sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Travel Vocabulary in Covid-19 Era

Di masa pandemi, kita lebih baik di rumah saja agar tidak tertular atau menularkan virus. Akan tetapi, jika terpaksa harus bepergian, kita harus mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Apabila kita berencana untuk pergi ke luar negeri atau ke wilayah yang berbahasa Inggris, tentu saja kita harus mengetahui ungkapan atau frasa apa saja yang berkaitan dengan pandemi dalam bahasa Inggris supaya kita bisa mengikuti protokol kesehatan di wilayah tersebut.

Kali ini kita akan mempelajari ungkapan dan frasa dalam bahasa Inggris untuk bepergian di masa COVID. Mari kita langsung saja lihat ungkapan dan frasa English for travelers in COVID era di bawah ini:

  • Entry and exit requirements

Entry and exit requirements adalah persyaratan masuk dan keluar yang harus dipenuhi oleh travelers (pelancong) ketika akan masuk atau meninggalkan tempat tujuan mereka. Contoh: This website provides information on exit and entry requirements for travelers who want to visit Indonesia. (Situs web ini menyediakan informasi tentang persyaratan masuk dan keluar bagi pelancong yang ingin mengunjungi Indonesia).

  • Existing valid visa

Existing valid visa adalah visa yang sudah ada yang masih berlaku. Contoh: Australia citizens are permitted to enter Indonesia with an existing valid visa. (Penduduk Australia diizinkan memasuki Indonesia dengan visa yang masih berlaku).

Di masa pandemi ini sebagian besar negara tidak mengizinkan sementara visa-on-arrival dan visa-free. Visa-on-arrival adalah visa yang bisa dibuat ketika kita tiba di negara tujuan. Sedangkan visa-free adalah kita tidak harus memiliki visa untuk memasuki suatu negara.

  • Health screening procedures

Di era COVID seperti sekarang ini, pelancong biasanya harus melewati health screening procedures (prosedur pemeriksaan kesehatan), yakni serangkaian prosedur untuk mengetahui apakah mereka pada saat itu dalam keadaan sehat atau tidak. Prosedur ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus. Contoh: Health screening procedures are in place at airports. (Prosedur pemeriksaan kesehatan terdapat di bandara).

  • PCR and serology test

PCR test (polymerase chain reaction test) adalah tes untuk mencari tahu apakah seseorang negatif atau positif dari virus corona, sedangkan serology test (tes serologi atau di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan rapid test) adalah tes untuk melihat apakah terdapat antibodi dalam tubuh ketika ada infeksi virus.

Jika ingin bepergian di masa pandemi ini, kita biasanya harus menunjukkan hasil tes PCR negatif atau serologi non-reactive. Untuk itu, kita harus menjalani tes PCR atau serologi terlebih dahulu sebelum melakukan bepergian. Contoh: Travelers must show a negative COVID-19 PCR test at the airport. (Pelancong harus menunjukkan tes PCR negatif COVID-19 di bandara).

  • Test upon arrival

Test upon arrival adalah pemeriksaan kesehatan yang dilakukan saat tiba di tempat tujuan karena sebelumnya belum melakukan tes COVID-19. Tidak semua wilayah atau negara menyediakan layanan ini. Alih-alih menyediakan tes kesehatan di tempat masuknya pelancong, sebagian besar wilayah mewajibkan pelancong menunjukkan surat kesehatan bebas COVID-19. Oleh karena itu, jika hendak bepergian sebaiknya kita melakukan tes pemeriksaan COVID-19 terlebih dahulu.

Contoh penggunaan “test upon arrival” dalam kalimat: Passengers who cannot obtain a COVID test prior to traveling to City X will be tested upon arrival at the airport or other ports of entry. (Penumpang yang tidak bisa melakukan tes COVID sebelum bepergian ke kota X akan diperiksa ketika tiba di bandara atau tempat masuk lainnya).

  • Health certificate

Health certificate atau sertifikat kesehatan atau surat kesehatan adalah surat hasil pemeriksaan kesehatan. Kita harus menunjukkan surat kesehatan kita yang menyatakan bahwa kita bebas dari COVID-19 jika kita ingin bepergian di masa pandemi ini. Contoh: Health certificate with a COVID-19 free result must be presented at the airport. (Surat kesehatan dengan hasil bebas COVID-19 harus ditunjukkan di bandara).

