sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Tip TOEFL: “Text Insert” Asah Ketelitian dalam Menjawab Soal

Semakin kamu memahami jenis soal yang akan dihadapi saat tes TOEFL, akan semakin besar kemungkinan untuk menjawab dengan tepat sekaligus menghemat waktu.

Di artikel kali ini, kita akan membahas tentang jenis pertanyaan “text insert”. Pertanyaan seperti ini sangat mudah dikenali dengan ciri-ciri mencocokkan dengan kalimat yang dimaksud.

Kalimat baru akan mengandung petunjuk sepperti kata transisi, bisa dalam bentuk pronoun seperti “this” dan “those”. Hal ini juga berlaku saat menjawab referensi yang dirujuk oleh sebuah kata.

Soal dengan model “text insert” biasanya melibatkan sebuah kalimat yang harus dipasangkan di beberapa pilihan dalam sebuah paragraf. Kamu akan diminta untuk meletakkan kalimat tersebut di titik yang paling tepat dan tidak merusak struktur bacaan.

Tentu hal ini tidak mudah karena kamu perlu menjaga alur logika dari sebuah artikel. Untuk itu, mari langsung saja kita mulai berlatih dengan artikel membaca artikel berikut ini. Bacaan ini diambil dari TOEFL iBT Quick Prep Volume 2 dalam sesi reading. Kamu bisa melihat versi lengkapnya dalam https://www.ets.org/s/toefl/pdf/qp_v2_web.pdf.

Contoh Artikel

Artikel ini berisi tentang bumi, meteor, dan planet yang ada di sekitarnya. Kutipan yang ada di bawah ini adalah paragraf 5 dari Quick Prep ETS, yang kehilangan satu kalimat yaitu:

Consequently, the idea that the Ir in the boundary clay came from microscopic meteorites cannot be accepted.

Cari tahu di manakah kalimat di atas sebaiknya diletakkan?

Ir has not been common at Earth’s surface since the very beginning of the planet’s history. Because it usually exists in a metallic state, it was preferentially incorporated in Earth’s core as the planet cooled and consolidated. Ir is found in high concentrations in some meteorites, in which the solar system’s original chemical composition is preserved. Even today, microscopic meteorites continually bombard Earth, falling on both land and sea.

By measuring how many of these meteorites fall to Earth over a given period of time, scientists can estimate how long it might have taken to deposit the observed amount of Ir in the boundary clay. (A) These calculations suggest that a period of about one million years would have been required. (B) However, other reliable evidence suggests that the deposition of the boundary clay could not have taken one million years. (C) So the unusually high concentration of Ir seems to require a special explanation. (D)

Setelah membaca paragraf di atas, yang perlu kamu lakukan adalah membaca seluruh paragraf dan merangkum untuk pemahaman kamu sendiri. Ide utama dari artikel tersebut adalah bagaimana Iridium ditemukan di Bumi. Pada awalnya disebutkan bahwa Iridium tersimpan dalam meteor, namun pada bagian akhir artikel diketahui bahwa hal itu kurang tepat.

Analisis

Kata yang hilang diawali dengan kata “Consequently”, artinya kalimat sebelumnya haruslah berisi sebuah kasus yang menyebabkan terjadinya “the idea that the Ir in the boundary clay came from microscopic meteorites cannot be accepted.” Atau bisa jadi kalimat sebelumnya justru bermakna kontradiktif dari ide utamanya.

Sekarang coba kita analisis pilihan jawaban yang ada:

  1. Jawaban (A): tidak tepat karena belum ada kalimat yang memulai kontradiktifnya teori tersebut.
  2. Jawaban (B): sama seperti jawaban (A), pada kalimat (B) juga muncul sebelum bantahan terhadap teori sebelumnya muncul.
  3. Jawaban (C): memperkuat kalimat “However, other reliable evidence suggests that the deposition of the boundary clay could not have taken one million years.”
  4. Jawaban (D): akhir kalimat sehingga kurang tepat jika tiba-tiba ada kalimat “consequently, the idea that the Ir in the boundary clay came from microscopic meteorites cannot be accepted.”

