sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Ucapan Terima Kasih Dalam Bahasa Inggris Formal

Mempelajari banyak bahasa memang memiliki banyak manfaat, selain bisa berguna untuk meningkatkan rasa percaya diri dan memudahkan dalam mencari kesempatan kerja. Ternyata belajar bahasa asing juga terbukti membantu untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan mencegah kita untuk jadi pikun. Ketika belajar bahasa asing, ada beberapa kata yang harus kita pahami dengan baik. Yaitu kata terima kasih, maaf, dan tolong yang merupakan kata-kata yang paling sering diucapkan. Kata-kata terebut merupakan salah satu jenis tata krama yang harus kita ingat kemanapun kita pergi.

Salah satu jenis bahasa yang wajib anda pelajari adalah Bahasa Inggris karena bahasa yang satu ini merupakan bahasa internasional sehingga akan membantu anda untuk berkomunikasi dengan orang lain ketika berada di mana saja, terutama ketika anda berada di luar negeri. Pada bahasan kali ini kami akan membahas mengenai salah satu kata dari tata krama yang tadi kita sebutkan di atas, yaitu kata ‘terima kasih’ atau thank you dalam bahasa Inggris. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa ulasan mengenai ucapan terima kasih dalam Bahasa Inggris formal. Sehingga, ketika anda berbicara dengan orang yang lebih tua, atau dengan kerabat atau dengan teman bisnis anda bisa menggunakan ucapan ini.

Berikut adalah 8 ucapan yang bisa Anda pilih atau gunakan ketika Anda ingin mengucapkan terima kasih dalam Bahasa Inggris secara formal kepada orang yang lebih tua, rekan bisnis, atau kerabat anda.

1. Thanks a lot (Terima kasih banyak)

Ucapan atau kalimat Bahasa Inggris yang ada di atas ini mungkin sudah sangat familiar di telinga Anda. Ketika mengucapkan terima kasih kepada orang yang usianya lebih tua, kepada orang yang baru saja Anda temui atau Anda kenal, kepada rekan bisnis, atau kerabat maka Anda tentu saja harus menggunakan bahasa yang sopan dan formal. Oleh karena itu ketika ingin menyampaikan rasa terima kasih maka Anda harus memilih kata yang formal. Salah saatu kata yang bisa Anda gunakan untuk berterima kasih secara sopan dan formal adalah Thanks a lot atau yang memiliki arti (terima kasih banyak). Supaya lebih mudah mengaplikasikannya ke percakapan sehari-hari maka perhatikanlah contoh ucapan atau kalimatnya di bawah ini.

Contoh kalimat :

  • Thanks a lot for make me safe (Terima kasih banyak telah membuat saya aman)
  • Rani, Thanks a lot for making this cake for me! (Rani, terima kasih banyak telah membuat kue ini untuk saya)
  • Thanks a lot for staying here with me (Terima kasih banyak karena telah tinggal bersamaku disini)

2. Thanks very much (Terima kasih banyak)

Sebenarnya banyak sekali arti dari terima kasih banyak dalam Bahasa Inggris. Memiliki ucapan yang berbeda, namun kebanyakan memiliki arti yang sama. Jika Anda ingin mengucapkan terima kasih secara formal atau secara resmi kepada partner atau rekan kerja di kantor Anda misalnya, atau mungkin kepada orang tua Anda, kepada orang yang baru saja membantu atau menolong Anda maka selain mengatakan thanks a lot, Anda juga bisa mengucapkan terima kasih dengan ucapan thanks very much. Supaya Anda tidak bingung ketika mengucapkan thanks very much, maka kali ini kami akan memberikan beberapa contohnya untuk Anda.

Contoh kalimat :

  • Thanks very much for help me repair this machine (Terima kasih banyak telah membantu saya memperbaiki mesin ini)
  • Thanks very much for bring my book (Terima kasih banyak telah membawakan buku saya)
  • Putri, Thanks very much for help me cooking today (Putri, terima kasih banyak telah membantu saya memasak hari ini)

3. Thank you very much (Terima kasih banyak)

Banyak sekali ucapan dari terima kasih banyak dalam Bahasa Inggris dan bisa Anda pergunakan secara formal untuk menyampaikan rasa terima kasih kepada orang-orang yang mungkin tidak Anda kenal secara akrab. Selain ucapan yang telah kami sebutkan di atas, seperti thanks a lot dan juga thanks very much. Jika Anda ingin mengucapkan terima kasih secara formal maka Anda bisa mengucapkan thank you very much kepada orang lain. Untuk memudahkan Anda menggunakan ucapan thank you very much atau terima kasih banyak maka kami akan memberikan beberapa contoh untuk Anda.

