sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Grammar Tenses: Present Continuous Tense

Seperti namanya yang adalah present continuous tense, materi tutorial bahasa Inggris dalam artikel ini tidak hanya tergolong dalam kategori tense, namun juga kategori present tense yang titik beratnya adalah kejadian di masa kini.

Kita akan melihat penjelasan lebih jauh mengenai present continuous tense pada poin di bawah ini. Setelah menyimak penjelasan present continuous tense, kita akan melihat contoh-contoh penerapannya dalam kalimat, percakapan, dan contoh soal dan pembahasannya dalam tes TOEFL maupun tes-tes bahasa Inggris lainnya.

Penjelasan Mengenai Present Continuous Tense

Present continuous tense dapat berfungsi sebagai penjelas kejadian yang sedang berlangsung sekarang ini, rencana yang waktunya dapat dipastikan dan dalam waktu yang dekat, serta perubahan atau perkembangan yang sedang terus berlanjut.

Sebagaimana kelompok tense lainnya, present continuous tense memiliki bentuk positive, negative, dan interrogative. Ketiga bentuk present continuous tense tersebut memiliki komponen yang dijelaskan dalam tabel berikut:

Present Continuous Tense Komponen
Positive Subject + am/is/are + verb –ing, atau

Subject + ‘m/’s/’re + verb -ing

Negative Subject + am/is/are not + verb -ing, atau

Subject + is/aren’t + verb –ing, atau

Subject + ‘m/’s/’re not + verb -ing

Interrogative Am/is/are + subject + verb -ing + … ?


Contoh Penerapan Present Continuous Tense Dalam Kalimat

Kini, setelah mempelajari fungsi dan bentuk present continuous tense, kita akan melihat penerapannya dalam contoh kalimat yang terdapat dalam poin ini.

Masing-masing dari tiga contoh kalimat yang ada memiliki arti bahasa Indonesia dan tanda, yakni bold untuk present continuous tense dan garisbawah untuk hal yang menjelaskan fungsi dari present continuous tense. Selain itu, penjelasan mengenai pelajaran present continuous tense juga tersedia setelah contoh-contoh kalimat di bawah ini:

1. They are throwing trashes inside the dustbin (Mereka sedang melempar sampah-sampah dalam tong sampah).

Penjelasan: Adanya “are throwing” (sedang melempar, dari asal verb throw”) pada contoh kalimat positive present continuous tense ini bukan hanya sekadar merupakan komponen present continuous tense di samping “they” yang merupakan subject, namun juga melukiskan fungsi menjelaskan kejadian yang sedang berlangsung saat ini.

2. She is arriving to cinema soon (Dia akan tiba ke bioskop segera).

Penjelasan: Contoh kalimat present continuous tense berbentuk negative ini memperlihatkan “soon” (segera) merupakan penanda rencana dari “she” (dia, subject) yang “is arriving” (akan tiba, dari asal verb arrive”) ke bioskop pada waktu yang sudah pasti dan dekat dari saat ini.

3. Am I getting better personally now? (Apakah aku sekarang menjadi pribadi yang lebih baik?)

Penjelasan: Kalimat present continuous tense dengan bentuk interrogative ini memperlihatkan fungsi sebagai perkembangan yang ditanyakan oleh “I” (aku, subject), yakni “better personally” (pribadi yang lebih baik). Tanda lain yang juga terdapat pada contoh kalimat ini adalah “getting” (menjadi, dari asal verb get”, mendapat), yang merupakan salah satu komponen present continuous tense.

Contoh Penerapan Present Continuous Tense Dalam Percakapan

Contoh percakapan yang terdapat pada poin ini mengandungi pelajaran present continuous tense di bagian akhirnya, sehingga kita dapat belajar darinya.

Untuk mempermudah pembelajaran, kami memberikan panduan yang sama dengan poin sebelumnya, yakni arti bahasa Indonesia dalam tiap baris dialognya, tanda bold pada present continuous tense, dan garisbawah pada hal yang menjelaskan fungsi dari present continuous tense. Berikut ini adalah contoh percakapan yang akan kita pelajari bersama:

Niki: Look! They are digging the excavator sites. What are they up to?

(Niki: Lihat! Mereka sedang menggali situs pengangkutan tanah. Apa yang sedang mereka lakukan?)

Disco: Are they planning to destroy them as soon as possible?

(Disco: Apakah mereka tidak sedang merencanakan untuk menghancurkan tempat-tempat itu secepat mungkin?)

Kacung: (This isn’t getting any better… They will get away with Mary’s corpse!) I won’t let this happen. Let’s go and destroy them!

(Kacung: (Ini tidak menjadi lebih baik… Mereka akan kabur membawa mayat Mary!) Aku tidak akan membiarkan ini terjadi. Mari pergi dan hancurkan mereka!)

Disco: Whaaaat?!

(Disco: Apaaaaa?!)

Kacung: Go or die. I’ll make sure they’re not hiding anywhere this time!

(Kacung: Pergi atau mati. Aku akan memastikan mereka tidak akan bersembunyi di manapun kali ini!)

Adanya “are digging” (sedang menggali, dari asal verb dig”) dalam baris dialog pertama dalam contoh percakapan di atas tidak hanya menunjukkan bentuk positive dari present continuous tense, namun juga kejadian menggali yang subject, yakni ”they” lakukan, sekarang sedang terjadi.

