sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Verb -ing: Apa itu Gerund?

Kata Kerja Verb -ing Sebagai Kata Benda

Seperti yang telah dijanjikan pada artikel sebelumnya, gerund adalah materi verb yang akan kita pelajari dalam artikel ini.

Salah satu kelompok verb ini memiliki penjelasannya tersendiri, yang membuatnya berbeda dengan kelompok verb maupun pelajaran bahasa Inggris sebelumnya.

Penjelasan dari gerund dalam poin di bawah ini akan memandu kita untuk memahami contoh-contoh penerapan gerund dalam kalimat, percakapan, maupun contoh soal dan pembahasannya dalam tes TOEFL atau tes-tes bahasa Inggris serupa, yang ada pada poin-poin berikutnya.

Penjelasan Mengenai Gerund

Berbeda dengan verb -ing sebagai present participle, gerund merupakan verb -ing yang berfungsi sebagai noun (atau dalam kata lain, verb yang di-noun-kan), peran sebuah gerund dapat memiliki keterkaitan dengan verb sebelumnya.

Dalam beberapa kasus, gerund juga dapat ada setelah preposition. Selain itu, gerund juga dapat dianggap sebagai subject, karena letaknya berada di awal kalimat.

Bagaimanapun urutannya, gerund selalu merupakan active verb –ing, seperti “surfing”, “backpacking”, “hitting”, dan sebagainya.

Beberapa contoh gerund yang berkaitan dengan verb sebelumnya adalah “finished playing”, “deny acknowledging”, dan lain-lain.

Sementara itu, contoh gerund yang berada setelah preposition misalnya “without kicking”, “at dealing”, “through looking”, dan lain-lain.

Contoh Penerapan Gerund Dalam Kalimat

Tiga contoh kalimat yang terdapat pada poin ini melukiskan contoh penerapan gerund yang penjelasan umumnya telah kita simak pada poin sebelumnya.

Untuk lebih memahami ketiga contoh kalimat dalam poin ini, kami menyediakan arti bahasa Indonesia, tanda bold untuk menandai gerund, dan garisbawah untuk menandai verb dan/atau preposition.

Penjelasan lebih lanjut mengenai gerund maupun verb dan/atau preposition yang membantu menjelaskan kategori gerund akan kita simak setelah masing-masing contoh kalimat di bawah ini:

1. Surfing has been my hobby since then (Berselancar telah menjadi hobiku sejak lama).

Penjelasan: Contoh kalimat ini memperlihatkan “surfing” (berselancar, dari asal verb 1 surf”) sebagai gerund yang dianggap sebagai subject, karena letaknya di awal kalimat.

2. They have finished playing video games since a few hours ago (Mereka telah selesai bermain permainan sejak beberapa jam lalu).

Penjelasan: Dalam contoh kalimat ber-subject they” (mereka) ini, “playing” (bermain, dari asal verb 1 play”) adalah gerund setelah verb 2, yakni “finished” (selesai, dari asal verb 1, “finish”).

3. She is good at dealing with emotions (Dia baik dalam menangani emosi).

Penjelasan:Dealing” (menangani, dari asal verb 1 deal”), yang adalah gerund dalam contoh kalimat ber-subject she” (dia) ini, merupakan gerund yang terletak setelah preposition. Preposition dari contoh kalimat ini sendiri adalah “at”.

Saat ini, kita telah memahami contoh penerapan gerund dalam kalimat. Aturan yang sama, yakni gerund terletak di awal kalimat atau setelah verb atau preposition juga berlaku untuk contoh percakapan, yang akan kita simak lebih lanjut dalam poin setelah ini.

Contoh Penerapan Gerund Dalam Percakapan

Untuk memahami contoh percakapan yang akan kita jadikan acuan dalam poin ini, kita akan menggunakan panduan yang sama dengan poin sebelumnya, yakni contoh penerapan gerund dalam kalimat.

