sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Grammar-Verb: Apa itu Light Verb?

Kata Kerja Lemah

Beberapa dari learners mungkin kurang begitu mengenal light verb ini, dikarenakan pembahasannya tidak seintens kelompok verb lainnya.

Kendati demikian, light verb tetap ada, dan kita dapat melihat penjelasan lebih lanjutnya dalam poin berikutnya pada artikel ini.

Bagaimana dengan contoh-contoh penerapannya dalam kalimat dan percakapan?

Kita pun akan melihat hal tersebut sesudah menyimak penjelasan tentang light verb. Kita pun akan menyimak kemunculan light verb dalam contoh soal maupun pembahasannya pada tes TOEFL maupun tes-tes bahasa Inggris sejenis.

Penjelasan Mengenai Light verb

Seperti namanya, light verb merupakan kelompok verb yang “light” atau “lemah”.

Alasannya, light verb kerap digunakan untuk memanjangkan kalimat tertulis maupun percakapan. Satu lagi sifat dari light verb adalah tidak dapat berdiri sendiri tanpa noun.

Contoh-contoh light verb yang dapat kita pelajari adalah “do”, “have”, “give”, “make”, “take”, dan lain-lain. Tergantung situasi dan kondisi tiap kalimat tertulis atau percakapan, variasi light verb dapat berupa verb 1, verb 2, atau verb 3.

Kita akan melihat lebih jauh contoh penerapan light verb dalam poin selanjutnya tentang contoh-contoh penerapan light verb dalam kalimat.

Contoh Penerapan Light verb Dalam Kalimat

Contoh kalimat yang terdapat pada poin ini melukiskan penggunaan light verb masing-masing dalam bentuk verb 1, verb 2, maupun verb 3.

Seperti biasa, arti bahasa Indonesia hadir pada semua contoh kalimat untuk mempermudah learners sekalian dalam memahami tiap contoh kalimat acuan.

Tiap contoh kalimat acuan juga dilengkapi dengan tanda bold untuk light verb, tanda garisbawah untuk noun yang memperjelas light verb, dan tanda stabilo kuning untuk menandai perpanjangan kalimatnya.

Penjelasan lebih lanjut mengenai pelajaran light verb juga tersedia setelah learners sekalian menyimak tiga contoh kalimat berikut ini:

1. She wants to have a chat after our class end (Dia ingin mengobrol setelah kelas kami usai).

Penjelasan:Have” dalam contoh kalimat dengan subject she” ini adalah light verb 1, sementara “chat” adalah noun yang memperjelas “have”. “Have a chat” (mengobrol) sendiri merupakan perpanjangan dari “chat”.

2. Millie did a rehearsal prior to performing (Millie melakukan latihan ulang sebelum tampil).

Penjelasan: Dalam contoh kalimat dengan Millie sebagai subject ini, “did a rehearsal” (melakukan latihan ulang) adalah perpanjangan dari “rehearsed” (berlatih). Light verb-nya sendiri adalah “did” (melakukan), yakni bentuk verb 2 dari “do” yang adalah verb 1-nya. Selain itu, “rehearsal” (latihan ulang) adalah noun-nya.

3. That person had given a try to the latest attraction (Orang itu sudah pernah mencoba atraksi terbaru).

Penjelasan:Given” (mencoba) dalam contoh kalimat ber-subject that person” (orang itu) ini adalah light verb dalam bentuk verb 3, dari asal verb 1 give” dan verb 2 gave”, yang arti harafiahnya adalah memberi. “Try” (mencoba) adalah noun yang membantu memperjelas light verb given”, dan “given a try” (mencoba) sendiri adalah perpanjangan dari “tried”.

Contoh Penerapan Light verb Dalam Percakapan

Dari poin contoh penerapan light verb dalam kalimat sebelumnya, kita mengetahui light verb selalu hadir bersama dengan noun, dan hadirnya light verb dengan noun merupakan perpanjangan.

