sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Apa itu News Item?

Apakah Anda pernah membaca berita di koran atau di internet? Apakah Anda juga pernah menontonnya melalui televisi atau mendengarnya melalui radio? Jika ya, apa yang Anda baca, tonton, dan dengarkan itu termasuk ke dalam news item text. Apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang news item text, penjelasan di bawah ini bisa membantu Anda untuk mempelajarinya. Penjelasan ini juga akan memberikan beberapa contoh teks yang termasuk ke dalam news item text.

Definisi News Item Text

News item text, atau dalam Bahasa Indonesia dikenal sebagai teks berita, termasuk ke dalam 13 jenis teks dalam Bahasa Inggris. Teks jenis ini berfungsi untuk menginformasikan orang-orang mengenai kejadian atau peristiwa penting apapun yang terjadi di dunia ini. Hanya peristiwa yang pentinglah yang layak untuk diberitakan. Oleh karena itu, sebelum menulis teks berita, terlebih dahulu Anda harus memilih peristiwa apa yang pantas untuk diberitakan kepada orang banyak.

News item text tidak selamanya berbentuk tulisan. Bisa juga berbentuk visual seperti berita di televisi, atau audio seperti berita di radio.

Tujuan News Item Text

News item text bertujuan untuk menyampaikan informasi tentang peristiwa penting yang terjadi di dunia ini. Peristiwa tersebut bisa terjadi hari ini atau akhir-akhir ini. Dengan kata lain, peristiwa tersebut masih segar.

Ciri-ciri News Item Text

Berikut adalah beberapa ciri dari teks berita:

  • Kejadian adalah fakta bukan opini, dan bisa dibuktikan kebenarannya.
  • Peristiwa aktual, atau peristiwa yang belum lama terjadi.
  • Peristiwa yang ditulis bukanlah peristiwa umum yang bisa terjadi setiap hari.
  • Bersifat objektif
  • Mengandung unsur 5w1h : what, who, where, why, how. (apa, siapa, di mana, mengapa, bagaimana)

Struktur News Item Text

Sebuah teks berita biasanya terdiri dari:

  • Main events atau newsworthy event: bagian ini menceritakan tentang suatu peristiwa secara ringkas atau dalam berbentuk ringkasan (summary).
  • Background event atau elaboration: bagian ini menceritakan peristiwa lebih mendalam lagi, seperti siapa saja yang terlibat, di mana kejadiannya, mengapa bisa terjadi, dan sebagainya.
  • Source: bagian ini terdiri dari komentar atau keterangan dari saksi, pendapat ahli, dan sebagainya tentang kejadian yang diberitakan.

Kaidah Kebahasaan News Item Text

Berikut adalah kaidah bahasa yang digunakan dalam teks berita:

  • Menggunakan saying verb, seperti said, reported, told, informed, dsb
  • Menggunakan action verb, yakni kata kerja penunjuk aktivitas
  • Menggunakan kata keterangan waktu, tempat, dan cara
  • Menggunakan present tense untuk menyajikan fakta atau kejadian yang masih atau sedang berlangsung. Terkadang menggunakan past tense untuk menjelaskan rangkaian kejadian.

Contoh News Item Text

Di bawah ini adalah beberapa contoh teks berita beserta dengan artinya.

Contoh 1:

Wildfire Blazes 6,000ha of Mount Rinjani’s Savanna

TEMPO.CO, Mataram – Mount Rinjani National Park Agency (TNGR) recorded as of today, October 22, the total burnt areas in the volcano on Lombok Island, NTB, amounted to 6,055.3 hectares. The figure was obtained from the data compilation of the field observation and Sentinel-2 satellite.

The TNGR head Dedy Asriady explained that his side had detected new hotspots. “It was located under the summit,” said Dedy on Tuesday, October 22.

An officer of Sembalun resort reported today at 06:30 Central Indonesian Time (WITA) that the hotspots were discovered near the intersection between Sembalun hiking trail and Bawak Nao (Tangkok Kediri) hiking trail and at the northern of Mount Sangkareang towards Torean forest area.