Contoh kalimat :

  • Thank you very much for bring my phone (Terima kasih banyak telah membawa ponsel saya)
  • Thank you very much for repair my shoes (Terima kasih banyak telah memperbaiki sepatu saya)
  • How could you know about my wedding anniversary day? Thank you very much! (Bagaimana Anda bisa mengetahui hari peringatan pernikahan saya? Terima kasih banyak!)

4. Much Obliged (Terima kasih banyak)

Ketika ingin mengucapkan kata terima kasih, mungkin yang banyak Anda tahu adalah kata thank you, thank you very much seperti yang telah kami sebutkan di atas tadi. Padahal masih banyak ucapan yang bisa Anda katakan untuk mengungkapkan rasa syukur atau rasa terima kasih kepada orang lain. Selain mengucapkan 3 kalimat yang telah kami sebutkan tadi, Anda juga bisa menggunakan ucapan much obliged (Terima kasih banyak). Biasanya, ucapan yang satu ini digunakan pada situasi formal. Dimana misalnya Anda ingin mengucapkan terima kasih kepada orang yang telah membantu Anda. Kurang lebih penggunannya, hampir sama seperti thank you so much atau thank you very much. Untuk lebih mudah memahaminya, berikut adalah contoh ucapan terima kasih menggunakan much obliged.

Contoh kalimat :

  • I’m much obliged for your help (Saya berterima kasih banyak untuk bantuan Anda)
  • He was much obliged when you decided to come back and help to bandage the wound (Dia sangat berterima kasih ketika kamu memutuskan untuk kembali dan membantu untuk membalut lukanya)
  • Ankgit told that he was much obliged for Putri teamwork all this time (Ankgit mengatakan bahwa ia sangat berterima kasih kepada kerja tim Putri selama ini)

5. Many Thanks (Terima kasih banyak)

Ucapan terima kasih dalam Bahasa Inggris formal yang bisa Anda gunakan untuk berterima kasih selanjutnya adalah many thanks (terima kasih banyak). Many thanks sendiri juga memiliki arti yang sama seperti beberapa ucapan yang telah kami sebutkan di atas tadi. Anda bisa menggunakan ungkapan many thanks untuk mengucapkan terima kasih banyak secara langsung, dalam surat maupun email. Many thanks ini digunakan untuk mengungkapkan rasa terima kasih secara formal kepada orang lain. Untuk lebih memahami penggunaan many thanks maka perhatikan beberapa contoh di bawah ini.

Contoh kalimat :

  • Many thanks for the book you give me (Terima kasih banyak atas buku yang Anda berikan kepada saya)
  • Many thanks for your help, I don’t know how to repair it without you (Terima kasih banyak atas bantuan Anda, aku tidak tahu bagaimana cara memperbaikinya jika tanpa Anda)
  • Many thanks for the opportunity to meet with Lisa Blackpink (Terima kasih banyak atas kesempatan untuk bertemu dengan Lisa Blackpink)

6. That’s a very kind of you (Anda baik sekali/ Terima kasih)

Dalam situasi yang formal atau resmi dan Anda ingin mengucapkan kata terima kasih maka banyak jenis ungkapan yang bisa Anda pilih selain thank you. Selain 5 jenis ucapan yang tadi kami sebutkan di atas, ada jenis ucapan lain yang bisa Anda katakan ketika ingin berterima kasih kepada orang lain secara formal yaitu that’s a very kind of you atau yang memiliki arti terima kasih atau Anda baik sekali. Untuk memudahkan Anda mengucapkan ucapan ini, maka ada beberapa contoh kalimat. Anda bisa mengucapkan ini ketika Anda mendapatkan bantuan dari orang lain yang mungkin baru saja Anda kenal, atau mungkin mengucapkannya kepada orang di tempat kerja Anda.

