sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

English Vocabulary: Part of House (Bagian dari Rumah)

Berbagai Vocabulary dan Contoh Penerapan Kalimat dari “Part(s) of House(s)” yang Makin Seru untuk Dibahas

Hmmm… Para learners, tentunya kita makin semangat seiring dengan banyaknya vocabulary yang kita pelajari beserta dengan contoh-contoh aplikasinya dalam kalimat. Dalam pelajaran “part(s) of house(s)” ini, kita akan mempelajari vocabulary mengenai benda-benda pembentuk rumah seperti arti bahasa Indonesia dari “part(s) of house(s)” itu sendiri.

Kita akan mulai belajar mengenal serba-serbi vocabulary dari bagian terluar “part(s) of house(s)”, lalu perlahan-lahan akan bergerak semakin lama semakin dalam. Berikut ini adalah ragam poin yang akan mengantarkan kita pada keseruan belajar vocabularypart(s) of house(s)”:

1. Ragam Vocabulary untuk Bagian-Bagian Terluar dari Rumah

Dua “part(s) of house(s)” terluar dari rumah seseorang adalah “roof(s)” atau “genteng” dan “chimney(s)” atau “cerobong asap”. “Roof(s)” memiliki lebih banyak variasi penggunaan vocabulary bila dibandingkan dengan “chimney(s)”, sementara variasi “chimney(s)” cenderung pada bentuk singular dan plural-nya saja.

Contoh-contoh berikut ini adalah gambaran bagaimana vocabularyroof(s)” maupun “chimney(s)” digunakan untuk konteks kalimat yang berbeda-beda:

Contoh Kalimat untuk Variasi VocabularyRoof(s)”:

  • My garden has a sunroof on top of it (Taman saya memiliki genteng berbahan solar di atasnya. “Sunroof(s)” atau “genteng berbahan solar” merupakan salah satu variasi vocabularyroof(s)”).
  • The cats are playing on the rooftop (Kucingnya sedang bermain di atas atap).
  • !! Perlu diingat !! “Roof” yang adalah genteng berbeda dengan “rooftop” yang artinya adalah atap. “Rooftop” adalah bagian paling atas rumah tanpa penutup, sementara “roof” atau “genteng” adalah penutup “rooftop”).

Contoh Kalimat untuk Variasi VocabularyChimney(s)”:

  • My neighbor’s entire house has a chimney (Semua rumah tetangga saya memiliki cerobong asap. Sekadar informasi, “(the) entire” digunakan untuk merujuk pada keseluruhan, selain dari “all of ... “).
  • There are two chimneys on that house’s roof (Ada 2 cerobong asap yang terdapat pada genteng rumah tersebut).

Intinya, kita dapat mempelajari variasi vocabularychimney(s)” dan “roof(s)” sebagai bagian terluar rumah lewat 2 poin contoh kalimat di atas. Dalam bagian kedua, saya akan mengajak kita untuk “masuk” lebih dalam lagi pada pembahasan vocabulary dan contoh-contoh penerapannya dalam kalimat pada bagian dasar yang membentuk dalam rumah.

2. Berbagai Macam Vocabulary untuk Menyebut Fondasi Sebagai Bagian Dasar Pembentuk Rumah

Ada banyak bagian dasar yang membentuk dalam rumah, namun kita akan belajar mengenal 2 hal yang benar-benar merupakan “fondasi”-nya. Kedua vocabulary pada fondasi rumah tersebut adalah “wall(s)” untuk “tembok” dan “tile(s)” untuk “lantai”.

Boleh jadi, kedua vocabulary ini merupakan 2 kelompok vocabulary variasi yang banyak di antara semua vocabulary yang ada. Untuk memudahkan pelajaran, kita akan mengenal beberapa contohnya saja, seperti yang dikemukakan pada poin-poin contoh kalimat berikut ini:

Contoh Kalimat untuk Variasi VocabularyWall(s)”:

  • There are wild plants on my walls (Ada banyak tumbuhan liar di tembok-tembok saya. “Wild plant(s)” atau “tumbuhan liar” merupakan sesuatu yang membuat “wall(s)” bervariasi, sehingga menjadikan vocabularywall(s)” ini makin “berwarna”).
  • She paints her own wallpaper (Dia menggambar pembungkus temboknya sendiri. “Wallpaper(s)” atau pembungkus tembok merupakan salah satu variasi vocabularywall(s)”, di mana “wallpaper(s)” membentuk warna yang menyenangkan dari “wall(s)” yang kosong atau polos).

Contoh Kalimat untuk Variasi VocabularyTile(s)”:

  • The ceramic tiles are beautiful (Lantai keramiknya cantik. “Ceramic tile(s)” merupakan salah satu jenis variasi vocabularytile(s)” yang menggambarkan bahan baku pembuatan “tile(s)” tersebut).
  • They clean the floor (Mereka membersihkan lantai).
  • !! Perlu diingat !! Meskipun arti “tile(s)” dan “floor(s)” sama-sama lantai, namun “floor(s)” mengacu pada lantai dengan cakupan area yang lebih luas dibandingkan “tile(s)”.

