

      • Right. I have to go now. See you! Bye! (Benar. Aku harus pergi sekarang. Sampai jumpa lagi nanti! Selamat tinggal!) — Sesuai untuk teman dekat/sahabat
      • Okay then. I hope you have a nice holiday. See you next month! (Baiklah kalau begitu. Semoga liburanmu menyenangkan. Sampai jumpa lagi bulan depan!) — informal/semi-formal, sesuai untuk guru-murid, kolega, dst.
      • Alright. Don’t forget to bring the book. I’ll see you soon. (Baiklah. Jangan lupa untuk membawa bukunya. Aku akan menemuimu secepatnya.) — Sesuai untuk semua situasi, dari formal ke non-formal.
    1. Talk to you later.

Talk to you later merupakan kata lain dari sampai jumpa lagi atau kita bicara lagi nanti. Penerapan kalimat tersebut hampir sama dengan penerapan kata “See you” hanya saja kata “later” tidak bisa diganti dengan keterangan waktu yang lain.

Penggunaan kalimat tersebut lebih sesuai untuk mengakhiri pembicaraan yang belum selesai dan anda ingin untuk melanjutkan pembicaraan tersebut di lain waktu. Berikut contoh kalimat dengan penggunaan “Talk to you later”.

      • Okay then. I must go now. Talk to you later, bro. Bye! (Baiklah kalau begitu. Aku harus pergi sekarang. Kita bicara lagi nanti, sobat. Sampai jumpa!)
      • Alright, talk to you later. See ya! (Baiklah, kita bicara lagi nanti. Sampai jumpa!)

Tahapan-tahapan di atas bisa di modifikasi sesuai dengan situasi dan kebutuhan anda. Selain pemilihan kata/kalimat yang tepat, hal lain yang perlu diperhatikan adalah intonasi, ekspresi dan sikap saat menyampaikan salam perpisahan.

Latihlah intonasi dan ekspresi anda sebelum menyampaikan salam perpisahan untuk memperoleh gambaran bagaimana hal tersebut memengaruhi persepsi orang lain terhadap apa yang anda sampaikan. Sekian pembelajaran hari ini. Selamat belajar dan mencoba.

 

Mengatakan “Selamat Tinggal” dengan Ramah dan Sopan (Say “Goodbye” in a Friendly and Polite Way in English)
Frasa/Kalimat Sopan yang Digunakan oleh Resepsionis di Hotel
Menulis Pembukaan Surat dengan Sopan dalam Bahasa Inggris (How to Start a Polite Letter in English)
Memulai E-mail dengan Sopan dalam Bahasa Inggris (How to Start a Polite E-mail in English)
Cara Menulis Email yang Sopan (How to Write a Polite Email)
Berkata ‘Saya Tidak Suka’ Dengan Sopan (How To Say You Don’t Like Something Politely)
Cara Resign dari Pekerjaan dengan Baik dan Sopan
Bagaimana Menolak Undangan dengan Sopan?
Cara Meminta Tolong dengan Sopan dalam Bahasa Inggris
Berkata Buruk dengan Sopan (How To Say Bad Politely)