sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

English Vocabulary: People Appearance (Penampakan Orang)

3 Hal Mengenai VocabularyPeople’s Appearance(s)” Beserta Contoh-contoh Kalimatnya yang Dapat Kita Pelajari Bersama

People’s appearance(s)” atau yang diartikan dalam bahasa Indonesia sebagai “penampilan orang” merupakan salah satu hal yang tidak luput dari pandangan dunia maupun diri kita sendiri. Karena sifatnya yang “sangat terlihat” ini, ada banyak vocabularypeople’s appearance(s)” yang dapat kita pelajari.

Kendati demikian, untuk level pemula atau basic yang baru mengenal vocabulary bahasa Inggris, kita akan belajar terlebih dahulu “people’s appearance(s)” ini dari bagus versus jelek, tinggi, dan beratnya. Berikut ini adalah poin-poin pembahasannya:

1. Ragam Vocabulary untuk Bagus Versus Jeleknya Penampilan Seseorang

Bagus memiliki 2 variasi vocabulary utama, yakni “beautiful” untuk “cantik” dan “handsome” untuk “ganteng / tampan”. Sementara itu, jelek biasanya berarti “ugly” atau “gross”. Apapun vocabulary-nya, “bagus versus jelek” dalam “people’s appearance(s)” ini memiliki konteks pemakaian yang berbeda tergantung dengan konteks kalimatnya masing-masing.

Berikut ini saya sajikan contoh-contoh kalimat yang memperlihatkan ragam vocabulary untuk menyebut bagus versus jelek dari “people’s appearance(s)”:

Contoh Kalimat untuk Variasi Vocabulary “Beautiful”:

  • That tall woman is beautiful (Perempuan berbadan tinggi itu cantik).
  • That elder has a cute, youthful appearance (Orang tua itu memiliki penampilan yang imut-imut dan awet muda. “Cute” yang berarti “imut-imut” dan “youthful” yang berarti “awet muda” merupakan “cabang” atau variasi vocabularybeautiful”).

Contoh Kalimat untuk Variasi VocabularyHandsome”:

  • Kacung is my handsome prince charming (Kacung adalah pangeran tampanku. “Prince charming” kerap diasosiasikan dengan vocabularyhandsome”).

Contoh Kalimat untuk Variasi VocabularyUgly”:

  • Crying will make you look ugly (Menangis akan membuatmu terlihat jelek).
  • Dressing sloppily will make you look gross (Berdandan dengan malas dan tidak niat membuatmu terlihat berantakan. “Gross” adalah variasi vocabularyugly” dalam konteks kalimat ini. Sementara itu, “sloppy” sebagai kata dasar dari “sloppily” mengacu pada sifat malas, tidak niat, dan asal-asalan dalam melakukan sesuatu).

Kira-kira, seperti demikianlah penggunaan vocabularypeople’s appearance(s)” untuk menyatakan bagus atau jeleknya penampilan seseorang. Poin berikutnya akan membahas aspek “people’s appearance(s)” dari sudut pandang tinggi badannya.

2. Ragam Vocabulary untuk “People’s Appearance(s)” dari Tinggi Badannya

Ada yang melihat vocabularytall” pada salah satu contoh kalimat di poin pertama artikel ini? Sebetulnya, “tall” atau “tinggi” itu adalah salah satu cara untuk menyebut “people’s appearance(s)” dari tinggi badannya. Lawan kata dari “tall” adalah “short”, yang berarti “pendek”.

Sama seperti 2 vocabulary mengenai bagus-jeleknya penampilan seseorang pada poin pertama tadi, kedua vocabularytall” dan “short” ini juga memiliki variasinya, tergantung dari masing-masing contoh kalimatnya. Berikut ini contoh kalimat yang mengilustrasikan penggunaan berbagai variasi vocabularytall” maupun “short”:

Contoh Kalimat untuk Variasi Vocabulary “Tall”:

  • I like a tall guy (Saya menyukai laki-laki berbadan tinggi).
  • An overly tall person is called a giant (Orang yang terlalu tinggi disebut dengan raksasa. “Giant(s)” atau raksasa adalah variasi vocabularytall” atau “tinggi”, dan merupakan sinonim dari “overly tall”).
  • !! Perlu diingat !! “Tall” untuk badan yang tinggi tidak sama dengan “height”, meskipun artinya sama-sama “tinggi”. “Height” biasanya untuk menjelaskan tinggi dalam sentimeter, meter, inci, kaki, dan sejenisnya.

Contoh Kalimat untuk Variasi VocabularyShort”:

  • My little sister is too short to enter that place (Adik perempuan saya terlalu pendek untuk memasuki tempat tersebut. “Too short” merupakan salah satu variasi vocabularyshort”, di mana “too” sama dengan “overly” untuk menandakan sesuatu yang berlebih, misalnya terlalu tinggi atau terlalu pendek).
  • A tiny creature is here (Makhluk berukuran kecil ada di sini. “Tiny” merupakan ukuran yang lebih kecil dan pendek dari sekadar “short”).
  • I guess they are too petite-sized (Aku pikir mereka terlalu kecil. “Petite” merupakan ukuran yang hampir sama dengan “tiny”, dan merupakan variasi vocabularyshort”. Imbuhan “-sized” ada untuk menegaskan ukuran tinggi badan “they” atau “mereka”).