  • Curfew

Beberapa wilayah menerapkan aturan curfew (jam malam) di masa COVID ini yang mana penduduknya dilarang keluar rumah di atas jam yang telah ditentukan. Berikut adalah contoh penggunaan “curfew” dalam kalimat: Berlin imposes curfew as COVID-19 cases climb. (Berlin menerapkan jam malam karena kasus COVID-19 meningkat).

  • Social distancing policies

Social distancing policies adalah kebijakan pembatasan sosial yang berlaku di suatu wilayah. Setiap wilayah atau negara mempunya kebijakan tersendiri tentang social distancing ini. Akan tetapi, pada umumnya social distancing policies adalah kita menjaga jarak fisik setidaknya 6 kaki (2 meter) dari orang lain sembari kita menggunakan masker. Contoh: Passengers must comply with the social distancing policies which include wearing face masks and maintaining physical separation. (Penumpang harus mematuhi kebijakan pembatasan sosial termasuk mengenakan masker dan menjaga jarak fisik).

  • Local transmission

Local transmission adalah penularan lokal yang mana sumber virus adalah berada di dalam lokasi lokal. Dengan kata lain, penyebaran virus terjadi karena penduduk lokal itu sendiri bukan berasal dari luar. Setiap negara memiliki kebijakannya masing-masing tentang peraturan bepergian ke wilayah dengan local transmission ini. Contoh: Indonesia is one of the South East Asia countries which is experiencing local transmissions of COVID-19. (Indonesia adalah salah satu negara Asia Tenggara yang mengalami penularan lokal COVID-19).

  • Travel warnings

Travel warnings (peringatan perjalanan) adalah peringatan yang dikeluarkan oleh pemerintah mengenai wilayah atau negara mana yang boleh dan tidak boleh dikunjungi oleh penduduknya. Misalnya saja, kebijakan pemerintah Inggris di bulan April yang melarang penduduknya untuk bepergian ke Tiongkok, Korea Selatan, dan Italia. Contoh lainnya adalah kebijakan pemerintah Amerika di bulan April yang memberi tahu penduduknya untuk menghindari bepergian ke Tiongkok, Korea Selatan, Italia, dan Iran kecuali dalam keadaan terdesak. Oleh karena itu, sebelum bepergian, lebih baik kita mempelajari travel warning dari pemerintah terlebih dahulu.

Contoh penggunaan “travel warnings” dalam kalimat: The US government has issued a travel warning for Indonesia over the country’s increasing COVID-19 cases. (Pemerintah Amerika Serikat mengeluarkan peringatan perjalanan ke Indonesia karena kasus COVID-19 yang meningkat).

  • Quarantine

Bepergian di masa pandemi harus memikirkan kemungkinan bahwa kita harus melakukan quarantine atau karantina apabila tiba-tiba terjadi lonjakan penyebaran yang sangat tinggi di tempat yang kita datangi. Kita bisa saja terjebak di tempat yang kita kunjungi tersebut yang mana kita juga harus memperpanjang masa tinggal kita dan menyiapkan hal-hal apa saja yang kita butuhkan selama masa karantina di sana.

Contoh penggunaan “quarantine” dalam kalimat: I have learned how to cook during quarantine. (Saya telah belajar cara memasak selama karantina)

  • Lockdown

Lockdown adalah karantina wilayah. Wilayah yang sedang dikarantina berarti tidak ada satu orang pun yang boleh masuk ke atau keluar dari wilayah tersebut. Karantina wilayah adalah salah satu upaya untuk mencegah penularan virus. Contoh kata “lockdown” dalam kalimat: Italy is on lockdown because COVID-19 cases keep increasing. (Italy melakukan karantina wilayah karena kasus COVID-19 terus meningkat).

  • Health protocol

Selama era COVID ini kita pasti sering mendengar istilah protokol kesehatan. Di dalam bahasa Inggris, protokol kesehatan disebut dengan “health protocol”. Setiap negara dan wilayah memiliki aturannya masing-masing tentang health protocol ini. Meskipun demikian, pada umumnya standar health protocol yang dilakukan adalah washing hands frequently (rajin mencuci tangan), wearing face mask (menggunakan masker), covering nose and mouth when coughing and sneezing (menutup hidung dan mulut ketika batuk dan bersin), avoiding close contact with people showing symptoms (menghindari kontak dengan orang yang menunjukkan gejala), avoiding touching your face (tidak menyentuh wajah Anda), practicing social distancing (melakukan pembatasan sosial)

Contoh “health protocol” dalam kalimat: Citizens are required to follow the health protocol when going outside in order to prevent from catching and spreading the virus. (Masyarakat diwajibkan mengikuti protokol kesehatan ketika pergi ke luar agar terhindar dari tertular dan menyebarkan virus).