Dalam baris dialog berikutnya, yakni baris kedua contoh percakapan, kita melihat bentuk interrogative present continuous tense yang berfungsi untuk menjelaskan rencana yang waktunya diduga dalam waktu dekat dan dapat dipastikan (digambarkan dengan “as soon as possible” atau secepat mungkin), yakni “they” yang “are planning” (sedang merencanakan, dari asal verb plan”, rencana) untuk menghancurkan situs pengangkutan tanah yang dimaksud.

Fungsi penjelasan rencana yang dapat dipastikan dan dalam waktu dekat juga terlihat dari “this time” (kali ini) yang terdapat pada baris terakhir contoh percakapan. Dengan adanya komponen “’re not” (tidak) yang melekat pada “they” dan “hiding” (bersembunyi, dari asal verb hide”, sembunyi), maka ini juga menandakan bentuk negative dari present continuous tense.

Bentuk negative dari present continuous tense juga dapat tercermin dalam “isn’t” (tidak), seperti pada baris ketiga contoh percakapan, yang langsung menyambung dengan verb –ing-nya, yakni “getting” (menjadi) dan “any better” (lebih baik) sebagai penjelas fungsinya, yakni menandakan perubahan atau perkembangan yang terus berlanjut. Subject-nya sendiri adalah “this” atau ini, yang setara dengan “it” untuk menjelaskan benda, situasi, kondisi, dan sejenisnya.

Contoh Soal dan Pembahasan Present Continuous Tense Dalam Tes TOEFL Maupun Tes-Tes Bahasa Inggris Sejenis

Dalam tes TOEFL atau tes-tes bahasa Inggris sejenis, present continuous tense kerap muncul sebagai contoh soal yang meminta kita melengkapi bagian kalimat yang rumpang, dengan kata dalam kurung sebagai pemandu. Written expression yang meminta kita memilih abjad yang salah juga dapat menjadi salah satu wujud kemunculan present continuous tense.

Kita dapat melihat bentuk konkret kemunculannya dalam dua contoh soal yang terdapat pada poin ini. Kedua contoh soal yang ada dilengkapi dengan arti, jawaban benar yang bertanda bold, dan penjelasan mengenai jawaban benarnya masing-masing. Berikut ini adalah dua contoh soal yang akan kita pelajari:

1. Right now, they ________ (build) the houses.

a. build      b. builds      c. building      d. are building

(1. Saat ini, mereka ________ (bangun) rumah-rumah.

a. bangun      b. bangun      c. bangunan      d. sedang membangun)

Catatan: Perhatikan kata yang terdapat dalam tanda kurung, yakni “build”. Itu adalah kata yang mencerminkan proses, ditambah lagi, ada “right now” (saat ini) sebagai keterangan waktunya. Karenanya, kita harus memilih pilihan yang tepat untuk menjelaskan kejadian yang sedang berlangsung saat ini atau yang sama dengan present continuous tense. Karena itu, jawaban yang benar dari contoh soal pertama ini adalah d. are building.

2. Choose the wrong alphabet:

I amn’t planning to work on that project this night.

A     B     C     D

(2. Pilih abjad yang salah:

Aku initidak berencana untuk mengerjakan proyek itu malam ini.)

A     B     C     D

Catatan: Kapanpun kita menjumpai soal yang berhubungan dengan verb –ing, termasuk present continuous tense dalam contoh soal kedua ini, selalu perhatikan kalimat utuhnya terlebih dahulu. Pilihan b sudah benar dengan menempatkan verb –ing setelah am/is/are, pilihan c sudah benar dengan adanya “to” setelah verb –ing, dan pilihan d juga sudah benar karena proyek yang dimaksud memang hanya satu (sifatnya singular).

Leburan “n’t” sebenarnya hanya boleh digunakan kalau am/is/are-nya adalah “is” atau “are”. “Am” harusnya tetap dipasangkan dengan “not” tanpa melebur, atau menjadi “I’m not”. Karena itu, pilihan yang salah dan harus kita pilih pada contoh soal nomor dua ini adalah a.

Demikianlah yang dapat kita pelajari dari materi present continuous tense. Penasaran pelajaran apa selanjutnya yang akan kita pelajari? Materinya adalah present perfect continuous tense, dan kita akan belajar lebih lanjut pada artikel tutorial bahasa Inggris berikutnya.

Artikel Lainnya

Grammar Tenses: Simple Present Tense
Grammar Tenses: Simple Past Tense
Grammar Tenses: Simple Future Tense
Grammar Tenses: Present Perfect Tense
Grammar Tenses: Present Perfect Continuous Tense
Grammar Tenses: Present Continuous Tense
Grammar Tenses: Past Perfect Tense
Grammar Tenses: Past Perfect Continuous Tense
Grammar Tenses: Past Future Tense
Grammar Tenses: Past Future Perfect Tense

 

Grammar Tenses: Past Future Continuous Tense
Grammar-Verb: Light Verb
Sentence: What is Subject?
Verb: Main Verb+Auxiliary Verb
Grammar-Noun: Common Noun
Grammar-Adjective: Attributive Adjectives – Part 2
Clauses: Adjective Clause
Quantifier: Count vs Non Count, Large vs Small, Measurement, Comparative
Grammar-Comparison Adverb: Comparative vs Superlative
Grammar-Verb: Modal Verb


 


Sederet Mobile

http://mobile.sederet.com


Sentences: Run-On Sentence
Quantifier: Perbedaan Many, Much dan A Lot Of
Apa itu Sentence Modifier?
Aturan Menggabung Kalimat Bahasa Inggris
Sentence Structure: Complex Sentence
Sentences: Imperative Sentence (Kalimat Perintah)
Phrases: Noun Phrase
Phrases: Verb Phrase
Verb: Present Participle
Grammar-Verb: Active Verb