sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

English Vocabulary: Stuff at Office (Peralatan di Kantor)

Pengenalan Vocabulary dan Contoh-Contoh Aplikasi Dalam Kalimat untuk “Stuffs At the Office

Secara umum, “stuffs at the office” diartikan sebagai “benda-benda yang dapat kita temui dalam kantor”. Ada kalanya benda-benda disebut dengan “thing(s)” seperti pada kebanyakan contoh-contoh aplikasi kalimat pelajaran vocabulary sebelumnya, namun untuk artikel ini, kita akan menyebut benda-benda kantor sebagai “stuff(s)”.

Benda-benda kantor yang disebut dengan “stuffs at the office” ini umumnya terbagi atas alat tulis, alat bantu mencatat, dan “stuffs” atau benda-benda yang berukuran lebih berat dan besar, namun tetap memiliki nilai guna. Berikut ini adalah ulasan vocabulary untuk “stuffs at the office” beserta contoh-contoh kalimatnya:

1. Berbagai Macam Vocabulary untuk Alat-Alat Tulis Kantor

Ada banyak ragam alat tulis kantor dengan masing-masing vocabulary-nya, termasuk 2 vocabulary alat tulis kantor yang akan kita pelajari pada poin pertama ini. Kedua vocabulary tersebut adalah “pencil(s)” untuk “pensil” dan “ballpoint(s)” untuk “pulpen”.

Kedua vocabulary alat tulis kantor tersebut memiliki variasi dalam penggunaan vocabulary-nya pada konteks kalimat yang berbeda-beda, seperti yang ditunjukkan pada contoh-contoh berikut ini:

Contoh Kalimat untuk Variasi VocabularyPencil(s)”:

  • I have two HB pencils on my office’s table (Saya memiliki 2 pensil HB di atas meja kantor saya. “HB pencil(s)” merupakan salah satu variasi vocabularypencil(s)”).
  • You should draw the office’s building plan using a pencil (Anda harus menggambar rencana bangunan kantornya menggunakan sebuah pensil).

Contoh Kalimat untuk Variasi Vocabulary “Ballpoint(s)”:

  • Only the boss uses DuPont ballpoints (Hanya si bos yang menggunakan pulpen-pulpen merk DuPont. “DuPont ballpoints” merupakan variasi vocabularyballpoint(s)” yang berwarna emas dan berharga mahal).
  • Excuse me, do you have any pens? (Permisi, apakah Anda memiliki pulpen?)
  • !! Perlu diingat !! “Ballpoint(s)” dan “pen(s)” memang sama-sama merupakan variasi vocabularyballpoint(s)” yang berarti “pulpen”. Namun, “ballpoint(s)” tidak sama dengan “bullpen(s)” yang artinya adalah “area bisbol”, meskipun ejaannya mirip-mirip.

Demikianlah hal-hal yang dapat kita pelajari mengenai 2 alat tulis kantor yang serupa, namun tak sama. Apa lagi kalau bukan “pencil(s)” yang adalah “pensil” yang bisa dihapus, dan “ballpoint(s)” atau “pulpen” yang agak “menjebak” dari segi ejaannya. Selanjutnya, kita akan membahas mengenai “stuffs at the office” yang tergolong sebagai alat bantu mencatat untuk menemani berbagai macam “pencil(s)” dan “ballpoint(s)”.

2. Vocabulary untuk Alat Bantu Mencatat Dalam Kantor

Kertas atau “paper(s)” merupakan salah satu alat bantu mencatat yang banyak kita kenal. Tumpukan kertas umumnya akan menghasilkan berbagai macam bentuk buku, termasuk “note(s)” dan “memo(s)” yang kita akan pelajari serba-serbi penggunaan vocabulary-nya pada poin kedua mengenai “stuffs at the office” ini.

Berikut ini adalah contoh-contoh kalimat yang akan membantu kita untuk makin memahami vocabulary yang terdiri dari “paper(s)”dan “note(s)” atau “memo(s)” ini:

Contoh Kalimat untuk Variasi VocabularyPaper(s)”:

  • Our office is using a paperless system (Kantor kami menggunakan sistem tanpa kertas. “Paperless” yang berarti “tanpa / tidak ada kertas” merupakan salah satu variasi vocabulary dari “paper(s)”).
  • The office paper’s normal weight is 80 grams (Berat kertas kantor biasanya adalah 80 gram. “Office” pada “office paper’s” menjelaskan milik kertas tersebut, yakni milik kantor).

Contoh Kalimat untuk Variasi VocabularyNote(s)” dan “Memo(s)”:

  • Have you read the memos? (Apakah kamu sudah membaca catatan memo yang ada? “Memo(s)” adalah tempelan dinding kantor, ukurannya kecil, berwarna-warni, dan biasanya merupakan pengingat).
  • My co-worker is diligent in taking notes (Rekan kerja saya rajin mencatat. Pada konteks kalimat ini, “note(s)” menjadi satu bagian dengan verb atau kata kerja “taking notes”. “Co-worker” sendiri adalah sebutan teman yang hubungannya sebatas pengerjaan tugas dan tanggung jawab kerja).
  • My company buys new notebooks for us (Perusahaan saya membeli buku-buku catatan baru untuk kami. “Notebook(s)” merupakan kumpulan dari “note(s)”, menjadikannya salah satu variasi “note(s)”).

Paling tidak, itulah yang dapat kita pelajari mengenai vocabulary alat bantu mencatat untuk mendampingi kerja “pencil(s)” atau “ballpoint(s)” dalam kantor. Sementara itu, kita akan melanjutkan pembahasan vocabularystuffs at the office” pada poin ketiga mengenai benda-benda bermanfaat di kantor yang ukurannya besar dan berat, sebagai berikut.

