sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Tip TOEFL: Apa Manfaat Tes TOEFL? Berikut 7 Manfaat Tes TOEFL!

Jutaan orang tentu pernah mengikuti atau tahu tentang tes TOEFL. Ya, TOEFL adalah singkatan dari Test of English as a Foreign Language. Tes ini masih menjadi salah satu tolak ukur utama pemahaman akan bahasa Inggris. Dengan demikian, tes TOEFL menjadi jembatan bagi murid-murid atau pekerja seperti kamu yang ingin melanjutkan jenjang ke studi atau pekerjaan ke negara dengan bahasa Inggris sebagai bahasa utama. Lebih dari 10.000 universitas dan institusi di 130 negara menggunakan tes TOEFL sebagai salah satu parameter penilaian utama.

Dengan diakuinya tes TOEFL sebagai tolak ukur penilaian, tentu tes yang biasanya memakan waktu sekitar 4 jam ini sangat penting untuk dikerjakan dengan serius. Tes TOEFL adalah jembatan bagi kamu yang ingin menambah pengalaman dan memperluas wawasan dengan berada di negara baru. Berikut ini kami rangkum beberapa manfaat dari tes TOEFL:

1. Jembatan untuk Belajar di Negeri Orang

Bukan hanya mengejar cita-cita di Universitas unggulan di negara lain, tes TOEFL juga menjadi wadah bagi kamu yang ingin merasakan pengalaman sekolah atau bekerja di negara yang jauh berbeda dari negara asalmu, Indonesia. Pengalaman yang kamu dapat, meski hanya beberapa tahun tinggal di negara lain, akan sangat berkesan dan membekas seumur hidup. Sistem pembelajaran dan cara berinteraksi yang berbeda akan melatih kamu untuk bisa mengadaptasi sisi positif dari sistem di luar negeri dan mengaplikasikannya dalam kehidupanmu.

2. Menjamah Perspektif Global

Berada di luar negeri, jauh dari rumah, akan memperluas perspektif. Cara pandangmu akan kehidupan akan jauh berbeda karena begitu banyak hal baru yang kamu temui. Akan sangat berbeda merasakan langsung apa yang terjadi di negara lain, dibandingkan dengan hanya membaca atau menonton beritanya saja. Interaksi sosial dengan orang lain juga akan memperluas perspektif globalmu karena ada begitu banyak tradisi, budaya, dan aspek sosial yang menarik. Semua ini hanya bisa diwujudkan jika kamu berhasil mendapat skor TOEFL yang memenuhi persyaratan.

3. Jaminan Kemampuan

Jika kamu belajar atau bekerja di negara lain, orang yang akan bersinggungan langsung dengan kamu adalah mereka yang tidak pernah mengenal kamu sebelumnya. Mungkin mereka hanya tahu kamu sebatas surat perkenalan diri dan rekomendasi yang kamu sertakan. Di titik inilah tes TOEFL sangat penting. Bukan hanya bentuk tes intelegensi saja, tapi TOEFL menjadi jaminan bahwa kamu bisa mengerjakan tugas akademis di lingkungan yang berbicara dalam bahasa Inggris. Sistem pembelajaran di kampus-kampus luar negeri biasanya menuntut kita untuk banyak membaca dan berbicara, dalam bahasa Inggris. Menulis essay berbahasa Inggris pun harus dilakukan sebagai persyaratan perkiliahan. Jika seorang mahasiswa tidak memenuhi syarat TOEFL, dia akan bingung dan gagal menjalani perannya sebagai murid.

4. Evaluasi Akurat

Tentu kita tidak bisa menilai seberapa komprehensif pemahaman seseorang seputar bahasa Inggris hanya dengan melihat caranya berbicara atau nilainya di kelas, bukan? Ada orang yang sangat menguasai Speaking tapi kurang dalam hal grammar dan tes tertulis. Sebaliknya, ada orang yang sangat pandai dan menguasai struktur bahasa Inggris namun tidak menguasai percakapan dalam bahasa Inggris. Tanpa perlu menduga-duga, di sinilah peran tes TOEFL sebagai penilaian dan evaluasi akurat pemahaman seseorang akan bahasa Inggris. Empat kategori soal dalam tes TOEFL, Reading, Listening, Speaking, hingga Writing bisa mengevaluasi kemampuan yang akan kita pakai nantinya dalam lingkungan akademis. Skor TOEFL yang baik berarti kamu bisa sukses mengikuti pembelajaran dalam bahasa Inggris.