Panduan tersebut adalah arti bahasa Indonesia yang terdapat dalam tiap baris percakapan. Selain itu, kita juga akan menjumpai tanda bold untuk gerund dan tanda garisbawah untuk verb atau preposition yang mendahului gerund.

Setelah menyimak contoh percakapan di bawah ini, kita juga akan menyimak penjelasan lebih lanjut mengenai materi gerund:

Iris: Shopping has always been Sasha’s bread and butter, hasn’t it?

(Iris: Berbelanja selalu telah menjadi kebutuhan mendasar Sasha, ya, ‘kan?)

Ciara: Sasha is a great shopper, don’t you think? She can remember many fashion apparels only through looking at its overall vibes.

(Ciara: Sasha adalah pebelanja hebat, ya, ‘kan? Dia dapat mengingat banyak perlengkapan fashion hanya lewat melihat tampilan keseluruhannya.)

Random Fan 1: What’s more is that she is able to get discounts without connecting too deep with the sales.

(Fans Acak 1: Yang lebih mengesankan lagi, dia dapat memperoleh harga yang lebih murah tanpa harus berhubungan erat dengan para staf penjualan.)

Pia: That’s terrifying! How dare she deny acknowledging that?!

(Pia: Itu mengerikan! Beraninya dia menolak mengakuinya?!)

Gerund merupakan salah satu materi bahasa Inggris yang cukup sering muncul, dan contoh percakapan di atas yang menggunakan gerund pada tiap barisnya merupakan salah satu contohnya.

Dari baris pertama, kita melihat adanya “shopping” (berbelanja, dari asal verb 1 shop”) sebagai gerund yang juga berfungsi dan terbaca sebagai subject. Dalam dua baris percakapan berikutnya, kita melihat adanya gerund yang terletak sesudah preposition.

Pertama, ada gerund looking” (melihat, dari asal verb 1 look”) yang terletak sesudah preposition through” (lewat) di baris kedua, yakni untuk kalimat percakapan Ciara dengan subject she” (dia).

Kemudian, kalimat percakapan Fans Acak 1 juga memperlihatkan gerund connecting” (berhubungan, dari asal verb 1 connect”) yang terletak sesudah preposition without” (tanpa), sebagaimana juga subject yang sama dengan baris sebelumnya, yakni “she”.

Di akhir baris percakapan, yakni pada porsi percakapan atau dialog Pia yang ber-subject she”, ada gerundacknowledging” (mengakui, dari asal verb 1 acknowledge”) yang berada setelah verb 1, yakni “deny” (menolak).

Ini juga merupakan bagian yang menarik, karena verb 1 sebelum gerund tidak pernah mendapat tambahan huruf s di belakangnya, sekalipun terkait dengan “he/she/it” atau nama orang siapapun.

Kini, selain mengetahui penjelasan umum gerund, kita juga telah mengetahui contoh-contoh penerapannya dalam kalimat maupun percakapan. Selanjutnya, kita akan melihat contoh soal dan pembahasan materi gerund dalam tes TOEFL maupun tes-tes bahasa Inggris lain yang sejenis.

Contoh Soal dan Pembahasan Gerund Dalam Tes TOEFL Maupun Tes-Tes Bahasa Inggris Lain yang Sejenis

Dalam tes TOEFL maupun tes-tes bahasa Inggris lain yang sejenis, materi gerund kerap muncul sebagai contoh soal yang meminta kita melengkapi bagian kalimat yang rumpang. Alternatif lainnya, gerund juga dapat muncul dalam soal written expression yang mengharuskan kita memilih abjad yang salah.

Kedua alternatif kemunculan gerund tersebut tercermin dalam dua contoh soal yang terdapat dalam poin ini.

