sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Tips Jitu Memberikan Presentasi Bahasa Inggris dengan Lancar

Berbicara di depan umum merupakan salah satu momok menyeramkan yang ditakuti oleh banyak orang, apalagi jika harus melakukannya dalam Bahasa Inggris. Memberikan presentasi dalam Bahasa Indonesia saja masih sering membuat kita gugup dan cemas, tentu tingkat kesulitannya akan lebih tinggi dalam presentasi berbahasa Inggris. Karena itu pada pembahasan kali ini kita akan mengulas mengenai cara memberikan presentasi dalam Bahasa Inggris dengan lancar. Simak pembahasan lengkapnya mengenai tips jitu presentasi Bahasa Inggris dibawah ini, ya!

Tips Memberikan Presentasi Bahasa Inggris

Meskipun memberikan presentasi Bahasa Inggris terkesan menakutkan dan sulit untuk dilakukan, bukan berarti mustahil bagimu untuk dapat melakukannya dengan baik dan lancar. Agar presentasi Bahasa Inggrismu berjalan lancar, berikut beberapa tips yang dapat kamu terapkan:

1. Menyusun Isi Presentasi Secara Detail

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum memberikan presentasi Bahasa Inggris itu sendiri adalah membuat dan menyusun isi presentasi dengan mendetail. Buatlah kerangka isi presentasi kamu mulai dari topik utama yang akan dibuat, data apa yang akan dimasukkan, poin-poin apa saja yang akan kamu bahas, dan lain sebagainya. Kamu dapat membuat catatan yang merangkum isi presentasi yang akan kamu sampaikan untuk kemudian kamu hafalkan dan dilatih.

Menyusun isi presentasi ini juga mencakup bagaimana penyampaian yang akan kamu lakukan pada presentasi sesungguhnya. Kamu dapat menyusunnya berdasarkan sudut pandang penonton atau audience, apa yang menurut mereka menarik. Kamu juga bisa menggunakan hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari atau yang dapat membuat audience merasa terhubung dengan isi presentasi kamu.

2. Berlatih Sendiri Maupun di Depan Orang Lain

Setelah selesai menyusun isi presentasi, yang perlu kamu lakukan adalah latihan seolah-olah kamu menyampaikan presentasi itu. Kamu dapat melakukannya sendirian sambil menghadap ke cermin sehingga kamu bisa melihat bagaimana ekspresi saat memberikan presentasi. Dengan begitu, kamu dapat melatih ekspresi yang tepat dan pengucapan Bahasa Inggris yang jelas.

Selain itu, kamu juga bisa berlatih di depan orang lain yang ada di sekitar kamu. Bisa keluarga maupun teman kamu sendiri, lho. Berlatih di depan orang lain akan membantu kamu meningkatkan rasa percaya diri sekaligus membayangkan situasi nyata saat menyampaikan presentasi kamu nanti. Kamu juga bisa meminta pendapat orang yang menemani kamu dan mereka dapat membantu memperbaiki kesalahan saat berlatih.

3. Menggunakan Media Presentasi yang Simpel dan Menarik

Selain mempersiapkan diri kamu sendiri, kamu juga perlu mempersiapkan media yang akan kamu gunakan untuk memberikan presentasi. Tidak perlu menggunakan software atau aplikasi yang rumit untuk membuat presentasi yang menarik. Kamu bisa menggunakan Microsoft Power Point (PPT) yang sederhana dan mudah diakses melalui komputer atau laptop kamu.

Yang perlu diperhatikan adalah pastikan untuk membuat media presentasi kamu menarik sekaligus mudah untuk dimengerti. Jangan gunakan terlalu banyak teks dalam PPT kamu, tapi masukkan saja poin-poin penting yang akan kamu jelaskan secara lisan. Kamu juga bisa menambahkan elemen-elemen seperti gambar, tabel, grafik, dan lain sebagainya agar presentasi kamu lebih menarik.

4. Memperkenalkan Diri Sebelum Memulai

Saat melakukan pembukaan presentasi, pastikan kamu memperkenalkan siapa diri kamu juga peran atau jabatan kamu. Kamu juga dapat menuliskan siapa diri kamu pada slide pertama di PPT kamu, biasanya ditulis di bawah judul presentasi. Meski biasanya pada acara presentasi formal para audience sudah mengenal siapa pembicaraannya, namun akan jauh lebih baik kalau kamu mengenalkan diri kamu sendiri dengan sopan.

