sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Tip TOEFL: Kiat menghadapi Tes TOEFL, Persiapan Menentukan Prestasi!

Ya, sesuai dengan judulnya, persiapan saat menghadapi tes TOEFL sangat menentukan prestasi atau performa saat kamu mengerjakannya di hari H. Ini bukan sekadar slogan saja, karena terbukti dengan persiapan yang matang kamu bisa menjawab dengan lebih mudah. Sepandai apapun kemampuan berbahasa Inggris seseorang, jika dia tidak melakukan persiapan matang; akan kalah dengan mereka dengan kemampuan biasa-biasa saja tapi tekun belajar selama persiapan.

Itu sebabnya ada slogan fail to prepare means prepare to failed. Untuk itu, artikel kali ini akan membahas tentang persiapan menghadapi tes TOEFL yang efektif. Mungkin beberapa hal terkesan sepele, tapi memegang peranan penting untuk keseluruhan proses persiapan kamu! Kita mulai, yuk!

1. Ciptakan Lingkungan Belajar Ideal

Ideal dalam hal ini bisa berbeda-beda bagi setiap orang. Sangat relatif, karena ada orang yang bisa fokus belajar jika ada musik kencang. Sebaliknya, ada juga yang memerlukan lingkungan hening agar bisa berkonsentrasi. Tipe yang manapun kamu, ciptakan lingkungan belajar yang sangat ideal. Bila perlu, bedakan dengan lingkunganmu belajar sebelumnya agar tidak terasa jenuh.

2. Tanpa Distraksi

Salah satu hal yang bisa membuat waktu belajar tidak efektif adalah adanya gangguan atau distraksi. Percuma mengalokasikan waktu berjam-jam per hari jika sebagian diisi dengan menonton televisi yang tidak berkaitan dengan persiapan tes TOEFL, atau habis untuk bermain ponsel. Fokus dan usahakan kamu bisa memanfaatkan waktu untuk belajar tanpa distraksi sedikit pun.

3. Konsistensi Belajar

Lebih baik mengalokasikan waktu untuk belajar persiapan tes TOEFL selama beberapa jam per hari dengan rutin. Itu yang penting. Konsistensi untuk terus belajar. Jangan hanya melakukan persiapan satu minggu sekali, ya. Hal ini akan membuat kamu mudah lupa dan kemampuanmu tidak terasah. Lebih baik mengalokasikan waktu setiap hari untuk belajar agar pemahaman kamu semakin komprehensif.

4. Jangan Hanya Belajar di Satu Tempat

Sedikitnya tentukan tiga tempat belajar yang menjadi favoritmu. Mengapa tiga? Karena hal ini bisa menjadi rekreasi sederhana saat kamu merasa bosan dengan satu tempat. Pilih tiga tempat yang kamu merasa paling nyaman di dalamnya dan bisa fokus pada apa yang kamu kerjakan.

5. Gunakan Penanda yang Menarik

Buku tebal panduan tes TOEFL bisa menjadi membosankan jika kamu hanya membacanya sekilas. Jangan ragu untuk memberi tanda dengan marker atau bolpoin warna warni agar kamu semakin ingat. Bukan tidak mungkin pada saat hari H kamu mengerjakan soal tes TOEFL, ada pertanyaan yang membuat kamu ingat dengan jawabannya karena kamu pernah menggarisbawahi dengan bolpoin favoritmu! Hal sepele seperti ini kadang bisa menjadi penolong saat kamu sedang berjuang, loh.

6. Beritahu Sekitar

Keluarga, teman-teman dan orang terdekatmu perlu tahu bahwa kamu sedang dalam persiapan untuk mendapat skor gemilang dalam tes TOEFL. Dengan cara ini mereka tidak akan mengganggu dan akan memberimu waktu untuk belajar dengan fokus. Manfaatkan momentum ini untuk benar-benar belajar, ya. Jangan tergoda untuk melakukan hal lain seperti scrolling Instagram di ponsel atau membaca Twitter dan Facebook yang tanpa disadari bisa memakan waktu cukup lama!

7. Jadwalkan Waktu Break

Layaknya di sekolah, belajar untuk persiapan tes TOEFL juga perlu waktu istirahat. Jadwalkan kapan kamu akan mengambil breaks dan manfaatkan untuk memakan cemilan atau makan utama. Dengan cara ini, kamu bisa fokus lebih lama. Siapa sih yang bisa fokus belajar saat perut kosong? Ingat juga untuk makan yang bergizi dan tidak membuat ngantuk agar proses belajar tetap lancar. Jangan sampai lupa makan karena keasyikan belajar, ya! Hal ini akan membuat daya tahan tubuh kamu menurun dan rentan sakit.

8. Konsumsi Cukup Air

Letakkan air minum dalam botol dekat dengan jangkauan kamu. Selalu luangkan waktu untuk meminum air. Salah satu pantangan lainnya adalah jangan sampai kamu lupa minum air karena terlalu fokus belajar. Toh saat tubuhmu kurang air atau dehidrasi, kemampuan untuk berkonsentrasi juga akan menurun.

