sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Ungkapan Take for Granted, Arti dan Penggunaannya

Saat menonton film atau membaca buku berbahasa Inggris, kita kerap menemukan ungkapan Take for Granted. Biasanya kita mengartikan Bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya secara kata per-kata. Tapi jika istilah Take for Granted ini diartikan secara kata per-kata, tentu artinya menjadi terasa aneh, bukan?

Jadi, sebenarnya apa arti dari ungkapan Take for Granted itu sendiri? Dan bagaimana penggunaan ungkapan tersebut dalam kalimat atau percakapan sehari-hari?

Yuk, langsung saja kita bahas mengenai ungkapan Take for Granted ini!

Arti Take for Granted

Take for Granted merupakan sebuah frasa dalam Bahasa Inggris, yang memiliki suatu arti secara keseluruhan. Frasa tidak seperti kalimat lainnya yang memiliki subjek dan objek, melainkan sekumpulan kata yang memiliki arti sendiri. Inilah yang membuat istilah Take for Granted tidak dapat diartikan dengan kata per-kata.

Arti Take for Granted adalah istilah yang ditujukan untuk sesuatu atau seseorang yang tidak dihargai keberadaannya dan apapun yang dilakukannya. Hal-hal ini adalah yang sudah begitu biasa terjadi, atau dianggap sudah seharusnya dan sewajarnya terjadi. Biasanya orang berpikir bahwa hal-hal tersebut akan selalu ada sehingga ia tidak merasa bersyukur atau berterima kasih.

Penggunaan Take for Granted

Jika dilihat dari arti ungkapan Take for Granted yang diulas pada bagian sebelumnya, mungkin masih ada yang bingung mengenai makna maupun penggunaan ungkapan ini. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa penggunaan Take for Granted:

Take Someone for Granted

Ungkapan Take for Granted bisa dibilang paling sering digunakan untuk menunjukkan bagaimana seseorang kurang menghargai keberadaan orang lain. Ungkapan ini juga digunakan untuk menunjukkan bahwa orang tersebut merasa bahwa keberadaan orang lain sudah seharusnya terjadi dan wajar demikian adanya. Hal ini menyebabkan ia tidak dapat menghargai dan mensyukuri keberadaan orang lain dan apa yang telah dilakukan untuknya.

Misalnya pada contoh berikut:

  • He takes for granted all of the things that his parents did for him. He thinks that his parents will always be there for him forever. (Dia tidak menghargai semua yang dilakukan orang tuanya untuknya. Ia berpikir bahwa orangtuanya akan selalu ada untuknya selamanya.)
  • She thinks that her husband takes her for granted, the fact that she always cook for him and clean the house everyday. He didn’t think much of it and never say thank you or other good words for her. (Dia berpikir bahwa suaminya tidak menghargainya atas kenyataan bahwa dia selalu memasak untuknya dan membersihkan rumah setiap hari. Suaminya tidak merasa itu adalah sesuatu yang berarti dan tidak pernah berkata terima kasih atau mengucapkan pujian lainnya.)
  • Just because I always help her everytime and do everything for her, it doesn’t mean she can take me for granted. I hope she know that I give my valuable times and effort for her. (Hanya karena saya selalu membantunya setiap saat dan melakukan apapun untuknya, bukan berarti dia bisa tidak menghargai saya. Saya berharap dia tahu bahwa saya memberikan waktu saya yang berharga dan usaha keras untuknya.)

Take Something for Granted

Selain keberadaan seseorang, Take for Granted juga dapat digunakan pada konteks kurang menghargai sesuatu (thing). Biasanya ini terjadi untuk hal-hal yang dianggap sudah sangat wajar terjadi, atau dirasakan hampir setiap hari. Ungkapan ini juga bisa digunakan untuk hal-hal yang tampak kecil namun sebenarnya memberikan manfaat besar bagi hidup kita.

Misalnya pada contoh berikut:

  • When we wake up in the morning, we still can see our family and eat together with them. It’s a simple thing, but we often take it for granted and think we can do it forever. (Saat kita bangun di pagi hari, kita masih dapat melihat keluarga kita dan makan bersama dengan mereka. Itu adalah hal yang simpel, tapi kita sering tidak menghargainya dan berpikir akan terus dapat menjalani seperti itu selamanya.)
  • She takes his feelings for granted and never treat him well. She didn’t know that he need much courage and effort to show his feelings to her. (Dia tidak menghargai perasaan laki-laki itu dan tidak memperlakukannya dengan baik. Dia tidak tahu bahwa laki-laki itu membutuhkan keberanian dan usaha yang besar untuk menunjukkan perasaan padanya.)

Take for Granted as Advice

Karena Take for Granted secara garis besar berarti tidak menghargai dan mensyukuri keberadaan seseorang atau sesuatu, ungkapan ini sering digunakan sebagai nasihat. Ungkapan Take for Granted kerap disampaikan agar kita lebih dapat menghargai hal-hal yang ada di sekitar kita. Dan ungkapan ini juga biasa digunakan untuk mengingatkan kita agar lebih mensyukuri hal-hal tersebut dan tidak menyesal nantinya.

Misalnya pada kalimat berikut:

  • Don’t take someone’s presence, feelings, and sacrifice for granted. You will regret so much when they gone someday and it will be too late. (Jangan abaikan keberadaan, perasaan, dan pengorbanan orang lain. Kamu akan sangat menyesal ketika mereka sudah pergi dan saat itu akan menjadi begitu terlambat untuk memperbaiki semuanya.)
  • Never take every little things for granted, such as how you are still breathing today and live a healthy life. All of those things are blessings that you must thank for. (Hargailah semua hal-hal kecil dalam hidup ini, seperti bagaimana kamu masih bisa bernafas dan hidup dengan sehat. Semua itu adalah anugerah yang harus kamu syukuri.)

Dengan memahami arti Take for Granted dan bagaimana penggunaannya, pastikan bahwa kita menggunakan ungkapan ini secara tepat. Kita dapat menggunakan ungkapan Take for Granted ini baik dalam percakapan sehari-hari maupun tulisan berbahasa Inggris. Dan yang penting juga adalah jangan sampai kita take someone or something for granted, ya!

 

Perbedaan Penggunaan Me, Myself dan I
Berbagai Ungkapan Terima Kasih dalam Bahasa Inggris
Cara Menjelaskan Tujuan dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Penggunaan Sick, Ill, Hurt, Pain, dan Ache
Cara Menyatakan Belasungkawa dalam Bahasa Inggris
Arti Homophone & Contoh Homophone
Arti dan Penggunaan Kalimat Suggestion
Ungkapan tentang Permintaan (Making, Fulfilling dan Rejecting a Request)
Perbedaan Penggunaan Conjunctions dalam Bahasa Inggris
Idiom atau Ungkapan tentang Uang dalam Bahasa Inggris