Hal yang sama juga berlaku dalam percakapan, dan kita akan melihatnya pada contoh percakapan yang akan kita jadikan acuan untuk belajar ini.

Panduan yang digunakan tetap sama dengan poin sebelumnya tentang contoh kalimat, yakni arti bahasa Indonesia, tanda bold untuk light verb, garisbawah untuk noun-nya, dan stabilo kuning untuk menunjukkan letak perpanjangan kalimat percakapannya. Semuanya itu ada pada tiap baris percakapan.

Tidak lupa, di akhir contoh percakapan berikut ini, kita akan mempelajari lebih jauh mengenai light verb bersama-sama:

Bell: Our team has made a decision to include Rina in our task forces.

(Bell: Tim kami telah membuat keputusan untuk memasukkan Rina ke dalam satuan tugas kami.)

Aida: Bell, have you taken any looks to her portfolio?

(Aida: Bell, apakah kamu sudah melihat-lihat portofolio-nya?)

Bell: Of course I have! Otherwise, I won’t be thinking of including her.

(Bell: Tentu saja aku sudah melakukannya! Bila tidak, aku tidak akan berpikir untuk memasukkannya.)

Aida: That was really fast. Anyway, what do you plan to do next?

(Aida: Itu cepat sekali. Omong-omong, apa yang kamu rencanakan untuk lakukan ke depannya?)

Bell: I will do some interviews to her to get to know her better.

(Bell: Aku akan mewawancarainya untuk mengenalnya lebih dalam.)

Kita melihat adanya light verb berbentuk verb 2 pada baris pertama contoh percakapan yang ber-subject our team” (tim kami), yakni “made” (membuat), yang berasal dari verb 1 make”.

Noun yang memperjelas light verb tersebut adalah “decision” (keputusan). Bila digabung (“made a decision” atau “membuat keputusan”), maka itu adalah perpanjangan dari “decided” (memutuskan).

Setelahnya, dalam baris kedua yang ber-subject you” (kamu), ada light verb taken” (mengambil), yang merupakan bentuk verb 3 dari “take” (verb 1) dan “took” (verb 2).

Dalam baris kedua contoh percakapan itu juga, kita menemui “looks” (melihat atau penglihatan) sebagai noun yang memperjelas light verb yang ada. Selain itu, bila kita perhatikan bagian yang distabilo kuning (“taken any looks” atau melihat-lihat), maka ini adalah perpanjangan dari “looked” (melihat-lihat).

Dalam baris terakhir contoh percakapan dengan “I” sebagai subject, kita melihat adanya “do” (melakukan) sebagai light verb yang berbentuk verb 1 dan “interviews” (wawancara) sebagai noun yang memperjelas keberadaannya.

Selanjutnya, bila kita melihat bagian yang distabilo kuning secara penuh, yakni “do some interviews” atau mewawancarai, maka itu adalah perpanjangan dari “interview”.

Contoh Soal dan Pembahasan Light Verb Dalam Tes TOEFL Atau Tes-Tes Bahasa Inggris Sejenis

Materi light verb umumnya menjadi contoh soal yang meminta kita mengganti bentuk kalimat tanpa harus mengubah keseluruhan maknanya.

Selain itu, light verb juga dapat muncul sebagai contoh soal yang mengharuskan kita memilih kalimat yang menggunakan light verb dengan benar, sekalipun tidak disebutkan secara langsung bahwa itu adalah light verb.

Dua contoh soal yang terdapat pada poin ini merupakan contoh yang dapat kita jadikan acuan untuk belajar materi light verb dalam tes-tes TOEFL atau pengujian bahasa Inggris yang serupa.

Kita tidak hanya akan belajar contoh soalnya saja, melainkan juga arti bahasa Indonesianya, jawaban yang benar (bertanda bold), dan pembahasan jawaban benar dari masing-masing contoh soal di bawah ini:

1. Change this following sentence:

She has already napped a few seconds ago.

Answer: She has already taken a nap a few seconds ago.

(1. Ubahlah kalimat berikut ini:

Dia sudah beristirahat beberapa detik lalu.