Agar kita makin menguasai materi gerund, ada baiknya kita tidak hanya menyimak arti bahasa Indonesia dari masing-masing contoh soal, namun juga jawabannya yang benar (bertanda bold) dan pembahasan jawaban yang benar dari tiap contoh soal di bawah ini:

1. No doubt she’s a good reader. ___________ an advanced dictionary is a part of her habit.

a. Writing      b. Reading       c. Creating      d. Making

(1. Tidak heran dia pembaca yang baik. __________ kamus sulit merupakan bagian dari kebiasaannya.

a. Menulis      b. Membaca      c. Mencipta      d. Membuat)

Catatan: Untuk mengisi bagian yang rumpang pada kalimat soal ini, terlebih dahulu kita harus melihat konteks kalimat sebelumnya. Karena “reader” (pembaca) identik dengan membaca, maka pilihan yang paling tepat adalah b. Reading.

Meskipun pilihan-pilihan lain nampak membuat subject she” lebih berkesan pintar, yang lebih dipentingkan adalah statusnya sebagai pembaca yang baik, bukan kepintarannya secara umum dalam menulis, mencipta, atau membuat kamus sulit.

2. Choose the wrong alphabet:

I know Andrew enjoy to swim inside that swimming pool.

A      B      C      D

(2. Pilih abjad yang salah:

Aku tahu Andrew suka untuk berenang di dalam kolam renang itu.)

A      B       C      D

Catatan: Pilihan d tidak salah dengan mengganti “the” dengan “that” atau sebaliknya untuk merujuk pada kolam renang yang spesifik. Pilihan c juga tidak salah untuk menunjukkan keberadaan letak kolam renangnya.

Demikian juga dengan pilihan a yang tepat dengan “enjoy” (menikmati) sesudah Andrew yang tidak ditambahi huruf s, karena sesudahnya seharusnya gerund. Karena sesudah “enjoy” harusnya gerund yang adalah verb -ing, jawaban abjad salah yang harus kita pilih adalah pilihan b.

Itu dia pelajaran gerund yang dapat kita ambil. Dalam artikel tutorial bahasa Inggris selanjutnya, kita akan membahas mengenai imperative verb, dengan penjelasan, contoh-contoh penerapan dalam kalimat, percakapan, maupun contoh soal dan pembahasan dalam tes TOEFL maupun tes-tes bahasa Inggris serupa yang dijamin akan memperkaya pengetahuan bahasa Inggris kita.

Verbs

Artikel Lainnya

33 Irregular Verbs & Contoh Kalimatnya
Verb: Apa itu Present Participle?
Verb: Apa itu Main Verb + Auxiliary Verb?
Grammar-Verb: Apa itu Modal Verb?
Grammar-Verb: Apa itu Active Verb (Kalimat Aktif)?
Grammar-Verb: Apa itu Linking Verb?
Grammar-Verb: Apa itu Light Verb?
Grammar-Verb: Apa itu Irregular Verb (Kata Kerja tak Beraturan)?
Grammar-Verb: Apa itu Infinitive Verb?
Grammar-Verb: Apa itu Indicative Verb?

 

Grammar-Pronoun: Personal Pronoun vs Possessive Pronoun
Grammar-Adjective: Mengenal Attributive Adjectives
Grammar-Noun: Apa itu Noun?
Grammar-Pronoun: Apa itu Personal Pronoun?
Perbedaan Action Verb, Transitive vs Intransitive Verbs
Grammar Tenses: Apa itu Present Perfect Continuous Tense?
Apa itu Compound Word?
Grammar-Pronoun: Apa itu Indefinite Pronoun?
Grammar: Apa itu Fragment Sentence?
Grammar-Pronoun: Apa itu Reciprocal Pronoun?


 
Perbedaan Gerund After Prepositions vs Gerund as Subject vs Gerund as Object
Apa itu Compound Sentence dalam Bahasa Inggris?
Perbedaan Noun dan Pronoun
Apa itu Conditional Sentences?
List Kata Kerja yang Diikuti Gerund dan Infinitive
39 Regular Verbs & Contoh Kalimatnya
Apa itu Cause Effect?
Apa itu Conjunction? Coordinating, Correlative, Subordinating Conjunction?
Perbedaan Kalimat Imperative Vs Exclamatory
Apa itu Syntax?