sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Saya Lagi Mencret.. (How To Say I Got Dearrhea Politely)

Menyatakan sedang sakit tidak bisa diartikan langsung tiap kata dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris. Berbeda dengan bahasa Indonesia, makna diare cenderung umum digunakan. Lain jika ingin menyatakan bahwa Anda sedang mengalami diare dalam bahasa Inggris, perlu pemilihan diksi yang lebih polite (sopan), agar tidak membuat orang lain terganggu.

Selain itu, penggunaan istilah-istilah dalam bahasa Inggris harus diperhatikan dengan benar. Supaya maksud yang ingin disampaikan tak jadi ambigu atau membuat lawan bicara menjadi salah paham.

Sebab terkadang, salah penempatan kata bisa membuat seseorang memiliki persepsi yang keliru. Sehingga sebaiknya gunakan kalimat yang benar-benar dipilih untuk mengungkapkan kondisi tersebut secara lebih sopan. Berikut beberapa contoh bagaimana cara mengungkapkan bahwa saat ini Anda sedang mengalami diarea dalam bahasa Inggris, diantaranya:

Mengungkapan Sedang “Diarrhea” di Tempat Umum

Setiap orang memiliki masalah diare dengan kondisi dan keluhan yang berbeda, dan Anda mungkin tak akan pernah tahu kapan rasa sakit tersebut bisa menyerang. Selain digunakan dalam dunia medis, sayangnya dalam bahasa Inggris penggunaan kata “Diarrhea” dianggap terlalu kasar dan kurang sopan untuk digunakan dalam percakapan sehari-hari. Sehingga ketika Anda mengalami masalah diare ketika di tempat umum, alangkah baiknya untuk tidak mengucapkannya secara langsung agar tidak membuat orang lain tidak nyaman.

  • Awali dengan Permintaan Maaf

Awali kalimat Anda dengan permintaan maaf kemudian jelaskan masalah yang Anda hadapi, seperti,“Please excuse me, I ate something that disagreed with me” (Maaf permisi, saya makan sesuatu yang kurang cocok dengan perut saya). Setiap orang pasti pernah memiliki pengalaman serupa dan bisa memahami kondisi tersebut tanpa merasa tersinggung saat Anda mengucapkannya.

Atau bisa juga dengan cukup mengatakan “Please excuse me” (maaf permisi), tanpa perlu memberikan alasan apapun.

  • Gunakan Kalimat Kiasan

Mengucapkan kata “diarrhea” secara langsung dalam percakapan sehari-hari ataupun formal dianggap kurang sopan dan terlalu kasar. Maka mengatakan kalimat yang berarti kiasan atau tidak secara langsung bisa lebih diterima oleh lawan bicara ketika Anda sedang mengalami diare. Berikut contohnya.

    • I think some of my lunch (dinner) threw me off” (saya pikir makan siang (malam) tadi membuat kurang nyaman). Cara yang cukup cerdas untuk mengungkapkan bahwa makanan yang dimakan tidak sesuai atau alergi terhadap makanan tersebut hingga menyebabkan diare.
    • I think I have a small stomach bug” (saya kira perut saya lagi kurang enak). Atau Anda bisa mengucapkan kondisi Anda secara langsung dengan mengatakan kalimat yang umum dan juga cukup sopan seperti “I have the trots/runs” (saya mengalami diare).
    • I’m feeling sick today” (saya kurang enak badan hari ini)
    • “I think i was ate something bad the day before, i think it maybe unclean or expired” (saya rasa kemarin makan sesuatu yang kurang bagus, mungkin kurang bersih atau sudah kadaluarsa)
    • “Sorry I can’t join you, but I need to stay close to my bathroom tonight.” (maaf saya tak bisa bergabung denganmu, karena malam ini sepertinya saya harus berada di dekat kamar mandi.
    • I have an upset stomach and I need to leave. Please excuse me.” (Perut saya lagi kurang enak, jadi saya harus pergi. Maaf boleh permisi.)
    • I’m not feeling quite well and need to go home” ( saya merasa kurang enak badan dan ingin segera pulang ke rumah).

Mengungkapkan Kondisi “Diarrhea” pada Orang lain

Kata “diarrhea” dalam bahasa Inggris termasuk kata dengan makna yang kasar, sehingga perlu kalimat lain untuk membuatnya terasa lebih sopan (polite) saat berbicara dengan orang lain. Hal ini tentu untuk menghindari kesalah pahaman. Berikut beberapa contoh kalimat yang dapat digunakan untuk mengatakan bahwa Anda sedang mengalami diare dengan cara yang lebih sopan dan halus, diantaranya.