Selain memperkenalkan diri, kamu juga perlu menyampaikan struktur atau agenda presentasi yang akan kamu berikan. Bagian ini dapat kamu jelaskan dengan poin-poin penting yang nantinya akan kamu bahas, atau struktur yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Dengan begitu, para audience akan memiliki gambaran mengenai apa yang akan kamu bicarakan untuk beberapa waktu ke depan.

5. Menyampaikan Presentasi dengan Tenang dan Teratur

Hal yang satu ini bisa dibilang sebagai inti dari cara memberikan presentasi Bahasa Inggris dengan baik dan lancar. Sampaikanlah presentasi kamu dengan tenang dan teratur, sebisa mungkin hindari rasa panik saat berbicara. Karena yang akan kamu gunakan adalah Bahasa Inggris, maka usahakanlah untuk berkata dengan sejelas mungkin. Gunakan juga bahasa yang simpel dan mudah dipahami oleh audience dalam presentasi kamu. Jangan menggunakan istilah-istilah rumit yang sulit dimengerti audience, dan nantinya malah akan menyulitkan kamu sendiri.

Selain itu, pastikan kamu menyampaikan presentasi dengan suara yang lantang dan penuh percaya diri. Sering-seringlah melakukan kontak mata dengan audience agar mereka merasa bahwa kamu benar-benar berbicara kepada mereka. Kamu juga perlu memastikan bahwa nada suara dalam presentasi kamu tidak monoton dan membosankan, ya!

6. Memastikan Pergantian Topik Berjalan Natural

Pergantian topik adalah salah satu hal yang tidak bisa dihindari dalam memberikan presentasi, dan terkadang orang mengalami kesulitan untuk melakukannya. Untuk menghadapinya, pastikan kamu melakukan pergantian topik se-natural dan se-jelas mungkin. Hal ini supaya audience mengerti kalau kamu sudah membicarakan topik yang berbeda namun tetap menarik untuk didengarkan.

7. Menjelaskan Kapan Audience Dapat Bertanya

Presentasi baik dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris biasanya memiliki sesi tanya jawab. Sesi tanya jawab ini dapat kamu tentukan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kamu, apakah ingin dilakukan di sela-sela pemberian presentasi atau setelah presentasi berakhir. Kapanpun sesi pertanyaan presentasimu diadakan, pastikan kamu memberi tahu dengan jelas kepada audience soal itu.

Bagi kamu yang masih sering merasa gugup atau khawatir akan lupa bahasan yang mau kamu presentasikan, sebaiknya sesi tanya jawab dilakukan di akhir presentasi. Dengan begitu kamu dapat lebih fokus menyampaikan presentasi dulu, baru kemudian menerima dan menjawab pertanyaan. Namun menerima pertanyaan di sela-sela presentasi juga bisa menjadi ide bagus untuk menghidupkan suasana presentasi kamu.

8. Membuat Kesimpulan

Hal terakhir yang tak kalah pentingnya untuk dilakukan dalam memberikan presentasi Bahasa Inggris adalah membuat kesimpulan dari presentasi kamu. Buatlah rangkuman yang mencakup semua hal penting dalam presentasi kamu, bisa berupa lisan maupun didukung dengan slide PPT. Namun akan lebih baik jika kamu menuliskannya juga di PPT agar apa yang disampaikan menjadi lebih kuat tersimpan dalam benak audience.

Membuat kesimpulan ini penting untuk mengingatkan kembali pada audience apa saja yang sudah kamu bahas dari awal sampai akhir. Karena terkadang audience lupa bagian yang disampaikan sebelumnya ketika mendengarkan bagian lain yang dianggap lebih menarik. Selain itu, membuat kesimpulan juga akan menjadikan presentasi kamu ditutup dan diakhiri dengan baik.

Contoh Kalimat yang Dapat Digunakan dalam Presentasi Bahasa Inggris

Setelah mengetahui tips yang dapat diterapkan dalam memberikan presentasi Bahasa Inggris, selanjutnya kita akan membahas contoh-contoh kalimat yang biasa digunakan dalam presentasi. Kamu tidak harus mengucapkan kalimat yang baku sama dengan contoh-contoh di bawah ini, tapi kalimat-kalimat ini dapat menjadi panduan saat kamu menyampaikan presentasi Bahasa Inggris.

