sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Sopan Santun dalam Berbahasa Inggris

Selain skill akademis, salah satu faktor yang juga tak kalah penting adalah skill sosial atau berinteraksi dengan orang lain. Dalam berbahasa Inggris, hal ini juga termasuk salah satu hal yang fundamental.

Mengapa penting untuk tahu cara sopan santun dalam berbahasa Inggris? Dengan cara ini, impresi orang terhadap kamu akan baik. Kamu juga tidak akan dianggap kurang sopan dengan memahami hal ini.

Nah, dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang kata-kata atau kalimat yang sopan dalam berbahasa Inggris. Dengan kata lain, kamu akan menjadi orang yang sopan dan menyenangkan kepada lainnya.

Berikut ini beberapa ekspresi sopan santun yang bisa digunakan saat berkomunikasi dalam bahasa Inggris dan sudah biasa diucapkan:

  • Please

Kata “please” digunakan ketika kamu ingin bersikap santun kepada orang lain, terutama saat meminta orang lain untuk melakukan suatu hal untukmu atau meminta bantuan. Dalam bahasa Indonesia, hal ini juga sama seperti “tolong”. Contoh:

    • “Can you give me a glass of water, please?” (Bisakah kamu tolong memberikan segelas air untukku?)

Ingat, gunakan selalu kata ini ketika meminta tolong kepada orang lain dan menghindari kesan memerintah atau kasar.

  • Thank you

Ekspresi berikutnya adalah hal yang sangat umum, namun kadang masih ada saja yang lupa mengutarakannya. Terutama ketika berinteraksi dengan orang yang sudah biasa atau ketika merasa apa yang dibantu adalah hal sepele.

Padahal, tidak ada momen sepele untuk mengucapkan hal ini. Ucapkan hal ini ketika ada orang yang memuji, memberi ucapan selamat, atau memberikan sesuatu kepada kamu.

Ini adalah bentuk sopan untuk membalas hal baik yang mereka ucapkan atau memberi sesuatu. Ingat, hal ini adalah sesuatu yang tidak harus kasat mata.

  • Excuse me

Kalimat “excuse me” atau “permisi” dalam bahasa Indonesia biasanya digunakan ketika menginterupsi seseorang dari aktivitas yang mereka lakukan. Hal ini sangatlah sopan untuk meminta perhatian dari orang lain.

Kalimat ini juga digunakan ketika kamu terpaksa melewati orang lain seperti di dalam kereta atau berlarian di eskalator. Kalimat ini membuat orang berkenan untuk memberikan ruang dibandingkan dengan kamu hanya mendorong-dorong mereka tanpa kata-kata apapun.

  • I’m sorry

Kalimat ini digunakan saat meminta maaf kepada orang lain. Konteksnya bisa dalam hal apapun, mulai dari saat kamu melakukan kesalahan atau ingin meralat perkataan. Ini adalah kalimat paling umum dan esensial dalam sopan santun berbahasa.

Tips Sopan Berbahasa Inggris

Selain beberapa kata yang telah dijelaskan di atas, ada beberapa tips untuk bersikap sopan santun dalam bahasa Inggris. Berikut ini beberapa kondisinya:

Meminta Izin

Ada kalanya kamu perlu melakukan sesuatu yang bisa jadi tidak cocok untuk orang lain, atau mereka bisa merasa tidak nyaman. Ketika situasinya seperti ini, maka kamu perlu meminta izin atau ask for permission. Contohnya:

  • “If you don’t mind, can I just borrow your phone?” (Jika kamu tidak keberatan, bisakah saya pinjam ponselmu?)

Menginterupsi Orang Lain

Hal ini juga layak dibahas lebih lanjut karena bisa jadi sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Tentu ada kalanya kamu perlu menginterupsi orang lain ketika mereka sedang berbicara dengan orang lain atau sedang melakuka aktivitas lain. Terlebih ketika situasi di sekitar kita begitu cepat dan memaksa kamu untuk menginterupsi orang lain.