Dengan demikian jawaban yang paling tepat adalah (C) karena mengalir dengan runtut terkait kalimat-kalimat yang ada sebelumnya. Kalimat “consequently, the idea that the Ir in the boundary clay came from microscopi meteorites cannot be accepted” mendukung kalimat sebelumnya bahwa “deposition of the boundary clay could not have taken million years”. Kalimat selanjutnya yang berawalan “So the unusually high concentration of Ir seems to require a special explanation” juga tepat untuk menjadi penutup dan kesimpulan paragraf tersebut.

Cara menjawab yang paling tepat untuk jenis pertanyaan “text insert” adalah dengan mencoba memasukkan kalimat satu persatu dalam tiap opsi yang ada.

Sebelum kamu mengunci jawaban yang dirasa tepat, pastikan bahwa alur kalimat sebelum hingga sesudahnya tetap runtut dan mengalir. Logika dari keseluruhan susunan kalimat tetap harus diperhatikan. Selain itu kamu juga perlu melihat pronoun yang ada agar tetap bisa mengacu pada subjek yang dimaksud dengan tepat.

Dalam kehidupan nyata nantinya yang menggunakan bahasa Inggris sebagai alat komunikasi utama, murid seringkali diminta untuk memaknai sebuah bacaan versi pemahaman mereka masing-masing.

Menuangkan ide dalam kata-kata sendiri terbukti berhasil menciptakan pemahaman lebih mendalam dari sebuah bacaan. Dari waktu ke waktu, berlatihlah membaca artikel akademis yang lebih panjang. Semakin sering berlatih, akan semakin besar kemampuan untuk menjaga konsentrasi dan memahami sebuah artikel.

Nantinya dalam sebuah situasi akademis, dosen seringkali akan memberikan sebuah bahan bacaan dan meminta murid-muridnya untuk berdiskusi atau merangkum ulang dengan versi diri sendiri.

Hal ini dimaksudkan agar murid memiliki pemahaman sendiri dan lebih membekas di ingatan mereka, ketimbang hanya diajarkan di depan kelas dan tidak dipelajari lebih lanjut. Begitu banyak manfaatnya, bukan? Selamat berlatih, ya!

Artikel Lainnya

String of Adjective: Susunan String of Adjectives sebagai Penjelas Kata Benda
Tip TOEFL: Kamus Mini Phrasal Verbs
Tip TOEFL: “Text Insert” Asah Ketelitian dalam Menjawab Soal
Tip TOEFL: Mengenal Prefixes “OUT-“ dan “RE-“
Tip TOEFL: Mengulik Prefixes Bahasa Inggris: “CO-“ dan “MIS-“
Tip TOEFL: Preposisi Waktu dalam Bahasa Inggris
Tip TOEFL: Mengenal Prefixes (Imbuhan) OVER- dan BI-
Tip TOEFL: Aturan Penggunaan Kata Penentu “The”
Tip TOEFL: Pentingnya “Reading Out Loud”
Tip TOEFL: Frasa Sering Terucap: “Chances Are”

 

Speaking TOEFL: Latihan Menulis 100 Kata Sebelum Speaking
Speaking TOEFL: Tongue Twister, Berlatih Bicara Bahasa Inggris
Belajar Grammar Tes TOEFL: Struktur Kalimat Paralel
Tip TOEFL: 8 Hal Penting yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Tes TOEFL
Soal Listening TOEFL: “Menjadi Dosen Sejarah”
Writing TOEFL: Kenali Topik dalam Writing
Writing TOEFL: Mencari Ide Menulis
Contoh Soal Listening TOEFL: With The Professor
Tip TOEFL: Tip Taklukan TOEFL bagi Kamu yang Dari Indonesia
Speaking TOEFL: Cara Menjawab dengan Cermat


 
Pertajam Kreativitas Lewat Kemampuan Parafrase
Tanda Baca Ellipsis dan Asterisk dalam Bahasa Inggris
Penggunaan Apostrophe dalam Kata Ganti Benda Kepemilikan
Berbagai Tanda Baca dalam Penulisan Bahasa Inggris Akademik
Belajar Logika dalam Materi Speaking “Implicit Memory” (PART 2)
Belajar Logika dalam Materi Speaking “Implicit Memory” (PART 1)
Contoh Revisi TOEFL Integrated Speaking (PART 2)
Contoh Revisi TOEFL Integrated Speaking (PART 1)
Latihan Tes TOEFL Lewat Video Games (PART 2)
Latihan Tes TOEFL Lewat Video Games (PART 1)