sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Ucapan Turut Berduka Cita dalam Bahasa Inggris & Terjemahannya

Jika kerabat dari kawan Anda yang berasal dari luar negeri baru saja meninggal dunia, tentunya Anda akan ingin untuk menunjukan bahwa Anda turut berduka cita atas kehilangannya.

Akan tetapi, Anda harus menggunakan bahasa Inggris dan tidak tahu bagaimana cara mengucapkannya. Jangan khawatir, karena topik kali ini akan membahas cara mengucapkan turut berduka cita dalam bahasa Inggris beserta terjemahannya.

Pada dasarnya, duka cita dalam bahasa Inggris adalah Condolences”. Kata tersebut memiliki sinonim yang sama artinya dengan rasa kasihan, belasungkawa, dan simpati.

Secara sederhana, ada dua cara untuk mengucapkan turut berduka cita. Secara formal, Anda dapat mengucapkan “My condolences for your loss” (Turut berduka cita atas kehilangan(kerabat)mu). Sedangkan secara informal,

Anda bisa mengucapkan “I’m sorry for your loss” dengan arti yang sama dengan versi formalnya.

Akan tetapi, jika Anda berniat untuk memberikan bunga atau ucapan belasungkawa, agaknya membutuhkan kalimat yang lebih daripada kalimat sederhana seperti itu.

Ucapan belasungkawa kali ini akan dibagi menjadi dua jenis, ucapan yang tidak formal dan yang lebih formal.

1. Ucapan Turut Berduka Cita Secara Tidak Formal

You and your family are in my heart and mind. My condolences on the passing of your father.” (Kau dan keluargamu ada dalam hati dan pikiranku. Turut berduka cita atas meninggalnya Ayahmu.)

It’s terrible to hear about your loss and I express my sincere sympathy to you and your family.” (Sedih sekali mendengar tentang kehilanganmu dan aku mengucapkan belasungkawa setulusnya kepadamu dan keluargamu.)

I am deeply saddened by the loss that you and your family have encountered. My condolences. (Aku sangat sedih oleh kehilangan yang dilaluimu dan keluargamu. Turut berduka cita.)

My deepest sympathies go out to you and your family. May God give you the peace that you seek. (Belasungkawa yang terdalam untukmu dan keluargamu. Semoga Tuhan memberikanmu ketenangan yang kau cari.)

May my condolences bring you comfort and may my prayers ease the pain of this loss.(Semoga belasungkawaku memberikanmu kenyamanan dan semoga doaku mengurangi sakitnya kehilangan ini.)

I offer you my thoughts, prayers and well-wishes during this dark time in your life. (Aku berikan perhatian, doa, dan harapan yang baik pada saat-saat kelam di dalam hidupmu ini.)

I am deeply saddened by the news of your loss. I pray that God will grant you the strength. My most sincere condolences. (Aku sangat sedih atas berita mengenai kehilanganmu. Aku berdoa semoga Tuhan memberikanmu kekuatan. Turut berduka cita.)

I can’t imagine what you must be feeling right now, but I want you to know that we are just a phone call away. My heartfelt condolences.” (Aku tidak dapat membayangkan apa yang kau rasakan sekarang, namun aku ingin kau tahu bahwa kau selalu bisa menghubungiku. Turut berduka cita sedalam-dalamnya.)

2. Ucapan Turut Berduka Cita Secara Formal

“Hold tight to memories for comfort, lean on your friends for strength, and always remember how much you are cared about.(Bertumpu lah pada kenangan untuk ketenangan, bertumpu pada kawan untuk kekuatan, dan selalu ingat betapa disayanginya Anda.)

Although no words can really help to ease the loss you bear, just know that you are very close in every thoughts and prayers.(Walaupun tidak ada kata-kata yang dapat mengurangi kehilangan yang Anda alami, ketahuilah bahwa Anda selalu berada dalam pikiran dan doa.)

May the peace that comes from the memories of love shared comfort you now and in the days ahead.(Semoga ketenangan yang dating dari kenangan bahagia yang dibagikan membuatmu nyaman sekarang dan di masa depan.)

Please accept our most heartfelt sympathies for your loss. Our thoughts are with you and your family during this difficult time. (Mohon terima belasungkawa kami yang sedalam-dalamnya atas kehilangan Anda. Anda dan keluarga Anda berada dalam pikiran kami pada masa yang sulit ini.)

We share your grief in this time of bereavement with deepest sympathy and condolence. (Kami turut berkabung dalam saat kehilangan ini dengan simpati dan belasungkawa yang sedalam-dalamnya.)

In sorrow, we mourn those lost. In gratitude, we embrace those around us. In sympathy, we reach out to those who grieve.(Dalam kepedihan, kami berduka cita kepada yang telah meninggal. Dalam rasa syukur, kami merangkul yang berada di sekitar. Dalam simpati, kami meraih mereka yang berkabung.)

Itulah dia beberapa contoh ucapan turut berduka cita yang dapat digunakan. Ucapan belasungkawa dalam bahasa Inggris tersebut dapat digunakan dalam situasi informal dan formal. Semoga dapat membantu Anda.

 

Ucapan Selamat Kelahiran Bayi dalam Bahasa Inggris
Percakapan Bisnis: Mengingatkan Rapat dan Mengulang Kesepakatan Di Meeting Sebelumnya dalam Bahasa Inggris
Contoh Pengumuman di Koran dalam Bahasa Inggris
Kata, Kalimat, atau Ungkapan Bahasa Inggris untuk Mengekspresikan Selamat Tinggal
Alternatif Mengucapkan “I Don’t Know” dalam Bahasa Inggris
20 Kalimat Sindiran dalam Bahasa Inggris
Ucapan Kelulusan dalam Bahasa Inggris & Terjemahannya
Apa Itu “Recount Text” dalam Bahasa Inggris?
Cara Mengungkapkan Perasaan dalam Bahasa Inggris (Expressing Feeling)
Ucapan Lebaran Dalam Bahasa Inggris (EID Mubarak Greetings)


 
Idioms about Numbers (Idiom dengan Angka)
Frase untuk Menyatakan Agreement & Disagreement
Frase untuk Mengakui & Menyangkal Fakta (Admitting & Denying a Fact)
Ungkapan Bahasa Inggris untuk Mengatakan Suka dan Tidak Suka (Expressing Like and Dislike)
Cara Lain Menyebut Stupid, Smart dan Crazy dalam Bahasa Inggris
Ucapan Turut Berduka Cita dalam Bahasa Inggris & Terjemahannya
Ucapan Selamat Tidur dalam Bahasa Inggris & Terjemahannya
Ucapan Selamat Pagi dalam Bahasa Inggris & Terjemahannya
Ucapan Selamat Juara dalam Bahasa Inggris & Terjemahannya
Ucapan Hari Guru dalam Bahasa Inggris & Terjemahannya