sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Alasan Telat yang Umum dalam Bahasa Inggris

Dalam menjalani kehidupan dan tanggung jawab sehari-hari, tidak jarang kita datang terlambat seperti ke kantor atau ke sekolah. Anda mungkin juga pernah tidak sengaja telat dan khawatir alasan apa yang harus Anda gunakan untuk menjelaskan keterlambatan Anda, terutama jika alasan utamanya adalah karena Anda telat bangun. Maka dari itu, rasanya cukup penting untuk memiliki alasan telat yang bisa diterima umumnya, ditambah lagi untuk memelajari bahasa Inggrisnya.

Terdapat beberapa alasan telat yang cukup umum dan sering digunakan dalam bahasa Inggris untuk membantu Anda melalui situasi yang darurat. Anda bisa menggunakan penjelasan di bawah ini untuk mengungkapkan alasan telat dalam bahasa Inggris, entah karena masalah keluarga, terjebak macet, atau bahkan terjebak hujan.

Untuk lebih lengkapnya, mari simak penjelasan mendalam mengenai berbagai alasan telat dalam bahasa Inggris.

Terjebak Macet

Jika Anda bekerja atau bersekolah di kota besar, pasti kemacetan bukanlah hal yang asing untuk ditemui lagi. Ditambah lagi jika tempat tinggal Anda tidak dekat dari tempat Anda bekerja atau bersekolah. Oleh karena itu, pasti ada saatnya Anda terlambat karena terjebak macet di dalam mobil, bis, atau motor yang Anda gunakan untuk bepergian.

Untuk membantu Anda menjelaskan alasan Anda telat adalah karena terjebak macet, berikut ini adalah beberapa contoh alasannya dalam bahasa Inggris:

  • The reason that I’m late is that there was a crash on the motorway. (Alasan saya terlambat adalah karena ada kecelakaan di lajur cepat)
  • I know I’m late, sorry, the traffic was so bad that my car got stuck in a gridlock. (Saya tahu saya telat, maaf, macetnya sangat buruk sehingga mobil saya tidak bergerak sama sekali)
  • I’m sorry for being late, you know that every morning it’s the rush hour around here. (Maaf saya terlambat, Anda tahu bahwa setiap pagi di sekitar sini ramai dan macet)
  • I forgot to take the alternative route and there was a traffic incident that made me late. (Saya lupa melewati rute alternative dan ada kecelakaan yang membuat saya terlambat)

Masalah Keluarga

Tidak jarang keterlambatan Anda diakibatkan oleh masalah keluarga yang tanpa disangka muncul tiba-tiba. Akan tetapi, hal ini juga biasa digunakan untuk dijadikan alasan telat bualan seperti mengatakan kerabat jauh Anda meninggal atau jatuh sakit. Meski begitu, jika keterlambatan Anda memang diakibatkan masalah keluarga, Anda bisa menggunakan beberapa kalimat penjelasan berikut ini:

  • I’m sorry I will be coming in late today, my grandmother has passed away this morning. (Maaf saya akan terlambat hari ini, nenek saya meninggal pagi ini)
  • I’m not making things up, my son has fell ill this morning and I had to take him to the hospital. (Saya tidak berbohon, anak saya sakit pagi ini dan saya harus membawanya ke rumah sakit)

Jam Alarm

Jam alarm adalah alat yang membantu kita untuk bangun pagi tepat waktu setiap harinya. Akan tetapi, terkadang penggunaan jam alarm ini sendiri yang justru membawa malapetaka ketika tiba-tiba rusak atau tidak bunyi sesuai jadwal. Oleh karena itu, seringkali kita harus telat karena jam alarm yang tidak bekerja sesuai fungsinya. Untuk menjelaskan masalah tersebut sebagai alasan keterlambatan Anda, berikut ini adalah beberapa contoh kalimatnya:

  • I’m sorry I’m late, I have set my alarm clock last night but it didn’t go off in the morning. (Maaf saya terlambat, saya sudah memasang jam alarm tadi malam namun pagi ini tidak berbunyi)
  • I think my alarm is broken, it stayed silent even though I have set it last night. That’s the reason of my lateness. (Sepertinya alarm saya rusak, jamnya tidak berbunyi walaupun saya sudah memasangnya tadi malam)

Transportasi Umum

Transportasi umum bisa menjadi pilihan yang baik untuk bepergian jika Anda tidak memiliki mobil ataupun motor dan tujuan Anda terlalu jauh untuk berjalan kaki. Beberapa transportasi umum yang biasa digunakan adalah bis dan kereta. Kelebihan transportasi umum adalah ia tidak akan terkena macet, akan tetapi seringkali ia tidak datang ataupun jalan tepat waktu.

Oleh karena itu, tidak jarang keterlambatan kita disebabkan oleh transportasi umum yang kita naiki seperti bis ataupun kereta. Untuk menjelaskan keterlambatan akibat transportasi umum yang tidak berjalan sesuai jadwal, Anda bisa menggunakan beberapa kalimat dalam bahasa Inggris ini.

  • I’m sorry I’m late, I took the bus this morning and it didn’t arrive on time. (Maaf saya terlambat, saya naik bis pagi ini dan bisnya tidak datang tepat waktu)
  • I’m sorry I’m late, I missed my train earlier. It won’t happen again, I will allow more time to prevent that. (Maaf saya telat, saya kelewatan kereta tadi. Itu tidak akan terjadi lagi, saya akan menyisihkan waktu lebih untuk menghindarinya)
  • I can’t believe my bus broke down in the middle of the road. I had to walk the rest of the way here, that’s why I’m late. (Saya tidak percaya bis saya mogok di tengah jalan. Saya harus jalan kaki sampai sini, karena itu saya telat)

Masalah Kendaraan Pribadi

Jika Anda memiliki mobil atau motor sebagai kendaraan pribadi untuk bepergian, jelas hari-hari Anda akan lebih lancar. Akan tetapi, tidak jarang juga kendaraan pribadi yang digunakan justru dapat membuat terlambat. Salah satu contohnya adalah ketika kendaraan pribadi Anda tiba-tiba rusak dan tidak bisa digunakan. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa contoh kalimat untuk memberikan alasan telat karena mobil atau motor Anda rusak.

  • I didn’t mean to be late, my car broke down in the middle of the road and I had to call and wait for the mechanics to arrive. (Saya tidak bermaksud telat, mobil saya mogok di tengah jalan dan saya harus menghubungi dan menunggu montir datang)
  • I’m sorry I’m late, my motorcycle’s tires got deflated and I had to change the tires earlier. (Maaf saya telat, ban motor saya kempes dan saya harus mengganti ban tadi)

Itulah dia sejumlah contoh alasan terlambat dalam bahasa Inggris yang bisa Anda gunakan ke depannya. Semoga dapat membantu Anda dan memperkaya pengetahuan Anda dalam bahasa Inggris.