Contoh kalimat :

  • That’s a very kind of you for saying I’m looking good when wear this dress, you made my day! (Anda sangat baik karena mengatakan saya terlihat cantik ketika menggunakan gaun ini, Anda membuat hari saya baik!)
  • Hi, Ran. That’s a very kind of you for helping me! (Hai, Ran. Kamu sangat baik karena telah membantuku!)
  • I appreciate your hard working, very kind of you. (Saya menghargai kerja keras Anda, Anda baik sekali)

7. Thanks in advance (Terima kasih sebelumnya)

Ucapan terima kasih tidak hanya diucapkan ketika kita telah menerima bantuan atau ketika kita menerima barang saja ya. Namun Anda juga bisa mengucapkan terima kasih, sebelum Anda meminta tolong kepada orang lain. Jika dalam Bahasa Indonesia, ucapan terima kasih ini memiliki arti terima kasih sebelumnya. Jadi, ketika Anda ingin meminta tolong kepada seseorang secara formal, supaya lebih sopan maka Anda bisa mengucapkan thanks in advance. Untuk lebih memahami penggunaan thanks in advance (terima kasih sebelumnya) maka perhatikanlah beberapa contoh kalimat di bawah ini.

Contoh kalimat :

  • Hana, can you help me to design magazine cover? Thank you in advance! (Hana, dapatkah Anda membantu saya untuk mendesain sampul majalah? Terima kasih sebelumnya!)
  • Hey, can you help me bring those cable inside? Thank you in advance! (Hei, bisakah Anda membantu saya untuk membawa kabel itu ke dalam? Terima kasih sebelumya!)
  • I hear that you give my brother a gift, thanks in advance (Aku mendengar bahwa kamu memberi kakak saya kado, terima kasih sebelumya)

8. I appreciate (Saya berterimakasih)

Jika Anda ingin mengucapkan terima kasih secara formal dalam pidato misalnya, maka Anda harus menggunakan kata yang sopan. Daripada menggunakan kata thank you maka Anda bisa menggunakan kata I appreciate yang memiliki arti saya berterima kasih atau saya menghargai Anda atas (…..). Ucapan terima kasih yang satu ini bisa Anda gunakan secara formal dalam rapat atau pidato atau ucapan terima kasih biasa secara formal dan sopan kepada orang lain. Ucapan terima kasih atau I appreciate ini juga bisa Anda gunakan untuk memuji orang atau berterima kasih kepada orang yang telah melakukan sesuatu untuk Anda. Untuk memudahkan Anda memahami penggunaan ucapan I appreciate ini maka perhatikan beberapa contoh kalimat di bawah ini.

Contoh kalimat :

  • I appreciate for your help. Thanks! (Saya berterimakasih atas bantuan Anda, terima kasih ya!)
  • I appreciate for your teamwork, good job! (Saya berterimakasih atas kerja tim Anda, kerja bagus!)
  • I appreciate your efforts (Saya berterima kasih atas kerja keras Anda)

Itu tadi beberapa jenis ucapan terima kasih dalam Bahasa Inggris formal. Anda bisa menggunakan kata-kata ucapan selain thank you secara formal seperti yang telah kami sebutkan di atas tadi pada situasi formal atau resmi seperti misalnya ketika Anda sedang rapat, pidato, atau mungkin mengungkapkan terima kasih kepada orang yang lebih tua, orang yang baru saja Anda temui. Semoga artikel yang kami berikan mengenai ucapan terima kasih dalam Bahasa Inggris formal dan contohnya ini bisa Anda manfaatkan dengan baik.

 

Berbagai Cara Mengucapkan Terima Kasih dalam Bahasa Inggris
Contoh Surat Ucapan Terima Kasih Kepada Sponsor
Contoh Ucapan Tahun Baru dalam Bahasa Inggris
Contoh Surat Ucapan Terima Kasih dari Hotel Kepada Pelanggan Setia
Perbedaan Percakapan Perkenalan Formal dan Perkenalan Tidak Formal dalam Bahasa Inggris
Ucapan Belasungkawa (RIP Message / Condolence Message)
25 Ucapan Lebaran dalam Bahasa Inggris dan Terjemahannya
Contoh Surat Ucapan Terima Kasih atas Kerjasama dalam Bahasa Inggris
Cara Meminta Lawan Bicara Mengulang Ucapannya
Percakapan Mengucapkan Selamat dalam Bahasa Inggris