sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Tip TOEFL: Mengulik Prefixes Bahasa Inggris: “CO-“ dan “MIS-“

Kembali lagi membahas tentang prefixes atau kata imbuhan depan dalam bahasa Inggris, kali ini ada 2 prefixes baru yang akan kita kupas tuntas. Untuk menyegarkan kembali ingatan kamu, prefixes adalah imbuhan awal dari sebuah kata yang bermakna spesial. Bahkan bisa jadi kata imbuhan ini adalah makna kunci dari seluruh kata dalam TOEFL.

Penting sekali bukan, untuk memperkaya perbendaharaan kata prefixes kamu? Ditambah lagi, kata imbuhan adalah hal yang sangat mungkin kamu temui saat mengerjakan tes TOEFL. Mari kita mulai dengan membahas satu demi satu prefixes kali ini.

PREFIX CO-

Ada begitu banyak kata dalam bahasa Inggris yang menggunakan kata imbuhan depan “co-“. Apa makna dari prefix yang satu ini? “Co-“ menjelaskan aktivitas yang dilakukan bersama-sama atau hasil dari sebuah kerja sama. Contoh katanya adalah sebagai berikut:

  • Co-pilots” menjelaskan tim yang bersama-sama dengan pilot bekerja untuk menerbangkan pesawat
  • Co-teaching” adalah istilah bagi asisten dosen yang ikut membantu proses belajar mengajar.

Berikut contoh penggunaan prefix Co-“ dalam tes TOEFL:

1. Materi dalam soal TOEFL integrated writing

The reading defines coevolution accurately, in the sense that coevolution really does involve two different life forms influencing each others’ evolution over time. But the passage is a little inaccurate in its claim that coevolution always helps both species as they evolve together. Actually, sometimes this kind of parallel, connected… evolving… can help one species while hurting another.

(Kata “co-evolution” dalam kalimat di atas menggambarkan proses evolusi melibatkan 2 hal yang saling mempengaruhi selama proses evaluasi berlangsung.)

2. Pelajaran TOEFL dari kelas ekonomi

So banks don’t want to take on liability for a loan that might not be repaid. But at the same time, these lenders want to have as many– to profit from as many customers as possible. So this where the idea of co-signing comes in. The bank will lend money to a borrower with no credit history– or even bad credit history. And a person who seems more reliable– has a better credit track record– will promise to repay the loan if the unreliable borrower can’t… or uh– doesn’t– repay.

(Kata “co-signing” mengacu pada 2 pihak yang terlibat dalam proses peminjaman uang dari bank, yaitu peminjam utama (borrower) dan penjamin (reliable person).)

3. Diskusi kelas ekonomi dalam listening TOEFL

Excuse me, Professor Johnson, but doesn’t capitalism include some business models that are a little bit like communism? Like, what about– er– co-ops? Those grocery stores that are owned by the workers and the customers?

(Istilah yang digarisbawahi di atas mengacu pada hal-hal seputar ekonomi dan sistem yang berjalan, seperti “communism” dan “co-ops” yang sama-sama melibatkan 2 pihak untuk menjalankan sebuah sistem.)

PREFIX MIS-

Kata imbuhan “mis-“ biasanya menjelaskan sebuah aktivitas yang dilakukan dengan tidak tepat, atau tidak berjalan sebagaimana mestinya. Secara sederhana, kata yang berimbuhan “mis-“ tentu adalah antonim dari kata yang sama tanpa imbuhan “mis-“.

Namun ingat, tidak semua kata bisa diubah maknanya hanya dengan menambah atau menghilangkan “mis-“. Contoh kata berimbuhan prefix ini adalah “misinterpret” dan “misfire”. Untuk lebih memahami contohnya dalam kalimat, simak beberapa kondisi kalimat berikut ini:

1. Percakapan listening TOEFL antara murid dan professor

Um… I think you misread the syllabus. The course outline says this essay isn’t due until next month, see?

(Kata “misread” dalam paragraf di atas mengacu pada kesalahan para murid dalam membaca silabus. Hal ini merupakan bentuk kegagalan dari kata kerja “read”.)

