sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Ungkapan Berduka Cita Dalam Bahasa Inggris

Mengungkapkan belasungkawa atau turut berduka cita (condolences) atas kehilangan yang dialami orang lain memang harus hati-hati. Kita perlu tahu apa yang bisa diucapkan dan apa yang sebaiknya dihindari untuk diucapkan. Salah-salah nanti malah akan membuat orang tersebut menjadi semakin sedih.

Pembahasan kali ini akan mengulas apa saja yang dapat diucapkan sebagai ungkapan duka cita dalam Bahasa Inggris. Simak pembahasannya sampai selesai, ya!

Menyampaikan Belasungkawa

Hal pertama yang bisa kita ucapkan adalah menyampaikan belasungkawa kita terhadap orang yang sedang terkena musibah atau kehilangan orang tercinta. Sampaikan bahwa kita turut berduka cita terhadap apa yang dialami orang tersebut.

Berikut beberapa contoh ungkapan belasungkawa dalam Bahasa Inggris:

  • My heart aches to hear this news. I’m praying for everyone. (Hatiku sedih mendengar berita ini. Aku berdoa untuk semuanya)
  • Thinking of you and wishing you moments of peace and comfort as you remember a friend who was so close to you. (Aku memikirkanmu dan berharap kamu mendapat ketenangan selama kamu mengenang sahabat terdekatmu itu)
  • Remembering your wonderful mother and wishing you comfort. (Aku mengenang ibumu yang luar biasa dan semoga kamu diberi ketenangan)
  • Sharing in your sadness as you remember him. (Saya harap dapat berbagi kesedihanmu ketika kamu mengingatnya)
  • My thoughts and prayers are with you in your time of grief. (Dalam masa berkabung ini, aku selalu memikirkan dan mendoakanmu)
  • I was saddened to hear that your grandfather passed away. My thoughts are with you and your family. (Aku sangat sedih mendengar kakekmu meninggal dunia. Aku turut berduka cita untukmu dan keluargamu)
  • We are missing her along with you. With heartfelt sympathy. (Kamu merindukannya bersama denganmu. Dengan sepenuh jiwa)
  • Sending healing prayers and comforting hugs. I am so sorry for your loss. (Saya mengirimkan banyak doa dan pelukan hangat. Saya berduka cita atas kehilangan Anda)
  • I’m so sorry. My heart goes out to you. (Aku turut berduka cita untukmu)

Menyampaikan Apresiasi

Selain ungkapan belasungkawa, kita juga bisa menyampaikan apresiasi mengenai orang yang sudah pergi. Ungkapkan bagaimana hebatnya orang tersebut dan peran besarnya dalam kehidupan kita. Terutama jika kita mengenal dan bertemu langsung orang yang telah pergi tersebut.

Misalnya seperti yang dapat dilihat pada contoh berikut:

  • Your daughter touched so many lives for the good. I’m grateful I had the chance to know her as both a colleague and a cherished friend. (Anak Anda telah menyentuh banyak orang. Saya bersyukur mendapat kesempatan untuk mengenalnya sebagai rekan kerja dan teman baiknya)
  • Your dad was such an incredible person. No one can ever replace him. (Ayahmu adalah orang yang luar biasa. Tidak ada yang bisa menggantikannya)
  • Your father blessed so many people with his faith and kindness. Praying that you’ll find comfort in your memories of him and in the knowledge that others are missing him, too. (Ayahmu menyenangkan banyak orang dengan kepercayaan dan kebaikannya. Semoga kamu mendapat ketenangan dalam mengenangnya, dan tahu bahwa banyak orang yang merindukannya juga)
  • Your mother was an amazing lady, and I feel privileged to have known her. I know you will miss her deeply. I’ll be keeping you in my thoughts and prayers. (Ibumu adalah wanita yang sangat luar biasa, dan aku merasa terhormat bisa mengenalnya. Aku tahu kamu akan sangat merindukannya. Aku akan selalu mendoakanmu)
  • I have such precious childhood memories of your mom. I know you’ll miss her so much. (Aku memiliki kenangan masa kecil yang berharga tentang ibumu. Aku tahu kamu akan sangat merindukannya)
  • I never met your parents, but I can tell how wonderful they must have been just by knowing you. We reflect the best parts of our parents thanks to the loving way they raised us. Take comfort in your memories as you grieve. (Aku tidak pernah bertemu orangtuamu, tapi aku bisa tahu betapa luar biasanya mereka dengan melihatmu. Kita menunjukkan bagian-bagian terbaik orangtua kita berkat cinta yang mereka berikan saat membesarkan kita. Semoga kamu mendapat ketenangan dalam mengenang mereka)

Menawarkan Bantuan

Hal terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah menawarkan bantuan. Orang yang sedang mengalami musibah atau kehilangan orang tercinta tentu sulit untuk melakukan hal-hal seperti biasa. Saat itulah kita perlu mengulurkan tangan menawarkan bantuan apa yang bisa kita lakukan untuknya.

Seperti yang dapat dilihat pada contoh-contoh berikut:

  • I love you and I’m here for you. (Aku cinta kamu dan aku disini untukmu)
  • I know I can’t make your pain go away, but I want you to know I’m here with a shoulder and an ear or anything else you need. (Aku tahu aku tidak bisa membuat sedihmu hilang, tapi aku ingin kamu tahu kalau aku disini dengan bahu dan telinga atau hal lain yang kamu butuhkan)
  • Please know I am here to listen and comfort you during this difficult time. You can lean on me. (Ketahuilah kalau aku disini untuk mendengarkan dan menenangkan. Kamu bisa bersandar padaku)
  • Thinking of your family with love and wanting to help out in any way I can. I’ll call to see when would be a good night to bring over a meal. (Aku memikirkan keluargamu dan ingin menolong sebisa mungkin. Aku akan menelpon untuk mengetahui kapan waktu yang tepat mengirimkan makanan)
  • We are so sorry to have learned about your loss. We are here for you however needed. (Kami turut berduka cita atas kehilanganmu. Kami disini untukmu apapun yang kamu butuhkan)
  • You’ve got so much on your mind and on your heart right now. We hope it will make one less worry to know that we will be taking care of the yard for as long as you need. (Kamu pasti sedang banyak pikiran dan sedih sekarang. Kami harap bisa mengurangi sedikit beban pikiranmu dengan membantu mengurus halaman rumahmu sepanjang yang kamu butuhkan)

Demikianlah pembahasan mengenai ungkapan duka cita (condolences) dalam Bahasa Inggris beserta contohnya. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Cara Menyatakan Belasungkawa dalam Bahasa Inggris
Cara untuk Membalas Ungkapan Ekspektasi
Ungkapan untuk Menunjukkan Arah
Ungkapan Rasa Ketika Terkejut Dalam Bahasa Inggris
Ungkapan Rasa Lelah
Ungkapan Suka & Tidak Suka (Showing Like and Dislike)
Berbagai Ungkapan Terima Kasih dalam Bahasa Inggris
Cara Mengungkapkan Keterkejutan dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Ungkapan “well done”, “good job”, “great job”, “congrats”
Idiom atau Ungkapan Bahasa Inggris tentang Kehidupan