sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

English Vocabulary: Computer Parts (Bagian-Bagian Komputer)

Hal-Hal yang Dapat Kita Pelajari dari VocabularyComputer Part(s)” dan Contoh-Contoh Kalimatnya

Computer part(s)” adalah bagian-bagian komputer. Sesuai dengan artinya, artikel ini akan membahas bagian-bagian kecil yang dapat kita lihat dari komputer kita. Kendati banyak bagian komputer yang vocabulary-nya dapat kita pelajari, kita akan membatasi pada beberapa vocabularycomputer part(s)” yang mudah diingat beserta contoh-contoh penerapannya dalam kalimat.

Berikut ini adalah penjelasan lebih rinci terkait vocabulary “computer part(s)” yang dapat kita pelajari dan contoh kalimatnya:

1. Vocabulary untuk Beberapa Bagian Luar “Computer Part(s)

Bagian-bagian luar “computer part(s)” ini adalah “monitor(s)” untuk “layar monitor”, di mana dalam kasus-kasus tertentu dapat saja diganti atau ditambahkan dengan kata “screen(s)”. Selain “monitor(s)”, kita juga mengetahui adanya “speaker(s)” untuk sistem stereo komputer dan “Central Processing Unit” atau yang disingkat dengan CPU dan memiliki arti bahasa Indonesia “unit pemrosesan pusat”.

Bergantung dengan konteks kalimatnya, penggunaan vocabularyvocabularycomputer part(s)” ini dapat berbeda-beda. Berikut ini adalah contoh-contoh kalimat yang mengilustrasikan penggunaan vocabulary bagian luar “computer part(s)”:

Contoh Kalimat yang Mengilustrasikan Variasi VocabularyMonitor(s)”:

  • I have replaced my monitor (Saya sudah mengganti layar monitor saya).
  • A touchscreen monitor is available on this computer product (Monitor berlayar sentuh tersedia pada produk komputer ini. “Touchscreen monitor” adalah salah satu variasi vocabulary layar monitor yang berlayar sentuh (“touchscreen”).)
  • My computer screen is broken (Layar dalam komputer saya rusak. Sekadar informasi, “screen” biasanya merujuk pada bagian dalam layar komputer, seperti OS dan berbagai aplikasinya.)

Contoh Kalimat yang Mengilustrasikan Variasi VocabularySpeaker(s)”:

  • Their laptop only has one built-in speaker (Laptop mereka hanya memiliki 1 alat stereo bawaan. “Laptop” merupakan variasi dari “computer” atau “personal computer”. “Built-in” sendiri adalah apapun yang melekat langsung pada produk laptop, entah itu “speaker(s)”, “microphone(s)”, dan sejenisnya).
  • My personal computer has two speakers (Komputer pribadi saya memiliki 2 alat untuk sistem stereo).

Contoh Kalimat yang Mengilustrasikan Variasi VocabularyCentral Processing Unit” atau “CPU”:

  • This CPU is outdated (CPU ini sudah kedaluwarsa).
  • Their old computer comes with a Central Processing Unit (Komputer lama mereka datang dengan sebuah unit pemrosesan pusat).

Secara umum, seperti demikianlah penggunaan vocabularycomputer part(s)” bagian luar. Selain ketiga vocabulary pada poin pertama ini, ada juga berbagai “computer part(s)” lain yang dapat kita pelajari serba-serbinya, seperti yang terdapat pada poin lanjutan berikut.

2. Ragam Vocabulary untuk Benda-Benda Kecil di Sekitar Komputer

Benda-benda kecil di sekitar komputer ini kerap disebut dengan “berbagai macam aksesoris komputer” atau “computer accessories” dalam bahasa Inggrisnya. Khusus “computer accessories”, karena biasanya datang dengan 2 atau lebih jumlah barang, maka bentuk vocabulary-nya terbatas pada bentuk plural.

Ada 2 vocabulary yang dapat kita pelajari mengenai “computer accessories” ini, yakni “keyboard” dan “mouse”. Dalam bahasa Indonesia, “keyboard” berarti alat mengetik dan “mouse” berarti “tikus” atau alat untuk mengklik suatu objek dalam “monitor” atau “screen”. Khusus vocabulary ini tidak ada bentuk plural-nya.

Untuk “keyboard” memiliki beberapa variasi dan hal yang perlu kita perhatikan saat menggunakan vocabulary-nya, di mana semuanya itu terdapat pada contoh kalimat dalam poin ini. Sementara itu, “mouse” cenderung memiliki variasi singular saja dengan beberapa hal yang perlu diperhatikan. Selengkapnya mengenai contoh kalimat dapat dilihat pada uraian berikut ini:

Contoh Kalimat untuk VocabularyComputer Accessories” Secara Umum:

  • That store sells the most complete computer accessories (Toko tersebut menjual berbagai macam aksesoris komputer yang paling lengkap).

Contoh Kalimat untuk VocabularyKeyboard”:

  • A keyboard contains many key buttons (Sebuah alat mengetik memiliki banyak tombol kunci. Sekadar informasi, “key buttons” adalah bagian dari “keyboard”. Bila kita familiar dengan “Shift”, “alt”, “delete”, dan lain-lain, itulah kelompok “key buttons”).
  • That store sells lots of QWERTY keyboards (Toko itu menjual banyak alat mengetik jenis QWERTY. Alat mengetik jenis QWERTY ini merupakan alat ketik yang paling umum ada dalam komputer di samping model QWERTZ).