According to Dedy, steep terrains and high-speed winds hindered officers to extinguish the fire so that the blaze spread quickly, not to mention the lack of water sources. The smog also reached to the tourism site of Gili Trawangan, 60 kilometers west of Mount Rinjani.

Referred to TNGR data, vegetation taking the form of savanna, reeds, and dried leaves were flammable. Besides, trees that had fallen due to strong winds and caught fire harmed and hampered officers to put out the wildfire.

(Source: Tempo.co)

Terjemahan:

Kebakaran Melahap 6000ha Padang Rumput Gunung Rinjani

TEMPO.CO, Mataram – Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) sampai hari ini, 22 Oktober, mencatat total area terbakar di gunung merapi di Pulau Lombok, NTB berjumlah sampai 6,055,3 hektar. Angka tersebut diperoleh dari kumpulan data observasi lapangan dan satelit Sentinel-2.

Kepala TNGR Dedy Asriadi menjelaskan bahwa pihkanya telah mendeteksi area panas baru. “Letaknya ada di bawah puncak,” ujar Dedy pada hari Selasa, 22 Oktober.

Petugas Sembalun Resort melaporkan hari ini pukul 06:30 Waktu Indonesia Tengah (WITA) bahwa titik panas ditemukan di dekat persimpangan antara jalur lintas alam Sembalun dan jalur lintas alam Bawak Nao (Tangkok Kediri), serta bagian utara Gunung Sangkareang ke arah hutan Torean.

Menurut Dedy, medan yang curam dan kecepatan angin yang tinggi menghalangi petugas untuk memadamkan api sehingga api menyebar dengan cepat, ditambah lagi kurangnya sumber air. Asap juga mencapai situs wisata Gili Trawangan, 60 kilometer ke arah barat dari Gunung Rinjani.

Berdasarkan data TNGR, vegetasi yang membentuk padang rumput, alang-alang, dan daun kering  mudah terbakar. Selain itu, pohon tumbang akibat angin kencang dan terbakar membahayakan dan menghambat petugas untuk memadamkan api.

Contoh 2:

UK might Ban Food from Public Transport

The UK is thinking about banning food and drink on public transport. This is not popular with people. They say governments should not control what people can eat and drink on trains and buses. Many people said it is an example of the UK wanting to control everyone’s life. The UK’s Chief Medical Officer said the plan was necessary to halve obesity in children by 2030. It is also to help people live healthier lives.

The medical officer said there are two times more overweight schoolchildren today than in 1990. She said: “Today’s children are drowning in a flood of unhealthy food and drink options.” This is made worse because children do not exercise enough. She also wants a ban on fast food at soccer games. Many travelers are angry about the plan. A busy nurse said it would make her life worse. She said: “I need a sandwich on the train on my way home from work.”

(Source: Breaking News English)

Terjemahan:

Inggris Mungkin Melarang Makanan dari Angkutan Umum

Inggris sedang mempertimbangkan untuk melarang makanan dan minuman di angkutan umum. Hal ini tidak disukai oleh masyarakat. Mereka berkata bahwa pemerintah tidak boleh mengontrol apa yang boleh dimakan dan diminum di kereta dan di bis. Banyak orang berkata bahwa itu adalah contoh dari pemerintah Inggris yang ingin mengatur hidup setiap orang. Ketua Petugas Medis Inggris berkata bahwa rencana tersebut dibutuhkan untuk menurunkan tingkat obesitas pada anak-anak di tahun 2030. Itu juga untuk membantu masyarakat untuk hidup lebih sehat.

Petugas medis mengatakan bahwa jumlah anak sekolah yang kelebihan berat badan dua kali lebih banyak dibandingkan tahun 1990. Dia berkata, “Anak-anak zaman sekarang tenggelam dalam banjir pilihan makanan dan minuman tidak sehat.” Ini menjadi lebih buruk karena anak-anak tidak berolahraga dengan cukup. Dia juga ingin makanan cepat saji di pertandingan sepak bola dilarang. Banyak wisatawan yang gusar akan rencana ini. Seorang perawat yang sibuk berkata rencana ini akan membuat hidupnya semakin buruk. “Aku butuh sandwich dalam perjalananku di kereta dari rumah menuju tempat kerja.” Ujarnya.

 

Apa itu News Item?