2. Materi pelajaran kelas sejarah

When Christopher Columbus first came to the Americas, he thought he had landed his boat in India. This was a serious misconception. Columbus’ confusion caused him to misname the Caribbean islanders he met… calling them Indians! And you know, even today, Columbus’s mistake lives on– people still mislabel Native Americans as Indians!

(Kata “misconception”, “misname”, dan “mislabel” dalam paragraf pelajaran sejarah di atas memiliki makna yang serupa yaitu kesalahan persepsi. Ketiga kata dengan imbuhan prefix mis-“ ini menjelaskan pemberian label, penyebutan nama, dan pemahaman konsep yang salah.)

3. Materi reading tes TOEFL

In physics classrooms, the idea of “absolute zero” is taught and studied. Absolute zero is the temperature at which atoms become so cold that they are immobilized and do not move at all. The term comes from the idea that the coldness is absolute— that once atoms can no longer move, temperatures can’t get any colder. Ultimately, scientists have come to see absolute zero as a misnomer, as research shows that it is possible to continue chilling matter to temperatures even lower than absolute zero.

(Kata “misnomer” mungkin tidak familiar bagi kamu, namun artinya adalah penamaan atau atribusi yang salah diberikan para peneliti saat mempelajari tentang batas bawah temperatur.)

Baik kata imbuhan “co-“ dan “mis-“ sama-sama bisa digunakan dalam struktur kalimat yang beragam. Kata imbuhan ini bisa berperan sebagai kata sifat atau adjectives, adverbs, atau bagian lain dari pidato. Catatan lain adalah kata imbuhan “co-“ biasanya diikuti dengan hyphen, yaitu tanda “–“ atau dash yang memisahkan dengan akar katanya.

Saat menghadapi tes TOEFL, selalu ada kemungkinan bahwa kamu akan menjumpai kata-kata dengan prefixes seperti “co-“ dan “mis-“. Untuk itu penting untuk selalu menjaga konsentrasi kamu dan fokus pada prefix, jangan hanya berpatokan pada kata yang dilekati imbuhan saat kamu belajar perbendaharaan kata dalam TOEFL.

Artikel Lainnya

String of Adjective: Susunan String of Adjectives sebagai Penjelas Kata Benda
Tip TOEFL: Kamus Mini Phrasal Verbs
Tip TOEFL: “Text Insert” Asah Ketelitian dalam Menjawab Soal
Tip TOEFL: Mengenal Prefixes “OUT-“ dan “RE-“
Tip TOEFL: Mengulik Prefixes Bahasa Inggris: “CO-“ dan “MIS-“
Tip TOEFL: Preposisi Waktu dalam Bahasa Inggris
Tip TOEFL: Mengenal Prefixes (Imbuhan) OVER- dan BI-
Tip TOEFL: Aturan Penggunaan Kata Penentu “The”
Tip TOEFL: Pentingnya “Reading Out Loud”
Tip TOEFL: Frasa Sering Terucap: “Chances Are”

 

Speaking TOEFL: Mengenal Idiom
Speaking TOEFL: Sampaikan Pendapat dalam Speaking
Reading TOEFL: Contoh Pertanyaan Sinonim dan Kesimpulan
Contoh Soal Listening TOEFL: Percakapan Sehari-hari
21 Funny English Proverbs (Peribahasa Bahasa Inggris yang Lucu)
Percakapan di Restoran: Cara Menanyakan Bill dalam Bahasa Inggris
Penggunaan Apostrophe dalam Kata Ganti Benda Kepemilikan
Ucapan Bersyukur dalam Bahasa Inggris & Terjemahannya
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Biology Class
Aturan Penggunaan Huruf Kapital dalam Bahasa Inggris


 
Pertajam Kreativitas Lewat Kemampuan Parafrase
Tanda Baca Ellipsis dan Asterisk dalam Bahasa Inggris
Berbagai Tanda Baca dalam Penulisan Bahasa Inggris Akademik
Belajar Logika dalam Materi Speaking “Implicit Memory” (PART 2)
Belajar Logika dalam Materi Speaking “Implicit Memory” (PART 1)
Contoh Revisi TOEFL Integrated Speaking (PART 2)
Contoh Revisi TOEFL Integrated Speaking (PART 1)
Latihan Tes TOEFL Lewat Video Games (PART 2)
Latihan Tes TOEFL Lewat Video Games (PART 1)
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Seni