Contoh Kalimat untuk VocabularyMouse”:

  • You should use your mouse on the left side (Kamu harus menggunakan tikusmu di sisi kirimu).
  • !! Perlu diingat !! Meskipun ejaan dan artinya sama dengan tikus binatang, “mouse” yang melekat pada “computer part(s)” sudah pasti merupakan “tikus” yang kita gerakkan saat hendak mengklik objek di layar. Jadi, hati-hati saat menggunakan vocabularymouse” ini.

Satu lagi poin vocabularycomputer part(s)” yang dapat kita pelajari adalah kelompok “computer part(s)” yang dapat dipindah-pindahkan. Dari sekian banyak vocabularycomputer part(s)” yang fleksibel tersebut, berikut ini adalah beberapa contoh vocabulary untuk benda yang umum dijumpai beserta dengan contoh kalimatnya.

3. Ragam Vocabulary untuk Kelompok “Computer Part(s)” yang Fleksibel

Disk(s)” merupakan vocabulary dasar untuk “computer parts” yang dapat dipindah-pindahkan dengan mudah ini, di mana “disk(s)” atau tempat penyimpanan data komputer terdiri dari “diskette(s)” atau “disket” dan “flash disk” atau “disk” yang berukuran lebih kecil dari disket. Ada juga “microphone(s)” yang seringkali memiliki colokan yang dapat dicabut dan dipasang kembali dengan mudah. Berikut ini adalah contoh-contoh kalimat untuk tiap vocabulary yang ada beserta dengan arti dan variasinya:

Contoh Kalimat untuk Variasi VocabularyDisk(s)”:

  • Diskettes and flash disks are parts of computers’ disks (Disket dan flash disk merupakan bagian dari disk atau tempat penyimpanan data komputer).
  • My flash disk is connected to my smartphone (Flash disk saya terhubung dengan telepon pintar saya. Yang dimaksud pada contoh kalimat ini adalah flash disk yang memiliki 2 ujung yang dapat langsung terhubung dengan CPU dan sistem operasi telepon pintar).

Contoh Kalimat untuk Variasi VocabularyMicrophone(s)”:

  • I need a microphone to be able to use voice chats through my personal computer (Saya membutuhkan sebuah mikrofon untuk dapat mengirim pesan suara lewat komputer pribadi saya. Sekadar informasi, mikrofon yang portable dalam komputer juga dapat digunakan untuk video chat dan fitur-fitur lain komputer yang membutuhkan suara).
  • My friend buys a wireless mic (Temanku membeli sebuah mikrofon nirkabel. Nirkabel atau “wireless” ini merupakan teknologi “portable computer parts” terkini yang diaplikasikan untuk banyak perangkat komputer. Sementara itu, “mic” adalah penggunaan vocabularymicrophone” yang lebih informal).

Dari ketiga poin pelajaran vocabularycomputer part(s)” di atas, mungkin kita heran mengapa beberapa vocabulary tidak memiliki terjemahan. Sebenarnya, “computer part(s)” cukup dijelaskan dengan fungsinya saja, sehingga paling tidak kita mengetahui tiap fungsi “computer part(s)” meskipun mungkin tidak ada bahasa Indonesianya yang resmi atau populer untuk digunakan.

Pelajaran sebelumnya akan membahas jenis-jenis pekerjaan. Bagaimana mengenai vocabulary, arti, dan konteks-konteks kalimatnya? Kita dapat melihat itu semua dalam artikel tutorial vocabulary selanjutnya.

Computer Part – Related Words

No English Indonesian
1 CPU / Central Processing Unit Unit Pemroses Sentral
2 Floppy Disk Cakram Flopi
3 Hard Disk Cakram Keras
4 Hardware Perangkat Keras
5 Keyboard Papan Tombol
6 Speaker Pengeras Suara
7 Monitor Layar
8 Motherboard Papan Induk
9 Mouse Tetikus
10 Mouse Pad Alas Tetikus
11 Printer Pencetak
12 PSU / Power Supply Unit Pencatu Daya
13 Memory Memori
14 RAM / Random Access Memory Memori Akses Acak
15 Scanner Mesin Pembaca Gambar / Tulisan
16 Software Perangkat Lunak
17 Video Card Kartu Grafis
18 Camera Kamera
19 Sound Card Kartu Suara

Artikel Terkait

 

English Vocabulary: Birds (Burung)
English Vocabulary: Nationality & Country (Kebangsaan & Negara)
English Vocabulary: Shopping (Belanja)
English Vocabulary: Alphabets & Numbers (Huruf & Angka)
English Vocabulary: Shapes (Bentuk)
English Vocabulary: Weather (Cuaca)
English Vocabulary: Cooking Equipment (Peralatan Memasak)
English Vocabulary: Sport (Olahraga)
English Vocabulary: Part of Day (Bagian Hari)
English Vocabulary: Movie (Film)


 


Sederet Mobile

http://mobile.sederet.com


Vocabulary: Alat Musik (Musical Instrument)
English Vocabulary: Greetings (Salam)
English Vocabulary: Personal Care (Perawatan Pribadi)
English Vocabulary: Package / Wrapper (Pembungkus)
English Vocabulary: Baby (Bayi)
English Vocabulary: Part of Tree (Bagian Pohon)
English Vocabulary: Homeworks (Pekerjaan di Rumah)
English Vocabulary: Classroom (Ruang Kelas)
English Vocabulary: Part of Mobile Phone (Bagian Handphone)
English Vocabulary: Health (Kesehatan)