sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

English Vocabulary: Foods (Makanan)

Berbagai Macam Vocabulary dari “Type of Food(s)” Beserta Contoh-Contoh Kalimatnya yang Dapat Kita Pelajari Bersama

Ingat “type of food(s)” atau “jenis(-jenis) makanan”, pasti ingat dengan pelajaran kedua, yakni “eating”. Sebagaimana disinggung dalam paragraf akhir pelajaran ke-15 lalu, dalam pelajaran ke-16 ini, kita akan secara spesifik mempelajari topik yang membuat kita lapar, apa lagi kalau bukan “type of food(s)”.

Di antara sekian banyak “type of food(s)” yang ada, kita akan mempelajari aneka karbohidrat, produk olahan susu, dan daging. Berikut ini adalah poin-poin untuk tiap pelajaran vocabulary yang ada:

1. Ragam Vocabulary untuk Aneka Karbohidrat

Makanan berkarbohidrat dapat dikatakan sebagai makanan kebutuhan hidup kita. Aneka makanan yang termasuk dalam vocabularycarbohydrate(s)” ini adalah “rice” untuk “nasi” atau “beras”, “bread(s)” untuk “roti”, dan “noodles” untuk “mi”.

Tergantung dari konteks kalimatnya, masing-masing dari vocabulary aneka karbohidrat ini memiliki variasi penggunaannya yang berbeda-beda. Berikut ini adalah beberapa contoh kalimatnya:

Contoh Kalimat untuk Variasi VocabularyRice”:

  • Rice is obtained from the rice field (Beras diperoleh dari sawah. Dalam konteks kalimat yang melibatkan sawah atau “rice field” sebagai ladang penghasil beras ini, pengertian “rice” adalah beras, bukan nasi).
  • I eat fried rice for my breakfast (Saya makan nasi goreng untuk sarapan saya).

Contoh Kalimat untuk Variasi VocabularyBread(s)”:

  • There are many loaves of breads (Ada banyak roti. “Loaf” atau yang dalam bentuk plural-nya adalah “loaves” merupakan vocabulary satuan roti).
  • There is a fresh strawberry in that strawberry bread (Ada stroberi segar di dalam roti stroberi tersebut. “Strawberry” pada “strawberry bread” menjelaskan varian rasa “bread” sebagaimana juga “chocolate bread”, “apricot bread”, dan lain-lain).
  • !! Perlu diingat !! “Bread(s)” tidak sama dengan “cake(s)” atau “pie(s)”. “Bread(s)” dapat dimakan untuk sarapan, pendamping hidangan utama, atau sebagai hidangan penutup, sementara “cake(s)” dan “pie(s)” hanya untuk hidangan penutup saja.

Contoh Kalimat untuk Variasi VocabularyNoodles”:

  • Noodles’ origins are from China (Asal mi adalah dari Tiongkok).
  • Cold noodles are ready inside our bowls (Mi dingin tersedia di dalam mangkok kita).

Dari ketiga contoh kalimat vocabulary golongan karbohidrat di atas, kita kini telah belajar makin banyak vocabulary dengan contohnya yang berbeda-beda. Golongan selanjutnya, yakni produk susu, akan menambah kosa kata bahasa Inggris kita sekaligus menunjukkan cara penggunaannya yang tepat, mulai dari tingkat pemula.

2. Ragam Vocabulary untuk Produk Susu

Dalam bahasa Inggris, susu sendiri diartikan sebagai “milk(s)”. Produk susu lainnya yang perlu untuk kita ketahui adalah “cheese(s)” atau “keju”. Kedua ragam vocabulary produk susu ini memiliki variasi vocabulary tergantung dari contoh-contoh kalimatnya, seperti yang diilustrasikan pada poin-poin berikut ini:

Contoh Kalimat untuk Variasi VocabularyMilk(s)”:

  • Fresh milks are obtained from cows (Susu segar diperoleh dari sapi. “Fresh milk(s)” adalah jenis vocabulary milk(s)” yang paling sering ditemui).
  • Almond milk is good for vegetarians (Susu almon bagus bagi kaum vegetarian. “Almond milk” adalah satu lagi “permainan” variasi jenis vocabularymilk(s)”)

Contoh Kalimat untuk Variasi VocabularyCheese(s)”:

  • I buy a cheesecake (Saya membeli sebuah keik keju. “Cheesecake(s)” atau keik keju merupakan vocabulary untuk olahan “cheese(s)”)
  • A noodle can be paired with melted cheeses (Mi dapat dipasangkan dengan keju leleh. “Melted cheese(s)” atau keju leleh merupakan salah satu variasi vocabularycheese(s)” yang saat ini mulai sering dijumpai).

Kedua contoh kalimat untuk masing-masing vocabulary produk susu tersebut dapat menolong kita untuk lebih mengerti vocabularytype of food(s)” yang ada, termasuk produk susu dalam poin kedua artikel ini. Poin ketiga akan membahas mengenai “type of food(s)” berkategori hidangan laut, yang dijabarkan sebagai berikut.

