sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Kosakata tentang Pekerjaan Rumah Tangga (Household Chores)

Hayo, siapa di antara kalian yang akrab dengan household chores atau pekerjaan rumah tangga sehari-hari? Hal ini biasanya menjadi hal yang sebagian orang enggan melakukannya, sebagian lainnya rajin menuntaskannya. Nah, yang manakah kamu?

Terlepas dari itu, kosa kata tentang household chores adalah hal yang penting untuk kamu ketahui. Jangan pernah sepelekan hal ini ya! Karena nanti, entah suatu hari nanti, kamu tentu akan bersinggungan dengan hal-hal ini ketika tinggal di suatu tempat sendiri atau bersama orang lain.

Bahkan, hal ini juga berlaku ketika kamu tinggal di luar negeri. Tentu kamu perlu tahu dong istilah untuk pekerjaan rumah tangga dalam bahasa Inggris. Nah, apa saja ya kira-kira? Apakah kamu sudah familiar atau justru masih asing? Kita simak yuk!

  • Clean off

Kata “clean off” bisa berarti banyak hal, mulai dari membersihkan meja kerja, kamar, atau seluruh rumah. Artinya adalah membersihkan dan merapikan.

“Have you clean off your room? Your mother is going home soon!” (Sudahkah kamu membersihkan kamar? Ibumu akan segera datang!)

  • Do the ironing

Istilah untuk aktivitas menyetrika baju.

“I wish I have the robot to do the ironing.” (Andai saja aku punya robot untuk menyetrika baju)

  • Dust the furniture

Aktivitas membersihkan perabotan rumah dengan membuang debunya dengan menggunakan alat seperti vacuum atau duster.

“I need to dust the furniture more frequent since the relatives are coming here this summer.” (Aku perlu membersihkan debu dari perabotan lebih sering karena saudara-saudara akan datang ke sini pada musim panas)

  • Hang up the suit

Meletakkan baju atau jas di tempat yang seharusnya karena kerap kali diletakkan sembarangan.

“I don’t know what else could I do to remind you to hang up the suit.” (Aku tak tahu apa lagi yang bisa dilakukan untuk mengingatkanmu menggantung pakaian)

  • Hang up the washing

Berbeda dengan hang up the suit, istilah ini berarti menjemur cucian baju agar kering.

“I will do the washing, but could you please hang up the washing afterward?” (Aku akan mencuci, tapi maukah kau membantuku menjemur baju setelahnya?)

  • Make the bed

Hal yang sebaiknya dilakukan setelah bangun tidur, yaitu merapikan kasur.

“One thing that I must not forget to do after I wake up is make the bed.” (Satu hal yang aku tak boleh lupa setelah bangun tidur adalah merapikan tempat tidur)

  • Mop the floor

Menyapu lantai yaitu pekerjaan yang perlu dilakukan secara berkala agar rumah tetap bersih.

“Mop the floor from the upper level and continue it to this room.” (Sapulah kamar dari yang paling atas dan lanjutkan ke kamar ini)

  • Mow the lawn

Berarti memangkas rumput dan bisa digunakan dengan metode apapun.

“I get the money from mowing the lawn from Mr. James.” (Aku mendapat uang dari memangkas rumput Mr. James)

  • Put away the books

Biasanya buku setelah dibaca justru berserakan dan tidak dikembalikan ke tempat yang semestinya.

“I want you to put away the books to the shelves according to the topic.” (Aku ingin kamu menata buku ke raknya sesuai dengan topiknya)

  • Sweep up the mess

Istilah yang digunakan ketika rumah benar-benar kotor atau berantakan setelah ada acara atau menerima tamu dalam jumlah banyak.

“Please sweep up the mess because this room will be used for meeting this morning.” (Tolong sapu semua yang berantakan karena ruangan ini akan digunakan untuk meeting besok pagi)

  • Take out the trash

Membuang sampah dari dalam rumah ke luar untuk diambil petugas.

“The clue of her absence in the movie “Searching” is that she forgot to take out the trash.” (Salah satu tanda dia tidak pulang ke rumah dalam film “Searching” adalah dia lupa membuang sampah ke luar)

  • Tidy up the closet

Jika lama tidak dirapikan, biasanya lemari baju bisa berantakan dan tidak karuan. Istilah ini digunakan mengacu pada aktivitas merapikan kloset atau lemari baju.

“Please tidy up the closet, I can’t find my socks!” (Tolong rapikan lemari baju, aku tak bisa menemukan kaos kakiku!)

  • Turn off the light

Mematikan lampu jika tidak digunakan atau ketika telah pagi.

“Have you turned off the light? It’s morning already.” (Sudahkah kam umematikan lampunya? Ini sudah pagi)

  • Vacuum the floor

Aktivitas membersihkan lantai menggunakan vacuum dan bisa di media karpet.

(I want to buy that new tool to vacuum the floor. I promise I won’t skip it even a day) “Aku ingin membeli alat baru untuk vacuum lantai. Aku janji tak akan melewatkan jadwal membersihkan lantainya sekalipun)

  • Wash down the walls

Membilas atau membasuh tembok biasanya berkaitan dengan tembok di bagian luar rumah atau eksterior.

“Sorry, I can’t join you for today’s hangout. I need to wash down the walls in my house. It’s my turn.” (Maaf, aku tak bisa ikut bergabung acara kumpul hari ini. Aku perlu membersihkan tembok di rumah, sekarang adalah giliranku)

  • Watch the kids

Membantu menjaga anak-anak selagi orangtuanya ada keperluan lain.

“Sometimes I get the money from watching the kids of my neighbor during their special occasion.” (Terkadang aku mendapat uang ketika menjaga anak-anak dari tetanggaku ketika mereka ada acara spesial)

Itulah beberapa contoh kosa kata dalam bidang household chores yang berkaitan erat dengan membersihkan rumah. Tidak hanya rumah, beberapa vocabulary atau frasa yang disebutkan di atas juga berkaitan dengan mencuci baju, setrika, merapikan rak buku, dan banyak lagi.

Dengan mengetahui istilah-istilah tersebut, kini kamu tak perlu lagi bingung ketika terlibat dalam percakapan bersama orang yang menggunakan bahasa Inggris mengucapkan hal-hal seperti di atas. Beberapa kata-kata tidak bisa diartikan secara harfiah karena mengusung makna yang berbeda dari setiap kata tunggalnya.

Masih ada banyak kosa kata lain yang bisa digunakan untuk menjelaskan aktivitas pekerjaan rumah tangga. Kini, giliran kamu yang berlatih dan memperbanyak perbendaharaan katamu ya!

 

English Vocabulary: Shopping (Belanja)
Kosakata Bahasa Inggris yang Berhubungan dengan Mall
Kosakata Bahasa Inggris tentang Places in the City
English Vocabulary: Sport (Olahraga)
Vocabulary: Kosakata Bahasa Inggris yang Digunakan dalam Industri Penerbangan
Vocabulary: Kosakata Bahasa Inggris tentang Medical & Pharmacy
Kosakata tentang Natural Disaster atau Bencana Alam dalam Bahasa Inggris
Kosakata tentang Ukuran
English Vocabulary: School Major (Jurusan di Sekolah)
Kosakata Nama-nama Profesi / Pekerjaan dalam Bahasa Inggris