9. Meja Belajar Rapi

Hal ini akan berdampak secara psikologis. Ya, dengan meja dan lingkungan belajar yang rapi, kamu bisa lebih tenang dan fokus secara psikologis. Jangan terlalu banyak benda di meja yang tidak berkaitan dengan proses belajar. Meja yang bersih akan membuat kamu fokus dan tidak mudah terdistraksi. Siapkan alat tulis yang sudah diraut atau berfungsi dengan baik. Jika kamu memerlukan kertas cadangan, siapkan sebelumnya. Semakin rapi dan terorganisir meja belajarmu, akan semakin mudah berkonsentrasi.

10. Relaksasi

Salah satu cara untuk mudah mencerna informasi adalah dengan menenangkan pikiran dan otak. Cara apapun bisa kamu lakukan yang sesuai dengan kepribadianmu. Bisa jadi relaksasi, meditasi, atau sekadar memejamkan mata sebentar. Pastikan tidak ada pikiran yang mengganggu. Kamu bisa tarik nafas dan menghembuskannya perlahan untuk menenangkan diri. Saat kamu merasa susah berkonsentrasi pada topik tertentu, lakukan hal ini untuk membantumu kembali rileks. Kamu juga bisa tetap fokus dengan cara meregangkan badan yang kaku.

10 hal tadi bisa menjadi tips jitu dalam persiapan untuk mendapat skor gemilang dalam tes TOEFL. Semuanya kami paparkan sedetil mungkin agar kamu bisa mempraktikkan dan merasakan langung manfaatnya. Dengan persiapan yang matang, kamu bisa mengetahui bagian mana dalam tes TOEFL yang belum kamu pahami sepenuhnya, dan mengalokasikan lebih banyak waktu untuk mempelajarinya. Jangan ragu untuk terus berlatih. Ketika kamu merasa jenuh, lakukan hal yang kamu suka untuk menyegarkan pikiran. Saat pikiran segar dan tenang, kamu bisa lebih mudah menyerap informasi baru sebagai bekal mendapatkan skor gemilang saat tes TOEFL. Selamat mencoba, ya!

Artikel Lainnya

Artikel Lainnya

Tip TOEFL: Berapa Lama Masa Berlaku Skor TOEFL?
Tip TOEFL: Apakah Belajar TOEFL Bermanfaat di Kehidupan Nyata?
Tip TOEFL: Supaya Tidak Kehabisan Waktu saat Kerjakan Tes TOEFL
Tip TOEFL: Berapa Lama Waktu untuk Belajar TOEFL?
Tip TOEFL: Tip Taklukan TOEFL bagi Kamu yang Dari Indonesia
Tip TOEFL: Ketika Sistem Sebuah Negara Mempengaruhi Skor TOEFL
Tip TOEFL: Cara Interpretasi Skor TOEFL, Tahukah Kamu?
Tip Umum TOEFL: Cara Mempersiapkan Tes TOEFL bagi Orang Sibuk
Tip TOEFL: Kiat menghadapi Tes TOEFL, Persiapan Menentukan Prestasi!
Tip TOEFL: Belajar TOEFL dari Komunitas Kekinian? Bisa!

 

Writing TOEFL: Kenali Topik dalam Writing
Reading TOEFL: Asah Reading dengan Baca Novel (Part 1)
Writing TOEFL: Contoh Essay Kurang Berdasar
Speaking TOEFL: Mengenal Idiom
Reading TOEFL: Momen-momen Darurat dalam Reading
Speaking TOEFL: Kenali Kata Pengantar
Reading TOEFL: Informasi Tambahan dan Kesimpulan
Speaking TOEFL: Seni Diplomasi dalam Percakapan Bahasa Inggris
Listening TOEFL: Masalah Psikologis yang Muncul saat Hadapi Tes Listening
Tip Writing TOEFL: Penggunaan “Koma” dalam Bahasa Inggris


 


Sederet Mobile

http://mobile.sederet.com


Tip TOEFL: Susunan String of Adjectives sebagai Penjelas Kata Benda
Tip TOEFL: Kamus Mini Phrasal Verbs
Tip TOEFL: “Text Insert” Asah Ketelitian dalam Menjawab Soal
Writing TOEFL: 4 Langkah Membuat Essay yang Terorganisir
Reading TOEFL: Jenis Pertanyaan dalam Reading, Kategorisasi
ReadingTOEFL: Asah Reading dengan Baca Novel (Part 2)
Reading TOEFL: Konteks Reading dari Berita Entertainment
Reading TOEFL: Temukan Tokoh Utamanya untuk Mengetahui Maknanya
Listening TOEFL: Pertajam Kemampuan Listening Lewat Dialog Film
Listening TOEFL: Belajar Listening dari Subtitles dan Transkrip