  • Local health providers

Health provider adalah penyedia layanan kesehatan. Ketika kita sedang bepergian dan menunjukkan gejala COVID-19, seperti demam, batuk, kesulitan bernapas, dan sebagainya, kita harus menghubungi local health providers (layanan kesehatan setempat) untuk mencari tahu langkah apa yang bisa kita lakukan. Contoh: We have tried to reach the local health provider by phone, but no one answered. (Kami telah mencoba untuk menghubungi layanan kesehatan setempat dengan telepon, tetapi tidak seorang pun menjawab).

Kata lain dari health provider adalah healthcare provider, sedangkan untuk local health provider adalah local healthcare provider.

  • Travel history

Travel history atau riwayat perjalanan adalah riwayat berupa nama-nama tempat yang telah kita kunjungi sebelumnya di masa pandemi ini. Kita harus menceritakan travel history kita kepada penyedia pelayanan kesehatan apabila kita mengalami gejala COVID-19. Contoh “travel history” di dalam kalimat: He informed his travel history to the local health provider in very detail. (Dia menginformasikan riwayat perjalanannya kepada penyedia layanan kesehatan setempat dengan sangat detail).

  • Travel restriction

Travel restriction adalah aturan pembatasan perjalanan atau pelarangan perjalanan yang diberlakukan oleh pihak berwenang setempat. Sebelum kita bepergian, kita harus mencari informasi apakah tempat yang akan kita kunjungi memiliki atau berpotensi untuk memiliki aturan travel restriction atau tidak. Contoh “travel restriction” dalam kalimat: The government of Indonesia issued a temporary travel restriction for foreigners. (Pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan pelarangan perjalanan sementara untuk orang asing).

  • Advisory information on COVID-19

Advisory information on COVID-19 adalah informasi tentang COVID-19 yang terjadi di suatu wilayah. Untuk bertanya tentang advisory information ini, kita bisa menghubungi nomor-nomor penting atau hotline yang telah disediakan oleh pemerintah. Contoh: We can call 112 to get advisory information on COVID-19 in Indonesia. (Kita bisa menghubungi 112 untuk mendapatkan informasi terkait COVID-19 di Indonesia).

  • Flight cancellation

Di masa pandemi, sebagian besar maskapai memutuskan untuk berhenti beroperasi untuk sementara. Akibatnya, banyak penerbangan yang dibatalkan. Pembatalan penerbangan ini di dalam bahasa Inggris disebut dengan “flight cancellation”. Berikut adalah contoh penggunaan “flight cancellation” di dalam kalimat: The flight cancellation messed up my schedule. (Pembatalan penerbangan itu mengacaukan jadwal saya).

  • Symptoms

Symptoms adalah gejala-gejala penyakit. Adapun beberapa gejala COVID-19 adalah fever (demam), dry cough (batuk kering), tiredness (kelelahan), headache (sakit kepala), shortness of breath (sesak napas), chest pain (nyeri dada), dan sebagainya. Setiap orang bisa mengalami gejala yang berbeda, bahkan ada yang tidak merasakan gejala sama sekali (asymptomatic). Apabila kita merasakan gejala-gejala tersebut ketika bepergian, segeralah meminta bantuan penyedia kesehatan.

Adapun contoh penggunaan kata “symptoms” dalam kalimat: Some people who tested positive for COVID-19 did not feel any symptom at all. (Beberapa orang yang dites positif COVID-19 tidak merasakan gejala sama sekali).

 

Kosakata Bahasa Inggris yang Berhubungan dengan Mall
English Vocabulary: Personality (Kepribadian)
Kosakata Alat Musik dalam Bahasa Inggris: Nama dan Penjelasannya
Kumpulan Kosakata Bahasa Inggris Mengenai Organ dalam Tubuh Manusia
Vocabulary: Makeup & Kecantikan
Kosakata: What Do I Wear?
Kalimat/Frasa untuk Menjelaskan “Safety, Rules, & Etiquettes” bagi Tour Guide
COVID-19 Related Vocabulary
English Vocabulary: Eating (Berhubungan dengan Makan)
Kosakata Bahasa Inggris Saat Travelling ke Luar Negeri