sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Ungkapan Rasa Lelah

Sebagai manusia, kita semua pasti pernah merasa lelah atau capek. Ada beberapa ekspresi atau ungkapan dalam bahasa Inggris untuk menunjukkan bahwa kita sedang lelah. Kali ini kita akan mempelajari ungkapan rasa lelah tersebut. Mari langsung saja kita lihat ungkapannya di bawah ini:

  • I am tired

“I am tired” atau “I feel tired” adalah frasa untuk menunjukkan rasa lelah yang paling umum dan paling sering digunakan.

Contoh: I am tired after cleaning up the garage. (Aku lelah setelah membersihkan garasi)

Kita juga bisa menambahkan adverb untuk menambah detail.

Contoh: He is mentally tired. (Dia lelah secara mental)

  • I am exhausted

Ketika kita merasa sangat lelah, kita bisa menggunakan frasa “i am exhausted” atau “i feel exhausted” untuk mengungkapkannya. “Exhausted” artinya adalah sangat lelah.

Contoh: Yuni felt tired after hours of working out. (Yuni merasa sangat lelah setelah berjam-jam olahraga)

  • I am beat

Ungkapan untuk menyampaikan rasa lelah selanjutnya adalah “I am beat”. Ungkapan “I am beat” termasuk ke dalam ungkapan kasual atau tidak formal sehingga penggunaannya lebih baik dalam situasi kasual atau tidak formal saja.

Contoh: My sister is beat after working all weekend. (Saudari saya lelah setelah bekerja sepanjang akhir pekan)

  • I am drained

Frasa “I am drained” atau “I feel drained” adalah ungkapan lainnya yang bisa dipakai untuk mengekspresikan bahwa kita merasa lelah. Kata “drained” dalam ungkapan ini artinya adalah “terkuras”. Ungkapan “I am drained” menjelaskan bahwa kita merasa lelah seolah-olah semua energi di dalam tubuh kita terkuras habis.

Contoh: I feel drained. I don’t think I can go out with you tonight. I am sorry. (Aku merasa lelah. Sepertinya aku tidak bisa pergi keluar bersamamu malam ini. Maaf)

  • I am pooped

“I am pooped” atau “I feel pooped” adalah ungkapan yang sangat kasual untuk menyampaikan bahwa kita lelah. Karena ungkapan ini kasual, kita hanya boleh menggunakannya dalam situasi kasual atau tidak formal saja.

Contoh: Today we feel pooped. (Hari ini kami merasa lelah)

  • I am wiped out

“I am wiped out” memiliki arti yang sama dengan “I am drained”, yakni kita merasa lelah seakan-akan semua energi di dalam tubuh kita terkuras habis atau tersapu bersih. Frasa “Wiped out” dalam ungkapan ini artinya adalah “tersapu bersih”. Ungkapan ini bisa digunakan dalam berbagai situasi.

Contoh: Andrea was so wiped out after playing tennis with his friends. (Andrea sangat lelah setelah bermain tenis bersama teman-temannya)

  • I am worn out

Frasa “worn out” digunakan untuk mendeskripsikan sesuatu terutama pakaian yang kondisinya sudah tidak bagus lagi karena terlalu sering dipakai. Untuk itulah, ungkapan “I am worn out” atau “I feel worn out” bisa digunakan untuk mengungkapkan rasa lelah yang kita rasakan setelah melakukan sesuatu yang berat atau setelah menggunakan banyak energi dalam waktu yang lama.

Contoh: I have been so busy this week at work. I am worn out. (Aku sangat sibuk minggu ini di tempat kerja. Aku sangat lelah)

  • I am fried

“I am fried” adalah frasa slang atau frasa gaul dari “I am tired”. Karena “I am fried” adalah frasa slang, kita hanya boleh menggunakannya dalam situasi kasual saja.

Contoh: He is so fried right now that he cannot think and do anything well. (Dia sangat lelah sekarang sehingga dia tidak bisa berpirkir jernih atau melakukan apapun dengan baik)

  • I am spent

Kata spent” dalam ungkapan ini artinya adalah “menghabiskan” atau “habis”. Untuk itu, ungkapan “I am spent” bisa diibaratkan kita sudah menghabiskan semua energi kita. Oleh karena itu, kita merasa lelah.

Contoh: We are spent because of studying for hours nonstop. (Kami lelah karena belajar berjam-jam tanpa berhenti)

  • I am weary

“Weary” artinya adalah “lelah”. “I am weary” atau “I feel weary” adalah ungkapan formal untuk menyatakan bahwa kita lelah. Ungkapan ini lebih sering digunakan dalam konteks formal tertulis, seperti dalam buku.

Contoh: Mr. Williams is weary. He doesn’t let anybody talk to him right now. (Pak Williams lelah. Dia tidak mengizinkan siapapun berbicara dengannya sekarang)

  • I am sleepy

“I am sleepy” artinya adalah “aku mengantuk”. Kita bisa menggunakan ungkapan ini atau ungkapan “I feel sleepy” ketika kita merasa lelah dan kita butuh tidur untuk menghilangkan rasa lelah tersebut.

Contoh: I stayed up all night finishing my work, and now I am sleepy. (Aku bergadang menyelesaikan pekerjaanku, dan sekarang aku mengantuk)

  • I am burnt out

Ekspresi ini hanya boleh digunakan untuk menjelaskan rasa lelah akibat melakukan sesuatu dalam jangka waktu lama. Semua energi kita sudah habis karena melakukan sesuatu tersebut. “I am burnt out” juga bisa menyiratkan bahwa kita telah kehilangan gairah atau keinginan untuk melakukan sesuatu.

Contoh: Joshua feel burnt out because he has worked overtime every day for the past month. (Joshua merasa lelah sekali karena dia telah bekerja lembur setiap hari selama sebulan terakhir).

  • I am whacked

Ungkapan “I am whacked” termasuk ke dalam ungkapan tidak formal untuk mengekspresikan rasa lelah. Untuk itu, kita hanya menggunakannya dalam situasi tidak formal saja.

Contoh: Rosie is too whacked to go to the party. (Rosie terlalu lelah untuk pergi ke pesta)

 

Kalimat Ungkapan Marah dalam Bahasa Inggris
Ungkapan untuk Menunjukkan Arah
Perbedaan Ungkapan “see you later”, “see you soon”, “see you next time”, “see you then”,  “see you another time”
Frasa/Kata/Kalimat untuk Mengungkapkan Pendapat/Opini
Cara Mengungkapkan Perasaan dalam Bahasa Inggris (Expressing Feeling)
Kata/Ungkapan Kesantunan Dalam Bahasa Inggris
Ungkapan untuk Menunjukkan Perhatian Terhadap Seseorang
Ungkapan & Percakapan untuk Menyatakan Persetujuan (Expressing Agreement)
Ungkapan tentang Permintaan (Making, Fulfilling dan Rejecting a Request)
Expressing Anger