Berikut contoh-contoh kalimat yang biasa digunakan dalam presentasi Bahasa Inggris:

1. Pembukaan dan Perkenalan

  • Hello everyone, my name is Kayla from Brilliant College and and I’d like to take this opportunity to thank you all for coming along in this seminar (Halo semuanya, nama saya Kayla dari kampus Brilliant dan saya berterima kasih pada hadirin semua yang hadir dalam seminar ini)
  • On behalf of PT. Maju Terus, I would like to welcome you and I’m honored to be here today. I am Bambang and I’m the head of General Affair Department in PT. Maju Terus (Atas nama PT. Maju Terus, saya ingin menyambut Anda dan saya merasa terhormat bisa berada disini hari ini. Saya Bambang dan saya merupakan Kepala Departemen General Affair di PT. Maju Mundur)
  • I’m really thankful for having been given this opportunity to speak in front of the honorable teachers. My name is Winda from Ministry of Education and today I’d like to talk you about the new academic system (Saya berterima kasih telah diberikan kesempatan untuk berbicara di hadapan para guru terhormat. Nama saya Winda dari Kementerian Pendidikan dan hari ini saya akan menyampaikan tentang sistem pendidikan yang baru)

2. Menyampaikan Agenda Presentasi

  • My presentation is divided into three parts and I’ll start with the fact about our education problems. Then I will move into the solutions that we propose and how we will apply it (Presentasi saya akan terbagi ke dalam tiga bagian dan saya akan memulai dengan fakta mengenai permasalahan pendidikan kita. Kemudian saya akan membahas mengenai solusi yang kamu persiapkan dan bagaimana kami akan menerapkannya)
  • Here are the main points we’re going to cover in this presentation: marketing problem, distribution problem, and management problem (Inilah poin-poin utama yang akan kita bahas pada presentasi kali ini: masalah pemasaran, masalah distribusi, dan masalah manajemen)

3. Melakukan Pergantian Topik

  • Next, we will talk about the next step needed into this new system, that called human empowerement (Selanjutnya, kita akan membicarakan mengenai tahap selanjutnya yang dibutuhkan dalam sistem baru ini, yang disebut dengan pemberdayaan manusia)
  • This leads me to my next point, which is the importance of environment changing for 3rd grade students in their study (Hal ini meneruskan pada poin saya selanjutnya, yaitu pentingnya perubahan lingkungan untuk siswa kelas 3 dalam belajar mereka)
  • And now we’re moving on to the next slide where we’re going to have a closer look at how this new system will work on our company (Dan sekarang kita akan berpindah ke slide selanjutnya dimana kita akan melihat lebih dekat bagaimana sistem baru ini akan bekerja di perusahaan kita)

4. Meminta Perhatian Audience

  • If you look up at the screen, you can see the possible outcome from our plan next year (Jika Anda lihat pada layar, Anda dapat melihat kemungkinan hasil dari rencana kita tahun depan)
  • All right, so, where we? If I’m not mistaken, we were looking at the graph about inland revenue last year (Oke, jadi sudah sampai mana bahasan kita? Kalau tidak saya, kita sedang melihat tentang grafik pendapatan negara tahun lalu)

5. Merangkum Isi Presentasi

  • Just a quick recap of my main points… (Hanya mengulas singkat apa saja yang menjadi poin utama saya…)
  • So, to sum it up, the new system is the most efficient one, and that’s what our organization should go for (Jadi untuk merangkum presentasi saya, sistem terbaru ini adalah sistem yang paling efisien dan inilah yang harus dilakukan oleh organisasi kita)

6. Menerima Pertanyaan

  • If you have any further questions, I will be happy to answer it at the end of this segment (Jika Anda memiliki pertanyaan, saya akan dengan senang hati menjawabnya di akhir segmen ini)
  • Please don’t hesitate to ask me and I will be happy to answer your questions now (Jangan ragu untuk bertanya dan saya akan menjawab pertanyaan Anda sekarang dengan senang hati)

Demikianlah pembahasan mengenai cara memberikan presentasi Bahasa Inggris, berikut contoh kalimat yang dapat digunakan dalam presentasi. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Cara Melakukan Presentasi Sederhana (Simple Presentation)
Cara Memulai Presentasi dalam Bahasa Inggris
Tips Menghafal Lirik Lagu Bahasa Inggris dengan Cepat dan Mudah
Dialog Singkat Meminta dan Memberikan Saran dalam Bahasa Inggris
Cara Memulai Presentasi dengan Bahasa Inggris
Percakapan Marketing Presentasi Produk
Contoh Perkenalan Singkat Saat Presentasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris
Tips Berlaku Sopan dalam Budaya Inggris
Cara Meminta Kejelasan Suatu Peristiwa / Memberikan Klarifikasi dalam Bahasa Inggris
Tips Jitu Menguasai Listening Test Bahasa Inggris