Kita dapat mengambil informasi yang banyak melalui contoh-contoh kalimat di atas bersamaan dengan penjelasan tambahan dalam kurungnya, termasuk saat menjelaskan mengenai tinggi badan seseorang. Karena pasangan tinggi badan adalah berat badan, selanjutnya kita akan melihat ragam vocabularypeople’s appearance(s)” ini dari berat badan mereka.

3. Ragam VocabularyPeople’s Appearance(s)” Menurut Berat Badannya

Sebagaimana bagus versus jelek serta tinggi versus pendek pada kedua poin sebelumnya, ada 2 vocabulary dasar mengenai “people’s appearance(s)” yang ditinjau lewat berat badan seseorang dan dapat kita pelajari bersama. Kedua vocabulary tersebut adalah “fat” untuk “gemuk” dan “thin” untuk “kurus”.

Baik “fat” maupun “thin” memiliki variasi vocabulary yang dapat dipakai tergantung situasi kalimat tempat pengaplikasiannya. Kedua poin utama contoh kalimat di bawah ini melukiskan contoh-contoh di mana kedua vocabulary berat badan tersebut diaplikasikan:

Contoh Kalimat untuk Variasi VocabularyFat”:

  • Too much eating will make you fat (Terlalu banyak makan akan membuatmu gemuk).
  • I don’t want to be an obese person (Saya tidak ingin menjadi orang yang obesitas. “Obese” yang merupakan variasi vocabularyfat” merupakan tingkat “fat” yang paling tinggi, dengan “obesity” sebagai kata bendanya).
  • !! Perlu diingat !! Meskipun artinya sama-sama lemak, bedakan “fat” dalam konteks “people’s appearance(s)” dengan kata yang sama pada informasi makanan. “Fat” pada konteks “people’s appearance(s)” artinya “gemuk”, bukan “lemak” seperti pada informasi makanan yang umum beredar.

Contoh Kalimat untuk Variasi VocabularyThin”:

  • That woman’s posture is thin (Postur tubuh wanita itu kurus).
  • My friend is underweighted (Teman saya kekurangan berat badan. “Underweight(ed)” merupakan variasi dari vocabularythin”).

Demikianlah pelajaran yang dapat kita petik dari topik “people’s appearance(s)” pada artikel tutorial vocabulary bahasa Inggris ini. Pada pelajaran selanjutnya, kita akan mempelajari building(s) dengan vocabulary dan contoh kalimatnya yang berbeda-beda pula.

Nah, untuk yang ingin mengenal vocabulary dan aplikasi contoh kalimat pada topikbuilding(s)”, ada baiknya kita menyimak artikel tutorial bahasa Inggris selanjutnya.

Appearance – Related Words

No English Indonesian
1 Bald Botak
2 Bangs Rambut Poni
3 Beautiful Cantik
4 Big Besar
5 Curly Hair Rambut Keriting
6 Dark Skin Kulit Hitam
7 Elegant Elegan
8 Fat gemuk
9 Gook Looking Menarik
10 Handsome Tampan
11 Muscular Berotot
12 Obese Obesitas
13 Old Tua
14 Pale Pucat
15 Pigtail Rambut dikuncir
16 Small Kecil
17 Scruffy Semerawut
18 Short Pendek
19 Slim Langsing
20 Smart Pintar
21 Straight Hair Rambut Lurus
22 Tall Tinggi
23 Thin Kurus
24 Ugly Jelek
25 Wavy Hair Rambut Ikal
26 Wrinkles Keriput
27 Young Muda

Artikel Terkait

 

English Vocabulary: Nationality & Country (Kebangsaan & Negara)
English Vocabulary: Part of Body (Bagian-Bagian Tubuh)
English Vocabulary: Classroom (Ruang Kelas)
English Vocabulary: Life’s Stuff (Tentang Kehidupan)
English Vocabulary: Eating (Berhubungan dengan Makan)
English Vocabulary: Entertainment (Hiburan)
English Vocabulary: Furnitures (Perabot Rumah Tangga)
Vocabulary: Alat Musik (Musical Instrument)
English Vocabulary: Baby (Bayi)
English Vocabulary: Alphabets & Numbers (Huruf & Angka)


 


Sederet Mobile

http://mobile.sederet.com


English Vocabulary: Greetings (Salam)
English Vocabulary: Personal Care (Perawatan Pribadi)
English Vocabulary: Package / Wrapper (Pembungkus)
English Vocabulary: Part of Tree (Bagian Pohon)
English Vocabulary: Homeworks (Pekerjaan di Rumah)
English Vocabulary: Part of Mobile Phone (Bagian Handphone)
English Vocabulary: Cooking Equipment (Peralatan Memasak)
English Vocabulary: Health (Kesehatan)
English Vocabulary: Movie (Film)
English Vocabulary: Fish (Ikan)