Bagaimana cara melakukannya dengan tepat sopan? Berikut ada beberapa contoh kalimat yang bisa membawa kamu menginterupsi dengan sopan santun tanpa dianggap ofensif. Contohnya:

  • “I am sorry to interrupt, but…” (Maaf menyela, namun…)
  • “I don’t mean to intrude…” (Saya tidak bermaksud menyela…)
  • “Excuse me, may I please interject…” (Maaf, saya tidak bermaksud mencampuri…)
  • “While that is an important point…” (Sementara membicarakan poin penting tersebut…
  • “While that it’s also important to add…” (Tak kalah penting untuk menambahkan…)

Menghindari Topik Kontroversial

Salah satu kondisi lain yang juga mengharuskan kamu untuk berbuat sopan santun adalah ketika berada dalam situasi yang awkward seputar hal atau topik yang kontroversial. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga agar percakapan atau interaksi berlangsung dengan lancar.

Untuk itu, hindari beberapa topik yang sensitif dan memungkinkan untuk membuat suasana menjadi kurang menyenangkan seperti politik, agama, atau uang.

Tentu akan berbeda setiap topik yang sensitif atau kontroversial dalam sebuah situasi. Namun sebaiknya hindari hal ini untuk menghindari argumen dan hal yang kurang mengenakkan.

Jaga Percakapan Tetap Menarik

Cara ini juga merupakan bentuk kesopanan saat sedang berinteraksi dengan orang lain. Ketika ada orang yang bertanya, berikan argumen atau kalimat pendukung sehingga dialog menjadi kian menarik. Begitu pula sebaliknya, ketika sudah diberi pertanyaan, lontarkan pertanyaan berikutnya kepada orang lain.

Bahasa Tubuh Sopan

Berikutnya yang juga penting adalah menggunakan bahasa tubuh yang sopan saat sedang berinteraksi dengan orang lain. Cara ini adalah hal yang paling terlihat ketika sedang berkomunikasi. Bukan hanya kata-kata yang penting, namun juga tak kalah penting untuk memberikan ekspresi tubuh yang sesuai.

Berikut beberapa bahasa tubuh sopan yang bisa kamu gunakan:

  • Tersenyum
  • Bersalaman
  • Tertib dalam antrean
  • Menutup mulut
  • Menjaga jarak yang pantas
  • Menahan pintu untuk orang lain

Dan masih banyak lagi bahasa tubuh santun yang bisa kamu gunakan sebagai bagian dari attitude yang baik.

Selain itu, bisa jadi ada perbedaan bahasa tubuh antara satu kota dengan lainnya. Misalnya, di negara lain mungkin tidak sopan untuk memakan mie dan menghirupnya dengan suara keras. Namun di Jepang, justru hal ini merupakan hal yang dianggap sopan dan bentuk penghargaan kepada koki yang memasaknya.

Begitu pula hal lain yang mungkin dirasa biasa saja di negara lain, namun di negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama, hal tersebut bisa menjadi hal yang dinilai kurang menghormati orang lain.

Tentu saja hal yang tak kalah penting adalah untuk memastikan apa yang kamu ucapkan kepada orang lain tidak mengenal siapa mereka. Jangan bedakan bagaimana kesopanan kepada atasan kepada bawahan. Sopan santun berlaku universal dan merupakan hal mendasar untuk diketahui.

Semoga tips dan contoh kata-kata sopan santun bisa memudahkan kamu dalam meningkatkan social skill di tengah masyarakat ya! Selamat mencoba!

 

Menolak Undangan Secara Sopan dalam Bahasa Inggris
Sopan Santun dalam Berbahasa Inggris
Bagaimana Cara Membuat Kalimat yang Sopan dalam Bahasa Inggris?
Tips Berlaku Sopan dalam Budaya Inggris