Nah, para learners, betapa mudahnya vocabularywall(s)”, “tile(s)”, dan aneka variasinya itu diingat lewat contoh-contoh kalimat di atas, bukan? Selanjutnya, kita akan membahas berbagai vocabulary untuk menyebutkan “pernak-pernik” yang perlu ada dalam ruangan rumah. Apa saja itu? Saksikan ulasannya dalam poin ketiga berikut ini.

3. Ragam Vocabulary untuk Menyebut “Pernak-Pernik” yang Harus Ada Dalam Rumah Seseorang

Ukuran pernak-pernik ini boleh saja ada yang kecil, namun bukan berarti “pernak-pernik” penghias rumah ini hanya menjadi penghias saja. Faktanya, hampir tidak ada rumah yang dapat bertahan tanpa “pernak-pernik” yang merupakan “part(s) of house(s)” ini.

Untuk “pernak-pernik” wajib ada dalam rumah ini, kita mengenal adanya “door(s)” untuk “pintu” dan “window(s)” untuk jendela. Ada banyak macam bagian “door(s)” dan “window(s)” yang dapat kita pelajari vocabulary-nya dan menjadikan kedua vocabulary “pernak-pernik” ini makin variatif pada tiap konteks kalimatnya. Contoh-contoh kalimat berikut ini memperlihatkan penggunaan untuk masing-masing vocabularydoor(s)” dan “window(s)”:

Contoh Kalimat untuk Variasi VocabularyDoor(s)”:

  • My friend’s house has many doors (Rumah teman saya memiliki banyak pintu).
  • The doorknob is broken (Pegangan pintunya rusak. “Doorknob(s)” atau “pegangan pintu” merupakan salah satu bagian “door(s)”).
  • Where is the door’s lock? (Di mana kunci pintunya? “Lock(s)” bukan hanya kunci pintu, namun juga merupakan satu kesatuan dari vocabularydoor(s)”).

Contoh Kalimat untuk Variasi VocabularyWindow(s)”:

  • There are four big windows and a small window in the room (Ada 4 jendela besar dan satu jendela kecil di ruangan).
  • The basement window is gone (Jendela bawah ruangannya sudah tidak ada. “Basement window(s)” yang termasuk kategori vocabularywindow(s)” merupakan jendela yang ada di bagian bawah suatu ruangan di dalam kamar, biasanya di luar ruangan atau sekitar taman).

Dari contoh-contoh kalimat dan penjelasan tiap contoh kalimat pada tiga poin vocabularypart(s) of house(s)” seperti di atas, kita dapat mengambil keuntungan dari pengenalan vocabulary bahasa Inggris kita yang makin luas.
Vocabulary kita akan menjadi makin luas lagi ketika kita meluangkan waktu untuk mendalami vocabulary dan contoh-contoh kalimat untuk topik yang berbeda. Karena itu, artikel berikutnya mengenai stuff(s) at the office dengan vocabulary dan contoh-contoh aplikasinya dalam kalimat yang unik pantas untuk kita baca dan ikuti.

Part of House – Related Words

No English Indonesian
1 Roof Atap
2 Floor Lantai
3 Window Jendela
4 Door Pintu
5 Balcony Balkon
6 Terrace Teras
7 Garage Garasi
8 Chimney Cerobong Asap
9 Chimney Pot Pipa Cerobong Asap
10 Post Box Kotak Pos
11  Tile Genting
12 Drain-Pipe Pipa Saluran Air
13 Wall Dinding
14 Brick Batu Bata
15 Windowsill Kusen Jendela
16 Buzzer Bel Listrik
17 Antenna Antena
18 Gutter Selokan
19 Fence Pagar
20 Window-Glass Kaca Jendela

Artikel Terkait

 

Vocabulary Profesi di Dunia Medis
English Vocabulary: Fruits (Buah-Buahan)
English Vocabulary: Cooking Equipment (Peralatan Memasak)
English Vocabulary: Entertainment (Hiburan)
Kosakata Bahasa Inggris Terkait dengan Pemilu atau Pilkada
English Vocabulary: Time (Waktu)
English Vocabulary: Transportation (Transportasi)
Kosakata dalam Industri Perhotelan Internasional
English Vocabulary: Greetings & Introduction (Salam & Perkenalan)
English Vocabulary: Computer Parts (Bagian-Bagian Komputer)


 
Kosakata Bidang Keuangan dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya
Kosakata tentang Dunia Hukum (Law Related Vocabulary)
Kosakata Kepolisian (Police Related Vocabulary)
Kalimat/Frasa untuk Menjelaskan “Safety, Rules, & Etiquettes” bagi Tour Guide
Kosakata Bahasa Inggris seputar Rumah Tangga (Housekeeping)
Vocabulary: Kosakata Bahasa Inggris yang Digunakan dalam Industri Penerbangan
Vocabulary Profesi di Dunia Food & Beverage
Vocabulary: Kosakata Bahasa Inggris untuk Tour Guide
Kosakata untuk Kasir (Cashier)
Kosakata Bahasa Inggris Saat Travelling ke Luar Negeri