3. Berbagai Macam Vocabulary untuk Daging

Kendati saat ini ada banyak macam penyebutan untuk daging, kita akan membatasi pada daging-dagingan yang sering tertukar saja. Tujuannya yakni agar kita dapat membedakan mana hewannya dan mana jenis dagingnya.

Jenis daging pertama yang sering disalahgunakan adalah “cow(s)” dengan “beef(s)”. Meski sama-sama berarti sapi, namun penyebutan “beef(s)” adalah untuk “(daging) sapi”. Selain itu, masih ada “mutton(s)” yang berarti “(daging) domba”. Awas, jangan sampai tertukar dengan “sheep(s)” yang merupakan “domba (binatang)”-nya!

Baik “beef(s)” maupun “mutton(s)” memiliki contoh kalimatnya tersendiri untuk mengilustrasikan penggunaannya yang berbeda-beda. Berikut ini merupakan beberapa contohnya untuk tiap vocabularybeef(s)” maupun “mutton(s)”:

Contoh Kalimat untuk Variasi VocabularyBeef(s)”:

  • He eats a beef jerky (Dia memakan dendeng sapi. “Beef jerky” atau “dendeng sapi” merupakan salah satu bentuk variasi vocabularybeef(s)”).
  • There are two beef bacons inside the burger (Ada 2 bacon sapi di dalam burger. Sama halnya dengan “beef jerky”, “beef bacon(s)” atau bacon sapi merupakan variasi vocabularybeef(s)”).

Contoh Kalimat untuk Variasi VocabularyMutton(s)”:

  • It is nice to eat muttons with vegetables (Merupakan hal yang baik untuk makan daging domba dengan sayur-sayuran).
  • Mutton is served with a wine (Daging domba disajikan dengan minuman anggur).

Demikianlah hal-hal yang dapat kita pelajari dari “type of food(s)” pada tutorial vocabulary kali ini. Tutorial selanjutnya akan membahas mengenai “time” dengan format pelajaran yang berbeda dan pastinya akan membuat kita semangat kembali.

Hmmm… Penasaran seperti apa bentuknya? Karena itu, jangan lewatkan artikel tutorial vocabulary selanjutnya mengenai “time”!

Food – Related Words

No English Indonesian
1 Beer Bir
2 Biscuits Biskuit
3 Bread Roti
4 Brithday Cake Kue UlangTahun
5 Brownrice Beras Merah
6 Cake Kue
7 Candy Permen
8 Cereal Sereal
9 Cheese Keju
10 Cocktail Koktail
11 Coffee Kopi
12 Coke Minuman Soda
13 Cookies Kue Kering
14 Corn Jagung
15 Crackers Biskuit Renyah Asin
16 Doughnuts Donat
17 Egg Telur
18 Fish Ikan
19 Ice Cream Es Krim
20 Juice Jus
21 Milk Susu
22 Muffins Muffin
23 Noodles Mie
24 Pancakes Panekuk
25 Pasta Pasta
26 Pie Pie
27 Potato Chips Keripik Kentang
28 Pudding Puding
29 Rice Nasi
30 Salad Salad
31 Sandwich Roti Isi
32 Shrimp Udang
33 Soup Sup
34 Sweet Rolls Roti Gulung Manis
35 Tea Teh
36 Toast Daging Panggang
37 Waffles Waffel
38 Wheat Gandum
39 Wheat Bread Roti Gandum
40 Whiskey Wiski
41 Wine Anggur Merah

Artikel Terkait

 

English Vocabulary: Transportation (Transportasi)
English Vocabulary: Personality (Kepribadian)
English Vocabulary: Greetings (Salam)
English Vocabulary: Baby (Bayi)
English Vocabulary: Movie (Film)
English Vocabulary: Entertainment (Hiburan)
English Vocabulary: Eating (Berhubungan dengan Makan)
Percakapan Bahasa Inggris: Tiba di Pod Chocolate Factory
English Vocabulary: Cooking Equipment (Peralatan Memasak)
English Vocabulary: Shapes (Bentuk)


 
Vocabulary: Perasaan (Anger, Fear, Confusion)
Vocabulary: Situasi yang Sulit – Confess, Regret and Condolences
Vocabulary: Kosakata Penyakit Bahasa Inggris
Vocabulary: Senses Adjectives (Panca Indera)
Vocabulary: Alat Musik (Musical Instrument)
English Vocabulary: Personal Care (Perawatan Pribadi)
English Vocabulary: Package / Wrapper (Pembungkus)
English Vocabulary: Part of Tree (Bagian Pohon)
English Vocabulary: Homeworks (Pekerjaan di Rumah)
English Vocabulary: Classroom (Ruang Kelas)