  • Dengan Paramedis

Jika Anda sedang berbicara dengan paramedis dan merasa kurang nyaman saat menggunakan “diarrhea,”  saat ingin mengatakan masalah medis yang Anda alami. Maka Anda bisa menggunakan beberapa kalimat berikut ini.

    • “I recently tend to defecate more frequently, and my stool is far from containing any meaningful amount of solids”. (akhir-akhir ini saya buang air lebih sering dan cenderung berisi cairan saja)
    • I have loose stool” atau “I have the runs“, keduanya memiliki makna yang hampir sama tapi jika untuk digunakan dalam percakapan biasa kalimat tersebut dianggap agak kurang sopan. Namun jika Anda sedang berbicara dengan dokter maka sudah cukup baik.

Sebetulnya, penggunaan kata “diarrhea” saat berada di lingkungan paramedis masih cukup dimaklumi dan tidak dianggap kurang sopan. Jadi Anda bisa mengucapkan “I have diarrhea” (saya sedang diare), tanpa perlu mengucapkan kalimat lain yang berputar-putar lagi. Hal ini agar dokter atau paramedis tahu masalah Anda dan memberikan penanganan segera.

  • Dengan Orang Dekat

Berbeda dengan orang lain yang mungkin tak akan terlalu peduli dengan kondisi Anda, maka orang dekat seperti keluarga merasa perlu untuk tahu apa yang sedang Anda alami. Terlebih, ketika anda mengatakan “My poo is sick” (perutku sakit). Maka anda perlu mengatakan kondisi yang dialami dengan lebih jelas.

Ketimbang kalimat seperti “I go to the toilet every half an hour” (saya pergi ke toilet tiap setengah jam sekali). Kalimat seperti “I have diarrhea” (saya lagi diare) sudah cukup tepat digunakan untuk mengatakan kondisi yang terjadi. Jadi bukan kalimat yang tidak sopan, lain halnya jika Anda menggunakannya saat berbicara dengan orang yang baru dikenal atau atasan tempat Anda bekerja. Tentu perlu kalimat yang lebih halus dan tidak terlalu terus terang, karena tak semua orang perlu tahu kondisi kesehatan Anda.

  • Dengan Orang yang Belum Kenal

Karena termasuk kata-kata dengan makna rude atau kasar, maka penggunaan kata “diarrhea” sangat tidak disarankan untuk digunakan dalam percakapan secara umum. Terlebih lagi jika Anda sedang bersama orang yang belum terlalu dekat, atau  atasan. Maka Anda perlu menggunakan padanan kata lain untuk menjelaskan kondisi diare yang Anda alami secara lebih halus. Berikut contoh kalimat yang bisa digunakan.

    • “I think that i was ate something that didn’t agree with my stomach” (Saya rasa saya makan sesuatu yang tak cocok dengan perut saya)
    • “I have disgestive upset” (perut saya sedang tidak baik)
    • “I need to go home early, because i’m feel sick today” ( saya perlu pulang ke rumah lebih cepat, karena kurang enak badan hari ini).
    • My stomach was upset all day, and I need to go to doctor now” (perut saya kurang enak sepanjang hari ini, dan saya perlu pergi ke dokter sekarang)
    • I have an upset stomache (perut saya sakit)
    • “I’m dealing with lingering GI issues” (saya sedang menghadapi masalah GI), semua yang mendengar pasti akan mengetahui jika yang diucapkan berarti masalah diare.
    • “I have some temporary digestion problems”. (saya dengan mengalami masalah pencernaan)
    • “My stomach is not feelling well/good” (perut saya rasanya kurang begitu baik)
    • “I have a dodgy belly” (perut saya kurang baik), kalimat ini tidak menunjukan kondisi spesifik hanya menyiratkan bahwa perut Anda sedang tidak baik.
    • I have an irritable bowel” (usus saya iritasi)
    • “My bowel are upset (or loose)” (usus saya sakit)
    • “i have sensitive stomach” (saya punya perut yang sensitif)
    • “I have problems disgesting my food” (saya punya masalah dengan makanan saya)
    • “i suffer from problem from disgestion” ( saya punya masalah pencernaan)

Dalam percakapan sehari-hari, “the runs” juga kerap digunakan dalam percakapan sehari-hari. Seperti misalnya.