Jawaban: Dia sudah mengambil istirahat beberapa detik lalu.)

Catatan: Dalam contoh kalimat ini, keadaan “she” (dia, subject) yang sudah dan sedang beristirahat beberapa detik lalu merupakan kunci bagi kita untuk mengubah struktur kalimat. Bila dikaitkan dengan light verb, maka kita dapat merubah “has already napped” (sudah beristirahat) menjadi “has already taken a nap” (sudah mengambil istirahat). Hasilnya, keseluruhan maknanya tetap sama, hanya strukturnya yang berbeda sedikit.

2. Choose the right sentence:

a. They will done some recitals prior to singing.
b. Do you have any thoughts about this manuscript?
c. The task is so complicated that I have to done many tweaks inside it.
d. We have many breaks at our class yesterday.

(2. Pilih kalimat yang benar:

a. Mereka akan melakukan beberapa latihan sebelum bernyanyi.
b. Apakah kamu memiliki pemikiran apapun mengenai manuskrip ini?
c. Tugas ini begitu sulit sampai-sampai aku harus melakukan banyak perombakan di dalamnya.
d. Kami memiliki banyak waktu istirahat dalam kelas kami kemarin.)

Catatan: Pilihan a salah, karena apapun yang berhubungan dengan “prior” (sebelum) tidak pernah berhubungan dengan apa yang akan terjadi di masa depan. Pilihan c juga salah, karena “done” (menyelesaikan atau melakukan, verb 3) tidak sesuai bila diterapkan pada kejadian yang terjadi saat ini (dilambangkan dengan “is” setelah “the task” atau tugas ini, yang adalah subject-nya).

Pilihan d dengan “have” sebagai light verb juga salah, karena “have” tidak pernah bersanding dengan “yesterday” (kemarin). Karena itu, pilihan kalimat b menjadi pilihan kalimat yang benar dan harus kita pilih.

Demikian hal-hal yang dapat kita pelajari dari light verb. Dalam artikel tutorial bahasa Inggris selanjutnya, kita akan belajar tentang linking verb, yakni satu lagi materi tutorial bahasa Inggris yang termasuk kategori verb.

Verbs

Artikel Lainnya

33 Irregular Verbs & Contoh Kalimatnya
Verb: Apa itu Present Participle?
Verb: Apa itu Main Verb + Auxiliary Verb?
Grammar-Verb: Apa itu Modal Verb?
Grammar-Verb: Apa itu Active Verb (Kalimat Aktif)?
Grammar-Verb: Apa itu Linking Verb?
Grammar-Verb: Apa itu Light Verb?
Grammar-Verb: Apa itu Irregular Verb (Kata Kerja tak Beraturan)?
Grammar-Verb: Apa itu Infinitive Verb?
Grammar-Verb: Apa itu Indicative Verb?

 

Grammar: Apa itu Passive Voice (Kalimat Pasif)?
Belajar Grammar Tes TOEFL: Struktur Kalimat Paralel
Apa itu Compound Word?
Apa itu Phrasal Verbs?
Grammar: Apa itu Object?
Grammar-Conjunction: Apa itu Subordinating Conjunction?
Sentence: Apa itu Elliptical Construction?
Grammar-Adjective: Nominal Adjectives – Part 2
Figure of Speech: Apa itu Hyperbole?
Present Tense: Simple Present vs Present Continuous


 
Kenali Perbedaan Prepositions & Conjunctions
Mencerna Perbedaan Infinitive dan Gerund
Perbedaan Simple Past & Past Participle
Daftar Phrasal Verbs yang Sering Dipakai
Perbedaan Gerund After Prepositions vs Gerund as Subject vs Gerund as Object
Apa itu Compound Sentence dalam Bahasa Inggris?
Perbedaan Noun dan Pronoun
Apa itu Conditional Sentences?
Perbedaan Action Verb, Transitive vs Intransitive Verbs
List Kata Kerja yang Diikuti Gerund dan Infinitive