3. Berbagai Macam Vocabulary untuk Benda-Benda Kantor Berukuran Besar, Berat, dan Bermanfaat

Tiga “B” dari “stuffs at the office” pada poin terakhir ini memang luar biasa. Bagaimana tidak, tiga kelompok vocabulary pada poin ketiga dan yang terakhir dari pelajaran “stuffs at the office” ini memiliki ukuran terbesar, berat yang terberat, namun juga bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas kantor di saat yang bersamaan.

Benda-benda tersebut adalah “printer(s)” sebagai alat untuk mencetak pekerjaan yang disimpan dalam komputer kantor, “projector(s)” untuk menampilkan gambar dan tulisan saat presentasi penting, dan yang paling penting adalah “workspace(s)” atau meja kerja dalam lingkup yang besar.
Ketiga vocabulary benda tersebut, yakni “printer(s)”, “projector(s)”, dan “workspace(s)”, memiliki konteks penggunaannya yang unik. Berikut ini adalah ilustrasi beberapa contoh kalimat untuk menggunakan masing-masing dari vocabularystuffs at the office” berukuran tiga “B” atau besar, berat, dan bermanfaat ini:

Contoh Kalimat untuk Vocabulary Printer(s)”:

  • Our departments are no longer using the inkjet printer (Departemen-departemen kami tidak lagi menggunakan alat pencetak menggunakan tinta injeksi. “Inkjet printer(s)” merupakan salah satu jenis variasi vocabularyprinter(s)”).
  • Laser printers are everywhere in this office (Alat pencetak menggunakan tenaga laser ada di mana-mana di kantor ini. “Laser printer(s)” merupakan salah satu jenis variasi vocabularyprinter(s)” yang lebih modern dibandingkan dengan “inkjet printer(s)”).

Contoh Kalimat untuk VocabularyProjector(s)”:

  • Does your office still use an overhead projector? (Apakah kantormu masih menggunakan proyektor yang memantul? “Overhead projector(s)” atau yang biasa disingkat dengan “OHP” merupakan satu dari 2 variasi vocabularyprojector(s)”, dan 1-nya lagi akan kita pelajari dalam contoh kalimat lain pada poin ini).
  • We need a LCD projector to do presentations (Kami membutuhkan sebuah proyektor LCD untuk memberikan presentasi. “LCD projector(s)” merupakan variasi vocabularyprojector(s)” di samping “overhead projector(s)” yang lebih canggih, karena bisa tersambung dengan perangkat elektronik lainnya).

Contoh Kalimat untuk VocabularyWorkspace(s)”:

  • The ongoing projects are inside your workspace (Proyek yang sedang berjalan ditaruh dalam meja kerjamu. Sekadar informasi, “ongoing” pada “project(s)” merupakan penanda yang artinya adalah “sedang dalam proses” atau “sedang berjalan”).
  • Their workspaces are full of notes (Meja kerja mereka penuh dengan catatan).
  • !! Perlu diingat!! Meskipun arti “workspace(s)” dan “office table(s)” sama-sama meja kantor, namun cakupan “workspace(s)” lebih luas dibandingkan sekadar “office table(s)”.

Demikianlah serba-serbi vocabularystuffs at the office” beserta pengaplikasiannya dalam konteks kalimat yang berbeda-beda yang dapat kita pelajari untuk saat ini. Selanjutnya, kita akan membahas vocabulary dan contoh kalimat pada bagian yang tidak kalah seru dan pentingnya, yakni life’s stuffs” atau “serba-serbi mengenai kehidupan”.

Stuff at Office – Related Words

No English Indonesian
1 Paper Kertas
2 Book Buku
3 Pencil Pensil
4 Pen Pulpen
5 Computer Komputer
6 Laptop Laptop
7 Printer Mesin Cetak
8 Glue Lem
9 Ruler Penggaris
10 Sharpener Peraut
11 Correctyion Pen Tipe-X
12 Desk/Table Meja
13 Chair Kursi
14 Cupboard Lemari
15 Clock Jam
16 Dustbin Tong Sampah
17 Projector Proyektor
18 Mouse Tetikus
19 Rubber Penghapus Karet
20 Telephone Telepon

Artikel Terkait

 

English Vocabulary: Time (Waktu)
English Vocabulary: Health (Kesehatan)
English Vocabulary: Stuff at Office (Peralatan di Kantor)
English Vocabulary: People Appearance (Penampakan Orang)
Vocabulary: Perasaan (Anger, Fear, Confusion)
English Vocabulary: Days & Month (Hari dan Bulan)
Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension & Vocabulary
English Vocabulary: Classroom (Ruang Kelas)
English Vocabulary: Part of Day (Bagian Hari)
Vocabulary: Kosakata Bahasa Inggris untuk Tour Guide


 
Kosakata Bidang Keuangan dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya
Kosakata tentang Dunia Hukum (Law Related Vocabulary)
Kosakata Kepolisian (Police Related Vocabulary)
Kalimat/Frasa untuk Menjelaskan “Safety, Rules, & Etiquettes” bagi Tour Guide
Kosakata Bahasa Inggris seputar Rumah Tangga (Housekeeping)
Vocabulary: Kosakata Bahasa Inggris yang Digunakan dalam Industri Penerbangan
Vocabulary Profesi di Dunia Medis
Vocabulary Profesi di Dunia Food & Beverage
Kosakata untuk Kasir (Cashier)
Kosakata dalam Industri Perhotelan Internasional