    • Something gave me the runs” ( sesuatu membuat saya diare)
    • “Something i ate gave me diarrhea” (sesuatu yang saya makan membuat saya diare)
    • “Everything gives me the runs” (semua hal membuat saya kena diare)
    • “I get diarrhea easily” (saya gampang kena diare)

Menggunakan Bahasa Tubuh

Ketimbang mengucapkan masalah atau kondisi yang sedang dialami,   menggunakan bahasa tubuh untuk mengungkapkannya bisa jadi solusi yang cukup cerdas. Misalnya saja ketika berada di suatu ruangan yang penuh dengan banyak orang, Anda bisa membuat kontak mata dengan salah seorang yang berada di ruangan tersebut. Seperti rekan kerja Anda misalnya atau mungkin atasan Anda.

Terlebih jika Anda seseorang yang sangat dibutuhkan kehadirannya. Setelah Anda mendapat respon dari seseorang tersebut, buatlah gerakan mengusapkan telapak  tangan Anda ke bagian perut sambil tunjukan ke arah toilet.  Saat lawan Anda mengerti apa yang Anda maksud, baru kemudian Anda bisa meninggalkan ruangan tersebut. Sesimpel itu.

Atau, jika perlu Anda bisa langsung pergi tanpa  perlu menjelaskan keadaan Anda secara detail. Dari ekspresi yang Anda perlihatkan mungkin sudah bisa menjelaskan apa yang terjadi. Menjelaskan terlalu banyak informasi yang tidak perlu bisa membuat orang lain kurang nyaman.

Kalimat yang Tidak Perlu Diucapkan

Dalam bahasa Inggris, penggunaan kata “diarrhea” dinilai terlalu to the poin dan terasa sedikit kurang sopan. Maka perlu kalimat lain untuk mengungkapkan kondisi tersebut jika kebetulan mengalaminya. Setelah mengetahui beberapa kalimat yang bisa digunakan saat mengungkapkan permasalahan tersebut, Anda juga perlu tahu kalimat yang tidak seharusnya diucapkan ketika sedang mengalami diare. Berikut diantaranya.

  • “I have diarrhea” (saya sedang mengalami diare), sedikit kasar namun masih bisa digunakan untuk percakapan antar orang yang sudah dekat.
  • “I have got runs” (saya sedang diare), namun pemilihaan diksi ini dinilai sedikit kasar dan kurang tepat untuk digunakan.
  • “I have got shit” (saya sedang diare), pemilihan kata ini dinilai sangat kasar dan kurang baik digunakan saat berbicara dengan orang lain jika tak ingin dijauhi selama berminggu-minggu.
  • “I probably have some gastritis” (saya mungkin terkena gastritis). Kalimat ini bisa membuat orang lain kurang nyaman.
  • “my shite is quite watery these days”, (buang air besar saya sepertiya terlalu encer beberapa hari ini). Kalimat tersebut tampak elegan da berkelas tapi ini bisa membuat Anda dijauhi selama berminggu-minggu karenanya. Jadi sebaiknya tak perlu mengatakan terlalu banyak hal.

Serta masih banyak contoh kalimat lain yang tak seharusnya digunakan untuk mengungkapkan kondisi kesehatan karena masalah diare yang dialami. Sesungguhnya tidak ada masalah dengan kondisi diare tersebut, namun pemilihan kata yang kurang tepat bisa membuat lawan bicara atau orang yang mendengar percakapan tersebut kurang nyaman.

Sehingga, perlu pemilihan kata yang lebih sesuai untuk digunakan. Pemilihan kata dan kalimat juga harus disesuaikan dengan siapa lawan bicaranya serta situasi yang tengah dihadapi. Tapi sesungguhnya jika lawan bicara tidak menanyakan kondisi Anda dengan lebih spesifik, mengatakan masalah diare Anda bukan hal yang tepat. Cukup dengan diam dan ekspresi wajah saja tentu sudah bisa dipahami oleh mereka.

 

Menolak dengan Sopan di Kantor (How To Say No Politely At Work)
Cara Mengatakan Jangan Ganggu Ya.. (How to Say Do Not Disturb Politely)
Bayar Utang dong.. (How to Ask Politely When Someone Owes You Money)
Cara Mengatakan Tidak Melayani Sumbangan (How to Politely Say No to Donations)
Cara Lain Mengatakan Sibuk Dengan Sopan (How To Say Busy Politely In English)
Berbicara “Buruk” dengan Sopan (How to Say Crap Politely)
Menolak Ajakan Keluar (How to Say No Politely to A Man Who Asks You Out)
How To Say FYI (For Your Information) Nicely
Menolak Undangan Lewat Email (How To Politely Decline An Invitation Via Email)
Kerjaannya Sudah Selesai Belum? (How to Ask Politely If Work Is Done)