5. Feedback Cepat Diterima

Hanya dalam waktu 10 hingga 15 hari usai melaksanakan tes TOEFL, kamu bisa tahu skor TOEFL yang berhasil kamu raih. Penilaian berdasarkan pada tiap kategori soal, sehingga kamu bisa tahu betul bagian mana yang paling kamu kuasai dan mana yang kurang. Skor akhir TOEFL pun bisa jadi bekal kamu untuk memperdalam kemampuan dan menyoroti apa yang masih perlu banyak dipelajari.

6. Peluang Keliling Dunia

Tidak ada yang bisa tahu peluang kamu bisa berada di luar negeri untuk urusan apapun. Nilai TOEFL yang bagus akan menjadi poin plus di bidang imigrasi. Itu artinya, secara resmi kemampuan dan pemahaman bahasa Inggris kamu diakui sesuai dengan standar. Hampir ke negara manapun yang akan kamu datangi, bahasa Inggris adalah bahasa utama atau kedua mereka. Hingga kini, bahasa Inggris masih menjadi bahasa paling populer untuk dipelajari.

7. Jenjang Karir

Setuju kan, bahwa dunia kerja tidak mengenal batas? Jaringan luas kadang menuntut kita untuk bisa memahami bahasa selain bahasa utama kita, Indonesia. Dengan kemampuan berbahasa Inggris unggul, artinya kamu telah membuka pintu-pintu peluang yang kian mudah diakses. Bahasa Inggris selalu digunakan di berbagai bidang, termasuk bisnis multinasional. Menjadi karyawan dengan pemahaman Inggris baik, akan menjadi nilai plus bagi perusahaan!

Itu tadi 7 manfaat tes TOEFL baik untuk dunia akademis dan pekerjaan. Terbukti kan, begitu banyak peluang yang semakin dekat dengan kamu jika kamu menguasai bahasa Inggris dengan baik. Salah satu caranya adalah lewat skor TOEFL yang bagus, sehingga menjadi nilai tambah tersendiri bagi diri kamu. Tidak ada ruginya mengasah kemampuan hingga memiliki skor TOEFL yang baik karena akan membawa banyak manfaat di masa mendatang. Bukan hanya dalam jangka waktu pendek saja, tapi pemahamanmu akan bahasa Inggris akan menjadi bekal selamanya agar bisa berbeda dibandingkan dengan yang lain. Bagaimana, kamu tertantang?

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Tip TOEFL: Berapa Lama Masa Berlaku Skor TOEFL?
Tip TOEFL: Apakah Belajar TOEFL Bermanfaat di Kehidupan Nyata?
Tip TOEFL: Supaya Tidak Kehabisan Waktu saat Kerjakan Tes TOEFL
Tip TOEFL: Berapa Lama Waktu untuk Belajar TOEFL?
Tip TOEFL: Tip Taklukan TOEFL bagi Kamu yang Dari Indonesia
Tip TOEFL: Ketika Sistem Sebuah Negara Mempengaruhi Skor TOEFL
Tip TOEFL: Cara Interpretasi Skor TOEFL, Tahukah Kamu?
Tip Umum TOEFL: Cara Mempersiapkan Tes TOEFL bagi Orang Sibuk
Tip TOEFL: Kiat menghadapi Tes TOEFL, Persiapan Menentukan Prestasi!
Tip TOEFL: Belajar TOEFL dari Komunitas Kekinian? Bisa!

 

Contoh Soal Listening TOEFL: Percakapan di Kampus (Part 2)
Soal Listening TOEFL: Pertanyaan Menjebak Attitude Questions
Soal Listening TOEFL: Materi Perkuliahan dari Dosen
Speaking TOEFL: Tongue Twister, Berlatih Bicara Bahasa Inggris
Speaking TOEFL: Kenali Perbendaharaan Kata untuk Debat
Writing TOEFL: Membuat Jawaban Writing yang Runtut dan Mengalir
Reading TOEFL: Parafrase
Reading TOEFL: Jenis Pertanyaan dalam Reading, Kategorisasi
Soal Listening TOEFL: “Menjadi Dosen Sejarah”
Speaking TOEFL: Strategi Speaking TOEFL, Jurus 100 Kata


 
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Seni
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Mengenal Negara-negara
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Sosok Penting
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Health
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Petakan Isu Formal
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Biology Class
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Belajar Sejarah (Part 3)
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Belajar Sejarah (Part 2)
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Belajar Sejarah (Part 1)
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression tentang Animals